SIDANG TERBUKA ONLINE, ROSIDAH SANDANG GELAR DOKTOR

1
min read
A- A+
read

Suasana sidang terbuka ujian online akhir disertasi program doktor (S3) berjudul "Model Pembelajaran Teaching Factory pada SMK Rujukan Program Keahlian Administrasi Perkantoran di Daerah Istimewa Yogyakarta" Kamis (4/6) sedikit berbeda. Sidang terbuka tersebut memang harus dilaksanakan secara virtual. Meski dilakukan dari rumah dan kantor masing-masing, hal ini tidak mengurangi nuansa akademis selayaknya sidang terbuka dengan menghadapkan sang promovendus dengan para penguji.

Sang mahasiswa yang diuji tersebut kebetulan adalah Ketua Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi (FE) UNY. Dr. Rosidah, M.Si. mempertahankan disertasinya di hadapan dewan penguji yang dipimpin Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A., dengan promotor Prof. Soenarto, Ph.D., dan co-promotor Prof. Dr. Muhyadi.

Penguji lainnya dalam sidang tersebut adalah Prof. Dr. H. As'ari Djohar, M.Pd. selaku penguji eksternal, serta Dr. Sugito, M.A., Prof. Dr. Bruri Triyono, M.Pd., dan Dr. Sugiharsono, M.Si. Penelitian Rosidah bertujuan menghasilkan model pembelajaran berbasis pada kebutuhan criteria performance kerja di dunia industri.

Penelitian ini dipicu oleh berbagai isu tantangan eksternal kondisi Indeks Pembangunan Manusia yang relatif rendah, bonus demografi, dan permasalah di lapangan, antara lain: kesenjangan kompetensi  lulusan SMK dengan kebutuhan kualifikasi kerja di dunia industri, kesenjangan permintaan dan penawaran kerja yang berakibat pada persoalan pengangguran lulusan, persoalan  daya saing tenaga kerja, dan kebijakan pemerintah terkait revitalisasi SMK. Peningkatan kualitas pendidikan  melalui strategi pembelajaran yang tepat menjadi salah satu alternatif agar lulusan SMK memiliki daya saing  tinggi untuk siap kerja dan berkompetisi dalam dunia kerja. Keunggulan pembelajaran model ini adalah berbasis produk, mudah diterapkan, sintak pembelajaran lebih simpel, sebagai resources sharing untuk sekolah aliansi. (Fadhly)