Pelantikan Pengurus Ormawa UNY Periode Tahun 2024

1
min read
A- A+
read

Berdasarkan SK Rektor No 25.2/UN34/I/2024 tentang Pengangkatan Pengurus Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Tahun 2024 Universitas Negeri Yogyakarta, maka pada Selasa, 23 Januari 2024 bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY dilangsungkan Pelantikan Pengurus Ormawa UNY Periode Tahun 2024.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa harus dilayani dengan seoptimal mungkin agar cepat lulus, IPKnya tinggi, dan dapat memperoleh pekerjaan dengan gaji yang sesuai ijazahnya, atau melanjutkan studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi.

Terkait tata kelola dengan mahasiswa, maka “para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Direktur, Asdir, Ketua Departemen, Koordinator Program Studi, jajaran pimpinan, dan dosen harus berusaha jiwa raga mempercepat mahasiswa lulus, berusaha menaikkan IPK, IPK harus tinggi, menfasilitasi apakah studi lanjut atau bekerja sesuai dengan rupiahnya, ijazahnya kalau itu gaji, atau sesuai fashionnya tidak harus linier. Dan yang terakhir semua unsur pimpinan harus membuat masa tunggunya rendah,” kata Rektor.

Akhir sambutannya, Rektor berpesan kepada pengurus BEM, DPM, UKM segera melihat ke sekretariat untuk melengkapi perangkat diantaranya komputer, printer, dan sarana penunjang lainnya, disamping itu segera menyusun program kerja, buat proposal. Uang mengikuti program kerja, jangan dijadikan uang sebagai hambatan. Selanjutnya saling koordinasi dan komunikasi dengan kampus bilamana ada permasalahan untuk mencarikan jalan terbaik.

Adapun pengurus yang dilantik meliputi kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa, dan Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa. Unit Kegiatan Mahasiswa yang dimiliki UNY dan dilantik diwakili oleh masing-masing Ketua, Sekretaris, dan Bendahara dari UKM Penelitian, Lembaga Pers Mahasiswa Ekspresi, Radio Magenta, Bahasa Asing Student Activity Forum of Foreign Languages “Safel”, Rekayasa Teknologi, Keluarga Mahasiswa Seni Tradisi “Kamasetra”, Unit Studi Sastra Dan Teater “Unstrat”, Seni Rupa Dan Fotografi “Serufo”, Music “Sicma Band’, Paduan Suara Mahasiswa “Swara Wadhana”, Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Catur, Marching Band Citra Derap Bahana, Hockey, Judo, Karate “Inkai”, Mahasiswa Krida Wira Buwana "Madawirna", Panahan, Pencak Silat, Akuatik, Sepak Bola, Softball-Baseball, Tae Kwon Do, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Sepak Takraw, Futsal, Petanque, Unit Kegiatan  Kerohanian Islam "UKKI", Ikatan Keluarga Mahasiswa Katholik "IKMK", Persekutuan Mahasiswa Kristen "PMK", Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma "KMHD", Resimen Mahasiswa “Pasopati”, KSR PMI, Pramuka, Koperasi, dan Kewirausahaan.

Sementara itu, Ketua BEM UNY tahun 2024 terpilih Faras Raihan menyampaikan perasaan yang luar biasa dapat dilantik Ketua BEM UNY periode Tahun 2024 dengan lancar. “Perasaan yang luar biasa karena telah melalui proses pemilihan dari bulan November sampai Desember 2023, selama dua minggu ada proses kampanye melalui proses dinamikanya, dan pada saat pemilihan saya bersama Raihan Amar mendapatkan 10.000 ribu suara dari total jumlah suara 13.000 suara,” kata Faras Raihan. Mahasiswa angkatan 2021 prodi Pemasaran - D4 ini juga mengapresiasi komitmen dan kepedulian mahasiswa dalam pemilihan umum Ormawa sangat tinggi yang sebelumnya diprediksi akan menurun, tetapi masih tetap antusias, terbukti kotak suara yang masuk sejumlah 13.000 suara.

Disinggung tentang program kerja dalam mengawal BEM UNY 2024, sebagai ketua BEM, Farras menyampaikan ada empat program unggulan, program pertama yakni membantu unit taktis yang ada di UNY seperti ULBK, TPKS agar bisa lebih responsif lagi, kedua yakni UNY Fest bekerja sama dengan berbagai UKM untuk menyelenggarakan festival-festival UKM, yang ketiga UNYcarier fest menyelenggarakan carier expo, pelatihan karier selanjutnya, atau sosialisasi ke calon mahasiswa, dan terakhir keempat adalah aksi setyakarsa lebih kearah kemasyarakatan.

Penulis: Sudaryono
Editor: Prasetyo N

IKU