BERITA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

UNY LEPAS DUA GURU BESAR

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melepas dua orang guru besar yang memasuki masa purnatugas, yaitu Prof. Dr. Abdul Gafur Daniasemino, M.Sc., Guru Besar Teknologi Pembelajaran Pengetahuan Sosial dan Prof. Dr. Husain Haikal, M.A. Guru Besar Sejarah Indonesia dari Fakultas Ilmu Sosial. Upacara pelepasan berlangsung di Ruang Sidang Utama UNY pada Rabu, 17 Desember 2014 dipimpin oleh Ketua Senat Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum. dan Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. serta dihadiri oleh para anggota senat dan jajaran pimpinan UNY.

FMIPA UNY TERIMA KUNJUNGAN SMA PONDOK MODERN SELAMAT KENDAL

Sebanyak 200 siswa IPA dan 8 guru pendamping SMA Pondok Modern Selamat Kendal berkunjung ke FMIPA UNY, Selasa (16/12/14). Rombongan diterima di Ruang sidang fakultas oleh Wakil Dekan I, Dr. Suyanta dan humas FMIPA, Witono, SIP, Ibnu Choldul, S.Si, dan Yossi Rachmawati, S.E.

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SENI DI JURANG DOANK

“Seni itu keindahan. Jika ada anak yang membuang sampah sembarangan, mereka belum belajar seni,” ungkap Dik Doank di Seminar Internasional Seni Sastra yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni UNY, Rabu (17/12/2014). Dalam Tema Meningkatkan Peran Seni dan Sastra Anak dalam Upaya Membukan Pendidikan Karakter di Indonesia, Dik Doank mengekspresikan interpretasi seni dalam kehidupannya dan cara ia membimbing perkembangan karakter anak-anak melalui seni.

MONITORING MAHASISWA KERJASAMA ANGKATAN 2007, 2008, 2009 DAN 2010

Kamis (11/12/2014), Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan menyelenggarakan Monitoring Mahasiswa Kerjasama Angkatan 2007, 2008, 2009 dan 2010 di Ruang Sidang Utama, Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta.

Dibuka oleh Dr.-Ing. Satoto E. Nayono, M.Eng., M.Sc.,  Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK), monitoring ini menghadirkan Dr. Margana, M.A., M.Hum., Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik sebagai  pemateri.  

FIS UNY STUDI BANDING DAN RINTIS KERJASAMA KE CURTIN UNIVERSITY AUSTRALIA

Pada era global ini, pertukaran informasi dan komunikasi antar-negara sudah tidak mengalami banyak hambatan. Hubungan antar-negara telah menjadi kebutuhan untuk berbagai tujuan dan manfaat.  Dalam bidang pendidikan, hubungan ini akan membawa manfaat antara lain terjadinya transfer ataupun sharing ilmu pengetahuan.

MAHASISWA KERJASAMA ASAL SUMATERA SELATAN JALIN KEAKRABAN

Mahasiswa Program Kerjasama UNY-Pemerintah Sumatera Selatan mengikuti outboound di Kalibiru, Kulonprogo, Sabtu (13/12/2014). Misi menuntut ilmu di Yogyakarta membutuhkan jalinan kuat para mahasiswa daerah untuk saling mengenal dan dekat antara satu sama lain. Kebersamaan ini injeksi untuk menjaga semangat berprestasi di pulau Jawa dan kembali ke daerah. Kegiatan ini diikuti oleh 50 mahasiswa kerjasama asal Sumatera Selatan angkatan 2010 hingga 2013.

SIGARA NANDUR MANGROVE

Sabtu (13/12/2014), berlokasi di Pantai Baros Tirtohargo Kretek Bantul, Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (Hima IAN) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) mengadakan tanam 115 bibit mangrove. Kegiatan yang bertajuk “Sigara Nandur Mangrove” dilaksanakan dalam rangka memperingati Dies Natalis Hima IAN UNY ke-4.

KUNJUNGAN INTERNATIONAL RELATION OFFICE (IRO) UNSOED KE KUIK UNY

Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK) UNY kembali berbagi pengalaman. Kali ini, KUIK mendapat kunjungan dari International Relation Office (IRO) Universitas Jendral Soedirman (UNSOED), Jumat, (12/12/2014).
Delegasi Universitas Jendral Soedirman yang dipimpin oleh Ir. Suprayogi, Ph.D., Direktur IRO UNSOED diterima oleh Dr.-Ing Satoto E. Nayono, M.Eng., M.Sc., Kepala KUIK UNY.

MENDALAMI PENELITIAN DAN EVALUASI DI PPS UNY

Prodi Penelitian dan Evalausi Pendidikan (PEP) PPs UNY mendapat kunjungan dari Prodi PEP PPs Universitas Negeri Semarang (UNES). Rombongan  dari Prodi PEP PPs UNES terdiri atas dua dosen pembimbing dan 16 mahasiswa S2 PEP.  Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka studi banding mahasiswa dan dosen PEP PPs UNES ke prodi PEP PPs UNY.

WORKSHOP KONSELING HIPNOTIK

Konseling hipnotik adalah penerapan hipnosis dalam proses konseling yang memanfaatkan pikiran bawah sadar dalam kondisi alpha dan theta untuk mengoptimalkan pengembangan potensi konseli.  Beberapa potensi individu yang dapat dioptimalkan perkambanganya di antaranya adalah perkembangan konsep diri, perkembangan kognitif, perkembangan sosial-emosi, perkembangan karir, perkembangan moral, perkembangan spiritual, perkembangan kepribadian, perkembangan optimal keseluruhan potensi diri.

Pages