Penandatanganan PKS antara UNY dengan BSSN RI

1
min read
A- A+
read

Bertempat di Ruang Sidang Utama Senat Gedung Rektorat UNY, Kamis (22/6) dilaksanakan penandatanganan kerja sama (PKS) antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Prof. Dr. Endang Mulyani, M.Si. selaku Direktur Direktorat Kerja Sama, Sisem Informasi, Inovasi dan Usaha (DKSIU) UNY menyampaikan bahwa berdasarkan SK Rektor, UNY telah membentuk Tim Tanggap Insiden Siber (TTIS) Cyber Security Insiden Response Team (CSIRT). “TTIS/CSIRT dibentuk sebagai respons terhadap meningkatnya ancaman keamanan komputer dan serangan dunia maya di sektor pendidikan. Tim ini bertujuan mewujudkan kampus dengan ketahanan siber yang handal dan profesional.

“Setelah menjadi PTN BH, Tim Cyber masuk di Direktorat RKSIU pada subdit Sistem Informasi dan Pengamanan Cyber.” Kata Direktur DKSIU.

Mengakhiri sambutannya, Prof. Endang menyampaikan, “Mewakili dari UNY, berharap BSSN dapat memberikan pendampingan, memberikan wawasan, dan pengawasan juga, terkait ketahanan dan keamanan cyber di UNY.”

Sementara itu, Giyanto Awan Sularso, M.M. selaku Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pembangunan Manusisa, Deputi III, BSSN menyampaikan bahwa Tim Tanggap Insiden Siber (TTIS) UNY merupakan yang kedua untuk Perguruan Tinggi Negeri seluruh Indonesia.

“Kolaborasi Kemendikbud, PTN, dan BSSB sangat diharapkan untuk lebih ditingkatkan supaya nantinya, bila ada insiden ada notifikasi ke mitra, tidak menjadi krisis. Setidaknya TTIS UNY menjadi kontak, bila terjadi insiden. Juga dapat bekerjasama bilamana TTIS/CSIR sekitar terjadi suatu insiden,” kata Giyanto Awan Sularso.

“Kegiatan kolaborasi yang dapat dilaksanakan diantaranya layanan Literasi, webinar, simulasi, research bersama. Pengamanan cyber bukan hanya tanggungjawab dari salah satu institusi tapi harus kolaborasi dari berbagai sektor. Semoga insiden cyber tidak terjadi, bila terjadipun setidaknya tidak gagap,” sambung Giyanto Awan Sularso.

Di samping Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pembangunan Manusisa, Deputi III, BSSN, juga hadir Manggala Informatika Ahli Madya, Sandiman Ahli Pertama, Analisis Pertahanan Siber, Pengolah Data dan Informasi, Kasubbag TU dan Staf Penelaah Iinformasi dan Komunikasi.

Hadir menyaksikan penandatanganan PKS diantaranya Sekretaris DKSIU, Direktur DUSH, Kepala dan Sekretaris Pusat TIK, SA WR Bidang RKSIU, para kasubdit, dan staf.

Pada kesempatan ini juga diserahkan Surat Tanda Register (STR) dari Giyanto Awan Sularso, M.M. mewakili pihak BSSN RI, yang diterima pihak UNY oleh Prof. Dr. Endang Mulyani, M.Si. selaku Direktur DKSIU.

Penulis: Taufik Fahrudin
Editor: Sudaryono
MATCHING FUND