UNY AKAN TAMBAH DUA GURU BESAR

1
min read
A- A+
read

UNY AKAN TAMBAH DUA GURU BESAR

Universitas Negeri Yogyakarta akan mengukuhkan dua guru besar pada Sabtu (18/7) di Auditorium UNY. Kedua guru besar yang dikukuhkan adalah Guru Besar dalam Bidang Pendidikan Jasmani Adaptif Prof. Dr. Sumaryanti, M.S. dan Guru Besar dalam Bidang Pengkajian Seni Rupa Modern Prof. Dr. Kasiyan, M.Hum. Kedua guru besar tersebut berasal dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Fakultas Bahasa dan Seni. Dengan dikukuhkannya kedua guru besar ini UNY memiliki 155 orang profesor.

Sumaryanti adalah dosen program studi Ilmu Kesehatan Olahraga Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi di Fakultas Ilmu Keolahragaan. Sumaryanti menyelesaikan program sarjananya pada bidang ilmu Olahraga Prestasi IKIP Yogyakarta tahun 1981, mendapat gelar magister pada bidang Kesehatan Olahraga Universitas Airlangga tahun 1990 dan mendapat gelar doktor bidang Pendidikan Olahraga di Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Sumaryanti juga banyak menghasilkan karya ilmiah tingkat nasional maupun internasional.

SedangkanKasiyan kesehariannya adalah dosen mata kuliah Pengkajian Seni Rupa Modern jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni. Kasiyan menyelesaikan program sarjananya pada bidang Pendidikan Seni Rupa IKIP Malang tahun 1995, mendapatkan gelar magister bidang Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa UGM tahun 2004 serta memperoleh gelar doktor bidang Pengkajian Seni Pertunjukan dan SeniRupa di UGM tahun 2013. Kasiyan juga banyak menghasilkan beberapa karya ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional.

Kedua guru besar tersebut akan membacakan pidato ilmiah sesuai bidang ilmu masing-masing. Sumaryanti akan menyampaikan pidato ilmiah berjudul “Latihan Fisik Untuk Stimulasi Kinerja Otak Anak Disabilitas Intelektual” sedangkan Kasiyan akan memaparkan pidato ilmiah berjudul “Seni, Identitas, dan Postkolonialitas”. (Dedy)