Tim Garuda UNY Lolos Driver’s World Championship Shell Eco Marathon 2023

1
min read
A- A+
read

Tim Garuda UNY

Tim Garuda UNY berhasil maju ke Drivers’ World Championship 2023 di Banglore, India setelah berhasil menjadi runner-up pada Regional Championship Shell Eco-marathon. Tim akan bertemu dengan 11 tim terbaik di seluruh dunia dari region Asia-Pasifik dan Timur Tengah, region Eropa dan Afrika, serta region Amerika untuk beradu kecepatan dan efisiensi. Tim Garuda UNY akan menjadi perwakilan region Asia-Pasifik dan Timur Tengah dalam Drivers’ World Championship (DWC) pada 10 sampai 12 Oktober 2023 mendatang.

Untuk lolos ke DWC, tim harus bersaing dengan 75 peserta dari 13 Negara dalam kompetisi Shell Eco-marathon region Asia-Pasifik dan Timur Tengah. Kompetisi ini telah diselenggarakan pada tanggal 4 hingga 9 Juli 2023 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok. Selain memenangkan tiket ke India, Tim berhasil memboyong juara dalam beberapa kategori lain diantaranya runner-up on track kategori Urban Concept ICE, runner up off track Safety Award, dan 10 besar kategori prototype battery electric.

Pada kategori mobil Urban tim menjadi runner-up setelah melakukan tiga kali percobaan mileage challenge dari empat kesempatan. Mobil harus mengitari sirkuit sebanyak tiga lap dengan batas waktu 30 menit dan kecepatan rata-rata 25 km/jam.

Persiapan untuk mengikuti perlombaan Shell Eco-marathon ini telah dilakukan sejak awal tahun 2023. Tim rutin melakukan riset dan pengembangan di halaman rektorat UNY dan stadion Maguwoharjo. Sebelum berangkat ke Mandalika, anggota tim juga pulang ke rumah masing-masing untuk meminta doa restu. “Saya gembira dengan lolosnya Garuda UNY dalam ajang DWC, kami upayakan yang terbaik” ucap advisor tim Garuda UNY Dr. Sutiman.

Tim Garuda UNY sebelumnya pernah mewakili Indonesia di ajang yang sama yaitu Drivers’ World Championship 2018 di Elizabeth Queen’s Park, London. Harapannya dengan berbekal pengalaman sebelumnya dan semangat baru, tim bisa menjadi juara di DWC 2023. “Kami berharap bisa menjadi juara dunia DWC di India,” tutur Kesit Bayu selaku General Manager.

Penulis: Ummi

Editor: Dedy

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus