ORIENTASI STUDI PPG SM3T UNY

“Apabila ingin menjadi pemimpin yang baik, pimpin dahulu diri sendiri dengan baik sekaligus jadilah anggota yang baik pula. Gunakan waktu setahun ini untuk pembentukan diri dalam menyongsong masa depan karena Anda adalah orang-orang pilihan yang berkesempatan mengajar di daerah terpencil, terluar, dan tertinggal. Selamat, karena Anda berhasil melaluinya dengan sukses karena ada juga yang berhenti di tengah jalan dengan berbagai alasan.”

Demikian dikatakan Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA, dalam orientasi studi PPG SM3T UNY yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Jumat–Sabtu, 1–2 Maret 2013. Program PPG SM3T adalah program pendidikan profesi guru bagi sarjana pendidikan yang telah melaksanakan tugas pengabdian di daerah terpencil, terluar, dan tertinggal selama satu tahun. Tujuannya adalah untuk menghasilkan calon guru yang memiliki kompetensi dalam pembelajaran, mampu melakukan pembimbingan dan pelatihan peserta didik serta melakukan penelitian sekaligus mampu mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan.

Peserta PPG SM3T UNY sejumlah 197 orang dari 7 program studi yaitu: PGSD, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, serta Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Sementara itu ada tiga program studi yang PPG—nya ikut bergabung yaitu Pendidikan IPA yang bergabung dengan Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Perancis yang bergabung dengan Pendidikan Bahasa Inggris, serta Pendidikan Kepelatihan Olahraga yang bergabung dengan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

Selama mengikuti PPG di UNY peserta akan tinggal di asrama mahasiswa kampus Wates dan setiap hari akan berangkat ke kampus UNY Karangmalang menggunakan bus UNY. Pendidikan berasrama memang menjadi kewajiban bagi peserta PPG SM3T UNY sebagai sarana membentuk pribadi berprestasi, mandiri, dan disiplin sekaligus peka dan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang majemuk. (Dedy)

Label Berita: