WORKSHOP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI KARYA ILMIAH SECARA DARING

1
min read
A- A+
read

WORKSHOP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI KARYA ILMIAH SECARA DARING

Selasa, 21 Juli 2020 Tim Jurnal Wacana UNY (WUNY) dengan bangga dan senang hati bertemu guru dari seluruh Indonesia dan bahkan beberapa ada yang guru di luar negeri, belajar bersama dalam hal penulisan karya ilmiah untuk pengembangan profesionalisme guru pada kegiatan Workshop peningkatan profesionalisme guru melalui karya ilmiah secara daring. Bertindak sebagai moderator dalam workshop daring ini adalah Prof. Dr. Kasiyanto, M.Hum. yang beberapa hari lalu (18/7) dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Pengkajian Seni Rupa Modern pada Fakultas Bahasa dan Seni UNY.

Workshop kali ini mengambil topik “Merdeka Belajar Melalui Pembelajaran Karya Ilmiah”.  Kasiyanto menyampaikan bahwa setelah workshop ini akan ditindaklanjuti yang sifatnya operasional yakni peserta workshop diberikan kesempatan melakukan pembuatan karya ilmiah berikut dengan pembimbingannya yang akan difasilitasi UNY secara daring karena masih dalam masa Pandemi Covid-19. Harapannya ini merupakan bagian dari proses pembelajaran untuk desimilasi pengetahuan dalam arti luas dan secara teknis karya itu dengan bangga akan dipublish di Jurnal Wacana UNY (WUNY), dan semua bermanfaat bagi penulis maupun pembaca.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. membuka sekaligus menyampaikan materi. Margana menyampaikan bahwa, “UNY memiliki cukup banyak jurnal ilmiah, kurang lebih ada 85 jurnal ilmiah dari berbagai bidang. Dari jumlah tersebut ada salah satu jurnal yang terindeks SCOPUS jurnal internasional yang memiliki reputasi cukup membanggakan.” Lebih lanjut dikatakan “jurnal yang berada pada SINTA 2 itu ada 54 jurnal, selebihnya masuk pada SINTA 3, 4, 5, dan 6. Tentunya jurnal-jurnal di UNY dapat dijadikan sebagai media untuk zakat ilmu untuk bapak ibu semua. Supaya Ilmu yang dimiliki dapat berguna di dunia dan di akherat nanti,” imbuh Margana.
Secara garis besar Margana menyampaikan bagaimana pentingnya yang namanya publikasi karya ilmiah. Karya ilmiah tidak hanya dipakai sebagai alat untuk menaikkan angka kredit untuk jabatan, tetapi substansi tugas guru adalah tidak hanya mencerdaskan siswa siswinya di sekolah tetapi menjadi guru dalam pengertian masyarakat yang luas. Yang itu salah satunya dapat dipertanggungjawabkan melalui publikasi karya ilmiah yang ditulis di jurnal ilmiah.

Paparan materi dibagi dua sesi, yang pertama dari dinas atau pihak yang terkait dengan pengembangan profesonalisme guru yang riil di lapangan. Sesi pertama akan disampaikan secara panel oleh tiga panelis, yaitu  Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, M.M.  Setda DIY, yang sebelumnya menjadi Kepala Dinas Pendidikan , Pemuda, dan Olahraga Provinsi DIY cukup banyak punya pengalaman membantu menata, pengelola, kebijakan pendidikan di DIY, menyampaikan materi dengan judul Kebijakan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19.  Panelis kedua Eko Budi Susanto, M.Si. saat ini sebagai tim PAK Nasional Guru LPMP GIY, menyampaikan materi dengan judul Fungsi Karya Ilmiah dalam Pengembangan Karier Berkelanjutan. Penelis yang terakhir Drs. Thomas Dwi Heru Santoso, M.Pd. saat sebagai Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, berbagi pengalaman yang sangat praktis berperan sebagai pengawas dan sebagai tim penilai angka kredit guru, hubungannya dengan karya tulis ilmiah.

Pada paparan materi sesi kedua ini, diisi dari Tim Jurnal Wacana UNY, yaitu Prof. Dr. Suwarna Dwijonagoro, M.Pd. dan Dr. Sumaryadi, M.Pd. yang dipandu Dyah Purwaningsih. Sebagai penutup moderator menyampaikan teknik pembimbingan dalam workshop ini. Bagi peserta yang ketinggalan mengikuti kegiatan ini, dapat mengikuti pada media Youtube UNY Official.