Mahasiswa FBSB UNY Menjadi Pemakalah dalam Seminar Internasional di India

1
min read
A- A+
read

Mahasiswa FBSB di India

Tiga mahasiswa Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Budaya (FBSB) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah berhasil menjadi pemakalah dalam sebuah seminar internasional bergengsi di India. Seminar tersebut, International conference on Teaching, Education and new learning Technologies (ICTENLT), belum lama ini di Bengaluru, India. ICTENLT yang digagas oleh ARSSS (Advanced Research Society for Science and Sociology) bertujuan untuk menciptakan platform internasional bagi para akademisi, peneliti, insinyur, peserta industri, dan mahasiswa di seluruh dunia untuk berbagi temuan penelitian mereka dengan para ahli global.

Salah seorang pemakalah yang berasal dari UNY adalah Muhamad Agus Prasetyo, mahasiswa S2 di FBSB UNY. Dalam presentasinya, Pras menyampaikan penelitian yang berjudul "The Values of Bilingual Education Policy in Indonesia: Indonesian with English Language Perspectives". Selain Pras, ada dua mahasiswa UNY lainnya yang juga ikut berpartisipasi dalam seminar internasional ini. Mereka adalah Zindi Jenika Silviana dan Maria Yolanda Metboki. Zindi mempresentasikan artikel berjudul "Cultural Representation of Indonesian Elt Textbook in New Curriculum (Kurikulum Merdeka)", sementara Maria mempresentasikan artikel berjudul "The Role Of Literacy In Improving Indonesian Language Ability In Elementary School-Age Children In The Indonesia-Timor-Leste Border Area".

Mahasiswa UNY yang berhasil menjadi pemakalah dalam seminar internasional ini mengungkapkan kebahagiaan dan kebanggaan mereka atas prestasi yang telah diraih. Mereka berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dalam meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan. "Semoga kedepan semakin banyak lagi mahasiswa UNY yang turut aktif membagikan gagasan di kancah dunia sebagai salah satu bentuk aksi nyata UNY menuju World University” pungkas Pras.

Selain menjadi pemakalah, mahasiswa-mahasiswa UNY tersebut juga berkesempatan untuk bertukar gagasan dengan para akademisi dan peneliti dari berbagai negara. Mereka dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mereka melalui diskusi dan presentasi yang dilakukan dalam seminar internasional ini.

Dengan prestasi yang telah diraih oleh para mahasiswa UNY di kancah internasional ini, diharapkan UNY semakin dikenal sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia. UNY terus berkomitmen untuk mendukung mahasiswa dalam mengembangkan potensi serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengikuti seminar dan konferensi internasional sehingga dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan di tingkat global.

Penulis: Debi Pranata dan Rakha Wijaya Pramadan

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus