Kemeriahan HUT TPA Dharma Yoga Santi Ke-32

1
min read
A- A+
read

Taman Penitipan Anak (TPA) Dharma Yoga Santi (DYS) UNY pada Rabu, 16 Agustus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang Ke- 32.  Hadir dalam acara perayaan ini anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNY serta seluruh guru, dan Murid- murid TPA DYS. Sejatinya HUT TPA DYS jatuih pada tanggal 5 Agustus namun karena kesibukan masing- masing sehingga baru bisa dirayakan hari ini.

TPA Dharma Yoga Santi sendiri sudah berdiri selama 32 tahun  yaitu sejak tahun 1991. Pada saat ini TPA DYS memiliki 3 orang guru dan 18  orang murid.  Terdiri dari 5 bayi, 4 anak berusia after school, ( SD Kelas bawah) dan 9 anak berusia 2 hingga 4 tahun. TPA DYS Sendiri hingga saat ini untuk pengelolaanya dibawah DWP UNY.

Acara diawali dengan persembahan tarian dari 5 orang perwakilan murid TPA DYS yang berusia 3- 4 tahun dengan membawakan tarian “Ikan Berenang”, lalu dilanjutkan sambutan dari Kepala Sekolah TPA DYS dan Ketua DWP UNY.

Kepala Sekolah TPA DYS UNY, Desi Nur At Thohiroh dalam sambutannya mengatakan bahwa walau bentuk bangunan masih sama namun sudah banyak perbaikan di berbagai bidang. Ia juga menambahkan bahwa kurikulum yang diajarkan di TPA DYS adalah Kurikulum Merdeka. Desi juga menyebutkan bahwa dirinya tergabung dalam Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) dan melalui HIMPAUDI ini Desi bisa selalu mengetahui perkembangan terkini serta bertukar informasi dalam memberikan pengajaran di TPA DYS. Desi juga menceritakan ketika terjadi  wabah Covid- 19 jumlah murid di TPA DYS hanya terdapat 1 orang namun berkat usaha dari semua guru dan pengelola untuk memberikan pelayanan yang terbaik,  jumlah murid terus bertambah hingga mencapai 18 orang untuk saat ini.

Ketua DWP UNY, Sulastri Sumaryanto dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan menyekolahkan anak- anak di TPA DYS sangat  banyak manfaatnya yaitu bisa membentuk akhlak yang baik dan mengajarkan sopan santun kepada anak serta menumbuhkan sifat toleransi.

“Menyekolahkan anak di TPA DYS ini bisa melatih anak mandiri karena anak bergaul dengan teman- temannya yang ada di sekitar selain menambah  kreativitas anak “ tambah Sulastri.

Kedepannya Sulastri berharap anak- anak TPA DYS bisa menjadi generasi yang unggul di masa depan dan siap bersaing di dunia global.

Ia juga menambahkan bahwa dalam pengasuhan anak di TPA DYS membutuhkan kerja sama yang kuat antara orang tua dan guru.

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh ketua DWP UNY Sulastri Sumaryanto lalu diserahkan kepada Kepala  Sekolah TPA DYS UNY, Desi  Nur At Thohiroh.

Penulis: Khairani Faizah
Editor: Sudaryono, M.Pd.