Memberdayakan Masyarakat Lewat Sang Mafia, Inovasi Olahan dari Buah Pisang

1
min read
A- A+
read

Tim Sang Mafia

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat sekitar. Banyaknya konsumen menjadikan pisang memiliki peluang pasar yang besar. Selain itu, buah pisang memiliki kandungan dengan sejuta manfaat, misalnya serat yang dapat memperlancar metabolisme tubuh. Kandungan vitamin A, C, dan B6 dalam buah pisang juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan bakteri penyebab infeksi. 

Pisang dapat diolah menjadi berbagai produk dengan inovasi baru yang dapat menarik minat konsumen. Salah satunya adalah produk olahan pisang yang dibuat oleh beberapa mahasiswa UNY yaitu ‘Sang Mafia’. Berawal dari melimpahnya pisang di daerah Wonogiri yang belum dimanfaatkan dengan baik, Rendy Novianto berinisiatif memberdayakan masyarakat lewat kolaborasi produksi kripik pisang. Sang Mafia sendiri dibentuk pada Februari 2023 dengan lima anggota lain yakni Aida Selvi, Watini, Aisah Lathif Mawarni, Zahra Putri Shantika dan Roshyam Sidik.

“Sang Mafia berdiri pada Februari 2023 dimana kami mulai dari suatu permasalahan. Di Wonogiri, kampung saya,- ada pisang yang melimpah dan belum dimanfaatkan dengan baik. Tujuan kami yang lain juga untuk memakmurkan para petani pisang. Kami sudah dibagi untuk timnya sendiri ada owner, finance, marketing sama desain. Dengan pembagian tugas ini juga diharapkan mampu mengelola dan memasarkan produk dengan baik,” ungkap Rendy selaku owner. Pengolahan pisang menjadi kripik ini tidak dilakukan sendiri melainkan dengan kerja sama. Kolaborasi itu berupa cara pengolahan kripik dimana ibu-ibu di Wonogiri bertugas untuk mengolah pisang dari pengupasan sampai penggorengan.

“Untuk proses pembuatannya sendiri, karena dikerjakan oleh ibu-ibu jadi setiap hari kita produksi pisang. Ibu-ibu melakukan semuanya, mulai dari mengumpulkan pisang yang kita ambil dari masyarakat sekitar. Untuk produksi, sekali membuat sekitar 100 sampai 200 pieces untuk kita distribusikan ke seller-seller yang ada di Jogja, Wonogiri, dan Bantul,” lanjut mahasiswa D4 prodi Manajemen Pemasaran tersebut.

Adapun produk lain selain kripik pisang dari Sang Mafia ini adalah pisang lumer dengan empat varian rasa yaitu tiramisu, taro, coklat, dan strawberry. Selain itu ada pula stick pisang dengan rasa balado dan coklat yang dikemas dalam standing pouch yang dapat menjaga isi produk dari pengaruh keadaan di luar kemasan.

Penulis: Ika Lia Agustin, Vicky Sa’adah

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus