DOSEN FIS UNY TULIS SEMBILAN BUKU

Dosen merupakan pendidik profesional yang tugas utamanya mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain mengajar di kelas, seorang dosen juga bisa menyebarluaskan ilmunya melalui tulisan. Pada tahun 2012, dosen Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) setidaknya telah menghasilkan sembilan buku dengan judul yang berbeda.

Buku tersebut meliputi Wanita dalam Pembinaan Karakter Bangsa karya Prof. Dr. Husain Haikal, M.A.; Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran oleh Prof. Dr. Abdul Gafur, M.Sc.; Pembinaan Karakter Mahasiswa melalui Pendidikan Agama Islam karangan Dr. Marzuki, M.Ag.; Reformulasi Pembelajaran Sejarah oleh Dr. Aman, M.Pd.; Pemikiran Pendidikan Karakter K.H. Ahmad Dahlan dan Ki Hadjar Dewantara oleh Dr. Dyah Kumalasari, M.Pd.; Hukum Acara Pidana Indonesia oleh Anang Priyanto, M.Hum.; Dasar-Dasar Ilmu Politik oleh Cholisin, M.Si. dan Nasiwan, M.Si.; Jalan Meneguhkan Negara: Sejarah Tata Negara Indonesia oleh Zulkarnain, M.Pd. dan Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan oleh Mukhamad Murdiono, M.Pd.

Kehadiran buku karangan dosen FIS UNY tersebut mampu menambah referensi dan sumber bacaan terutama bagi mahasiswa di lingkungan FIS UNY sehingga mempermudah mahasiswa memahami mata kuliah yang diajarkan oleh dosen. Seperti yang disebutkan dalam kata pengantar buku berjudul Hukum Acara Pidana Indonesia karya Anang Priyanto, M.Hum, bahwa buku tersebut ditulis dalam rangka membantu mahasiswa mempelajari mata kuliah Hukum Acara Pidana.

Hal senada disampaikan dalam buku karangan Marzuki yang berjudul Pembinaan Karakter Mahasiswa melalui Pendidikan Agama Islam. Menurut dosen Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH) FIS UNY tersebut, tujuan penulisan buku adalah untuk mengisi khazanah referensi Pendidikan Agama Islam sehingga dapat digunakan bahan ajar atau buku pegangan bagi para mahasiswa di Perguruan Tinggi Umum (PTU) dalam memahami dasar-dasar Islam.

Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag., mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan oleh dosen di lingkungan FIS UNY. Dalam sambutannya yang tercantum dalam buku karya Prof. Haikal, ia berharap semoga buku yang telah dibuat oleh para dosen tersebut dapat menginspirasi dan dilanjutkan oleh dosen-dosen lainnya di lingkungan FIS UNY. Apabila hal tersebut terwujud, akan berkembang budaya menulis yang dampaknya bisa memberikan kebermanfaatan kepada mahasiswa dan masyarakat luas. (Eko)

Label Berita: