Workshop Program Wirausaha Merdeka bagi Mahasiswa UNY

1
min read
A- A+
read

Yogyakarta, 23 Februari 2024 - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi saksi dari langkah besar dalam upaya mendorong kemandirian ekonomi bagi mahasiswa. Hari ini, kampus yang terkenal dengan keberagaman dan semangat kewirausahaan ini menggelar acara sosialisasi yang bertajuk "Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Mahasiswa, Melalui Program Wirausaha Merdeka" di Ruang Sidang Utama UNY.

Program ini merupakan bagian dari inisiatif Kemendikbudristek dalam mendorong semangat berwirausaha di kalangan mahasiswa. Dalam sambutannya, Direktur Direktorat Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UNY (Prof. Dr. Lia Yuliana, S.Pd., M.Pd.), menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh program baik ini dan tentunya dukungan penuh bagi para mahasiswa dalam mengembangkan potensi kewirausahaan mereka.

"UNY selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi mahasiswa dalam setiap aspek kehidupan, termasuk hal kewirausahaan. Melalui program 'Wirausaha Merdeka' yang dibtawarkan dari UNY ataupun dari Kementrian, kami ingin membantu mahasiswa agar mampu mengembangkan ide-ide kreatif mereka menjadi wirausahawan yang sukses," ujar Prof. Lia Yuliana.

Acara ini dihadiri oleh 200 mahasiswa secara luring dari berbagai fakultas dan 300 mengikuti secara daring, mereka antusias untuk memanfaatkan kesempatan ini dalam mengasah kemampuan kewirausahaan mereka. Para peserta diberikan motivasi langsung oleh Bu.nila dan penjelasan mendalam tentang program wirausaha merdeka, serta dukungan yang akan diberikan oleh UNY dalam perjalanan mereka sebagai pengusaha muda.

Bu.nila berbagi pengalaman dan tips berharga kepada para mahasiswa, memberikan inspirasi dan motivasi untuk mulai menggali potensi diri dan memanfaatkan peluang di sekitar. “Mahasiswa UNY harus berani untuk memulai wirausaha, sehingga mampu mewujudkan kesuksesan, dan tentunya mengikuti program wirausaha merdeka” ujar Dr. Nila.

"Kami berharap, melalui program ini, mahasiswa UNY akan semakin terampil dan percaya diri dalam menghadapi tantangan dunia bisnis. Kemandirian ekonomi merupakan kunci untuk masa depan yang lebih baik” tambah Yudan Hermawan,ketua Progeam WMK Edublankon UNY yang menjadi moderator.

Acara ini berlangsung dengan penuh semangat dan antusiasme. Para mahasiswa meninggalkan acara ini dengan bekal pengetahuan baru dan semangat dan siap mengikuti program-program wirausaha. Dengan adanya dukungan dari kampus dan kemendikbudristek, harapan untuk generasi muda yang mandiri dan berwirausaha semakin terwujud.

Penulis: Yudan PLS
Editor: Sudaryono

MBKM
IKU