BERITA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

YUDISIUM FEBRUARI 2017: MAKIN SIBUK, MAKIN BISA ATUR WAKTU

Sebanyak 85 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) UNY diluluskan dalam yudisium periode Januari 2017, Jumat (3/2) lalu. Pada periode kali ini, FE UNY meluluskan 48 orang S1 Kependidikan, 34 orang S1 Kependidikan, dan 3 orang dari Program Diploma. Demikian sebagaimana dilaporkan Wakil Dekan I, Prof. Sukirno, Ph.D., dalam laporannya di hadapan peserta yudisium, para ketua jurusan dan program studi (prodi), serta panitia.

KERJASAMA MAHASISWA ANTAR LPTK SUDAH BAGUS

Para pengurus ormawa yang lalu telah menunjukkan bahwa kita sudah mempunyai kerjasama yang bagus dengan mahasiswa LPTK lainnya, seperti untuk penyelenggaraan even-even berskala nasional. Diharapkan para senior untuk menularkan ilmu-ilmu tersebut kepada para yuniornya yang sedang belajar. Demikian disampaikan Dekan FMIPA UNY, Dr. Hartono pada acara Pelantikan Pengurus Ormawa FMIPA Tahun 2017, Jumat (17/2) di kampus setempat.

UNY TAMPILKAN PENTAS SENI DAN PAMERAN PENDIDIKAN DALAM ‘MELAYU DAY OF YALA

Untuk kedua kalinya Universitas Negeri Yogyakarta medapat tamu kehormatan menampilkan pentas seni dan pameran pendidikan dalam rangka Melayu Day of Yala, pada pekan depan pertengahan Februari 2017 di Songkla, Thailand Selatan.

MAHASISWA YALA RAJABHAT UNIVERSITY THAILAND TRANSFER KREDIT DI FMIPA UNY

Pada semester genap ini, sebanyak 6 orang mahasiswa dari Fakulty of Technologyand Agriculture, Yala Rajabhat University (YRU) Thailand mengikuti program transfer kredit di FMIPA UNY. Mereka terbagi 2 Jurusan yaitu 3 orang kuliah di Jurusan Pendidikan Fisika dan 3 orang di Jurusan Pendidikan Kimia. 

PELANTIKAN PENGURUS ADGVI WILAYAH YOGYAKARTA

Pengurus Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) Wilayah Jawa Tengah 2016- 2020 baru baru ini dilantik oleh Ketua ADGVI Pusat Prof. Dr. Soesanto di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Pelantikan dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Seminar Nasional Pendidikan Vokasional (06/02-2017).

MAHASISWA UNIVERSITI OF MALAYA: "KLINIK TERAPI FIK UNY IS THE BEST"

Setelah menyelesaikan Internship Program Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY dengan Universiti of Malaya (UM), Cecelia Roannie, mahasiswi Sport Exercise Faculty of Sport Center Universiti of Malaya Malaysia, mendapatkan bekal wawasan dan pengetahuan yang lebih di FIK UNY terutama dalam Physical Theraphy Massage. Lebih lanjut Cecelia mengaku banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman yang 'totally new' selama mengikuti Internship Program sejak 5 September 2016 hingga 12 Februari 2017.

SOSIALISASI PERMENRISTEKDIKTI

Peran sentral perguruan tinggi terletak pada dosen dimana dosen yang hebat akan menghasilkan perguruan tinggi yang hebat pula. Jumlah publikasi internasional di Indonesia baru sekitar 5.499 buah dari 265.817 orang dosen, ini masih dibawah Thailand dengan 12.061 buah dan Malaysia yang berjumlah 25.330 buah. Oleh karena itu Ristekdikti membuat aturan tentang publikasi internasional melalui peraturan menteri.

JATHILAN SEBAGAI MEDIUM SYIAR AGAMA DAN BUDAYA

Jathilan bagi sebagian besar masyarakat Kulon Progo bukanlah seni pertunjukan yang asing. Namun penikmat pertunjukan ini hanyalah sekedar menonton tanpa mengetahui nilai-nilai yang terkandung di pertunjukan jathilan. Generasi mudapun enggan untuk ikut menyaksikan karena dirasa kurang menarik. Ketidak-menarikan ini karena kurang maksimalnya gerakan dan para penari yang sudah berusia lanjut. Apalagi dikalangan mayarakat telah terbentuk mindset bahwa jathilan merupakan kesenian yang tidak sesuai dengan ajaran agama menurut Dr.

TIM GARUDA UNY PRESENTASI DI AJANG PAMERAN JAKARTA

Mobil Formula ‘Garuda UNY’ ikut memeriahkan dalam ajang Pameran Indonesia International Education & Trainning Expo 2017 (IIETE 2017) di Jakarta Convention Center, (1-5/2). Di hari terakhir pameran, mobil formula ‘Garuda UNY’ menjadi salah satu yang tampil di depan panggung pameran, selain aksi-aksi lain seperti cheerleadhers, musik,  talkshow pendidikan, dan lain sebagainya. Mobil Formula diperkenalkan kepada pengunjung pameran yang sebagian besar adalah pelajar SLTA, mahasiswa, serta pengunjung umum.

ORIENTASI PPG SM3T FIP UNY

Pada tahun 2017, FIP UNY menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mendidik di daerah 3 T (terdepan, terluar, tertinggal) yang merupakan tahun kedua. Pembukaan orientasi dilaksanakan di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY. Tahun ini FIP didapuk mendidik 87 guru yang terdiri dari Prodi PGSD, PAUD, BK dan PLB. Acara dihadiri oleh Wakil Dekan I, II dan III, Ketua Jurusan, dan Koordinator PPG masing-masing prodi.

Pages