Subscribe to Berita FMIPA feed
Updated: 3 days 7 hours ago

Asesmen Lapangan BAN-PT ke Prodi Statistika FMIPA UNY

Wed, 2021-04-21 11:07

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan asesmen lapangan sehubungan dengan  usulan akreditasi Program Studi (prodi) S1 Statistika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Asesmen dilaksanakan secara daring  pada Rabu-Kamis, 21-22/4/21. Bertindak sebagai asesor yaitu Dr. Arisman Adnan, M.Sc., dari Universitas Riau dan Dr. Yusep Suparman, S.Si., M.Sc., dari Universitas Padjajaran
Pada acara pembukaan, Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.AIFO, dalam menyampaikan, Kami tahu persis komitmen fakultas MIPA saat itu untuk dibukanya prodi S1 Statistika. Kami percaya saat itu prodi ini adalah prodi yang sangat qualified, telah direkomendasikan untuk dibuka dan ternyata luar biasa animo peminat, kualifikasi calon yang diterima sangat membanggakan  UNY.
“Semoga dengan asesmen lapangan daring  terkait prodi S1 Statistika  yang beberapa saat lalu sampai saat ini selalu mengoptimalkan daya tarik prodi, daya saing prodi itu apakah dalam konteks menyiapkan SDM, dosen, tendik, mahasiswa, bermitra dengan stakeholder atau mitra unit yang berkaitan dengan prodi ini dengan selalu merevitalisasi kurikulum, pembelajaran, laboratorium yang representative”, Lanjut Rektor. 
Rektor juga mengatakan, semoga dengan bimbingan, asuhan maupun arahan  asesor dari BAN PT, Prodi S1 Statistika yang merupakan salah satu kebanggaan  universitas bisa tampil lebih hebat, utama dan mulia demi  menunjukkan eksistensi dalam perspektif kajian statistika di belantara pengabdian pendidikan yang kita terima.
Sementara itu Dr. Arisman Adnan, M.Sc dalam sambutannya mengatakan, Kami ditugaskan dari BAN PT untuk berdiskusi dengan teman-teman FMIPA di Prodi Statistika untuk melihat seperti apa berbagai proses  pembelajaran dan daya dukung untuk pengembangan prodi statistika di FMIPA UNY.  Kami melihat bahwa sebagai prodi baru prodi Statistika sudah mempunyai arahan yang jelas apalagi dibawah FMIPA yang kami lihat ini prodi terbaru sementara kakak-kakaknya sudah mendapat nilai akreditasi yang terbaik. Kami yakin Prodi Statistika akan segera menyusul  karena berada dilingkungan yang sangat baik.
Aspek penting menjadi perhatian kita semua yaitu hubungan dengan luar negeri. Apalagi UNY sebagai elemen yang mendukung  nation's competitiveness. Berbeda dengan perguruan tinggi lain yang baru punya 5 – 10 prodi saja, tapi UNY yang sudah lama berdiri tentu saja orientasinya tidak lagi mensuport wilayah Yogyakarta tapi Indonesia bahkan berkontribusi untuk dunia internasional. Kami melihat titik penting itu dimunculkan oleh BAN PT untuk melihat sejauh mana interaksi kita dengan luar negeri. Pengalaman kita yang pernah ke luar negeri barangkali yang menginspirasi kita bahwa memang kita harus berbuat lebih baik. 
“Negeri ini bukan saja tanggung jawab formal, tapi juga tanggung jawab moral kita. Perguruan tinggi inilah yang menjadikan mesin yang menghasilkan SDM yang baik untuk negeri ini. Kita ingin sejajar dengan negara-negara lain didunia internasional”, tegasnya
Lebih lanjut dijelaskan, aspek lainnya yaitu  BAN PT menitikberatkan pada penjaminan mutu.  Kita hampir melakukan kegiatan itu secara rutinitas. Kita sudah terbiasa mengajar bahkan munkin sudah puluhan tahun.  Kita perlu meng-upgrade  sesuatu yang baru dalam mengajar.  Makanya lembaga penjaminan mutu, SNI menjadi titik sentral BAN PT akhir-akhir ini. Hampir semua poin ditanyakan. Bagaimana menjaga mutu, bagaimana supaya bisa terlaksana dengan baik, dan bagaimana respon dari stakeholder. (witono)
 

