TPI PANTAU PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL

Tim Pemantau Independen (TPI) yang dibentuk oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dengan UNY sebagai koordinator mulai Senin 22/3 memantau jalannya ujian nasional (UN)  di tiap sekolah baik tingkat SMA/MA, SMK maupun SMP/MTs. Setiap anggota TPI merupakan para dosen PTN maupun PTS yang ada di DIY.

Pada hari pertama (Senin) tim bersama Rektor UNY, Dr.Rochmat Wahab, M.A., koordinator TPI dan pengawas UN 2010, Moch Slamet MS, memantau  SMA/MAN yang ada di kota Yogyakarta diantaranya MAN 1 Yogyakarta, SMA 1 Yogyakarta, SMA Bobkri 1 Yogyakarta dll. Hari kedua tim yang terdiri atas Ketua LPMP Yogyakarta Drs. Harmanto, M.Si., dan anggota tim lainnya memantau sekolah di Kabupaten Bantul diantaranya SMA Patria Bantul, SMKN 1 Bantul, MAN Wonokromo dll. Pada hari ketiga tim memantau sekolah di Kab.Sleman yaitu SMA Kolombo, SMK 2 Depok, dan MAN Maguwoharjo, Sedangkan hari-hari berikutnya memantau di wilayah, Kab. Kulon Progo dan Kab.Gunung Kidul. Menurut dari hasil pantauan disekolah yang dikunjungi di Kab.Bantul tidak ada masalah yang berarti. Masalah tersebut diantaranya lembar jawaban jumlahnya kurang, tapi bisa diatasi dengan lembar jawaban cadangan.

Dikatakan oleh salah satu panitia ujian nasional di MAN Wonokromo, Mawardi, pada hari pertama listrik sempat padam sehingga agak mencemaskan jalannya ujian nasional tapi ternyata listrik hidup kembali sehingga tidak mengganggu jalannya ujian. Sedangkan untuk distribusi soal tidak ada masalah. Begitu juga di SMKN 1 Bantul, sampai hari kedua kemarin (Selasa) tidak ada masalah dalam pendistribusian soal dan tidak ditemukan penyimpangan dalam pelaksanaan ujian. Jadi bisa dikatakan  pelaksanaan ujian nasional di SMKN 1 Bantul berjalan lancar. (Wit)