LEMBAGA

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (LPPMP UNY) adalah salah satu bagian dari struktur utama di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta. LPPMP UNY berdiri tahun 2011, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 23 tahun 2011, tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Yogyakarta, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 34 Tahun 2011, tentang Statuta Universitas Negeri Yogyakarta.

LPPMP UNY merupakan unsur pengembang dan pelaksana strategis di bidang pengembangan pendidikan dan profesi serta penjaminan mutu pendidikan dan profesi. LPPMP UNY mempunyai tugas melaksanakan, mengoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan pengembangan dan penjaminan mutu pendidikan serta pengembangan profesi.

Perubahan status kelembagaan mengubah paradigma fungsi LPPM UNY tidak hanya sekedar melaksanakan fungsi utamanya, tetapi harus terus berupaya melakukan berbagai inovasi penelitian dan pengabdian dalam rangka mendukung upaya UNY menuju Universitas berkelas Dunia. untuk menopang pencapaian tersebut, tidak kalah pentingnya adalah kerjasama dengan berbagai pihak dalam skala lokal, nasional, dan internasional. Perubahan status dan kiprah LPPM UNY, menuntut agar visi dan misi yang harus dicapai oleh LPPM UNY selaras dengan visi, misi, kebijakan arah pengembangan, dan program kerja universitas (UNY). Visi UNY adalah pada tahun 2025 menjadi universitas kependidikan kelas dunia berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

BPPU di bentuk pada tanggal 6 Februari 2012 sesuai dengan SK Rektor nomor: 4 tahun 2012 tentang Tata Laksana Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha. Pada waktu dibentuk BPPU memiliki unit usaha yang terdiri atas: 1) Hotel 2) Kolam renang, 3) Gedung Olah raga, 4) Fitnes, 5) Simpan Pinjam, 6) Perbengkelan dan Cuci Mobil, 7) Penerbitan, Percetakan dan Bookstore, 8) Asrama Mahasiswa, 9) Produksi (Industri Air Mineral, Jasa Pemotongan Kertas, Merchandise), 10) Jasa persewaan Auditorium, Gedung dan Aset lain.Pada awal berdiri BPPU di pimpin oleh Sutrisno Wibowo, M.Pd, Sekretaris Tejo Nurseto, M.Pd dan di bantu oleh 3 orang anggota yaitu Faham, M.Hum, Joko Santosa M.Hum dan Komarudin MA. Untuk operasional sehari-hari didukung oleh staf Administrasi Ida Kurniyati, A.Md, Staf Advertising dan Marketing Yunanto Aditomo dan Staf Accounting Daniel Kusuma Wijaya, A.Md