Guest Lecture ‘Harmoni Pedagogik Digital dan Psikologi Positif Dalam Pendidikan’

1
min read
A- A+
read

Guest Lecture

Departemen Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan kuliah tamu dengan menghadirkan Duta Besar Republik Indonesia Untuk Republik Uzbekistan yaitu Profesor Sunaryo Kardinata, M.Pd pada Rabu, (24/4). Kegiatan berlangsung di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung Muh. Amin Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) UNY. Kegiatan ini dihadiri oleh 200 peserta yang terdiri dari Mahasiswa S1, S2 dan S3. Selain itu kegiatan ini juga mengundang beberapa kampus mitra di Yogyakarta seperti Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Sanata Dharma, Universitas PGRI Yogyakarta, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Teknologi Yogyakarta, dan IKIP PGRI Wates.

Pada sambutannya Dr. Iis Prasetyo, S.Pd., M.M.selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni FIPP UNY menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan rasa kebahagian bagi civitas akademika FIPP UNY karena bisa belajar langsung dari Profesor di Bidang Ilmu Bimbingan dan Konseling yang juga merangkap sebagai Duta Besar Republik Indonesia. “Harapannya dengan berlangsungnya Guest Lecture ini, Prodi S3 BK UNY yang masih baru bisa bergeliat dengan animo mahasiswa dan kualitasnya makin meningkat” tutur Iis.

“Harmoni Pedagogik Digital dan Psikologi Positif Dalam Pendidikan” menjadi tajuk utama pada kegiatan Guest Lecture ini. Secara eksplisit Prof Sunaryo memaparkan bahwa Pedagogik membantu pendidik menentukan tempatnya dalam kehidupan, dimana dia menemukan dirinya dalam kehidupan. Relevansinya dengan Psikologi Positif terwujud dalam berbagai Nilai Imanen Pedagogik yang merupakan faktor yang akan membawa kesuksesan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kebaikan ummat manusia. “Sehingga ketika mengingat pentingnya harmoni pedagogik digital dan psikologi positif, maka kita perlu  menyelaraskan pendidikan dengan nilai-nilai kemanusiaan, mengintegrasikan teknologi secara etis dan mendukung pengembangan keilmuan secara holistik” papar Prof Sunaryo.

Cucu Kurniasih mahasiswa S2 BK UNY merasa senang sekali bisa bertemu secara langsung bersama prof sunaryo yang selama ini hanya bisa ia lihat melalui platform virtual zoom. “Menurut saya isi materi yang disampaikan sangat memberikan kesan yang mendalam, karena memang pendidikan saat ini sedang tidak baik-baik. Terutama apabila pemanfaatan teknologi yang semakin canggih tidak dibarengi dengan pendidikan dan otoritas moral yang baik” tuturnya.

Penulis: Panji Nur Fitri Yanto

Editor: Dedy

 

 

MBKM
IKU
IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus