BERITA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

UNY TERIMA SATU UNIT NISSAN JUKE SEBAGAI MEDIA PRAKTIK MAHASISWA

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menyerahkan satu unit mobil Nissan Juke kepada Universitas Negeri Yogyakarta yang akan digunakan sebagai alat peraga pendidikan khususnya bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik. Selain UNY, PT NMI juga menyerahkan tiga unit Nissan Juke lainnya kepada SMKN 2 Pengasih, SMKN 2 Wonosari, dan SMKN 1 Gombong pada seremoni penyerahan yang diselenggarakan di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Kamis (2/7/2015).

MAHASISWA FMIPA UNY MANFAATKAN KULLIT PISANG SEBAGAI BAHAN CANGKANG KAPSUL

Buah pisang banyak ditemui di lingkungan sekitar. Buah pisang selama ini baru dimanfaatkan dagingnya saja sedangkan kulit pisang  belum banyak dimanfaatkan secara nyata. Kulit pisang selama ini hanya dibuang sebagai limbah organik atau pakan ternak seperti kambing, sapi, dan kerbau.

FT UNY KEMBALI KIRIM MAHASISWA PRAKTIK MENGAJAR DI MALAYSIA

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) kembali menyelenggarakan program praktik pengalaman lapangan (PPL) di Malaysia selama satu bulan. Wakil Dekan I FT UNY, Dr. Sunaryo Soenarto saat membuka acara pembekalan, Selasa (30/6/2015) menjelaskan bahwa pada 2014 pihaknya mengirimkan 12 mahasiswa untuk praktik mengajar di Malaysia sedangkan tahun ini, ada 9 mahasiswa yang diberangkatkan. “Masing-masing mewakili Program Studi S1 di FT UNY yakni Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Mesin, Otomotif, Elektro, Mekatronika, Elektronika, Boga dan Busana,”  jelas Dr.

SEBANYAK 80% LULUSAN FMIPA UNY CUMLAUDE

Dari lulusan yang ikut Yudisium pada periode 30 Juni 2015 sebanyak 52 orang, 39 orang (80%) berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Jadi, para lulusan periode ini adalah mahasiswa yang hebat. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Suyanta, Wakil Dekan I FMIPA UNY pada acara Yudisium Jenjang Strata 1 pada FMIPA UNY yang digelar pada Rabu (1/7/2015) di Ruang Sidang Fakultas. Pada Yudisium kali ini IPK tertinggi diraih oleh  Puspa Hening  dari Prodi Pendidikan Biologi dengan IPK 3,88.

PENARIKAN MAHASISWA TRANSFER KREDIT UNMUS

Sebanyak 12 mahasiswa Universitas Musamus (Unmus) telah menyelesaikan program transfer kredit di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penutupan program ini ditandai dengan acara Penarikan Mahasiswa Transfer Kredit Unmus di Ruang Rapat Senat Timur, Gedung Rektorat UNY, Selasa (30 Juni 2015). Mahasiswa transfer kredit tersebut diserahkan oleh Drs. Wardan Suyanto, Ed.D., Wakil Rektor Bidang Akademik UNY didampingi Prof. Suwarsih Madya, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan, kepada Martha Betaubun, M.Hum., Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Pendidikan (FKIP) Unmus.

UNY DOMINASI PENERIMA HIBAH PENELITIAN SEAMOLEC 2015

Setelah pengunduran waktu pengumuman beberapa pekan dari waktu yang direncanakan, akhirnya tepat tanggal 1 Juli 2015, panitia seleksi hibah penelitian SEAMOLEC mengumumkan secara resmi daftar penerima hibah penelitian SEAMOLEC 2015 melalui laman web http://hibahpenelitian.seamolec.org/?p=133. Dari 42 total penerima hibah penelitian SEAMOLEC tahun 2015, tujuh diantaranya berasal dari civitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

YUDISIUM FE UNY JUNI 2015: DUA AKTIVIS YANG INGIN MENJADI GURU

Fakultas Ekonomi (FE) UNY meluluskan 69 mahasiswanya dalam upacara yudisium periode Juni 2015 pada Senin (29/6) lalu. Peserta yang dinyatakan lulus dalam yudisium tersebut terdiri dari 21 orang S1 Kependidikan, 18 orang S1 Non-Kependidikan, dan 29 orang Program D3. Sebanyak 30 peserta atau sekitar 43% di antaranya lulus dengan predikat Dengan Pujian. Demikian sebagaimana disampaikan Wakil Dekan III Siswanto, M.Pd. dalam laporannya.

GELAR AKADEMIK SEBAGAI TITIK AWAL HADAPI KEHIDUPAN DI MASYARAKAT

"Kesukseksesan gelar akademik sebagai titik awal menghadapi kehidupan di masyarakat." Demikian disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan  Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY), Drs. Rumpis Agus Sudarko, M.S. dalam sambutannya pada upacara yudisium FIK UNY periode Juni 2015. Sebanyak 69 raut wajah peserta yudisium tampak gembira pada upacara yudisium FIK UNY periode Juni yang dilaksanakan pada Selasa, 30 Juni 2015 di Gedung Pusat Layanan Akademik FIK.

MAHASISWA UNY TERPILIH SEBAGAI PEMUDA PELOPOR SLEMAN 2015

Tapak-tapak perjalanan sejarah bangsa tidak bisa dipisahkan dari kiprah dan dinamika pemuda. Dalam setiap tahap perjalanan bangsa Indonesia, partisipasi pemuda sangat nyata bahkan menjadi pelopor dan pelaku utama seperti pada peristiwa Sumpah Pemuda 1928. Saat ini, Indonesia dihadapkan pada tantangan yang lebih besar yaitu bagaimana memperkuat karakter dan jati diri pemuda di era globalisasi terutama menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Melihat kondisi ini, diperlukan kepeloporan pemuda yang dapat melakukan terobosan untuk memecahkan pelbagai masalah bangsa.

HIKMAH PUASA

Dua nikmat terbanyak dalam hidup manusia adalah nikmat kesehatan dan keselamatan. Dengan sehat, maka kita bisa bekerja, bisa meniti karir, memiliki harta, bermanfaat dan seterusnya. Demikian dr. Probosuseno, Sp.PD.,K-Ger. menyampaikannya dalam pengajian bersama pegawai Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta, Jumat (26/6/2015) bertempat di ruang Sidang Utama Ruang Sidang Utama Universitas Negeri Yogyakarta.

Pages