BERITA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

KUIK UNY SELENGGARAKAN PELATIHAN TUTOR BIPA DAN STUDENT VOLUNTEER

Rabu, 20 Agustus 2014, Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK)  memulai Pelatihan Tutor BIPA dan Student Volunteer bagi 55 mahasiswa terseleksi yang berasal dari beberapa fakultas di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta. Kelima puluh lima mahasiswa ini sedianya mengikuti pelatihan selama tiga hari berturut-turut mulai tanggal 20—22 Agustus 2014 di Ruang Kelas KUIK.

PROGRAM GSM UNTUK TEKAN ANGKA NIKAH DINI DI GUNUNGKIDUL

Pernikahan dini di Gunungkidul dari tahun ke tahun kian meningkat. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah pengajuan dispensasi menikah di Pengadilan Agama Wonosari. Dari data tahun 2011, terdapat sebanyak 145 pemohon dispensasi menikah untuk wanita usia di bawah 16 tahun dan laki-laki di bawah 19 tahun. Pada tahun 2012 mengalami peningkatan menjadi 172 pemohon. Salah satu penyumbang angka pernikahan dini tertinggi di Gunungkidul adalah Kecamatan Tepus. Dari 172 pemohon pada tahun 2012, 94 pemohon sendiri berasal dari kecamatan ini.

JAM TANGAN AROMATERAPI PERELAKSASI PIKIRAN

Sebagai mahasiswa dalam menempuh studi tentunya harus fokus terhadap materi pendidikan yang disampaikan oleh dosen. Namun, tugas yang banyak diberikan oleh dosen kadang menimbulkan rasa stres dan kantuk tidak tertahankan.  Apalagi saat ini masih banyak mahasiswa yang mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam, sehingga pada pagi hari rasa kantuk dan lelah menyebabkan mahasiswa menjadi tidak fokus dalam mengikuti perkuliahan.

JUARA-JUARA BARU INDONESIA MELALUI OSPEK FIK UNY 2014

Panitia Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 dilantik pada Senin, 18 Agustus 2014, di Ruang Sidang Utama GPLA Lantai III FIK UNY. Panitia Ospek FIK UNY ini dilantik oleh Dekan FIK UNY Rumpis Agus Sudarko, M.S., bersama dengan Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, dan Wakil Dekan III beserta staf ahli dan dihadiri kabag serta kasubag FIK UNY.

PELEPASAN TIM PIMNAS UNY

“Pimnas merupakan kegiatan rutin tahunan namun jangan dikerjakan secara rutin. Selalu tingkatkan semangat untuk berprestasi. Semoga tim Pimnas UNY tahun ini dapat lebih meningkat prestasinya daripada tahun lalu.” Demikian kata Wakil Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta, Wardan Suyanto, Ed.D. dalam pelepasan tim Pimnas UNY yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Selasa, 19 Agustus 2014 yang dihadiri pula oleh pejabat di lingkungan UNY.

MUSIKALISASI PUISI UNTUK ANAK TUNARUNGU

Secara umum anak tunarungu dapat diartikan anak yang tidak dapat mendengar. Secara fisik, anak tunarungu tidak berbeda dengan anak dengar pada umumnya, sebab orang akan mengetahui bahwa anak menyandang ketunarunguan ketika mereka berbicara. Anak tersebut berbicara tanpa suara atau kurang terdengar suaranya dan tidak jelas artikulasinya, bahkan kemungkinan hanya dapat berisyarat.

PERAN TIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan memang kita harus terus mencari upaya-upaya apalagi dikaitkan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sedemikian pesat tentunya tidak boleh disia-siakan terutama untuk masalah akses pemerataan pendidikan. Negara Indonesia yang besar tentunya memiliki akses disparitas yang berbeda-beda, ada yang mudah ada yang sulit karena faktor wilayah. Oleh karena itu Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat membantu guna mengakses wilayah geografis yang sulit dijangkau. Demikian sambutan Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd.

SEMARAK HUT RI DI FIP UNY

Minggu (17/8/2014), peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-69 di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Semarak dan penuh semangat, begitulah sedikit gambaran suasana peringatan HUT RI ke-69 di FIP UNY. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada peringatan HUT  RI ke-69, FIP UNY mengadakan lomba yang diikuti oleh perwakilan seluruh Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di lingkungan FIP UNY.

WORKSHOP PKM BAGI MAHASISWA BIDIKMISI

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki  kemampuan akademis profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya  nasional.

KKN UNY SELENGGARAKAN DONOR DARAH

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-69, Kelompok KKN UNY 2014 lokasi 312 Wonosari Gunungkidul mengadakan program kegiatan bakti sosial yaitu donor darah bekerjasama dengan Karang Taruna Sub Unit Dusun Tawarsari Desa Wonosari Kota Wonosari Gunungkidul. Aksi donor darah tersebut dilaksanakan pada Kamis, 14 Agustus 2014 di Dusun Tawarsari bekerja sama dengan UDD Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Gunungkidul yang menerjunkan 4 personil, 2 orang mendata calon pendonor dan mengecek HB serta 2 orang petugas mengambil darah pendonor. 

Pages