Categories: Berita Lain

Athi' Nur Auliati Rahmah, Mahasiswa UNY ajarkan Eksperimen Fisika Sederhana di Pelosok Madura

Wed, 2021-04-21 11:03

Athi' Nur Auliati Rahmah, Mahasiswa Berprestasi I FMIPA UNY menjadi salah satu Mahasiswa Mengajar program Kampus Merdeka Kemdikbud RI. Athi' ditempatkan di SDN Guluk-Guluk II, Dusun Kadibas, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Madura. 
“Tempat saya mengabdi merupakan pelosok desa. Akses untuk menuju ke Guluk-Guluk melewati tanjakan dan kelokan bukit penuh pohon bak 'Jurrasic World' serta 'jalan asteroid' yang berlubang. Sebagaimana masyarakat desa pada umumnya, mayoritas adik-adik peserta didik berasal dari keluarga tani. Kendati demikian, mereka tetap semangat untuk bersekolah. Pandemipun tidak menurunkan antusiasme mereka untuk melakukan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan”, ujar athi’ sapaan akrapnya. 
Saat siswa ditanya, ternyata mereka jarang sekali melakukan eksperimen. Berpijak dari hal tersebut, Athi' yang merupakan mahasiswi Pendidikan Fisika berinisiatif untuk melakukan Eksperimen Fisika Sederhana: Balon Tahan Api bersama adik-adik kelas 6 SDN Guluk-Guluk II. Eksperimen ini mendapat respon positif dari adik-adik. Mereka menjadi lebih tertarik untuk mempelajari sains dan menginginkan untuk lebih sering melakukan eksperimen. "Besok eksperimen lagi, Bu" Ujar salah satu peserta didik. 
Tak lupa Athi' selalu mendokumentasikan kegiatan-kegiatannya selama mengikuti Kampus Mengajar baik berupa foto maupun video. Eksperimen Balon Tahan Air ini ia videokan dengan dilengkapi penjelasan yang singkat dan mudah dipahami untuk anak SD. Hingga tulisan ini dibuat, video tersebut sudah mencapai 250 lebih views di Instagram pribadinya. Semoga kegiatan eksperimen sederhana ini dapat mengispirasi teman-teman Mahasiswa Mengjar lainnya. (athi/witono)
 

