PENDAFTARAN MAHASISWA

Pendaftaran mahasiswa di UNY dibedakan menjadi dua macam, yakni pendaftaran mahasiswa baru (registrasi) dan pendaftaran mahasiswa lama (herregistrasi).

Untuk pendaftaran mahasiswa baru (registrasi) dapat dilakukan  melalui mekanisme yang diatur oleh Biro AKI.  Adapun cara melakukan registrasi tersebut, sbb: mahasiswa yang telah melihat hasil pengumuman dan dinyatakan lulus/diterima langsung ke bank yang ditunjuk UNY untuk melakukan pembayaran sesuai jalur masing-masing. Setelah itu dipersilahkan menuju loket registrasi di Subbagian Registrasi dan Statistik UNY untuk mendapatkan nomor mahasiswa dan berkas-berkas persyaratan menjadi mahasiswa UNY. Selanjutnya, mahasiswa baru dipersilahkan menuju ke fakultas masing-masing untuk melakukan konsultasi ke Pembimbing Akademik (PA) dan entry data. Untuk Program magister dan Doktor diatur tersendiri oleh program pasca sarjana UNY.

Untuk pendaftaran mahasiswa lama (herregistrasi) dilakukan di masing-masing fakultas melalui subbagian Pendidikan. Pelaksanaan herregistrasi ini dilakukan pada tiap awal semester, sesuai jadwal yang tertera dalam Kalender Akademik UNY.  Herregistrasi mencangkup Pembayaran SPP dan biaya lainnya, perencanaan studi, serta pengisian kartu rencana studi, yang prosedurnya diatur oleh Biro AKI. Untuk Program magister dan Doktor diatur tersendiri oleh program pasca sarjana UNY.