Subscribe to Berita FIP feed
Updated: 6 days 7 hours ago

Evaluasi Capaian IKU FIP UNY 2021

Sun, 2021-11-28 10:54

Univeristas Negeri Yogyakarta memperoleh Peringkat 2 Liga Indikator Kerja Utama Perguruang Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (IKU PTN BLU) tahun 2021. UNY memperoleh 5 medali emas IKU dari 8 IKU, yaitu IKU 1,2,6,7,8. Fakultas Ilmu Pendidikan, sebagai bagian dan UNY meraih peringkat 4 dari 7 fakultas terkait capaian IKU UNY. Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama , Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes, di kegiatan Workshop Evaluasi Capaian Indikator Kerja Utama (IKU) Fakultas Ilmu Pendidikan UNY tahun 2021, via daring dan luring di Pacitan, 23 November 2021.

Prof. Siswantoyo mengapresiasi capaian FIP UNY dalam memberikan kontribusi positif dalam menyiapkan Liga IKU PTN BLU 2021. Prof. Sis, sebagaimana yang diminta oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FIP UNY, Dr. Cepi Safruddin AJ, M.Pd., untuk memberikan motivasi dan pencerahan kepada FIP UNY dalam menyambut liga IKU 2022, memberikan gambaran capaian serta evaluasi IKU secara umum UNY, dan secara khusus untuk FIP.

Mengacu pada rambu – rambu akurasi data IKU 1 terkait tracer study, tahun 2021 UNY mencapai skor 4.789. “Agar di tahun 2022 terus meningkat, maka tahun 2021 mencari data sebanyak mungkin. Gerakan para alumni untuk mengisi tracer study,” pesannya.

Untuk IKU 2, tolong dipetakan matakuliah merdekan Belajar Kampus Merdeka (MBKB). “MBKB 20 sks bisa didapatkan dari KKN, magang, tugas akhir, matakuliah yang lain yg bisa dijadikan ekuivalensi,. Prestasi bisa diciptakan dari kegiatan akademik dan kemahasiswaan. Untuk menciptakan prestasi bisa dengan event. Jika tidak tidak ada event, bisa kita ciptakan event, dan jika kita ciptakan event, pastikan kita bisa menjadi salah satu juaranya,” katanya.

Terkait IKU 3, dosen mengajar di luar kampus, Prof. Sis meminta dosen untuk mengoptimalkan tridharma perguruan tinggi. Sedang praktisi mengajar di kampus, mengingat banyaknya Kerjasama UNY dengan mitra industri, atau lembaga bisa dimanfaatkan untuk peningkatan IKU 3 ini.

Semua dosen mengisi sister (sistem informasi sumberdaya terintegrasi). Dengan kelengkapan data sister, ini sangat penting, karena mendukung data di iku 5. “Mari kita dorong bersama sama untuk mengisi sister, “ katanya

Kemitraan di IKU 6 ini, indikator capaiannya adalah semua prodi memiiki kerjasama. “Inputkan data kerjasma prodi di UNY di sistem sikers.uny.ac.id. Terkait kerjasama, U2IK lebih akitf, memetakan, apabila ada prodi yg belum memiliki kerjasama, jika belum ada, kita carikan kerjasama. Kerjasama yang sudah ada, silahkan ditindaklanjuti ke Implementation Arrangement (IA). Kegiatan apapun silahkan tindaklanjuti dengan IA . Setiap produk riset daftaran haki. FIP tambang emas, besok dikembangkan eduprenursip, baik dari media, metode, atau model . Coba petakan agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tambahnya.

"Terkait kelas kolaborasi, bapak ibu pimpinan bisa mendorong untk mengunggah RPS (Rencana Pembelajaran Semester) di dalam program based learning. Untuk akreditasi internasional, tolong jangan salah pilih. Sesuaikan dengan yang direkomendasikan oleh DIKTI. Terkait kompetensi, Bapak ibu dosen di dorong agar memiliki sertifikat kompetensi," katanya

Sebagaimana diketahui bahwa Indikator Kinerja Utama yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih konkret. Kebijakan tersebut juga menjadi alat ukur untuk mengakselerasi implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

IKU terbaru yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 memiliki tiga indikator utama. Pertama, kualitas lulusan yang diukur dengan Lulusan mendapat pekerjaan yang layak, dan Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Kedua, kualitas dosen dan pengajar yang diukur dengan Dosen berkegiatan di luar kampus, Praktisi mengajar di dalam kampus, dan Hasil kerja dosen digunakan masyarakat dan dapat rekognisi internasional. Ketiga, kualitas kurikulum yang memiliki subindikator antara lain program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, Kelas yang kolaboratif dan partisipatif, serta adanya program studi berstandar internasional. (rit)

Tags: IKU
Categories: Berita Lain

FIP UNY Siapkan Tenaga Kependidikan Berkualitas untuk Menyongsong Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH)

Sat, 2021-11-20 00:06

Tenaga Kependidikan (Tendik) adalah ruh Fakultas Ilmu Pendidikan. Tidak bisa dibayangkan, jika tendik ini mogok kerja, apa jadinya fakultas ini. Hal itu disampaikan Dekan FIP UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd., dalam memberikan penguatan kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan FIP UNY, Jumat, 19 November 2021 di Hotel Valley, Bandungan Semarang.

Sujarwo melanjutkan, bahwa bekerja di fakultas ini harus dilandasi dengan niat ibadah, agar bekerja bisa lebih nyaman, saling bekerjasama, membantu satu sama lain demi kemajuan bersama. “Fakultas ini adalah milik kita bersama. Program kegiatan ini tidak akan berjalan, jika tidak ada kerjasama, saling mendukung antara tendik dengan pimpinan,”tambah Sujarwo.

Sujarwo juga mengajak tendik untuk bekerja lebih baik lagi, memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder, apalagi saat ini program magister dan doktor sudah masuk dalam pengelolaan FIP UNY. “Hargai dirimu dengan kegiatan terbaik,” pesannya.

Sujarwo mengingatkan lagi, jika ada masalah bisa dikomunikasikan, hindari saling hujat dan fitnah, tolong diingatkan. “FIP ini adalah sawah ladang kita bersama, mari kita rawat dengan baik. Jika subur, hasilnya banyak, akan kita nikmati bersama,” pintanya.

Terakhir, Sujarwo memberikan apresiasi kepada tendik, atas partisipasinya dalam kegiatan ini, dan memohon maaf jika masih ada yang belum maksimal dalam pelayanannya kepada tendik.

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FIP UNY, Bambang Saptono, M.Si. juga turut hadir memberikan penguatan kepada tendik. “Jadikan pekerjaan ini sebagai amanah, yang dilandasi dengan niat ibadah, Insha Allah mendapatkan nafkah yang berkah,”katanya. UNY sebentar lagi akan menjadi perguruan tinggi berbadan hukum (PTNBH), oleh karena itu perlu menyiapkan tendik yang berkualitas.

Senada dengan Bambang, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Cepi Safruddin AJ, M.Pd., juga menyampaikan, PTNBH merupakan bentuk perguruan tinggi yang berkualitas. “Oleh karena itu, mari kita tunjukan kualitas kita, baik dari dosen maupun tendiknya,” katanya.

Kegiatan workshop dengan tema “Fakultas Ilmu Pendidikan Menuju PTNBH”, selain dari Dekanat, Koordinator TU, Subkoordinator, juga dihadiri tendik FIP UNY sejumlah 90 orang. Kegiatan belangsung dengan khidmad dan lancar dengan suasana keakraban dan kebersamaan.(rit)

Categories: Berita Lain

Mahasiswa FIP UNY Raih Prestasi di FIP JIP 2021

Fri, 2021-11-12 09:17

Mahasiswa FIP UNY Kembali menorehkan prestasi di Pancalomba/Olimpiade Mahasiswa Nasional Forum Ilmu Pendiidikan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP JIP 2021). Prestasi yang diraih adalah Juara 1 Lomba Penulisan Gagasan Tertulis, Juara 1 Lomba Produk Pembelajaran Digital , Juara 3 Lomba Mendongeng. Pengumuman pemenang lomba disampaikan pada acara Penutupan FIP JIP 2021 (10/11), di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta serta live streaming Edura TV. Penyerahan hadiah diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FIP UNY, Bambang Saptono, M.Si.

Lomba Penulisan Gagasan Tertulis diraih oleh  Rafli Sodiq Bagaskara & tim. Rafli dan tim dari Mahasiswa Psikologi FIP UNY Angkatan 2019 ini menulis gagasan tertulis yang berjudul “ NARAPATI: Nebula Projector for Smart Mental Health Assistant with Integrative Therapy Sebagai Upaya Internvensi Distress Psikologi Mahasiswa”.

Lomba Produk Pembelajaran Digital diraih oleh Mei Setiawati & Tim , mahasiwa PLB dengan Judul Produk “SABA (Sahabat Belajar Anak): Aplikasi Self Asesmen Perilaku Adaptif dengan Anak Hambatan Intelektual”. Aplikasi ini bisa download di link ini.

Lomba mendongeng diraih oleh Fenia Anggita Kartikasari, mahasiwa PGSD Angkatan 2019. Fania Mendongeng dengan judul Keteguhan Menuju Cita. Video bisa dilihat di https://youtu.be/VAlAw3ys9fY

Kegiatan Panca Lomba/Olimpiade Mahasiswa Nasional ini dilaksanakan pada bulan Oktober - November 2021, secara daring maupun luring. Perlombaan “Panca Lomba” tingkat nasional yang dilombakan, meliputi: (1) Lomba Penalaran (gagasan tertulis, penulisan artikel ilmiah, three minutes speech on education); (2) Lomba Karya Cipta (video pembelajaran non-microteaching dan produk pembelajaran digital); (3) Lomba Kreasi Seni (musikalisasi puisi dan story telling); (4) Lomba Ormawa dan Opmawa (instagram); dan (5) Lomba Prestasi Unggulan (portofolio publikasi dua tahun terakhir).

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIP UNY, Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Ibu Dekanat dan ketua jurusan atas dukungannya, sehingga mendapatkan juara dalam lomba tersebut. “ Semoga ke depan dapat kami tingkatkan lagi,” harapnya. (rit)

Categories: Berita Lain

FIP UNY Perkuat Kerjasama Kampus Merdeka Merdeka Belajar dengan LPTK se-Indonesia

Thu, 2021-11-11 05:08

FIP UNY memperkuat kerjasama dengan 10 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) se-Indonesia dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat. Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan di sela – sela acara Forum Ilmu Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP JIP) 2021, (10/11), di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta.

Dekan FIP UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd. mengatakan, Kerjasama ini selain dalam bidang tridharma perguruan tinggi, juga dalam rangka memperkuat program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim.

“Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka diantaranya pertukaran mahasiswa, magang/praktik kerja, asistensi mengajar, penelitian/riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausahaan, studi /proyek independent, kuliah kerja tematik,” tuturnya.

Selain kerjasama di tingkat fakultas, setiap program studi juga menjalin kerjasama dengan dengan program studi serumpun, yang diwujudkan dalam Naskah Rancanangan Pelaksanaan Kegiatan (Implementation Arrangement/IA). Bentuk Kerjasama yang dilakukan seperti Penelitian Bersama, Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Temu Ilmiah Mahasiswa, Kuliah Umum, Seminar Nasional, Seminar Internasional, Pertukaran Mahasiswa.

Ketua Divisi Kerjasama U2IK FIP UNY, Rahmat Fadhli, M.A, mengatakan dalam event FIP JIP 2021 ini terkumpul 10 Naskah Kerjasama tingkat Fakultas, dan kurang lebih 124 naskah kerjasama di tingkat prodi.

“Semoga Kerjasama ini bisa dilaksanakan sebagaimana yang sudah tertulis di dalam naskah Kerjasama dan tidak ada hambatan yang berarti, “tutupnya. (rit)

Tags: SDGS KemitraanFIPUNYKERJASAMA
Categories: Berita Lain

Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum Mendapat Anugerah Tokoh Pendidikan FIP JIP 2021

Thu, 2021-11-11 04:55

Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum, mendapatkan Anugerah Tokoh Pendidikan dalam Forum Ilmu Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP JIP 2021), Selasa s.d Kamis, 9-11 November 2021, di Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum, merupakah salah satu dari 12 tokoh lainnya yang berasal dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK Se-Indonesia).

Dekan FIP UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd., menyampaikan, Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum layak mendapatkan anugerah Tokoh Pendidikan karena memiliki pengalaman menjadi Dekan FIP UNY, Koorprodi S3 Ilmu Pendidikan Pascasarjana UNY, terus mengembangkan basic keilmuan di bidang pendidikan, disamping banyak karya dibidang pendidikan yang dihasilkan melalui riset, artikel dan gagasan ilmiah pendidikan.

Sujarwo juga berharap kedepan muncul tokoh – tokoh pendidikan baru dari FIP UNY, dengan ide, gagasan, komitmen dan terobosan baru di bidang tridharma .