Categories: Berita Lain

AKUMULASI DARI PENGETAHUAN AKAN MENUNTUN KITA MENCAPAI KESUKSESAN

Wed, 2021-04-14 09:35

Para mahasiswa akan mendapatkan ilmu baru selain yang telah diajarkan dosen. Latihan diberikan karena semua adalah orang hebat di fakultas ini. Ketika kehidupan sudah menuju kehidupan individualis, masyarakat semakin jauh dari kepedulian, maka mahasiswa mempunyai kepedulian melalui organisasi mahasiswa. Akumulasi dari pengetahuan akan menuntun kita dalam menghadapi perjalanan masa depan untuk mencapai kesuksesan. Kegiatan ini menjadi awal sebuah perjalanan kemahasiswaan periode 2021 untuk menuju keberhasilan. 
Hal tersebut disampaikan Dekan FMIPA UNY, Prof. Dr. Ariswan, M.Si., saat membuka acara Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingat Dasar (LKMM-TD) 2021 yang diikuti oleh pengurus ormawa dan mahasiswa FMIPA pada 2-10/4/21 di fakultas setempat. Para mahasiswa mendapatkan materi tentang Optimalisasi Kegiatan Ormawa untuk Pengembangan Life-skills yang disampaikan oleh Rio Christy Handziko, M.Pd. dan materi Manajemen Perubahan yang disampaikan oleh Dr. Pujianto, M.Pd. 
Beliau menambahkan, ormawa adalah penyambung lidah dan penyambung tangan dekan, apa yang diperlukan mahasiswa FMIPA sehingga menjadi lebih hebat. Mahasiswa harus mampu memberikan peran yang nyata karena di era revolusi industry 4.0 akan berada di era kampus merdeka. Saat ini UNY sedang merumuskan implementasi kampus merdeka.
Sementara itu, Dr. Ali Mahmudi selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA menjelaskan, ada kecenderungan pertumbuhan industri yang mekanistik, ternyata banyak dampaknya dan ada sisi-sisi kemanusiaan yang hilang. Kita butuh industri terbaru yaitu 5.0 yaitu the human interest. 
“Ketika handphone (HP) sudah mewarnai kehidupan kadang dianggap sudah cukup mewakili apapun. Contohnya bertukar kabar dengan orang tua, meski sudah bertukar kabar lewat HP, orang tua tetap ingin diajak mengobrol dan didengarkan. Maka orang butuh literasi, dan literasi jauh lebih penting daripada sekadar keterampilan berfikir”, tegasnya.
Materi pertama disampaikan oleh, Rio Christy Handziko, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa kecakapan hidup dikelompokkan menjadi dua, yaitu Generic Life Skills (GLS), dan Specific Life Skills (SLS). Dalam hidup, kita perlu meningkatkan kecakapan hidup kita (Mastery Life Skills) yang dapat dimulai dari minat, mencari referensi dan partner, kemudian focus dan perbanyak latihan. Selain itu beliau juga menambahkan terkait personal branding, bahwa hal tersebut membantu kita untuk bisa dilihat dan dinilai oleh orang lain, sehingga orang yang membutuhkan dapat melihat potensi kita.
Sedangkan materi kedua oleh Dr. Pujianto, M.Pd. yang menyampaikan bahwa perubahan dalam organisasi diperlukan satu pengelolaan perubahan agar proses dan dampak dari perubahan tersebut dapat diarahkan pada titik perubahan yang positif. Beliau juga menjelaskan terkait fungsi manajemen yang terdiri dari planning, organizing, actualing, controlling. Beliau juga menambahkan bahwa hakikat kehidupan adalah tumbuh dan berkembang atau dapat disebut “Perubahan”.
Pemateri lainnya pada acara tersebut yaitu Muhammad Adnan Fatron, BA. IR, seorang People Development Trainer, Life Planning Consultant, dan juga founder dari @mudainspiratif.co.id., mengenai manajemen organisasi. Sebagai rangkaian kegiatan LKMMTD diselenggarakan juga kegiatan hackathon.
Mengambil 6 bidang yaitu pendidikan, kesehatan, sosial, sains dan teknologi, ekonomi, serta lingkungan. Peserta dibagi menjadi 10 kelompok yang masing-masing memiliki topik yang berbeda. Kelompok-kelompok tersebut terdiri dari 3 kelompok pendidikan, 1  kelompok kesehatan, 2 kelompok ekonomi, 2 kelompok saintek, 1 kelompok sosial, dan 1 kelompok lingkungan. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mengangkat permasalahan yang sesuai dengan bidangnya lalu mencari solusi berupa rancangan aplikasi atau rancangan aksi yang dituangkan ke dalam BMC (Business Model Canvas). (rizka/witono).            
 

Categories: Berita Lain

CIPTAKAN APLIKASI VIRTUAL LAB, TIM “REBAHAN” UNY RAIH JUARA PERTAMA PADA LKTIN LOYALISM

Sat, 2021-03-27 06:40

Mahasiswa Pendidikan fisika yang terdiri atas Reno Nurdiyanto, Effendi Malik dan Febriani dengan nama tim “Rebahan” di bawah bimbingan Dr.Pujianto, M. Pd. menciptakan Aplikasi Virtual Lab Gelombang Cahaya sebagai solusi atas permasalahan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi COVID-19. Aplikasi ini dirancang untuk menciptakan pembelajaran aktif dan kemandirian belajar fisika pada materi gelombang cahaya. 
Febriani mengatakan bahwa mata pelajaran fisika sejak awal sering dianggap sulit oleh peserta didik Hal itu karena fisika terkesan abstrak dan hanya berkutat dengan rumus, ditambah lagi dengan situasi PJJ saat ini yang menyebabkan peserta didik menjadi cenderung memilih untuk rebahan dan malas dalam belajar terutama secara mandiri. Hal tersebut  membawa tim ‘Rebahan” mengikutsertakan karya ini pada ajang LKTIN Loyalism yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Telkom Surabaya. 
Effendi Malik menyampaikan bahwa ajang tersebut mengangkat tema yang relevan dengan situasi saat ini yaitu “Inovasi ICT untuk Pengembangan Pendidikan Baru di Era New Normal dalam Menyukseskan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”.
“Ajang ini diikuti oleh 254 peserta dan melewati tahap seleksi abstrak, full paper, poster dan terakhir final oleh 10 peserta terbaik dari berbagai universitas di Indonesia yang diselenggarakan pada Rabu, 24 Maret 2021 secara online melalui zoom meeting”. Ujar Effendi
Sementara itu, Reno Nurdiyanto mengaku bersyukur dapat keluar sebagai pemenang bersama timnya pada ajang tersebut, Besar harapan semoga aplikasi ini tidak hanya berhenti sampai pada perlombaan semata namun juga dapat diterapkan untuk membantu peserta didik semangat dan anti rebahan saat pembelajaran fisika. (Febriani/witono)

 

Categories: Berita Lain

Seminar Nasional Kimia National Chemistry Fair (NaCF) UNY 2021

Mon, 2021-03-22 14:00

Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNY menggelar Seminar Nasional Kimia pada Sabtu, 13/3/21. Seminar ini merupakan salah satu rangkaian acara dari National Chemistry Fair (NaCF) tahun 2021 yang diselenggarakan setiap tahun. Seminar dengan tema “Strategi Implementasi Ilmu Kimia dan Pendidikan Kimia di Era New Normal dalam Upaya Pembangunan SDM untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045” diselenggarakan  secara daring Karena pandemi Covid-19. Seminar dihadiri sekitar 450 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, para guru dan umum.
Narasumber dari seminar tersebut yaitu yaitu Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si., Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Airlangga dengan membawakan materi “Peningkatan Produktivitas untuk Membangun SDM yang Kompetitif di Era New Normal”. Beliau juga aktif sebagai Koordinator Produk Riset Covid-19 di Universitas Airlangga. Narasumber lainnya yaitu Dr. Antuni Wiyarsi, S.Pd.Si., M.Sc., dari Jurusan Pendidikan Kimia UNY, dengan materi “Implementasi Ilmu Kimia dan Pendidikan Kimia dalam Upaya Pembangunan SDM yang Berkualitas di Era New Normal”. 
Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih dalam paparannya menerangkan bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki mega-biodiversitas sumber daya alam yang melimpah. Sehingga hikmah dari Covid-19 ini adalah bagaimana rakyat Indonesia mampu bangkit dan bahu membahu melakukan inovasi, kreativitas untuk menghasilkan karya-karya unggul menuju kemandirian bangsa. 
“Adanya peluang ini didukung oleh Kementrian Ristek/BRIN melalui pendanaan riset inovatif yang telah menghasilkan karya-karya inovatif anak bangsa dalam menanggulangi virus Sars-Cov2 di Indonesia. Diantaranya adalah percepatan dan pengembangan vaksin merah putih, percepatan dalam melakukan genome surveillance, produk obat , imunomodulator, berbagai alat deteksi cepat terhadap Covid-19. Produk-produk ini sangatlah dekat dengan ilmu kimia”, lanjutnya.
Sementara itu,  Dr. Antuni WIyarsi menjelaskan bahwa perkembangan ilmu kimia dan pendidikan kimia yang pesat memberikan kontribusi pada produktivitas pembangunan nasional yang dapat diimplementasikan dalam mensukseskan era new normal. Contohnya ialah pembuatan hand sanitizer dan sabun dari bahan alam, masker dengan pelapis antibakteri, pemanfaatan bahan lokal untuk pembuatan suplemen penguat imun, dan pemodelan komputasi yang tepat untuk reseptor virus corona. 
Antuni menambahkan, peran pendidikan kimia yaitu dengan membuat pembelajaran kimia menjadi lebih bermakna dengan konteks pembelajaran yang menarik dalam SSI Based Instruction. Contoh konteks pembelajaran yang dimaksud salah satunya adalah vaksinasi. (tito/witono)
 

