Grand Campus Tour Peserta English For Holiday

1
min read
A- A+
read

Mencicipi kelas jaman dulu di MPI UNY

Salah satu program yang ditunggu dalam English For Holiday adalah Grand Campus Tour. English for Holidays sendiri adalah program tahunan prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBSB UNY yang mengajarkan bahasa Inggris pada anak-anak usia 4-18 tahun melalui berbagai kegiatan kreatif baik itu di dalam maupun di luar kelas. Grand Campus Tour hanyalah salah satu kegiatan utama yang bersifat outdoor di antara kegiatan-kegiatan lainnya.

Raut muka berseri-seri dan canda tawa para peserta nampak ketika mereka mengunjungi satu per satu situs-situs khas UNY seperti Museum Pendidikan Indonesia, Lab. Karawitan, Performance Hall, Digital Library, Taman Pancasila, dan beberapa landmark UNY lainnya. Dalam kunjungan mereka ke tempat-tempat tersebut, anak-anak juga belajar menerapkan keterampilan Bahasa Inggris yang telah dipelajarinya dalam kelas interaktif hari subluminal, seperti mengekspresikan apresiasi dan sopan santun berkunjung dalam bahasa Inggris. Salah satu peserta asal Sleman, Banyu merasa senang dengan kegiatan ini. “It’s fun! Saya suka jalan-jalan dan menemukan hal-hal baru. Grand Campus Tour adalah salah satu kegiatan favorit saya karena berkeliling kampus UNY” katanya, Selasa (27/6).

Tidak hanya belajar dari pemandu di masing-masing situs, anak-anak juga diajak untuk bertemu petinggi-petinggi kampus UNY seperti Prof. Suyanto, Ph.D. sebagai Ketua Majelis Wali Amanat, Prof. Nur Hidayanto P. S. P., Ph.D. selaku Kepala Departemen Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Drs. Agus Widyantoro, M.Pd. selaku Kepala Unit Layanan Bahasa, dan beberapa pejabat lainnya. Dalam pertemuannya mereka melakukan wawancara mengenai peran Bahasa Inggris sebagai lingua franca yang menyatukan budaya, serta kaitannya dengan keragaman budaya menggemakan tema yang diusung oleh EFH tahun ini yaitu ‘Intercultural Community’. Hebatnya, kegiatan bertemu petinggi kampus ini juga menggunakan Bahasa Inggris dalam komunikasinya.

Menurut penggagas program English for Holidays UNY Nury Supriyanti, MA, saat berkunjung ke luar negeri beberapa tahun silam, sambutan hangat oleh tuan rumah tempatnya singgah dengan sebuah tour sangat berkesan. Dalam tour itu ditunjukkan seluk beluk rumah sebagai bentuk budaya menerima tamu di negeri tersebut. “Tidak hanya menunjukkan lokasi toilet di mana, tapi juga ruangan-ruangan lainnya” jelasnya. Berangkat dari budaya penyambutan tamu tersebut, terciptalah konsep Grand Campus Tour sebagai bagian utama dari English for Holidays (EFH). Anak-anak peserta EFH adalah tamu di kampus UNY dan disambut dengan pengenalan lingkungan kampus serta budaya perkuliahan yang ada. Tidak hanya itu, sebagai program bernuansa pembelajaran bahasa Inggris, Grand Campus Tour EFH juga menerapkan keterampilan-keterampilan berbahasa Inggris selama tur berlangsung.

Agar peserta tidak bosan, dalam kunjungan antar unit di UNY diberikan games-games yang menarik dipandu mahasiswa dan dosen dari departemen Pendidikan Bahasa Inggris FBSB UNY.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat