BERITA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

MENYULING AIR LAUT GUNAKAN TEKNOLOGI HIBRID

Air merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia untuk keperluan minum, memasak, mandi, mencuci, dan lain-lain. Semakin tinggi tingkat pertumbuhan penduduk suatu negara, maka semakin banyak konsumsi air bersih yang dibutuhkan. Indonesia sebagai negara kepulauan dan beriklim tropis, mempunyai banyak sumber air seperti laut, danau, dan sungai. Indonesia sebagai negara beriklim tropis, memiliki curah hujan rata-rata diatas 2 meter per-tahun.

OPENING CEREMONY OF THE INTENSIVE 75 HOUR ENGLISH COURSE

Senin (27/7/2015), Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) secara resmi membuka kegiatan the Intensive 75 hour English Course yang diselenggarakan oleh Bidang IV UNY bekerjasama dengan USINTEC (U.S./Indonesia Teacher Education Consortium). The Opening Ceremony of the Intensive 75 hour English Course tersebut digelar di Ruang 201, Gedung LPPMP UNY.

TRAINING ESQ UNTUK MAHASISWA BARU JALUR SNMPTN

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan training Emotional Spiritual Quotient (ESQ) bagi mahasiswa baru beragama Islam yang diterima melalui jalur SNMPTN sebanyak 1.954 orang. Training ini merupakan salah satu rangkaian pembekalan bagi mahasiswa baru UNY dalam upaya untuk membangun karakter para mahasiswa. Pembukaan training ESQ berlangsung Senin, 27 Juli 2015 di Auditorium UNY dan dibuka oleh Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.

KMP UNY SILATURAHIMI PIMPINAN DAN KARYAWAN PPS UNY

Dalam rangka mempererat silatuharim bertepatan dengan momentum lebaran puasa dan perayaan Idul Fitri 1436 H, pengurus dan anggota Keluarga Mahasiswa Pascasarjana melakukan kunjungan silaturahim ke rumah pimpinan dan karyawan Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Agenda silaturahim dilaksanakan sejak H+2 lebaran yakni hari Minggu—Selasa, 19—21 Juli 2015.

PROF. DRS. H. DAKIR TELAH BERPULANG

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta berduka atas meninggalnya Prof. Drs. H. Dakir. yang wafat pada Sabtu, 25 Juli 2015 pukul 13.55 WIB di RS Sardjito. Almarhum adalah Guru Besar Emeritus Fakultas Ilmu Pendidikan. Prof. Drs. H. Dakir yang dilahirkan tanggal 11 Mei 1932 meninggalkan seorang istri, 5 putra, 1 putri, dan 7 orang cucu. Almarhum dikenal sebagai sosok yang tegas, inspiratif, dan penuh semangat. Berdedikasi tinggi, loyal, dan selalu berjuang untuk selalu memajukan FIP.

HALAL BI HALAL FIP HADIRKAN DR. MUQOWIM, M.AG.

“Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat kepada orang lain. Karena pada akhir hayat, yang bisa menyelamatkan hanyalah amal jariyah dan anak yang saleh. Kehidupan manusia itu diibaratkan seperti proses pembuatan batu yang tidak sedap dipandang menjadi batu perhiasan. Ini merupakan proses perumpamaan di mana manusia menjalani bulan Ramadhan kemudian memenangkan  perang melawan hawa nafsu ketika selesai bulan Ramadhan.” Demikian ungkap Dr. Muqowim., M.Ag. dalam tausyiahnya di acara Syawalan Keluarga Besar FIP UNY.

SYAWALAN DAN PERESMIAN MUSHOLLA FE UNY

Dalam suasana Idul Fitri 1436 H, Fakultas Ekonomi (FE) UNY menyelenggarakan Syawalan tingkat fakultas, Sabtu (25/7/2015) lalu. Setelah menempuh perjalanan puasa satu bulan lamanya, momen Idul Fitri lazim diramaikan dengan acara syawalan guna saling bermaaf-maafan. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 250 dosen dan karyawan beserta keluarga, serta perwakilan pengurus organisasi kemahasiswaan tingkat fakultas di lingkup FE UNY. Selain itu, turut hadir pula para purnakarya dan janda dari dosen dan karyawan FE, serta kaum dhuafa yang selama ini menjadi penerima santunan FE UNY.

SYAWALAN KELUARGA BESAR UNY

Halal bi halal tidak bisa lepas dari Ramadhan karena ini merupakan prosesi wisuda setelah sebulan berpuasa. Hendaknya seusai wisuda Ramadhan kita menjadi insyaf dan kembali ke fitrah, karena apabila fitrah dilanggar, hati akan menjadi resah. Demikian dikatakan Prof. Dr. Komaruddin Hidayat dalam syawalan keluarga besar Universitas Negeri Yogyakarta di Auditorium UNY, Jumat, 24 Juli 2015.

FT UNY BERANGKATKAN PESERTA PROGRAM SARJANA MENGAJAR 2015 DI DAERAH 3T

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) mengirimkan 20 guru produktif untuk mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal. “Peserta yang terdiri dari lulusan FT UNY dan alumni Program PPG Kolaboratif yang dikelola FT UNY dengan Politeknik Pertanian Negeri Kupang akan mengajar di Kabupaten Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Sumba Timur, dan Kupang Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), selama satu tahun.” Demikian diungkapkan Dekan FT UNY, Dr.

WORKSHOP PENGEMBANGAN MODUL E-LEARNING

Program Project Implementation Unit-Islamic Development Bank (PIU IDB) UNY kembali mengadakan workshop, kali ini adalah “Workshop Pengembangan Modul E-Learning” yang berlangsung selama dua hari, Senin—Selasa, 13—14 Juli 2015 di Ruang Sidang Utama Rektorat dan Gedung Puskom UNY. Acara yang dihadiri oleh seluruh Kajur dan Kaprodi di UNY beserta jajarannya ini menghadirkan dua pembicara yaitu Dr. Sitaresmi Ismangil (Narasumber PMU IDB 7 in 1 Project Dikti) dan Prof.

Pages