Kami tunggu karya karya terbaik Dosen FIP UNY untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam pendidikan yang lebih luas,” tutupnya. (rit)

Tags: FIPJIP 2021SDGs PendidikanAchmad DardiriTokoh Pendidikan
Categories: Berita Lain

FIP UNY Ikut Meramaikan Forum Ilmu Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP JIP) 2021

Thu, 2021-11-11 04:50

Delegasi FIP UNY yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan dan Ketua Jurusan di Lingkungan FIP UNY, serta Tim Humas dan Kerjasama mengikuti serangkaian acara Forum Ilmu Pendidikan Jurusan llmu Pendidikan 2021 (FIP JIP 2021)  yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (FIP UNJ) di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, 9 s.d 11 November 2021.

Dekan FIP UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd., mengapresiasi kegiatan FIP JIP 2021 dengan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Rektor UNJ, Dekan FIP UNJ dan segenap panitia FIP JIP 2021 atas kesempatannya untuk UNY mengikuti kegiatan ini.

Sujarwo berharap kegiatan FIP JIP ini dapat membawa keberkahan, meningkatkan kebersamaan, meningkatkan produktivitas lembaga. “Semoga Allah meridhoi apa yang kita lakukan,” harapnya.

Sementara itu, Dekan FIP UNJ, Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd.,mengatakan,  FIP JIP 2021 ini mengambil Tema "Mengoptimalkan Implementasi Program Kampus Merdeka untuk Lulusan yang Cerdas, Profesional, Berwawasan Kependidikan, Religius dan Cinta Tanah Air". Tema ini diturunkan ke dalam lima subtema, yaitu: (1) inovasi model pembelajaran partisipatif dan kolaboratif; (2) penguatan model pembinaan employability skills mahasiswa; (3) pemberdayaan program praktisi mengajar di kampus; (4) pemantapan ekosistem Perguruan Tinggi untuk Program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”; dan (5) intensifikasi sinergi Perguruan Tinggi dengan Industri, Dunia Usaha dan Kerja (IDUKA),” ujarnya.

Forum FIP-JIP 2021 ini didukung dan diikuti oleh 12 LPTK Negeri, yaitu Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Malang ( UM), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Negeri Medan (UNIMED), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Negeri Makassar ( UNM), Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Manado (UNIMA), dan Universitas Neger Makassar (UNM). (rit)

Tags: FIPJIP 2021MBKMSDGs Pendidikan
Categories: Berita Lain

Workshop Pembuatan Panduan SOP Peminjaman Ruang Sidang Ormawa dan Beasiswa Mahasiswa FIP UNY

Mon, 2021-11-08 07:55

Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ilmu Pendidikan UNY menyelenggarakan Workshop pembuatan panduan SOP peminjaman ruang sidang Ormawa dan beasiswa mahasiswa FIP UNY pada Kamis, 28 Oktober 2021 mulai pukul 08.30 WIB di Hotel Galuh. Kegiatan ini diharapkan dapat memiliki andil yang sangat besar untuk mendukung keberhasilan lembaga kedepan . Workshop dihadiri oleh Dr. Sujarwo, M.Pd. selaku Dekan FIP serta Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni; dan para pendamping mahasiswa jurusan FIP UNY.

Bapak Dr. Joko Pamungkas, M.Pd.selaku penenggung jawab kegiatan workshop menyampaikan laporan tentang landasan dan konsep kegiatan. Beliau melaporkan hal-hal yang sudah dan akan dilalui selanjutnya, mulai dari draft konsep beasiswa FIP UNY yang sudah ditata, yang selanjutnya pada kesempatan kali ini akan didiskusikan dengan para pendamping mahasiswa. Sehingga hasil akhir dapat disampaikan kepada dekanat untuk dapat di sempurnakan.

Selain itu, Bapak Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. banyak menyampaikan program-program yang akan dilalui Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam waktu dekat ini. Mulai dari kegiatan workshop di luar ruangan ini yang meliputi pembuatan AD/ART KMM, yang mana secara eksplisit belum dicantumkan progrm doktoral di dalamnya, sehingga akan ditambahkan menjadi KMM”D; akan ngangsu kawruh (studi banding) tentang pengembangan kewirausahaan ke UNM; hingga program pendampingan delegasi FIP UNY dalam ajang FIP JIP 2021, Beliau menegaskan kembali target workshop hari ini yang meliputi pembuatan panduan SOP pengajuan kegiatan, SOP peminjaman Ruang Sidang Ormawa, dan Beasiswa Mahasiswa FIP UNY.

Selanjutnya, Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd. selaku Dekan FIP UNY menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa andil kegiatan kemahasiswaan sangat mendukung keberhasilan lembaga. Selain itu, beliau mengonfirmasi agenda besar yang akan segera dilaksanakan, mulai dari menerjemahkan kegiatan kegiatan pemeringkatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal serta terkait perizinan kegiatan kemahasiswaan berada di bawah kendali Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Dr. Sujarwo, M.Pd., mengakhiri sambutannya dengan membuka acara workshop yang ditandai dengan pembacaan basmallah secara bersama-sama.

Terbukanya kegiatan workshop ini langsung diambil alih kembali oleh Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., ditandai dengan pembagian kelompok. Pendamping mahasiswa dibagi menjadi tiga kelompok untuk mendiskusikan terkait Beasiswa FIP UNY, SOP Pengajuan Dana Kegiatan Ormawa, dan SOP peminjaman ruang ormawa. Kegiatan diskusi ditargetkan rampung pada pukul 11.00 WIB, sehingga rangkaian acara secara keseluruhan dapat selesai pada pukul 13.00 WIB. Kegiatan diskusi berjalan dengan baik, sesuai dengan kelompoknya masing-masing dan mampu memberikan hasil diskusi dengan baik.( laskar BKA FIP UNY)

Tags: Kemahasiswaan dan Alumni
Categories: Berita Lain

Rintisan Kerjasama Bidang Kemahasiswaan dan alumni FIP UNY Dengan Bidang Kemahasiswaan dan alumni FIP Universitas Negeri Malang

Mon, 2021-11-08 07:50

Hari Jumat, 5 November 2021 menjadi hari yang bersejarah bagi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang khususnya pada bidang Kemahasiswaan dan alumni . Peningkatan kompetensi pendamping kemahsiswaan di kemas dalam Kunjungan yang dilakukan bidang kemahasiswaan dan Alumni FIP UNY ke malang berlangsung dari pukul 09.00 - 11.30 WIB. Dalam agenda tersebut oleh rombongan FIP UNY yang berjumlah 20 orang terdiri dari para pendamping mahasiswa dan Bapak Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIP UNY Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. didampingi Bapak Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Cepi Safruddin Abd Jabar, M.Pd. disambut hangat oleh Dekan, Wakil dekan beserta staff dan jajarannya.

Pertemuan kali ini menjadi ajang silahturahim antara FIP UNY dengan FIP Universitas Negeri Malang. Selanjutnya dari agenda ini bidang kemahasiswaan dan alumni dari kedua belah pihak juga melakukan rintisan kerjasama untuk tahun depan disepakati dan di tandatangani yaitu pertama kerjasama rintisan kegiatan kewirausahaan kemahasiswaan, kedua yaitu rintisan kerja sama Program kegiatan penyelengraan tingkat nasional lomba bakat minat serta penalaran yang akan direncanakan pada tahun 2022. Agenda ini diakhiri dengan harapan dan pesan dari Dekan Univesitas Negeri Malang agar penandatanganan IA dari pihak Kemahasiswaan FIP UNY Bapak Dr, Joko Pamungkas didampingi oleh Bapak Cepi dan Pihak kemahasiswaan FIP Universitas Malang yang di wakili Dekan kedepan harus betul betul di implementasikan dan realisasikan. (laskar BKA FIP UNY)

Tags: Kemahasiswaan dan AlumniSDGS Kemitraan
Categories: Berita Lain

workshop Penyusunan Haki dan Hak Paten Bagi Mahasiswa dan Dosen FIP UNY

Sun, 2021-10-24 15:59

Bidang kemahasiswaan dan Alumni FIP UNY mengadakan Workshop bertajuk Penyusunan Haki dan Hak paten pada Jumat, 22 Oktober 2021. Kegiatan ini dimulai pada pukul 15.00 hingga selesai melalui daring menggunakan Zoom Meeting. Audiens yang mengikuti kegiatan ini adalah mahasiswa baik S1 dan S2 serta dosen FIP UNY. Agenda ini di buka oleh Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. selaku wakil bidang kemahasiswaan alumni serta koordinatror kegiatan ini dalam sambutannya bahwa kegiatan ini di samping sebagai sosialisasi dan motivasi bagi dosen dan mahasiswa dalam pendaftaran HAKI dan PATEN beliau juga menargetkan dalam sambutannya untuk mahasiswa pada tahun ini 2021 di targetkan mendaftarkan HAKI sejumlah 60 orang dan dosen sejumlah 20 haki .

Workshop kali ini dibersamai oleh Prof. Dr. Sri Handayani, M.Si. dari Fakultas FMIPA UNY. Beliau memaparkan materi tentang Pola Haki dan Hak Paten yang dapat diikuti oleh mahasiswa serta dosen. Sedangkan Untuk materi yang kedua disampaikan oleh Bapak Surono, M.Pd. Yang berbagi pengalaman dan Tips serta trik tentang bagaimana cara mengirimkan HAKI dan Hak Paten agar cepat efektof dan efisien. Dengan adanya Workshop ini diharapkan mahasiswa dan dosen FIP UNY dapat membuat karya yang dapat di HAKIkan dan di Patenkan demi untuk mengharupkan nama pribadi lembaga fakultas dan UNY pada umumnya. ( Laskar BKA)

Categories: Berita Lain

Apresiasi Mahasiswa dan Pembimbing Pemenang LIDM dan Duta PKM Fakultas Ilmu Pendidikan tahun 2021

Sun, 2021-10-24 11:12

Jumat, 22 Oktober 2021 di Kampus III UPP 2 FIP UNY, Fakultas Ilmu Pendidikan memberikan sebuah apresiasi terhadap mahsiswa serta pembimbing pemenang kejuaraan LIDM dan Duta FIP UNY. Kegiatan ini dihadiri Bapak Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan yaitu Dr. Sujarwo, M.Pd., bapak Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dosen pendamping dari Delegasi LIDM dan Duta PKM FIP 2021, dan tentunya seluruh mahasiswa Duta Pimnas 2021 dan kejuaraan LIDM.

Acara ini diawali dengan penyampaian laporan kegiatan yang disampaikan oleh bapak wakil dekan kemahasiswaan dan alumni Dr, Joko pamungkas inti laporan bahwa tahun ini sengaja memebrikan apresiasi sebagi ujud kepedulian dan rasa bangga terhadap pembimbing dan mahasiswa dalam greget,sengguh dan ora minggkuh mengahrumkan nama lembaga , dilanjutkan dengan sambutan bapak Dekan FIP memberikan sepatah dua patah kata pada kegiatan ini. Beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh mahasiswa dan pembimbing yang telah mewakili Fakultas Ilmu Pendidikan dalam LIDM dan PKM semoga kedepan dengan apresiasi ini memeberikan kontribusi positif baik untuk dirisendiri lembaga dan orang tua. Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian apresiaasi kepada pembimbing dan mahasiswa pemenangLIDM dan duta PKM.(laskas BKA)

Tags: Prestasi
Categories: Berita Lain

TEROBOSAN FIP UNY DALAM RINTISAN PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH BINAAN DESA GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL

Tue, 2021-10-05 14:14

Salah satu tridharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat dimaksudnya untuk memberikan pendampingan, pelatihan kepada masyarakat berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di perguruan tinggi untuk meningkatkan kemampuan, sumber daya yang ada di masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan implementasi dari tanggungjawab perguruan tinggi kepada masyarakat.

Sebagai wujud tanggungjawab perguruan tinggi dalam rangka pengabdian kepAda masyarakat, FIP UNY membuat terobosan Program Pengembangan Wilayah Desa Binaan di Desa Giripurwo, Purwosari, Gunungkidul, yang akan direncanakan 1 bulan penuh dimulai tanggal 1 Oktober 2021.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIP UNY, Selaku Koordinator Kegiatan , Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pendampingan kepada masyarakat untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada di Desa Giripurwo, Purwosari, Gunungkidul . “Adapun program yang direncakanan adalah Pelatihan Pencegahan Pernikahan Dini, Dampak Pornografi dan Sosial Media, Pelatihan Pencegahan Kekerasan Perempuan dan Anak serta Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga untuk Pengurus PKK Giwipurwo, tanggal 1 Oktober 2021, Pelatihan Kepemimpinan Organisasi Kepemudaan, Pelatihan Karakter dalam Beroganisasi, Optimalisasi Peran Pemuda dalam Pembangunan Desa, dengan sasaran Karangtaruna Desa, tanggal 2 Oktober 2021. Pelatihan Kedudukan Media dalam Pembelajaran SD, Pelatihan Karya Ilmiah Guru SD, Pelatihan Tindakan Kelas SD, dengan sasaran Guru SD tanggal 9 Oktober 2021, Pelatihan Strategi Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus di Lembaga TK, Pelatihan Karya Ilmiah Guru PAUD, Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas TK bagi Guru PAUD di Lingkungan Desa Giripurwo, tanggal 16 Oktober 2021, Sarasehan Grand Desain Desa Budaya Giripurwo, dengan materi pelatihan Sinergis Perguruan Tinggi dengan Desa Binaan, Konsep Manajemen dalam Menyongsong Desa Budaya, Kerarifan Lokal dalam Menyongsong Desa mandiri Budaya, 23 Oktober 2021”, terang Joko.

Sementara itu Lurah Giripurwo, Supriyadi, menyampaikan terimakasih atas kerjasama dalam rangka peningkatan SDM di Giripurwo ini, khususnya terkait dengan 4 program pendampingan FIP UNY. Supri juga menyampaikan bahwa Giripurwo ini sudah menjadi desa budaya, oleh karena itu perlu peningkatan SDM dan keorganisasian . “Kami berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti pada 4 program tadi. Kami membuka diri untuk kemajuan SDM masyarakat Giripurwo,” harapnya.

Senada dengan Lurah, Panewu Purwosari, Purwono, S.IP., M.Si., juga menyampaikan terimakasih atas kepercayaan FIP UNY dalam memberikan pendampingan kepada Desa Giripurwo. “Sebanyak 43% Penduduk Purwosari ada di Giripurwo, menggarap Giripurwo adalah memberikan warna Purwosari,”katanya. Purwono berharap kerjasama ini bisa menghasilkan tinta emas bagi Giripurwo khususnya, dan Gunungkidul pada umumnya.

Sedang Dekan FIP UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd., secara resmi membuka kegiatan Program Pengembangan Wilayah Binaan FIP UNY. Sujarwo, dalam sambutannya menyampaikan program PPM ini merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi. “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta tujuan dari kegiatan ini Desa Giripurwo di dampingi FIP dapat mewujudkan desa mandiri budaya bersinergis dengan aktivitas pendidikan serta berharap kegiatan ini tidak berhenti pada tahun ini. “Kita lihat respon masyarakat. Semoga tahun depan kegiatan ini bisa berlanjut dengan program – program lainnya,”pungkasnya. (rit)

Tags: SDMkekerasan perempuan
Categories: Berita Lain

Temu Orang Tua Mahasiswa Baru Prodi KP FIP UNY

Thu, 2021-09-23 10:22

Agenda Temu Orangtua Mahasiswa Prodi Kebijakan Pendidikan 2021 dilaksanakan Rabu, 22/09/2021 mulai pukul 13.00 WIB. Pertemuan ini dihadiri oleh Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni selaku perwakilan Dekanat FIP; Dr. Ariefa Efianingrum, M.Si. selaku Ketua Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan; Dr. Shely Cathrin, M.Phil. selaku Sekretaris Jurusan FSP; Amrih Setyo Rahardjo, M.PA. selaku Pendamping Mahasiswa KP; dan segenap Orangtua Mahasiswa Prodi Kebijakan Pendidikan. Pertemuan ini dilaksanakan melalui daring menggunakan platform Zoom yang disiarkan langsung melalui Youtube Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Setelah acara dibuka oleh MC, Ibu Shely, selanjutnya penyampaian materi oleh Bapak Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. selaku perwakilan Dekanat FIP UNY, yang diawali dengan pemutaran video profil Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Bapak Joko menyampaikan bahwa situasi pandemi belum memungkinkan untuk dilaksanakan Pembelajaran Tatap Maya (PTM) hingga menunggu instruksi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Selain itu, beliau juga menginformasikan mengenai fasilitas yang sudah dipersiapkan untuk menyongsong PTM yang akan sesegera mungkin dilaksanakan.

Penyampaian materi selanjutnya oleh Kajur Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Ibu Dr. Ariefa Efitaningrum, M.Si.. Beliau menyampaikan mulai dari sejarah berdirinya Prodi Kebijakan Pendidikan, akreditasi jurusan, profil lulusan, hingga lembaga mitra dan kurikulum MBKM yang juga diterapkan dalam menyongsong pembelajaran di Prodi Kebijakan Pendidikan. Adanya fasilitasi oleh Prodi Kebijakan Pendidikan yang sedemikian rupa, beliau yakin Prodi KP mampu menghasilkan lulusan yang handal.

Selanjutnya adalah Pendamping mahasiswa, Bapak Amrih Setyo Rahardjo, M.PA., menyampaikan seputar fasilitasi kemahasiswaan Prodi KP. Dimulai dari menginformasikan mengenai ruang lingkup pendampingan kemahasiswaan, kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, hingga penjelasan singkat mengenai Sistem Informasi UNY secara umum, Prodi Kebijakan Pendidikan secara khususnya. Beliau berharap, mahasiswa KP terdorong untuk ikut andil dalam kegiatan kemahasiswaan mulai dari Himpunan Mahasiswa Jurusan hingga mengikuti program Student Exchange.

Setelah penjelasan dari ketiga narasumber tersebut di atas, selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab berjalan dengan unik dari prodi-prodi yang sudah melaksanakan temu orangtua mahasiswa sebelumnya, dimana sesi ini dibalut dengan rasa kekeluargaan berupa perkenalan orangtua mahasiswa, bincang-bincang, penyampaian kritik saran, dan tanya jawab yang dilakukan secara luwes dan santai.

Pertemuan diakhiri dengan penyampaian closing statement dari pendamping mahasiswa, ketua jurusan, dan Bapak Joko Pamungkas. Ketiga narasumber secara substansial menyampaikan hal yang sama, yaitu ajakan kepada orangtua mahasiswa untuk kolaborasi dan sinergitas dalam memonitoring serta memberi arahan kepada mahasiswa, agar dapat tercipta keharmonisan dan kemajuan bersama.( laskar BKA FIP UNY/rit)

Tags: kp
Categories: Berita Lain

Temu Orang Tua Mahasiswa Baru Prodi PGSD FIP UNY

Thu, 2021-09-23 10:18

Rabu, 22/09/2021 mulai pukul 10.00 WIB Bidang Kemahasiswaan dan Alumni melanjutkan kegiatan pertemuan dengan orangtua mahasiswa yang merupakan rangkaian acara yang dimulai Selasa 21/09/2021. Temu Orangtua Mahasiswa pada sesi ini adalah dengan Orangtua Mahasiswa PGSD 2021, dimana merupakan kegiatan awal pengenalan kampus bagi orangtua mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan. Pertemuan ini dilaksanakan menggunakan platform Zoom yang disiarkan langsung melalui akun Youtube FIP UNY, yang dihadiri oleh Dr. Sujarwo, M.Pd. selaku Dekan FIP; Dr. Anwan Senen, M.Pd. selaku Kajur PGSD; Kurniawati.M.Pd sebagai moderator, Irfan Wahyu Pranoto, M.Pd. selaku Pendamping Mahasiswa PGSD; Agung Hastomo, M.Pd. selaku Dosen PGSD; dan segenap orangtua mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan.

Acara diawali dengan sambutan sekaligus penyampaian materi oleh Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd.. Beliau menjelaskan seputar sejarah berdirinya UNY, pengenalan birokrasi universitas dan fakultas, visi UNY menjadi Universitas Berbadan Hukum pada tahun 2023, hingga penjelasan mengenai seluk beluk Fakultas Ilmu Pendidikan. Tidak lupa, beliau menyampaikan harapan untuk kemajuan Fakultas Ilmu Pendidikan yang didukung dengan program dan pelayanan dalam memfasilitasi mahasiswa FIP.

Selanjutnya, Bapak Dr. Anwan Senen, M.Pd. menyambut kehadiran orangtua mahasiswa PGSD dengan memberikan informasi seputar Prodi PGSD, sasaran lulusan, fasilitas pendukung pembelajaran, hingga etika yang dimiliki lulusan PGSD. Harapan dari beliau, adanya upaya prodi dalam mengembangkan kapasitas mahasiswa dengan beragam fasilitas dan pembelajaran yang handal, mampu meroketkan outcome lulusan PGSD dengan maksimal.

Bapak Dr. Agung Hastono selaku Dosen PGSD menyoroti adanya program kurikulum. Beliau menyampaikan, kurikulum yang dilaksanakan dalam Prodi PGSD tidak ketinggalan zaman dan terus berkembang, dibuktikan dengan membekali mahasiswa dengan sikap 4C, menyesuaikan model dan strategi pembelajaran di era pandemi, keikutsertaan terhadap program MBKM, dan masih banyak lagi.

Pada kegiatan kemahasiswaan jurusan yang disampaikan oleh Bapak Irfan Wahyu Prananto, M.Pd. selaku Pendamping Mahasiswa, beliau memberikan informasi seputar upaya fasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan minat-bakat, serta membacakan prestasi-prestasi membanggakan yang baru-baru ini diraih mahasiswa PGSD.

Setelah pemaparan materi dari keempat narasumber selesai, Kurniawati.M.Pd selaku MC pada kesempatan kali ini membuka sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab ini, banyak orangtua mahasiswa yang begitu antusias dan responsif terhadap materi yang disampaikan narasumber dan informasi yang diperlukan untuk menunjang anak-anak mereka dapat menempuh Program Studi PGSD dengan baik dan sukses. Pertanyaan diawali oleh Bapak Markoni yang bertanya tentang fasilitasi mahasiswa PGSD pada masa studi lanjutan dan pertanyaan lebih lanjut mengenai asrama mahasiswa FIP. Akhirnya, sesi tanya jawab dapat berakhir dengan baik.

Acara Temu Orang Tua Mahasiswa Prodi PGSD, diakhiri dengan harapan bahwa pertemuan awal ini menjadi langkah yang baik untuk kemajuan mahasiswa dan fakultas, sehingga dibutuhakan sinergitas dengan melibatkan peran orangtua mahasiswa. Oleh karena itu, para orangtua diimbau untuk bergabung dalam grup Whatsapp untuk memudahkan dalam komunikasi dan koordinasi.( laskar BKA FIP UNY/rit)

Tags: PGSD
Categories: Berita Lain

Temu Orang Tua Mahasiswa Baru Prodi PLS FIP UNY

Thu, 2021-09-23 09:58

Bidang Kemhasiswaan dan Alumni Fakultas Ilmu Pendidikan Universits Negeri Yogyakarta mengadakan kegiatan pada awal tahun ajaran baru. Temu orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Luar Sekolah pada hari Selasa tanggal 21 September 2021 yang dilakukan secara daring melalui zoom meeting dan live youtube fipunyofficial.

Narasumber kali ini yaitu Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan , Ibu Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd yang merupakan Ketua Jurusan Prodi PLS, Arif Wijayanto, M.Pd. selaku pendamping mahasiwa jurusan PLS. Selain dibersamai oleh para narasumber turut mengundang bapak ibu dosen dari jurusan PLS FIP UNY.

Acara webinar temu orangtua ini dilaksanakan untuk menjalin silahrurahmi antar orangtua dan jurusan PLS. Pembukaan dilakukan oleh Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd. beliau mengatakan bahwa dalam pengelolaan mahasiswa berusaha memfasilitasi untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, ada tiga sasaran perguruan tinggi itu berkualitas dengan baik yaitu jika mahasiswa lulus cepat. Untuk peningkatan layanan fakultas berusaha selama pandemi selalu berbenah untuk melayani mahasiswa dengan baik dan menciptakan lingkungan kampus dengan nyaman. “FIP juga memfasilitasi untuk merdeka belajar banyak kegiatan yang disiapkan di Prodi PLS untuk beradaptasi dengan masyarakat dan memberdayakan masyarakat”, paparnya.

Sambutan dan materi selanjutnya oleh Ibu Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd selaku ketua Jurusan PLS beliau mengatakan bahwa sudah mengajukan perubahan nama PLS menjadi PNF. Aktifitas kerjasama di tingkat prodi yaitu salah satunya dengan Kemhumhan DIY, sanggar kegiatan belajar, BPPAUD Dikmas, dll. Beliau juga menyampaikan kegiatan akademik, struktur kurikulum, dan kegiatan mahasiswa di lapangan. “Mahasiswa aktif dapat memanfaatkan fasilitas akademik yang tersedia di UNY”, pungkasnya.

Sambutan dan materi selanjutnya yang disampaikan oleh Arif Wijayanto, M.Pd. selaku pendamping mahasiswa PLS. Beliau menyampaikan mengenai organisasi kemahasiswaan dari tingkat Universitas, Fakultas, maupun jurusan PLS. Organisasi di jurusan PLS ada dua yaitu HIMA PLS dan DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi). HIMA PLS merupakan organisasi di tingkat jurusan untuk mewadahi mahasiswa PLS. HIMA PLS memiliki 6 bidang yaitu pengembangan ilmu dan studi, PSDM, Kominfo, Public relation, seni dan olah raga, kewirausahaan. Kegiatan tahun 2021 sudah terlaksana 80% terlaksana. “Manfaat mengikuti organisasi adalah mahasiswa dapat memanajemen waktu, proplem solving, mendapatkan relasi, dan dapat memanajemen program”, tutupnya

