Kuliah Umum Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru UNY

2
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru yang digelar di GOR UNY, Senin (7/8). Dalam kegiatan ini diisi dengan kuliah umum oleh Dr. (HC) GKR Mangkubumi dan Dr. Sutarno Bintoro, S.S., S.E., M.M. sebagai bekal bagi para mahasiswa baru tahun 2023 dalam mewujudkan Perguruan Tinggi PTNBH Unggul Berwawasan Keistimewaan Yogyakarta.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Siswantoyo, kegiatan ini diikuti oleh 10.501 mahasiswa baru jenjang D4, S1, S2 dan S3 termasuk program profesi insinyur. “Animo ke UNY pada tahun ini berjumlah 173.965 orang mulai D4 hingga S3 dan program profesi insinyur. Yang diterima sebanyak 10.100 orang ditambah jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) jenjang S1 sejumlah 317 orang dan S2 sejumlah 84 orang. Sehingga total mahasiswa baru UNY 10.501 orang” katanya.

Jumlah mahasiswa terbanyak didapatkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi 1.783 mahasiswa, disusul Fakultas Bahasa Seni dan Budaya 1.694 mahasiswa. Kemudian Fakultas Teknik mendapat 1.365 mahasiswa baru. Fakultas Imu Sosial Hukum dan Ilmu Politik mendapat 1.169 mahasiswa, Fakultas MIPA 1.162 mahasiswa, Fakultas Vokasi 1.154 mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1.044 mahasiswa, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan 1.023 mahasiswa, Sekolah Pascasarjana 95 mahasiswa serta Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi 12 mahasiswa.

Siswantoyo memaparkan UNY menerima sebanyak 55 orang mahasiswa luar negeri dengan rincian Program Sarjana sebanyak 20 orang, Program Magister sebanyak 26 orang, dan Program Doktor sebanyak 9 orang yang berasal dari beberapa negaran diantaranya Pakistan (25 orang), Thailand (8 orang), Kazakhstan (3 orang), Tiongkok (3 orang), dan Kenya (3 orang). Keketatan tertinggi rumpun Soshum diraih program studi Ilmu Komunikasi dengan animo 10.058 dan diterima 206 sehingga keketatannya 1:49. Sedangkan dari rumpun Saintek diraih program studi Teknologi Informasi dengan animo 6.327 dan diterima 81 sehingga keketatannya 1;79. Mahasiswa baru UNY tahun 2023 yang berusia termuda, yaitu 15 tahun 8 bulan, Lahir di  Bima, 8 Desember 2007, atas nama Munandar Julkarnaen lulusan SMA Negeri 2 Lambu terdaftar sebagai mahasiswa program studi Ilmu Keolahragaan - S1 berasal dari Dusun Sakolo RT 17 RW 7, Desa Simpasai, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat

Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengucapkan selamat datang pada 10.501 mahasiswa baru. “Diluar 10.501 mahasiswa baru yang diterima secara resmi masih ada sejumlah mahasiswa yang belum sempat kami terima secara resmi, yaitu program S2 dan S3 yang sudah semester 2, karena mulai kuliah Februari 2023 lalu sejumlah 854 orang program S2 dan 211 orang program S3 dengan total 1.065 orang” papar Rektor. Diinformasikan juga bahwa sebenarnya mahasiswa UNY berkisar 13.000-an orang karena masih ada yang sedang proses menjadi mahasiswa baru UNY pada program profesi dibawah Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi karena UNY menjadi salah satu yang terbaik dalam layanan pendidikan profesinya. Bahkan UNY ditunjuk sebagai koordinator pelaksanaan PPG se-Indonesia dengan mahasiswa yang berasal dari Sabang sampai Merauke. Juga belum diterima secara resmi mahasiswa baru skema RPL dan Kerjasama. Rektor menitipkan pesan bagi mahasiswa baru yaitu agar cepat lulus, IPK tinggi, bekerja atau studi lanjut sesuai passion masing-masing dan bermasa tunggu rendah.

Dalam kesempatan ini disampaikan kuliah umum yang disampaikan Dr. (H.C) GKR Mangkubumi yang menyampaikan materi Penguatan Pendidikan Karakter di Yogyakarta dan Dr. Sutarno Bintoro, S.S., S.E., M.M., yang menyampaikan topik Implementasi Corporate Culture pada Perguruan Tinggi PTNBH’. Pembukaan acara penerimaan mahasiswa baru UNY ditandai dengan penyematan jas almamater yang diwakili oleh Agatha Rosalia Widyawati untuk jenjang D4, Rangga Harimurti untuk jenjang S1, Nur Eka Lestari jenjang S2 dan Wahyu Untara jenjang S3.

Salah satu mahasiswa baru UNY Jelita Putri mengatakan pilihannya pada UNY adalah karena senang dengan kependidikan. “Sebelumnya saya pernah akan mendaftar di salah satu sekolah kedinasan namun tidak jadi karena memilih di UNY” kata alumni SMAN 1 Wonosari tersebut. Jelita diterima di program studi Pendidikan IPA FMIPA dan kedepannya akan mengikuti UKM Seni karena menyukai seni tari. Sedangkan alumni SMK 1 Magelang Salma Nuranisa merasa senang diterima lewat jalur SNBP di UNY. “Saya senang kuliah di UNY karena merupakan kampus pendidikan terbaik” kata putri buruh pabrik di Magelang yang juga mendaftar beasiswa KIP Kuliah tersebut.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM