DUA MAHASISWA UNY MEMENANGKAN LOMBA MEMBACA PUISI “CEMARA LAUT”

1
min read
A- A+
read

Dua Mahasiswa UNY, Aldi Hendrawan (Juara 1) dan Anisa Rahayu (Juara Harapan 2), memenangkan lomba baca puisi yang diselenggarakan oleh Duta Museum Bahari Yogyakarta. Pemenang lomba diumumkan pada tanggal 20 Oktober 2020 di Instagram resmi Museum Bahari Yogyakarta. Mereka menerima piagam penghargaan yang diberikan oleh Duta Museum DIY 2020 untuk Museum Bahari Yogyakarta.

Lomba baca puisi yang diselenggarakan oleh Duta Museum Bahari Yogyakarta diikuti oleh pelajar dan mahasiswa yang berdomisili di Yogyakarta. Lomba baca puisi ini dilakukan melalui sistem daring. Para peserta mengimkan video yang kemudian dipilih 5 besar oleh juri lomba. Para pemenang lomba kemudian diharuskan datang ke Museum Bahari Yogyakarta untuk mengikuti jelajah musem.

Anisa Rahayu, mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, UNY, mengatakan bahwa ini berbeda dengan lomba-lomba baca puisi yang bernah ia ikuti.

“Kalau lomba lain biasanya beberapa puisi dan kita boleh memilih. Di lomba ini hanya ada satu puisi yang dibacakan oleh peserta, yaitu puisi karya Acep Zamzam Noor yang berjudul ‘Cemara Laut’,” ungkap Anisa.

Anisa merasa termotivasi untuk mengikuti lomba karena karya yang dibacakan oleh peserta adalah karya yang sama. Ia juga mengatakan bahwa hal tersebut bisa jadi akan menjadi suatu pelajaran dalam kesukaannya membaca puisi.

“Ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya, sehingga harus saya taklukan. Bahkan hal seperti ini bisa menjadi pelajaran. Saya yang menokohkan W. S. Rendra dalam hal berpuisi, merasa termotivasi karena harus membawakan puisi karya Acep Zamzam Noor,” Ungkap Anisa. [Nursaid]