Categories: Berita Lain

Sebanyak 17 Wisudawan Berprestasi FMIPA Sumbangkan 70 Penghargaan Bagi UNY

Sun, 2021-02-28 21:44

Pada Upacara Wisuda Periode III Tahun Akademik 2020/2021 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang digelar secara luring dan daring pada Sabtu, 27/2/21 di Auditorium kampus dan tempat tinggal masing-masing, UNY mewisuda  sebanyak 1.407 lulusan, dan 160  diantaranya berasal dari FMIPA yang 17 diantaranya terdapat wisudawan berprestasi yang menorehkan 70 penghargaan.
Wisudawan berprestasi dalam bidang penalaran, yaitu Aji Saputra - S1 Kimia (7 Penghargaan), Tegar Ari Widianto - S1 Fisika (4 Penghargaan), Uswatun Karimah - S1 Pendidikan Fisika (4 penghargaan), Theresia Ocjelia Yovita Sitohang - S1 Pendidikan Matematika (3 penghargaan), Ali Azizi - S1 Matematika (2 penghargaan), Mutiara Khalida - S1 Pendidikan Matematika (2 penghargaan), Nia Indriyani - S1 Pendidikan Biologi (2 penghargaan), Rahmanisa Laila Fitri - S1 Pendidikan Biologi (2 penghargaan), Dita Ardianti - S1 Biologi (1 penghargaan), dan Nova Regina - S1 Kimia (1 penghargaan). 
Untuk prestasi dalam bidang seni diraih oleh Happy Aida Fitriana - S1 Pendidikan Matematika (5 penghargaan). Sedangkan wisudawan berprestasi dalam bidang olahraga yaitu Andhita Wicaksono N - S1 Pendidikan Matematika (20 penghargaan), Fahmay Nurdiantika - S1 Pendidikan Biologi (12 penghargaan), Violita Adityaningtyas - S1 Matematika (2 penghargaan), Anindya Essa Putri - S1 Fisika (1 penghargaan).
Sementara itu untuk bidang minat khusus diraih oleh Pangestika Purnama Ningsih - S1 Pendidikan Matematika (1 penghargaan), Refina Nurmala Riyanti - S1 Pendidikan IPA (1 penghargaan). 
Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto. M.Kes., dalam sambutannya mengatakan bahwa pendidikan merupakan investasi peradaban sebuah bangsa karena pendidikan dapat membuat suatu negara menjadi kuat dan maju. Bagi lulusan UNY yang dipersiapkan untuk menjadi calon guru telah memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Apabila belum ingin bekerja, anda juga dapat meningkatkan kualifikasi akademik dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di UNY.
Bagi para wisudawan dari program studi non-kependidikan, anda sudah memiliki kemampuan adaptif dan fleksibilitas di dunia kerja. Pekerja yang mempunyai kemampuan adaptif dan fleksibel cenderung akan mempunyai tingkat well being yang lebih baik. (witono)

Categories: Berita Lain

Mahasiswa UNY Raih Emas dan Special Award Pada AISEEF 2021

Thu, 2021-02-25 21:39

Gabungan mahasiswa FMIPA  dan FT UNY kembali menorehkan prestasi ditingkat internasional.  Tim UNY yang beranggotakan Febriani, Athi' Nur Auliati Rahmah, Pramudya Wahyu Pradana (Pendidikan Fisika)  dan M Farhan Aziz (Pendidikan Teknik Elektro)  dengan dosen pembimbing Fika Fauzi, M. Sc. dan Wipsar Sunu Brams Dwandaru, Ph. D (dosen Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY) berhasil meraih prestasi Gold pada kategori Innovation Science dan Malaysia Invention, Innovation and Creativity Association (MIICA) Special Award di ajang penelitian internasional Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021 yang diumumkan pada 23 Februari 2021. 
Athi’ menjelaskan, AISEEF merupakan kontes kreativitas di bidang sains, lingkungan dan inovasi kewirausahaan dikalangan pelajar negara-negara Asia Tenggara. Kompetisi ini dibagi menjadi empat kategori, yaitu Enterpreneur, Social Science, Enviromental Science, dan Innovation Science. 
Kemenangan karya yang berjudul 'Enhancing The Light Quality of Night Lamp Using Carbon Dots from Cajuput Oil Industrial Waste' merupakan penelitian karya tulis ilmiah hasil pengembangan dari Program Kreativitas Mahasiswa 70 Judul yang terdanai oleh FMIPA UNY. (athi’/witono)
 

Categories: Berita Lain

Athi’ Nur Auliati Rahmah Mahasiswa Berprestasi FMIPA UNY 2021

Thu, 2021-02-25 21:10

Mahasiswa prodi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menjadi juara 1 lomba Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat fakultas tahun 2021 setelah menyisihkan para finalis lainnya. Juara 2 diraih oleh Faiz Ilham Pratama dari prodi Pendidikan Kimia, dan juara 3 yaitu Farhan Kusuma Putra dari Pendidikan Fisika. 
Para pemenang mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan. Untuk juara 1 mendapat uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000,-, juara 2 Rp 1.000.000,- juara 3 Rp 750.000,- . Sedangkan finalis lainnya yang berjumlah 7 orang masing-masing mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sebesar Rp 200.000,-. Pengumuman pemenang dilaksanakan Selasa 23/2/21 secara virtual.
Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA, Dr. Ali Mahmudi dalam sambutannya mengatakan, semua peserta Pilmapres bisa mengambil manfaat dan berkarya untuk event-event selanjutnya baik yang skalanya nasional, regional, maupun internasional.
“Pemenang Pilmapres ini untuk segera bersiap diri maju ke tingkat universitas, mudah-mudahan bisa membawa nama UNY ditingkat nasional”, lanjutnya.
Ali Mahmudi menyarankan mahasiswa untuk mengikuti event-event berikutnya yang bisa menjadi pundi-pundi prestasi bagi mahasiswa. Selain itu masih banyak kegiatan organisasi untuk berkembang bersama UNY.
Untuk prestasi internasional, Athi’ begitu sapaan akrapnya pada 23 Februari 2021 bersama timnya  berhasil meraih  Gold pada kategori Innovation Science dan Malaysia Invention, Innovation and Creativity Association (MIICA) Special Award di ajang penelitian internasional Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021 yang diumumkan pada 23 Februari 2021. Sebelumnya juga pernah meraih Bronze Starfish Award pada “International Ocean Arts Festival” – Asian Federation of Arts, Culture and Science AsianACS, Jeju, Korea Selatan  pada 2020 lalu. (witono)
 

Categories: Berita Lain

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FMIPA UNY

Sat, 2021-02-20 13:15

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY) menyelenggarakan kegiatan Seleksi Pemilihan dan Pembinaan Mahasiswa Berprestasi 2021 yang digelar secara virtual pada Jumat, 19/2/21. Finalis Pilmapres berjumlah 10 peserta yaitu Athi' Nur Auliati Rahmah, Farhan Kusuma Putra, Furi Ningsih Sri Sukowati (Pendidikan Fisika), Wulan Febrianingsih, Dhianti Linggar Satiti (Pendidikan IPA), Faiz Ilham Pratama (Pendidikan Kimia), Siti Vera Lestari (Pendidikan Matematika), Rania Nova Dechandra (Matematika), Yuliari Suprihatin (Kimia), dan Baso Samsu Rijal (Biologi).
Bertindak sebagai yuri presentasi karya ilmiah dan Tanya jawab adalah Rio Christy Handziko, M.Pd., Laila Katriani, M.Si, Syarifah Inayati, S.Pd.M.Sc., Dr. Laifa Rahmawati, M.Pd., dan Sulistyani, S.Si., M.Si. Sedangkan untuk yuri sesi wawancara yaitu Isti Yunita, M.Sc., Ph.D., Dr. Dyah Purwaningsih, S.Si., Yunita Fera Rahmawati, S.Pd., M.Sc., Widodo Setiyo Wibowo, M.Pd., Heru Sukoco, S.Si., M.Pd.
Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA,  Dr. Ali Mahmudi, M.Pd., secara terpisah menerangkan, ajang Pilmapres ini sudah kita sosialisasikan beberapa waktu lalu melalui website, instagram, dan media lainnya. Untuk penyelenggaraan kali ini kita laksanakan secara virtual karena adanya pandemic Covid-19. Pada seleksi dan pembinaan ini para finalis mempresentasikan karya ilmiah hasil penelitiannya, kemudian ada sesi wawancara tentang prestasi dll.   
“Para finalis ini merupakan mahasiswa terpilih dan siapapun yang terpilih sebagai pemenang nanti akan berkompetisi di tingkat universitas”, tuturnya. (witono)

Categories: Berita Lain

Penyambutan Mahasiswa Program Magister FMIPA UNY

Tue, 2021-02-09 11:20

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY) menyelenggarakan acara Penyambutan Mahasiswa Program Magister FMIPA UNY secara virtual pada Selasa, 9/2/21. Acara diikuti oleh jajaran pimpinan, para ketua jurusan, para koorprodi program magister, para mahasiswa program magister, koordinator tata usaha, dan para sub koordinator.
Dekan FMIPA, Prof. Dr. Ariswan, M.Si.,DEA., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa magister program in take yang masuk disemester genap. Program Magister semula ikut di Program Pascasarjana, lalu atas dasar statuta maka mulai 1 September 2020 menyatu dengan FMIPA.
“Integrasi bukan hal yang mudah karena terkait dengan data-data akademik, pengembangan, kebijakan yang dilakukan. Tapi kami akan berusaha memberikan pelayanan terbaik pada para mahasiswa supaya selesai studi tepat waktu diprodi masing-masing”, lanjut Dekan.
Dekan menambahkan, Anda masuk UNY disemester 2, semua telah disiapkan. Anda tidak perlu ragu dengan para mahasiswa lain yang lebih dulu kuliah disemester awal. Anda juga jangan merasa asing dengan fakultas anda. Jangan ada sumbatan komunikasi antara mahasiswa dengan kami. Semoga tidak mengalami hambatan ketika belajar sampai lulus nanti. 
Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan orientasi akademik oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama dan orientasi kegiatan kemahasiswaan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Untuk orientasi akademik oleh masing-masing kaprodi dilakukan sesuai jadwal masing-masing prodi. (witono)

Categories: Berita Lain

FMIPA UNY Menyelenggarakan FGD Join Kurikulum

Fri, 2021-01-22 20:35

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Mengembangkan Kerjasama dan Membangun Harmonisasi Pendidikan Tinggi ASEAN melalui Joint Curriculum dan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, baru-baru ini di Hotel Dafam Rohan Yogyakarta. FGD yang dilaksanakan secara luring dan virtual ini dihadiri oleh Plt Rektor, Prof. Dr. margana, jajaran pimpinan fakultas, pengurus jurusan, dan pengurus Unit Urusan Internasional dan Kemitraan (UUIK) FMIPA  dengan menghadirkan para narasumber yaitu  Azmi Mohamed (UPSI Malaysia), M Bruri Triyono (UNY), Gatot Hari Priowirjanto (SEAMEO), dan Didik Sulistyanto (pernah menjabat Atase Pendidikan RI KBRI Bangkok, Thailand.
Dalam sambutannya Prof. Margana mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan  8  Indikator Kinerja Utama (IKU)  untuk mengukur capaian perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Mengacu pada hal tersebut kita sebagai pemangku perguruan tinggi negeri di bawah Kemendikbud kita harus senantiasa mewakafkan diri kita untuk bersama-sama meningkatkan kerjasama perguruan tinggi  (PT) kita dengan PT yang lain atau pihak-pihak terkait.
“Baru-baru ini pak dirjen menyampaikan petahelix yang didalamnya ada 5 pihak yang harus kita kolaborasikan yaitu akademisi/PT, pemerintah, dunia usaha/industri, masyarakat umum, mass media. Karena UNY adalah salah satu LPTK , maka menambah satu helix lagi yaitu masyarakat sekolah. Kita kawal bersama-sama dalam rangka  untuk memberikan kekuatan  kepada para mahasiswa agar mereka mengenal ekosistem yang sesungguhnya. Kerjasama perguruan tinggi baik dalam dan luar negeri harus kita kawal bersama-sama. Tanpa adanya kerjasama , mahasiswa kita tidak akan mengenal ekosistem  sebenarnya yang ada diluar, paling hanya mengenal teori-teori yang ada,” lanjut Prof. Margana.
Join kurikulum harus kita siapkan sebaik-baiknya. Join kurikulum merupakan program kurikulum yang kita canangkan sejak tahun 2020 yang ditahun 2021 kita akan meningkatkan berbagai program prioritas yang merealisasikan UNY sebagai WCU tidak hanya sekedar slogan tapi ada aksi yang jelas dan terukur.
Prof. Margana menambahkan, regenerasi harus selalu kita siapkan mulai sekarang diberbagai titik.  Fondasi-fondasi diberbagai titik disetiap fakultas/unit harus berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Wakil Rektor Bidang Akademik hanya sekedar aksesoris. Dekan, Wakil Dekan Ketua Jurusan juga sekedar aksesoris. Tapi yang harus kita kawal bersama-sama bagaimana isinya. (witono)

Categories: Berita Lain