Sosialisasi dan Promosi UNY di SMAN 7 Yogyakarta

1
min read
A- A+
read

Sosialisasi

Universitas Negeri Yogyakarta melakukan sosialisasi dan promosi di SMAN 7 Yogyakarta, Kamis (25/1). Hadir sebagai narasumber Dr. phil. Didik Hariyanto dan Dr. Rifky Riyandi Prastyawan. Kegiatan diikuti oleh lebih dari 200 orang tua siswa kelas XII dan beberapa guru.

Kepala Sekolah SMAN 7 Yogyakarta Tutik Sunarti, M. Pd mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan informasi studi lanjut bagi orang tua/wali siswa kelas XII. “Dengan sosialisasi ini para orang tua siswa akan punya bayangan bagaimana melanjutkan pendidikan putranya setelah lulus dari SMA” ujarnya. Tutik Sunarti menginformasikan bahwa dari sekitar 280 siswa kelas XII di sekolahnya pada tahun 2023 terdapat 60-an siswa yang diterima pada jalur SNBP di berbagai PTN. Harapannya pada tahun ini jumlah yang diterima melalui jalur SNBP akan meningkat.

Dalam kesempatan ini Didik Hariyanto menyampaikan jenjang jalur masuk di UNY yang melalui SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri. “UNY memiliki 14 prodi D4 dan 63 prodi S1 yang terbagi atas 37 prodi kependidikan dan 26 prodi non kependidikan” papar Didik. Perubahan status dari Badan Layanan Umum (BLU) ke Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), ada beberapa hal yang berubah antara lain kuota masuk siswa lewat jalur Seleksi Mandiri (SM) yang dulu maksimal 30% sekarang menjadi 50%. Sedangkan Rifky Riyandi Prastyawan memaparkan keketatan masuk di beberapa prodi di UNY. Dicontohkannya untuk masuk ke prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi keketatannya 1 kursi diperebutkan 8 orang. “Keketatan tertinggi di UNY ada pada prodi Teknologi Informasi dimana 1 kursi diperebutkan oleh 79 orang” katanya.

Pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2024 diawali dengan Registrasi Akun SNPMB pada Portal SNPMB (https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id). Pendaftar wajib memiliki akun SNPMB melalui Single Sign On (SSO) mulai kegiatan pengisian PDSS, Pendaftaran SNBP, hingga Pendaftaran UTBK-SNBT.

IKU
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus