BERITA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

CLOSING CEREMONY PROGRAM SIT IN UNIVERSITI PUTRA MALAYSIA DI UNY

“Di Indonesia, semua pengendara sepeda motor selalu membunyikan horn (klakson: red) tiap waktu. Salain itu, semua pengendara membawa motor dengan sangat cepat. Saya sangat takut,” tutur Cik Arba’ah Binti MD Salleh yang langsung disambut gelak tawa para mahasiswa Universiti Putra Malaysia (UPM) dan UNY yang memadati ruang Ruang Seminar Pusat Layanan Akademik lantai III, FBS, UNY, pada Jumat (23/1/2015). Begitulah kesan ketua rombongan Kolej 12 UPM ini, dalam sambutannya pada closing ceremony Program Sit-In UPM di UNY.

MELANJUTKAN STUDI DI YOUNGSAN UNIVERSITY KOREA

Prof. Dr. Je Dae-Sik, M.Pd., Direktur Kantor Kemitraan Indonesia Youngsan University, Korea menyambangi Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) (23/1/2015) untuk memaparkan program studi lanjutan di Youngsan University, Korea. Presentasi ini dihadiri pimpinan fakultas serta dosen-dosen FT UNY dan juga para mahasiswa tingkat akhir yang memiliki minat untuk melanjutkan studi di Korea.

MONITORING DAN EVALUASI KEGIATAN PENYEDIAAN DOSEN TAMU (GUEST LECTURER) TAHUN 2014

Wawasan mahasiswa akan lebih luas jika mereka dapat memperoleh ilmu dari berbagai sumber serta informasi yang kekinian, terlebih jika mahasiswa dapat belajar langsung dari dosen yang bersangkutan, baik dari dosen dalam negeri maupun mancanegara. Hal ini sesuai dengan visi UNY untuk menjadi universitas kependidikan berkelas dunia (Word Class University) yang semakin digalakkan.

DIALOG MAHASISWA ANTARBANGSA: KOLEJ 12 UPM DAN FBS UNY

Isu kontemporer ihwal pendidikan dan kebudayaan antara Indonesia dan Malaysia dikupas tuntas dalam dialog mahasiswa antarbangsa di Ruang Seminar Pusat Layanan Akademik lantai III, FBS, UNY, pada Jumat (23/1/2015). Dialog itu mempertemukan dua aktivis mahasiswa dari dua negara berbeda yang saling terbuka menyampaikan opininya masing-masing. Ketua rombongan Kolej 12 Universiti Putra Malaysia (UPM), Cik Arba’ah Binti MD Salleh, menuturkan antusiasmenya atas sambutan dari Organisasi Mahasiswa (Ormawa) FBS. Dewasa ini, lanjutnya, berbagai isu bilateral melanda Indonesia dan Malaysia.

MAHASISWA BIOLOGI UNY AMATI AKTIVITAS RUSA TIMOR

Sebanyak 32 orang mahasiswa Prodi Biologi 2011, FMIPA UNY melaksanakan Studi Ekskursi ke Taman Nasional Baluran yang berada di Baluran, Jawa Timur. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 18-20/12/2014 dengan dibagi berbagai kelompok untuk mengamati berbagai flora ataupun fauna yang ada di Taman Nasional Baluran, salah satunya mengamati rusa timor (Cervus timorensis) yang merupakan rusa asli Indonesia.

PURNATUGAS BEM DAN DPM FBS UNY 2014

 Pelbagai elemen aktivis mahasiswa “kampus ungu” FBS memadati pendopo Tedjokusumo pada Sabtu pagi (24/1/2015). Hari itu merupakan momentum sekali dalam satu tahun dalam keorganisasian di FBS. Pasalnya, BEM dan DPM FBS menyampaikan laporan pertanggungjawabannya selama satu tahun periode kepengurusan. Acara yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) FBS 2014 itu dihadiri oleh Prof. Dr. Zamzani, M.Pd. (Dekan) dan Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd. (Wakil Dekan III).

MAHASISWA UNY MANFAATKAN LIMBAH AMPAS TEH SEBAGAI PRODUK SABUN CAIR

Minuman teh merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi  di berbagai negara dengan cara diseduh. Setelah diminum airnya, umumnya ampas seduhan teh menjadi limbah dan dibuang begitu saja. Ternyata ampas dari seduhan teh mengandung polifenol, kandungan antioksidan yang membuat minuman ini begitu sakti. Kandungan tersebut tetap tinggal dalam ampas teh.

MONEV PERKEMBANGAN PENDIDIKAN MAHASISWA ASAL KABUPATEN KEPULAUAN METAWAI

“Sumber daya alam yang melimpah belum dibarengi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mengelolanya. Oleh karena itu, kami mengirim anak-anak kami untuk belajar di berbagai universitas terbaik, dan Universitas Negeri Yogyakarta menjadi tujuan kami untuk mendidik calon-calon guru di Kabupaten Kepulauan Mentawai.”

FIK UNY UJI INSTRUMEN KEBERBAKATAN OLAHRAGA

Di GOR UNY Kampus Wates pada Rabu (21/1/2015) dilaksanakan kegiatan tes fisik bagi siswa kelas khusus olahraga bakat istimewa olahraga.  Tes fisik ini sebagai uji empirik instrumen keberbakatan olahraga oleh Direktorat Pembinaan Khusus Layanan Khusus Pendidikan Dasar Kemdikbud bekerjama dengan FIK UNY dan Asosiasi Pelatih Olahraga Indonesia (APORI). Dekan FIK UNY, Drs. Rumpis Sudarko, M.S. menyampaikan bahwa tes fisik ini diikuti oleh siswa SMP yang menggelar kelas khusus olahraga. Uji fisik ini untuk daerah Kulon Progo mengambil sampel dari  SMP 1 Panjatan dan SMP 2 Galur.

DOSEN FKIP UNS SURAKARTA RAIH DOKTOR PTK DI UNY

Saat ini daya saing tenaga kerja Indonesia yang terampil dan terdidik masih perlu ditingkatkan. Dalam hal ini, Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan memiliki peran yang strategis dalam upaya peningkatan daya saing bangsa. Faktanya mutu dan relevansi lulusan LPTK-PTK belum sesuai harapan. Selain itu, perencanaan strategis di LPTK-PTK yang belum optimal dapat memberikan kontribusi terhadap rendahnya mutu dan relevansi lulusan.

Pages