Paduan Suara Mahasiswa Swara Wadhana Juara Di Singapore

1
min read
A- A+
read

PSM Swara Wadhana berlomba di Singapore

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Swara Wadhana Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menyabet Grand Prix Winner dalam kompetisi 13th International Choral Festival Orientale Concentus. Kompetisi paduan suara internasional ini berlangsung dari tanggal 1 — 3 Juli 2023 di Singapore.

Orientale Concentus tahun 2023 diikuti oleh puluhan paduan suara dari berbagai negara. Terdapat 4 juri ternama yang menilai penampilan peserta kompetisi, yaitu Dr. Pearl Shangkuan (Professor of Music and Director of Choral Activities, Calvin University), Ambrož Čopi (Artistic Director of International Youth Choirs Choral Festival Koper), Avip Priatna (Music Director & Conductor of the Jakarta Concert Orchestra), dan Maestro Stojan Kuret (Conductor, Choirmaster, and Professor).

Menurut pelatih tim PSM Swara Wadhana Lukas Gunawan Arga Rakasiwi, UNY mengikuti dua kategori yaitu kategori mixed choir dan kategori musica sacra. Dalam kategori mixed choir, PSM Swara Wadhana membawakan tiga buah repertoir, yaitu Exultate Deo (Giovanni P. Palestrina), Atsalums (Jekab Jancevskis), dan Hentakan Jiwa (Ken Steven). Kemudian pada kategori musica sacra, PSM Swara Wadhana juga membawakan tiga buah repertoir, yaitu Ehre Sei Gott in der Höhe (Felix Mendelssohn), Stabat Mater (Vyautas Barkaukas Jr.), dan O Sapientia (Tajeda Vulc). “Kami berusaha semaksimal mungkin dalam membawakannya” ujar Arga, Senin (3/7).

Selain Grand Prix Winner, PSM Swara Wadhana juga menyabet  Winner of Mixed Voices Category dan Winner of Sacred Choir Category dengan perolehan skor masing-masing 88,69 (Gold Medal) dan 87,51 (Gold Medal). Pembina PSM Swara Wadhana UNY Driyastuti Yogyaningrum merasa gembira dengan capaian ini karena menambah deretan prestasi mahasiswa asuhannya. “Sebuah prestasi yang baik di pertengahan tahun ini dan harapannya akan lebih meningkat pada masa yang akan datang” papar dosen Fakultas Bahasa Seni dan Budaya tersebut.

Penulis: Tim PSM

Editor: Dedy

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus