BERITA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

SOSIALISASI DAN PROMOSI SBMPTN

Dalam rangka sosialisasi dan promosi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. selaku Ketua Umum, menjadi narasumber dalam acara Kompasiana di Kompas TV pada Jumat (22/5/2015). Dalam acara tersebut, Ketua Umum yang juga Rektor UNY itu menjelaskan berbagai hal terkait dengan SBMPTN, juga dengan seleksi sarjana sebelumnya yang sudah diumumkan 9 Mei lalu yakni SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang sering kurang dipahami oleh masyarakat.

DI INDONESIA BARU 180 SPESIES DIGUNAKAN UNTUK JAMU

Di Indonesia diperkirakan ada sekitar 30.000 tumbuhan ditemukan di dalam hutan hujan tropika, dan sekitar 1.260 spesias di antaranya diketahui berkhasiat sebagai obat. Namun baru sekitar 180 spesies yang telah digunakan untuk berbagai keperluan industri obat dan jamu. Selain itu, baru beberapa spesies saja yang telah dibudidayakan secara intensif.

Di samping itu  terdapat organisme lain seperti jamur ataupun mikroba yang belum banyak tersentuh oleh peneliti. Keanekaragaman hayati tersebut merupakan sumber biomolekul senyawa-senyawa organik yang tidak terbatas jumlahnya.

MAHASISWA FMIPA UNY JUARA II LOMBA KARYA TULIS NASIONAL

Mahasiswa FMIPA UNY  yang terdiri dari Mariana Ramelan (Pendidikan Matematika). Rizal Burhanudin (Pendidikan Fisika), dan Muhammad Wahyu Arif (Kimia) berhasil menorehkan prestasi  dengan menjadi juara II Lomba Karya Tulis Nasional (LKTIN) Indonesian Energy Innovation Challenge (IEIC) yang diselenggarakan di  Fakultas Teknik  Universitas Hasanuddin Makasar (28—30 April 2015).

UNY BERIKAN PENGHARGAAN KEPADA 3 TOKOH

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), pada hari Kamis, 21 Mei 2015 genap berusia 51 tahun. Pada acara puncak yaitu Upacara Dies Natalis ke-51 UNY yang digelar di Auditorium tersebut, UNY memberikan penghargaan UNY Kencana Wijaya 2015  kepada para tokoh. Para tokoh tersebut yaitu: (1) Musimin, pemerhati anggrek di lereng Merapi, Sleman, (2) Warso Suwito, pemerhati bakau di Kulonprogo. Penghargaan Nugraha UNY Dwija Kencana 2015 untuk tokoh pendidikan nasional diberikan kepada Prof. Dr.-Ing. Wardiman Djojonegoro atas dedikasinya yang sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan nasional.

BANGKA TENGAH KUNJUNGI UNY GUNA BAHAS KERJASAMA PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU

Jumat sore (21/2/2015), Ruang Rapat Senat Timur UNY sedikit lebih ramai dari biasanya. Empat orang tamu dari Kabupaten Bangka Tengah mengunjungi UNY dalam rangka Koordinasi Kerjasama Pengembangan Kompetensi Guru SMK di Kabupaten Bangka Tengah. Rombongan dari Kabupaten Bangka tengah ini dipimpin langsung oleh Bupati mereka, Erzaldi Rosman, M.M.

PEMBERIAN PENGHARGAAN PEMENANG LOMBA PENULISAN BUKU AJAR

Dalam rangka dies natalis UNY yang ke-51 Fakultas Ilmu Pendidikan melalui Jurusan Pendidikan Luar Biasa mengadakan kegiatan “Lomba Penulisan Buku Ajar Bagi Guru-Guru Sekolah Luar Biasa di DIY”. Kegiatan ini dilatarbelakangi Visi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNY yaitu “Pada tahun 2020 menjadi program studi terkemuka di tingkat nasional untuk menghasilkan tenaga pendidik yang humanis dan profesional di bidang pendidikan khusus berdasarkan ketaqwaan, kemandirian, dan cendekia”.

AKSI DAMAI MENJEMPUT SANG FAJAR, SEMANGAT FALSAFAH KI HADJAR

Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional 2015, HIMA KP FIP UNY melakukan Aksi Damai dengan tema “Menjemput Sang Fajar Semangat Falsafah Ki Hadjar”. Aksi dimulai dengan melakukan longmarch dari Kampus UNY Mandala di Jl. Kapas menuju ke Taman Makam Pahlawan, Rabu (20/5/2015).

WORKSHOP PENYUSUNAN POB MEKANISME KERJA U2IK FAKULTAS, LEMBAGA, DAN PASCASARJANA

“Pengembangan kerjasama dalam negeri dan luar negeri Universitas Negeri Yogyakarta semakin hari semakin meningkat. Jika diibaratkan dengan jantung, intensitas denyut nadi kerjasama UNY sudah sangat cepat. Beban kerja semakin meningkat seiring kegiatan kerjasama yang terus bertambah. Di situlah letak relevansi dan pentingnya posisi U2IK di UNY,” terang Prof.

RELAWAN PENDIDIKAN FIP UNY BERAKSI DI KAMPUNG KEPARAKAN

Minggu (17/5/2015), Relawan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan perdananya di Kampung Kerajinan Keparakan daerah Kali Code Yogyakarta. Kegiatan pada Minggu pagi diawali dengan senam. Masyarakat Keparakan berbondong-bondong memadati kampung untuk menghadiri kegiatan perdana Relawan Pendidikan ini. Tim Relawan Pendidikan yang beranggotakan 20 orang turun dan membaur dengan warga sekitar. Warga menyambut baik kedatangan Relawan Pendidikan.

ENAM PEGAWAI UNY IKUTI STUDY VISIT DI UNIVERSITI MALAYSIA SARAWAK

Pegawai berprestasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)  yang terdiri dari Arif Nurhadi, S.T. (Subbag Akademik BAKI UNY); Nur Wahyuni Kurniasari, S.E. (Subbag TU dan Kearsipan UHTP UNY); Eko Prasetyo Nugroho, S.Pd., (Humas FIS UNY); Arni Wahyu Budi Lestari, S.Sos. (Subbag Non-PNBP BUPK UNY); Sudarman, S.Pd. (Laboratorium Penelitian dan Pengujian Bahan FT UNY), dan Lanang Prasaja, A.Md.(Keuangan BUPK UNY)  ikuti study visit di Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS) pada 10—17 Mei 2015.

Pages