BERITA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

PPL INTERNASIONAL MAHASISWA UNY DI THAILAND 2014

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali menyelenggarakan program PPL internasional. Kali ini di Thailand. Program PPL internasional ini merupakan salah satu bentuk kerjasama dari UNY dan Burapha University (BUU).  Sekolah yang menjadi tempat PPL ini ada dua, yakni Piboombunpen Demostration School dan Watnairong International School, Thailand.

WELCOMING CEREMONY MAHASISWA INTERNASIONAL UNY 2014

Guna menjadi perguruan tinggi dengan reputasi internasional, Universitas Negeri Yogyakarta senantiasa membuka kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk menempuh pendidikan  dan  mempelajari budaya Indonesia di kampus ini. Jum’at (12/9/2014) UNY menyambut  82 mahasiswa internasional yang berasal dari 29 negara di tahun akademik 2014/2015.

SAAT MENGAIRI SAWAH, IMAM TEMUKAN BALON BERHADIAH DIES KE-49 FIS UNY

“Tak menyangka,” itulah yang terbesit dalam benak Imam Rohmani warga Banyuyoso, Grabag, Purworejo karena telah menemukan balon berhadiah yang dilepas di halaman Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) saat senam bersama pembukaan acara Dies Natalis ke-49 FIS UNY, Jumat (12/9/2014). Imam mengaku dirinya tidak sengaja menemukan balon berhadiah tersebut. Pada saat mengairi sawahnya, Imam melihat para petani yang sedang memanen padinya berlari mengejar balon yang terbang rendah. Akan tetapi, balon tersebut terhembus angin ke arah barat dan mendekatinya.

SENAM BERSAMA TANDAI PEMBUKAAN DIES NATALIS KE-49 FIS UNY

Jumat pagi (12/9/2014) tampak berbeda dari pagi biasanya. Sejak pukul 06.30, halaman depan gedung Dekanat Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) dipenuhi oleh civitas akademika dan pengurus organisasi mahasiswa (ormawa) FIS UNY yang bersiap untuk mengikuti senam bersama dalam rangka pembukaan Dies Natalis ke-49 FIS UNY. Acara dimulai dengan sambutan dari ketua panitia, Nasiwan, M.Si. dan Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag.

DOSEN FT UNY KEMBANGKAN FINISHING KAYU DENGAN NUANSA MARMER

Imam Muchoyar, M.Pd., dosen Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengembangkan teknik pengecatan atau finishing kayu dengan nuansa marmer. Dengan teknik ini permukaan kayu yang memiliki warna dan serat kayu kurang baik disulap menjadi furniture yang memesona bahkan secara kasat mata benar-benar seperti batu marmer.  

Imam menjelaskan bahwa teknik finishing ini sangat cocok digunakan untuk permukaan meja tamu, meja makan, meja pelayanan umum serta furniture lainnya yang berbahan kayu.

FMIPA UNY TERIMA KUNJUNGAN CHIANG MAI UNIVERSITY, THAILAND

Untuk menjajagi kerjasama bidang penelitian, FMIPA UNY kedatangan tamu dari Chiang Mai University, baru-baru ini di kampus setempat.  Mereka dari Science Faculty sebanyak 8 orang. Para tamu disambut oleh Dekan, Wakil Dekan I, serta para pengurus jurusan.

Dekan FMIPA, Dr. Hartono menyambut baik kunjungan ini. “FMIPA UNY terbuka kepada siapa saja yang mau menjalin kerjasama di bidang pendidikan. Semoga dari pertemuan ini dapat segera ditindak lanjuti,” tuturnya.

TEMU PIMPINAN DAN ORMAWA FIK UNY 2014

Bertempat di Gubuk Resto Jl. Raya Wonosari Km 5, Jumat, 12 September 2014 pertemuan Pimpinan dan Ormawa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta  dihadiri oleh Dekan FIK Rumpis Agus Sudarko M.S., Wakil Dekan III Suhadi M.Pd., staf ahli kemahasiswaan, kajur, kaprodi,  dan subag – kasubag, serta perwakilan pengurus masing-masing  Ormawa  Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

PTK VOKASI BUSANA GELAR EKSPLORASI PRODUK FASHION

Ada yang berbeda di lobi Gedung Baru PPs UNY pada hari Rabu, 10 September 2014. Beberapa patung manekin dengan hiasan busana pesta dan casual dipajang di beberapa sudut ruangan. Pada hari itu, PTK Vokasi Busana angkatan 2013 menyelenggarakan Pameran Eksplorasi Produk Fashion sebagai Tugas Akhir Mata Kuliah Explorasi Produk Fashion yang diampu oleh Dr. Emy Budiastuti.

MAHASISWA INFORMATIKA UNY KEMBANGKAN APLIKASI PENGENALAN TOPENG NUSANTARA

Sekelompok mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengembangkan aplikasi “ARTopeng” sebagai media interaktif pengenalan topeng nusantara. Kelompok yang terdiri dari Hardika Dwi Hermawan, Dias Aziz Pramudita, dan Anis Khoerun Nisa ini membuat “ARTopeng” dengan Augmented Reality berbasis komputer.

BELAJAR KEARIFAN DARI ANAK FLORES

Kurubhoko dalam bahasa Tanawolo berarti rumput pendek. Tempat ini dulunya bernama Tanawolo, dusun kecil di Desa Nginamanu, Kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Padang rumput yang luas menjadi pemandangan setiap harinya. Di tanah itu pula berdiri sebuah bangunan sekolah, SMPN Satu Atap Kurubhoko yang menjadi satu lokasi dengan SD Inpres. Sekolah ini adalah satu-satunya SMP di Tanawolo, sekolah kecil yang hanya terdiri dari empat bangunan saja. Inilah kisah Nur Hidayah, guru SM3T UNY.

Pages