UNY SAMBUT BAIK KUNJUNGAN DARI SOLOPOS

1
min read
A- A+
read

UNY SAMBUT BAIK KUNJUNGAN DARI SOLOPOS

Bidang kerja sama Universitas Negeri Yogyakrta (UNY) menerima kunjungan dari SOLOPOS Grup beberapa waktu yang lalu yaitu pada Rabu (10/3) di ruang sidang senat.

Turut hadir menyambut, Wakil Rektor Bidang Kerja sama, Koordinator Hubungan Masyarakat (Humas), Kepala Bidang  Kerja sama Dalam Negeri, Sekretaris Eksekutif Rektor, dan beberapa Staff dari Humas dan kerja sama UNY. Sedangkan Dari SOLOPOS sendiri, rombongan berjumlah 3 orang dipimpin oleh Yonantha Cahndra selaku Senior Manager.

Tujuan awal dari kedatangan SOLOPOS Grup sendiri, tidak lain untuk menjajaki kerja sama dengan UNY sambil bersama- sama memetakan kira- kira apa yang kedepanya bisa dikolaborasikan sehingga bisa bersinergi demi kebaikan bersama. SOLOPOS juga membuka peluang sebesar- besarnya untuk kerja sama dalam berbagai bidang, seperti magangdan pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa, pelatihan kewirausahaan, serta program penelitian bagi dosen.

Untuk mahasiswa yang akan magang, SOLOPOS memberi kesempatan untuk semua jurusan dan prodi dan waktu magang biasanya sekitar tiga bulan.

“Untuk magang SOLOPOS tidak terbatas pada fakultas atau jurusan tertentu karena kami bisa menyesuaikan untuk penempatan berbagai jurusan sesuai kebutuhan yang ada,” jelas Yonantha Candra dalam sambutanya.

Meskipun akhir- akhir ini, jumlah pembaca media cetak relatif berkurang, namun SOLOPOS tidak mengalami penurunan yang signifikan karena jumlah koran yang terjual setiap harinya bisa mencapai 25.000 hingga 35.000 eksemplar. Cakupan wilayah SOLOPOS sendiri tidak hanya di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tapi juga hingg Ngawi dan Madiun yang merupakan perbatasan dengan Jawa Timur.

Beberapa media online dan cetak yang berada dibawah Solopos Grup antara lain KORAN SOLO, SOLOPOS.com, SEMARANGPOS.com, MADIUNPOS.com, dan jeda.Id. Selain itu ada pula Solopos TV,  dan radio SOLOPOS FM. SOLOPOS Grup juga memiliki Event Organizer yaitu SOLOPRO, Percetakan Solo Grafika Utama, dan usaha kuliner yaitu Ayam panggang I’m In love.

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Kerja sama, Dr. rer. nat. Senam, dalam pidato sambutanya mengatakan bahwa setelah kunjungan resmi dari SOLOPOS ini perlu ditindaklanjuti dengan ikatan kerja sama berupa Memorandum of Understanding (MOU) lalu Memorandum of Agreement (MOA) hingga Implementation of Agreement (IA).

“ UNY pada intinya sangat senang bermitra dengan siapapun, selama intinya bisa bersama- sama meningkatkan kualitas kampus,” papar Senam.

“ Program studi Komunikasi yang dimiliki UNY juga sangat memungkinkan untuk segera melaksanakan program magang bagi mahasiswanya untuk keahlian jurnalistik dan broadcasting,” tambah Senam.

UNY sendiri beberapa waktu terakhir ini juga sering mendatangkan dosen tamu yaitu seorang praktisi sehingga para mahasiswa bisa belajar hal- hal baru langsung dari ahlinya. Para dosen praktisi ini mengajar biasanya dua kali dalam seminggu.

Kedepanya, Humas UNY juga siap untuk membantu sinergi antara UNY dan SOLOPOS, dengan mengirim rilis berita tentang kegiatan, penemuan, prestasi atau apapun itu  yang nantinya bisa dipublikasikan lewat  SOLOPOS baik cetak maupun online . (Khairani Faizah)