TAHUN 2013 SEMUA UNIT USAHA UNY SIAP GO PUBLIC

Setelah hampir satu tahun terbentuk, Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha (BPPU) UNY telah menunjukkan hasil kerja yang maksimal. Sebut saja, sepanjang tahun 2012 BPPU UNY memperkirakan akan memberikan income generation sebesar Rp 5 milyar kepada UNY. Meskipun jumlah ini dianggap sudah “besar”, namun bukan berarti BBPU tidak mengalami kerugian di beberapa unit usaha. Untuk itu, BPPU terus melakukan evaluasi terhadap persoalan tersebut. Setidaknya hal ini terungkap pada Pra Rapat Kerja (Raker) BPPU 2013 di Ballroom UNY Hotel (3/12/2012).

Raker yang dihadir Wakil Rektor II, Dr. Moch. Alip, M.A., Ketua BPPU, Sutrisna Wibawa, M.Pd., Kepala Biro UPK, Setya Budi Takarina, M.Pd., Kabag Keuangan, Sukirjo, M.Pd., dan anggota BPPU, serta manajer-manajer pada setiap unit usaha ini merumuskan beberapa Program Kerja BPPU tahun 2013. Dari 29 program kerja yang diurumuskan, terdapat dua (2) program kerja baru, yakni pendirian BPR dan Biro Perjalanan Wisata, serta perluasan UPP menjadi Unit Percetakan dan Penerbitan. Sejauh ini BPPU memiliki 10 unit usaha: Auditorium, UNYQUA, Auto Care, Fitness Center, GOR, Kolam Renang, Limuny, UNY Press, Unit Perdagangan dan Cenderamata, serta  UNY Hotel.

Perluasan dan pengembangan unit usaha ini dilakukan untuk lebih memaksimalkan keuntungan yang diperoleh UNY sehingga ke depan BPPU dapat menyumbangkan untuk pendanaan universitas (Income Generating UNY). Apalagi ke depan UNY membutuhkan tidak sedikit anggaran dalam merealisasikan program menuju World Class University (WCU).

“Ya… lewat BPPU, kami berharap bisa sedikit membantu UNY dalam mewujudkan program kerjanya, termasuk membantu pembiayaan program universitas menuju WCU,” ungkap Sutrisna Wibawa.

Selain itu, BPPU bersama UNY terus berusaha memperbaiki fasilitas unit usaha, seperti melakukan pembersihan dan perbaikan ruang ganti dan toilet GOR UNY sesuai standar nasional, perbaikan beberapa lantai dasar kolam, perbaikan alat-alat kolam, dan pengoptimalan gedung Limuny dari 2 lantai menjadi 1 lantai, dan lain-lain.

Di sisi lain, menurut Sutrisna Wibawa, pada tahun 2013 setiap unit usaha diharapkan bisa mengembangkan Student Employment sebagai teaching factory atau sarana pembelajaran bisnis dan kewirausahaan bagi mahasiswa. Diharapkan melalui program  ini mahasiswa UNY akan memiliki laboratorium kewirausahaan, sehingga ke depan mereka tidak hanya memiliki pengetahuan akademik, tetapi juga memiliki keterampilan ataupun jiwa enterpreunership. (la ode)

Label Berita: