WORKSHOP DARING MODEL PEMBELAJARAN BAGI GURU VOKASI ELEKTRO DAN MEKATRONIKA

1
min read
A- A+
read

WORKSHOP DARING MODEL PEMBELAJARAN BAGI GURU VOKASI ELEKTRO DAN MEKATRONIKA

Workshop daring hari ini Rabu, 15 Juli 2020 merupakan seri kelima, seri kelima merupakan satu rangkaian dari 12 seri yang sudah diawali pada 17 Juni 2020. Moderator dalam workshop ini Dr. Sunarya Sunarto menyampaikan, "Tujuan daripada workshop daring ini adalah merupakan wujud keikutsertaan UNY pada keberpihakan kepada guru dalam rangka meningkatkan keprofesionalisme guru dari jenjang pendidikan PAUD sampai SMA/SMK khususnya peningkatan kompetensi pedagogik dalam menerapkan model-model pembelajaran pada masa Pandemi new normal."  Sedangkan tujuan yang kedua, Sunaryo menambah, "meningkatkan ketersediaan sumber belajar digital tentang model  pembelajaran daring yang mudah diakses pada para guru. Dan yang ketiga, adalah untuk meningkatkan keunggulan dan kreatifitas guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran dimasa pandemi dan new normal," jelas Sunarya.

Sebagai keynote speaker, Prof. Margana, M.Hum., M.A. secara panjang lebar menjelaskan dari konsep pedagogik, androgogik, kemudian heutagogic. Sedangkan model pembelajaran yang dijelaskan meliputi discovery learning, project-based learning, problem-based learning, dan inquiry learning.  Pada bagian akhir disampaikan tentang peeragogy, yaitu praktik pembelajaran yang menekankan pada  interaksi antar pembelajar atau hubungan mutual simbiosis antar pembelajar untuk mencapai tujuan belajar. Margana berpesan kepada para peserta workshop, "tolong ibu/bapak untuk mengembangkan kemandirian belajar untuk membangun kemandirian belajar diantara peserta didik sehingga  pendekatan, strategi, teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sesuai mata pelajaran yang diampu itu mengedepankan pengembangan diri dari peserta didik dengan mengedepankan basis peeragogy".

Pada workshop hari ini, Ir. Muhamad Ali, ST.,M.T. dosen Pendidikan Teknik Elektro sebagai narasumber pertama menyampaikan dengan sangat luas dan mendalam tentang model distance learning untuk pembelajaran vokasi teknik elektro dan mekatronika pada era Revolusi Industri 4.0 dan Pandemi Covid-19. Sedangkan Ariadie Chandra Nugraha, ST., MT dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro UNY sebagai narasumber kedua, menyampaikan tentang Penggunaan Google Forms dan Kahoot untuk Tes pada Pembelajaran Jarak Jauh.

Rangkaian tentang pelaksanaan workshop yang diselenggarakan di studio LPMPP UNY ini dapat diakses di laman youtube https://www.youtube.com/watch?v=xDmeaGflQ6Y  (Sud).