PENERIMAAN MAHASISWA

Penerimaan mahasiswa baru UNY diselenggarakan tiap tahunnya oleh penitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan melalui jalur regular dan nonreguler. Jalur REguler hanya terdiri atas 2 subjalur, yakni bersubsidi dan Swadana, sedangkan Jalur Non Reguler  hanya terdiri atas 1 subjalur, yakni Kelanjutan Studi. Untuk jalur bersubsidi, terdiri atas 4 jalur yakni; SNMPTN, PBU, Bidikmisi dan Seleksi Diploma, sedangkan untuk subjalur swadana terdiri atas 2 jalur , yakni Seleksi Mandiri dan Kerjama. Untuk Subjalur Kelanjutan Studi terdiri atas 2 Jalur, yakni Kelanjutan Studi mandiri dan Kelanjutan Studi Kerjasama.

Berikut ini penjelasan tentang tahap-tahap penerimaan mahasiswa baru UNY.

A. Jalur Reguler Bersubsidi

1. Penelusuran Bibit Unggul (PMB-PBU)

Penjaringan siswa unggulan dari masing-masing sekolah di seluruh Indonesia yang mempunyai kemampuan akademik, kematangan kepribadian, dan keterampilan untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di UNY sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan. Pada  Tahun Akademik 2010/2011 tersedia bagi 57 program studi (39 program studi kependidikan dan 18 program studi nonkependidikan). Daya tampung sebesar 25 % dari Kelas Reguler Bersubsidi.

2. Bidik Misi
Penjaringan siswa unggulan dari masing-masing sekolah di seluruh Indonesia yang memiliki keunggulan prestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu. Pada  Tahun akademik 2010/2011 UNY menerima 400 mahasiswa beasiswa bidik misi.

3. Seleksi Diploma (PMB-Dip)
Diselenggarakan oleh panitia PMB, dibuka hanya di tiga fakultas, yakni FT, FIS dan FE.  Dengan daya tampung sebesar 75 % dari Kelas Reguler Bersubsidi.

B. Jalur Swadana

1. Seleksi Mandiri (PMB-SM)]
 pemilihan calon mahasiswa baru berkualitas dengan kemampuan akademik dan potensi unggul untuk menunjang penyelesaian pendidikan di UNY.

2. Kerjasama (PMB-KS)
Diselenggarakan atas kerjasama UNY dengan instansi pemerintah dan swasta. Tata cara dan persyaratan penerimaan mahasiswa baru diatur tersendiri sesuai ketentuan yang berlaku.

C. Jalur Non Reguler- Kelanjutan Studi

1. Kelanjutan Studi Mandiri (PMB-KSM)
Program kelanjutan studi diperuntukkan bagi lulusan jenjang S0 ke jenjang S1, penerimaan mahasiswa program ini dilaksanakan tiap semester.

2. Kelanjutan Studi Kerjasama (PMB-KSK)
Program kelanjutan studi diperuntukkan bagi lulusan jenjang S0 ke jenjang S1 dan Diselenggarakan atas kerjasama UNY dengan instansi pemerintah dan swasta. Tata cara dan persyaratan penerimaan mahasiswa baru diatur tersendiri sesuai ketentuan yang berlaku.