Dipenghujung temu orangtua mahasiswa baru Prodi PLS kali ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh Bapak Dr. Entoh Tohani, M.Pd. Pertama dibuka dengan pertanyaan salah satu wali mahasiswa mengenai kesempatan cuti minimal berapa semester, pertanyaan dijawab oleh Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd, beliau mengatakan bahwa pengambilan cuti selama kuliah hanya diberikan dua semester dengan mengurus form yang ada di Fakultas. Pertanyaan selanjutnya mengenai asrama di Kenari apakah dikhususkan untuk mahasiswa PGSD saja apa bisa untuk PLS juga bisa, pertanyaan tersebut dijawab oleh Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd, beliau mengatakan bahwa asrama bisa digunakan oleh mahasiswa khususnya Fakultas Ilmu Pendidikan daftarnya juga secara online. Di asrama Kenari khusu putri, di asrama ada kegiatan-kegiatan seperti kajian dan lain-lain asrama ini di bawah pembinaan Bapak Wakil Dekan 3. Acara temu orangtua ini ditutup dengan informasi mengenai siakad untuk orang tua dalam ikut partisipasi monitoring aktifiatas akademik mahasiswa. (laskar BKA FIP UNY/rit)

Tags: TP
Categories: Berita Lain

Temu Orang Tua Mahasiswa baru Prodi MP FIP UNY

Thu, 2021-09-23 09:50

Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ilmu Pendidikan Universits Negeri Yogyakarta mengadakan kegiatan temu orangtua mahasiswa baru Prodi Manajemen Pendidikan FIP UNY, Selasa, 21 September 202 Pukul 10.00-12.00. Acara ini dibersamai oleh Dr. Cepi Safruddin Abd Jabar, M.Pd, selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FIP UNY, Ketua Prodi S1 ManajemenaPendidikan (MP) Dwi Esti Andriani, M.Pd., MEdSt., Ed.D.,  sekretaris jurusan Dr. Nurtanio Agus Purwanto, S.Pd.,M.Pd., pendamping mahasiswa Aris Suharyadi, M.Pd. ini , dibuka dengan pemutaran video profile Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Pemaparan materi yang pertama adalah Bapak Cepi  yang memaparkan tentang kebijakan Fakultas Ilmu Pendidikan. Beliau menyampaikan bahwa dalam perkuliahan secara luring belum dapat dilakukan dikarenakan belum adanya arahan dari pemerintah, untuk sementara ini fakultas memfasilitasi perkuliahan secara daring. "Bila nantinya terjadi perkuliahan secara luring maka fakultas akan memberikan waktu kepada mahasiswa untuk mempersiapkannya", ucapnya.

Pemateri yang kedua adalah ibu ketua prodi MP, Ibu Dwi memaparkan tentang kebijakan prodi. Beliau mengucapkan alamat kepada mahasiswa baru yang telah masuk dalam prodi ini. "Program studi MP merupakan program studi yang mampu mengelola manajemen baik di lembaga pendidikan maupun pemerintahan. Mahasiswa akan dibekali dengan kompetensi inti yang nantinya mahasiswa mampu untuk mendesain, mengembangkan program pendidikan kemudian mampu mengelola SDM serta organisasi pendidikan yang berkualitas serta mampu menggunakan teknologi untuk mendukung pelaksanaan atau praksis menejemen pendidikan", paparnya.

Pendamping mahasiswa memaparkan materi tentang mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi. Selain itu beliau juga menyampaikan dalam berkuliahan bapak ibu orangtua diharapkan dapat turut membatu dalam pemantauan mahasiswa ketika melaksanan perkuliahan. Bapak Aris juga menampilkan beberapa kegiatan yang masuk dalam organisasi mahasiswa. Pada penghujung pemaparan materi beliau menyampaikan bahwa ada banyak cara untuk mengembangkan prestasi mahasiswa.

Setelah semua narasumber memaparkan materi, orangtua diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab. Acara temu orangtua ini ditutup dengan informasi mengenai beasiswa yang dapat di akses di website UNY atau di kemahasiswaan UNY secara pareodik yang dapat diambil oleh mahasiswa. ( Laskas BKA FIP UNY/rit)

Tags: MP FIP UNY
Categories: Berita Lain

Brigida Meraki, Delegasi FIP UNY Berhasil Raih Juara 1 Divisi Microteaching Digital Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2021

Mon, 2021-09-20 13:18

Revolusi Industri 4.0 menjadikan pendidikan harus memanfaatkan teknologi dengan utuh. Pusat Prestasi Nasional berkomitmen untuk mengembangkan prestasi peserta didik dan satuan pendidikan. Berkaitan dengan peningkatan prestasi pada revolusi industri tersebut, maka dilaksanakan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan Soft Skill dan literasi teknologi. Lomba ini sebagai momentum yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0 untuk berkompetisi menciptakan inovasi-inovasi dalam memecahkan permasalahan yang ada di lingkungan mahasiswa. Lomba ini menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang tekhnologi informasi dan ilmu digitalisasi. Kemampuan Soft Skill yang baik akan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berinovasi, serta komunikasi yang baik dalam tim akan membentuk rasa kerja sama dan tanggung jawab bersama pada diri mahasiswa.

Sebagai upaya mendukung kegiatan tersebut, Tim Brigida Meraki yang diketuai oleh Fairuz Zalfa Nabila, mahasiswa Prodi Pendidikan Guru SD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta mengikuti Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2021, dan akhirnya memperoleh Juara 1 pada Divisi Microteahing Digital. Fairuz Bersama 3 rekanannya, yaitu Arif Irawan, Iin Nur Aisyah dan Raditya Bhadra Nugraha dihadapan dewan yuri menyampaikan presentasi hasil karya yang berjudul “Materi Pecahan Senilai”. Tim Brigida Meraki meraih prestasi atas bimbingan dari Ibu Sekar Purbarini Kawuryan, M.Pd.

Fairuz menyampaikan pendidikan di masa pandemi Covid-19 membuat perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring amat mendadak. Oleh karena itu, inovasi dan pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran sangat diperlukan. “Kami Tim Brigida Meraki Universitas Negeri Yogyakarta dengan video ini https://www.youtube.com/watch?v=co_Q-vV8TOM mempresentasikan perancangan dan pembuatan video microteaching digital yang telah kami buat sebelumnya”, paparnya. Video ini dibuat sebagai salah satu ketentuan babak final Divisi V yaitu divisi microteaching digital. Dalam video ini ditampilkan bagaimana merancang dan membuat video microteaching digital yang meliputi dasar pengambilan materi, proses perencanaan pembelajaran, penerapan keterampilan mengajar, serta penggunaan teknologi/media/alat pembelajaran. Adapun video pembelajaran bisa disimak di tautan https://www.youtube.com/watch?v=PRte_NZzxGI .

