BERITA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

BEM KM UNY BERBAGI

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (BEM KM UNY) pada Minggu (20/7/2014) mengadakan kegiatan bagi-bagi takjil di sekitar jalan 0 km Yogyakarta yang dikemas dalam acara Sahabat Berbagi. Acara yang yang mengangkat “Berbagi di Bulan nan-Suci” ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa kepada masyarakat sekitar. Pada kesempatan kali ini BEM KM UNY yang bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesi (BRI) Yogyakarta dan Forum BEM DIY (FBD) memberikan 150 takjil di sekitar 0 km Yogyakarta berupa nasi bungkus dan es buah.

KUIK UNY SELENGGARAKAN WORKSHOP POB DAN EVALUASI KEGIATAN BIDANG IV

Jumat—Sabtu (18—19/7/2014), Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) UNY menyelenggarakan workshop penyusunan Panduan Operational Baku (POB). Workshop ini dibuka oleh Prof. Suwarsih Madya, Ph.D., Wakil Rektor Bidang IV (Kerjasama dan Pengembangan) di ruang kelas A KUIK dan kegiatan dilanjutkan di Hotel Griya Persada, Kaliurang, Sleman.

BAKSOS DIES NATALIS KE-64 FIP UNY

Salah satu kegiatan Dies Natalis ke-64 FIP UNYadalah bakti sosial yang diunduh oleh Ibu-ibu Dharma Wanita FIP UNY, Sabtu (19/7/2014). Berbarengan dengan bulan suci Ramadhan, acara ini didukung penuh dan dihadiri oleh jajaran Dekanat FIP UNY. Mengambil tempat di Pesantren Tahfizh Quran Nurani Insani yang beralamatkan di Sumber, Gamol Balecatur Gamping, keluarga besar FIP berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim piatu dan dhuafa yang diasuh oleh yayasan yang digawangi oleh Ustadz Sigit Yulianta. Dalam sambutannya, Wakil Dekan III FIP Dr. Suwarjo, M.Si.

UNY IKUTI THE 10TH ASLEA CONFERENCE 2014 DI TAIWAN

AsLEA (Annual Asia Law and Economics Association) Conference 2014 adalah konferensi yang diselenggarakan untuk membahas tentang hukum dan ekonomi serta kaitannya baik dari sisi perkembangan teori maupun empirisnya serta eksperimen. AsLEA Conference 2014 mengundang para peneliti, akademis, dan profesional di seluruh dunia, khususnya di seluruh Asia untuk berbagi ide dan mendiskusikan hal-hal tentang hukum dan ekonomi untuk mempresentasikan papernya, baik dalam sisi teori, empiris atau paper penelitian yang bersifat eksperimental.

UNY IKUTI INTERNATIONAL MARTIAL ARTS AND CULTURE CAMP DI THAILAND

Program International Martial Arts and Culture Camp merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Suranaree University of Technology (SUT), Nakhon Ratchasima, Thailand.  Dalam kegiatan ini mahasiswa UNY mendapatkan berbagai pengetahuan mengenai Muay Tai, yaitu seni bela diri asal Thailand, berbagai tarian tradisional, dan field trip ke beberapa tempat budaya di Nakhon Ratchasima, Thailand. Kegiatan yang berlangsung pada 25—30 Juni 2014 diikuti oleh 9 mahasiswa dan 1 dosen pendamping.

PELATIHAN MEMBUAT BATIK JUMPUTAN

Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa sebelum meraih gelar sarjana. Dari banyak program kerja yang disusun dalam KKN, salah satunya adalah pembentukan Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) seperti yang dilakukan oleh Kelompok KKN UNY 52 yang ditempatkan di Dusun Sumber, Sendangmulyo, Minggir, Sleman. Ada empat fokus utama pada pembentukan program KKN Posdaya yang meliputi pendidikan, kewirausahaan, kesehatan, dan lingkungan hidup.

PPG SM3T TOLAK KEKERASAN PALESTINA

Menolak berbagai bentuk imperialisme modern, feodalisme, dan kapitalis yang membelenggu hak bangsa untuk hidup merdeka serta menciderai hak demokratis rakyat. Itulah point pertama pernyataan sikap peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mendidik Daerah Terdepan Terluar Tertinggal (SM3T) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terhadap kekerasan sesama manusia di Palestina, yang digelar Minggu (13/7/2014) di Alun-Alun Wates Kulonprogo.

MONITORING PERKEMBANGAN STUDI MAHASISWA S3 PEP

Guna mendapatkan informasi terkait perkembangan studi mahasiswanya, adalah suatu kewajiban bagi pengelola program studi untuk melakukan monitoring. Untuk itu, pada hari Kamis, 10 Juli 2014, Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) PPs UNY mengadakan kegiatan monitoring perkembangan studi mahasiswa S3 PEP angkatan 2012 bertempat di ruang 202 PPs UNY.

SEMINAR KENAKALAN REMAJA SM3T NGADA

Dalam rangka menyambut siswa baru, dua guru SM-3T Universitas Negeri Yogyakarta Fitri Nurhayati, S.Pd. dan Septi Sinarsi, S.Pd. menggelar seminar sehari yang bertajuk kenakalan remaja. Kegiatan ini dilatarbelakangi karena terjadinya banyak penyimpangan di kalangan remaja. Seminar yang diselenggarakan hari Kamis, 17 Juli 2014 di SMA S Kejora Riung, Ngada, NTT ini melibatkan seluruh siswa mulai dari kelas X, XI, dan XII. Sebagai pembicara didatangkan tiga pemateri dari kalangan kesehatan, tokoh agama, dan kepolisian.

PENELITIAN KERJASAMA PPS UNY DENGAN UNIVERSITY OF AUCKLAND

Sebagai kelanjutan realisasi penelitian kerjasama dalam bidang pendidikan multikultural antara PPs UNY dengan Faculty of Education, University of Auckland (UoA), Selandia Baru pada tanggal 1—7 Juli 2014 yang lalu, tim peneliti dari PPs UNY berkesempatan melakukan kunjungan ke Auckland untuk berdiskusi secara intensif dengan tim peneliti dari UoA dan melakukan serangkaian kegiatan pendukung lainnya. Tim peneliti UNY terdiri dari Prof. Zamroni, Ph.D., Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, Dr. Siti Irene A.D., dan Titik Sudartinah, M.A., sedangkan tim dari UoA adalah Dr.

Pages