Pemerintah Kabupaten Belitung Timur Jalin Kerjasama Dengan UNY

1
min read
A- A+
read

MoU dengan Belitung Timur

Pemerintah Kabupaten Belitung Timur Provinsi Bangka Belitung menjalin kerjasama dengan UNY. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani pada Kamis, (22/6) di Rektorat UNY. Bupati Belitung Timur Drs. Burhanudin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bukti keseriusan Kabupaten Belitung Timur untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas guna mendorong Belitung Timur menjadi bangkit dan berdaya. “Belitung Timur mempunyai berbagai potensi sumber daya yang dapat dimanfaatkan dan berkontribusi meningkatkan pembangunan” kata Burhanudin. Dalam rangka memberdayakan potensi tersebut, daerah yang terkenal sebagai penghasil timah tersebut juga dituntut mampu membangun kerjasama dengan berbagai pihak. Kerjasama dengan UNY ini bukan hanya sekedar seremonial namun karena juga membutuhkan arahan dan bimbingan agar Belitung Timur lebih baik, karena banyak alumni UNY dari sini.

Pria kelahiran Kelapa Kampit 22 Mei 1967 itu memaparkan kesulitan utama dalam membenahi pendidikan di Belitung Timur adalah masalah anak-anak karena banyak yang drop out sekolah. Mantan guru SLTPN 1 Kelapa Kampit itu mengisahkan pada masa pandemi dengan pembelajaran secara daring dan saat itu nilai jual timah mencapai Rp. 200.000 per kilogram, sehingga banyak anak usia SMP dan SMA yang mencari timah ke tambang daripada belajar. Ini perlu kerja keras Dinas Pendidikan untuk mengembalikan mereka ke bangku formal dengan mengambil Paket C, Paket B dan Paket A. Burhanudin memaparkan bahwa di daerahnya ada suatu pulau yang masyarakatnya banyak bekerja sebagai pelaut. Di daerah ini asal sudah lulus SD, punya badan yang bagus, maka anak-anaknya lebih memilih menjadi pelaut daripada belajar di sekolah. Oleh karenanya Bupati Belitung Timur berharap agar UNY memberi kesempatan warga termasuk jajaran pemerintahan untuk studi lanjut. Juga berkeinginan agar para guru besar dan dosen di UNY untuk membantu Belitung Timur. Bahkan Burhanudin juga berkeinginan melanjutkan kuliah magisternya di UNY.

Gayung bersambut, Rektor UNY Prof. Sumaryanto menyambut baik tawaran Bupati Belitung Timur untuk bekerjasama dalam hal studi lanjut, pendampingan PPG, riset dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kompetensi SDM melalui nondegree training. “Kata kunci apabila kita mau hebat adalah sumber daya manusia” kata Sumaryanto. Rektor juga menawarkan pada Bupati apabila ada warga yang akan studi lanjut baik S1, S2 maupun S3 ada kelas khusus ataupun perlakuan khusus. Disampaikan juga bahwa perguruan tinggi jangan sampai kalah dengan SD, SMP dan SMA dimana para kepala sekolahnya dapat meluluskan siswa tepat waktu. Sehingga dapat menempuh studi lanjut melalui jalur rekognisi pembelajaran lampau baik S1 maupun S2. Rektor juga mewacanakan agar mahasiswa asal Belitung Timur dapat melaksanakan KKN, PPL atau penelitiannya di rumah agar multiplier effectnya dapat dirasakan masyarakat setempat.

Kegiatan ditutup dengan diskusi implementasi kerjasama antara rombongan Kabupaten Belitung Timur dengan UNY. Dalam kunjungan ini Bupati Belitung Timur didampingi Sekretaris Daerah Drs. Ikhwan Fahrozi, M.Par, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Danial, SH., Kepala Dinas Pendidikan Drs. Sarjano, Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kerja Sama Sekretariat Daerah Syahril, S.Ag., S.IP, dan sejumlah pejabat lain.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia