BERITA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

REKTOR UNY MERESMIKAN GEDUNG KULIAH I DI UNY KAMPUS WATES

Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA meresmikan gedung kuliah I di UNY Kampus Wates pada Minggu (3/5). Peresmian gedung kuliah ini ditandai dengan penandatangan prasasti dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor UNY yang diserahkan kepada Wakil Rektor II dan dilanjutkan kepada Pengelola UNY Kampus Wates sebagai simbol penyerahan Gedung Kuliah I kepada Kampus Wates.  Peresmian gedung kuliah I ini dihadiri oleh pejabat di lingkungan UNY, Kapolsek Pengasih,  Kepala Desa Pengasih, Dukuh terbah, dan mahasiswa UNY Kampus Wates.

PERAN LINGKUNGAN DAN MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN MANUSIA BERMARTABAT

Pendidikan dalam keluarga merupakan pondasi yang kokoh kuat untuk pembentukan dasar-dasar hidup beragama, akhlak, karakter dan nilai-nilai luhur lainnya. Di dalam keluargalah nilai-nilai ini mulai di semai dan dikembangkan dengan ikatan cinta dan sentuhan kehangatan. Dalam keluargalah orang mempelajari banyak hal dimulai dari bagaimana berinteraksi dengan orang lain, menyatakan keinginan dan perasaan, bertutur kata, besikap berperilaku, menganut nilai-nilai tertentu.

MAHASISWA ASING UNY KENALKAN NEGARA MEREKA KE SISWA SD MUH KEMADANG

Ekspresi riang nampak jelas terlihat pada raut muka siswa kelas 4, 5, dan 6 SD Muhammadiyah Kemadang, Gunung Kidul. Pasalnya, Selasa (4/5), sejumlah 9 orang mahasiswa internasional dari berbagai negara mengunjungi SD tersebut. Mahasiswa internasional tersebut merupakan peserta program Darmasiswa dan Kemitraan Negara Berkembang yang belajar bahasa dan budaya Indonesia selama 1 tahun di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

MEMPERBAIKI KUALITAS PENDIDIKAN DAN TENAGA KERJA DI INDONESIA

Sebanyak lebih dari 230 peserta dari kalangan dosen, guru, siswa, serta para akademisi menghadiri Seminar Nasional di Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Sabtu (23/4) kemarin. Seminar bertemakan “Penguatan Hubungan antara Pengembangan Keterampilan, Pendidikan, dan Ketenagakerjaan Generasi Muda: Sekolah, Prospek Seumur Hidup, dan Peran Transisi dari Sekolah ke Dunia Kerja” ini merupakan salah satu even akademik memeriahkan Dies Natalis UNY ke-52.

FESTIVAL DALANG CILIK VI

Berbusana kebaya orange, gadis itu duduk bersila. Tangannya mulai memegang gunungan tanda acara akan dimulai. Alunan gending gamelan menggema dan suara mungilnya mulai mementaskan lakon “Gathotkaca Senopati”. Inilah adegan dalam pentas Festival Dalang Cilik (FDC) VI yang diadakan oleh Museum Pendidikan Indonesia UNY. Gadis bernama Elvia Trisniawati tersebut adalah salah satu peserta FDC VI yang berasal dari Blora. Putri ketiga pasangan Suroso dan Sujiyati tersebut mengaku telah mempersiapkan diri dengan berlatih mendalang di Sanggar Yudhistira Blora.

MAHASISWA PGSD CIPTAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BUDAYA INDONESIA

Kebudayaan nasional merupakan sesuatu hal yang penting bagi Indonesia dan merupakan salah satu unsur dalam menjaga rasa nasionalisme dalam diri kita sebagai rakyat Indonesia. Namun ketika kebudayaan itu tidak dijaga dengan baik, kebudayaan tersebut akan sangat mudah di klaim oleh negara lain. Terbukti dengan berbagai jenis kesenian Indonesia yang diklaim sebagai milik negara asing. Fakta ini menunjukkan masih kurangnya kesadaran memiliki orang Indonesia dengan budayanya sendiri.

LOMBA KEBERSIHAN KAMPUS 2016

Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar lomba kebersihan kampus 2016, dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-52 Universitas Negeri Yogyakarta. Hasil lomba kebersihan kampus diumumkan dalam rapat evalusi hasil lomba di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY (21/4), dengan menghadirkan tim juri dari Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Lomba yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para warga kampus mengenai budaya bersih dan budaya rapi.

SEPEDA DAN JALAN SEHAT DIES NATALIS KE-52 UNY DI KAMPUS WATES

Memeriahkan Dies Natalis ke-52 UNY, UNY Kampus Wates kembali menggelar Jalan dan Sepeda sehat pada Minggu (1/5)  dimulai dari Gedung Layanan Akademik UNY kampus Wates. Acara ini diikuti oleh 1257 peserta dengan jumlah yang sepeda sehat  553 orang  dan peserta jalan sehat sebanyak 704 orang. Sepeda dan jalan sehat ini dikuti oleh Wakil Bupati Kulon Progo beserta jajarannya, Rektor UNY dan pejabat di lingkungan UNY, dosen, karyawan, mahasiswa UNY dan warga sekitar Kulon progo.

PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL DI UNY

Hari Pendidikan Nasional kita peringati bukan hanya untuk mengenang jasa Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia, namun juga untuk merefleksikan tentang beragam upaya yang telah dan sedang kita lakukan dalam menjalankan berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Indonesia. Perjalanan tersebut menjadi tonggak dalam upaya kita memberi layanan pendidikan tinggi berkualitas, menciptakan SDM Iptek yang terampil dan mengingkatkan kapasitas penciptaan beragam inovasi dan teknologi yang berdaya saing industri.

MAHASISWA FIS UNY JUARA II LOMBA INFOGRAFIS IGSS 2016

Mahasiswa program studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2015 Yuli Widiyatmoko, berhasil meraih Juara II dalam ajang Lomba Infografis 1st Indonesia Geography Student Summit 2016 yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia di Universitas Muhammadiyah Mataram, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 27-29 April 2016. Acara 1st Indonesia Geography Student Summit 2016 sendiri diikuti oleh 27 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Pages