Dan kami berharap microteaching digital yang kami rancang dapat menginspirasi sistem pendidikan daring Indonesia kedepannya.

Fairuz menambahkan, kegiatan LIDM 2021 kali ini, dikarenakan microteaching digital merupakan divisi terbaru dalam perlombaan LIDM,merasa bersyukur karena bisa berpartisipasi kali ini. “Tim kami dengan nama Brigida Meraki memiliki arti "melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati dan kreativitas untuk mencapai kemenangan". Kemenangan yang kami peroleh tidak semata mata hanya karena usaha kami, namun karena dukungan dari teman-teman PGSD, Dosen pendamping dan pihak terkait. Kami berharap dengan langkah yang kami lakukan dapat menambah semangat khususnya mahasiswa FIP lainnya dalam ajang kompetisi di bidang Pendidikan”, harapnya.

Pada kegiatan LIDM 2021 ini ada 5 divisi yang dilombakan, yaitu Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan, Divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan, Divisi Video Digital Pendidikan, Divisi Poster Pendidikan, dan Divisi Microteaching Digital. Masing masing divisi dipilih 20 finalis untuk diberikan kesempatan menyampaikan presentasi di hadapan dewan yuri, Sabtu, 18 September 2021, secara daring.

Selain tim Brigida Meraki, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY juga mengirimkan 2 delegasi yang berhasil masuk final yaitu Tim Gelatik dengan anggota tim Risha Setyawati, Nur Raisah, Fenia Anggita Kartikasari, dan Muhammad Khusyasy ND, mahasiswa Prodi Pendidikan Guru SD atas bimbingan dari Bapak Dr. H. Fery Muhammad Firdaus, M.Pd..Tim lainny adalah Tim Marvel dengan anggota Annikmah Khoirotunnisa, Ihsan Marvel Khoirullah, Megawati, dan Nanik Pujianingsih, mahasiswa Prodi Pendidikan Luar Biasa serta atas bimbingan dari Bapak Rendy Roos Handoyo, M.Pd.

Universitas Negeri Yogyakarta pada LIDM 2021 ini berhasil meraih juara umum dengan mendapatkan 4 medali emas, dan 1 medali silver, yaitu Juara 1 Devisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan nama Tim DikasihRegexDong, Juara 1 Devisi Inovasi Materi Digital Pendidikan, nama tim: Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Juara 2 Devisi Inovasi Materi Digital Pendidikan, nama tim : 404, Juara 1 Divisi Poster Digital, nama tim: Aurum, dan Juara 1 Devisi Microteaching Digital, nama tim : Brigida Meraki.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIP UNY, Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., atas nama Fakultas Ilmu Pendidikan UNY mengucapkan selamat dan sukses atar perolehan prestasi mahasiswa FIP dalam ajang Lomba Inovasi Digital mahasiswa tahun 2021 ini. “Semoga prestasi ini menjadi kebanggaan kami Fakultas Ilmu Pendidikan, khususunya, dan UNY secara umum”, ucapnya. (rit)

Categories: Berita Lain

Dies Natalis FIP 57, Imun Menuju Peradaban Baru

Mon, 2021-09-13 10:51

Sabtu, 14/08/2021 Fakultas Ilmu Pendidikan UNY menyelenggarakan Dies Natalis ke-71. Mas PPKM belum berakhir namun semangat FIP tetap menyelenggarakan Upacara Dies secara virtual. Tema Dies kali ini yaitu Ilmu Pendidikan Untuk Peradaban Baru. Usia 71 diharapkan menjadi motivasi bagi fakultas ilmu pendidikan untuk terus eksistensi di tingkat regional, nasional dan internasional. Orasi ilmiah disampaikan oleh Prof. Dr. Ahmad Dardiri, M. Hum yang menekankan hubungan antara pendidikan dengan masyarakat. Peran ilmu pendidikan untuk peradaban baru saat ini dimulai dengan adanya peeragogy dan cybergogy. Bekal yang perlu disiapkan untuk menuju peradaban baru yaitu pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan yang relevan. Upaya yang perlu dilakukan yaitu terus memperbarui kurikulum sesuai era dan meningkatkan kualifikasi serta kompetensi tenaga pendidik. Senada denga nisi orasi ilmiah, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta menghimbau dengan peringatan Dies ke-71 diharapkan mampu menjadi pijakan tenaga pendidikan dan kependidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan untuk mengembangkan diri. Salah satu strateginya yaitu lanjut studi dan memperhatikan kenaikan pangkat. Dekan FIP UNY (Dr. Sujarwo, M. Pd) memperjelas gerakan untuk meningkatkan layanan di fakultas. Saat ini telah terdapat 6 program studi terakreditasi internasional, bergabungnya program magister dan doktoral ke FIP dan peningkatan animo mahasiswa baru di tingkat sarjana, magister dan doktoral. (rend)

Categories: Berita Lain

Dies Natalis FIP 57, Imun Menuju Peradaban Baru

Sat, 2021-08-14 16:03

Sabtu, 14/08/2021 Fakultas Ilmu Pendidikan UNY menyelenggarakan Dies Natalis ke-71. Mas PPKM belum berakhir namun semangat FIP tetap menyelenggarakan Upacara Dies secara virtual. Tema Dies kali ini yaitu Ilmu Pendidikan Untuk Peradaban Baru. Usia 71 diharapkan menjadi motivasi bagi fakultas ilmu pendidikan untuk terus eksistensi di tingkat regional, nasional dan internasional. Orasi ilmiah disampaikan oleh Prof. Dr. Ahmad Dardiri, M. Hum yang menekankan hubungan antara pendidikan dengan masyarakat. Peran ilmu pendidikan untuk peradaban baru saat ini dimulai dengan adanya peeragogy dan cybergogy. Bekal yang perlu disiapkan untuk menuju peradaban baru yaitu pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan yang relevan. Upaya yang perlu dilakukan yaitu terus memperbarui kurikulum sesuai era dan meningkatkan kualifikasi serta kompetensi tenaga pendidik. Senada denga nisi orasi ilmiah, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta menghimbau dengan peringatan Dies ke-71 diharapkan mampu menjadi pijakan tenaga pendidikan dan kependidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan untuk mengembangkan diri. Salah satu strateginya yaitu lanjut studi dan memperhatikan kenaikan pangkat. Dekan FIP UNY (Dr. Sujarwo, M. Pd) memperjelas gerakan untuk meningkatkan layanan di fakultas. Saat ini telah terdapat 6 program studi terakreditasi internasional, bergabungnya program magister dan doktoral ke FIP dan peningkatan animo mahasiswa baru di tingkat sarjana, magister dan doktoral. (rend)

Categories: Berita Lain