Subscribe to Berita FBS feed
Updated: 3 days 5 hours ago

SOSIALISASI PEMILIHAN CALON ANGGOTA SENAT FBS UNY 2021-2025

Wed, 2021-10-13 22:02
Keterangan Sumber Foto: Humas FBS UNY

Masa bakti Senat Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2017 – 2021 akan berakhir pada tanggal 7 November 2021.
Pemilihan Anggota Senat Fakultas yang baru akan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2021.
Anggota Senat Fakultas yang akan dipilih adalah sebagai berikut :
1. Anggota Wakil Profesor berjumlah 3 (tiga) orang.
2. Anggota Senat Wakil Dosen Bukan Profesor berjumlah 2 (dua) orang.
3. Anggota Senat Wakil Jurusan berjumlah 1 (satu) orang.
Salah satu rangkaian kegiatan dilaksanakan hari Rabu (13/10/2021) sesuai timeline yang telah direncanakan, yaitu kegiatan Sosialisasi Pemilihan Calon Anggota Senat Fakultas Periode 2021-2025 via zoom, yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sulis Triyono, M.Pd. , dengan memgundang seluruh Dosen di lingkungan FBS UNY.
Bapak/Ibu Dosen yang memenuhi syarat dapat mendaftarkan diri di Gedung Muhammad Yamin FBS Lantai 2 Ruang Senat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. (drsa)

Categories: Berita Lain

PENDAFTARAN CALON ANGGOTA SENAT FBS UNY

Wed, 2021-10-13 12:47
Keterangan Sumber Foto: Humas FBS UNY

Masa bakti Senat Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2017 – 2021 akan berakhir pada tanggal 7 November 2021. Merujuk kepada Surat Ketua Senat UNY Nomor: 142/UN34.01/TU/2021 tertanggal 21 September 2021 tentang Pemilihan Anggota Senat Fakultas diselenggarakan sebelum Pemilihan Anggota Senat Universitas Wakil Fakultas. Anggota Senat Fakultas yang akan dipilih adalah sebagai berikut :
1. Anggota Wakil Profesor berjumlah 3 (tiga) orang.
2. Anggota Senat Wakil Dosen Bukan Profesor berjumlah 2 (dua) orang.
3. Anggota Senat Wakil Jurusan berjumlah 1 (satu) orang.

Pemilihan Anggota Senat Fakultas akan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2021. Bapak/Ibu Dosen yang memenuhi syarat dapat mendaftarkan diri di Gedung Muhammad Yamin FBS Lantai 2 Ruang Senat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Jadwal pemilihan Calon Anggota Senat Fakultas terlampir.
1. Senin–Jumat,11-15 Oktober 2021
Sosialisasi Pemilihan Calon Anggota Senat Fakultas Periode 2021-2025 via zoom
2. Senin–Rabu,18-20 Oktober 2021
Pendaftaran Bakal Calon Anggota SenatFakultas Periode 2021-2025 (Wakil dosen profesor dan Wakil dosen bukan profesor) di Gedung Muh Yamin Lantai Ruang Senat.
Pukul 08.00 – 15.00 WIB
3. Kamis, 21 Oktober 2021
Pengumuman Hasil Pendaftaran Bakal Calon Anggota Senat Fakultas Periode 2021-2025 melalui Papan Pengumuman/ WAG/Web FBS/jurusan.
4. Jum’at, 22 Oktober 2021
Perpanjangan Pendaftaran Bakal Calon Anggota Senat Fakultas Periode 2021-2025 di Gedung Muh Yamin Lantai 2 Ruang Senat Pukul 08.00 – 15.00 WIB
5. Selasa, 26 Oktober 2021
Pemilihan Calon Anggota Senat Fakultas Wakil Jurusan, Penyerahan hasil pemilihan (Berita acara,Daftar hadir, dan nama dosen terpilih)
• Pukul 10.00-12.00 WIB
• Pukul 12.00-13.00 WIB
Jurusan masing-masing.
6. Rabu, 27 Oktober 2021
Pemilihan Calon Anggota Senat FakultasWakil Dosen FBS oleh seluruh dosen FBS (Wakil Dosen Profesor dan Wakil Dosen Bukan Profesor) Luring di Ruang Seminar
Lantai 3 Gedung Muh.Yamin FBS. Pukul 07.30-15.00 WIB.
7. Kamis, 28 Oktober 2021
Laporan Hasil Pemilihan Anggota Senat Fakultas oleh Ketua Panitia kepada Dekan FBS.

Categories: Berita Lain

INTERNASIONALISASI WEBSITE UNTUK BRANDING DAN MARKETING FAKULTAS DAN PRODI

Fri, 2021-10-08 21:01
Keterangan Sumber Foto: Humas FBS UNY

Peran website sangat besar dalam mendukung branding dan promosi Fakultas dan Prodi di FBS UNY, sehingga kontennya pun harus bisa diakses oleh audience dalam maupun luar negeri. Hal ini sejalan dengan cita-cita UNY pada tahun 2025 menjadi Universitas Kelas Dunia.
Dalam rangka tujuan tersebut Unit Humas dan Kerjasama FBS UNY pada hari Jumat (08/10/2021) menyelenggarakan Workshop Internsionalisasi Website yang melibatkan pimpinan Prodi dan pengelola website Prodi untuk mengupdate sekaligus menginternasionalisasikan website Prodi dan Fakultas.
Narasumber kegiatan Ibu Ika Krismantari, M.A (Editorial The Conversation Indonesia), yang memberi materi tentan konten dan kebahasaan Website berbahasa Inggris dan Mas Rony K. Pratama (Pewara Dinamika Humas UNY), membawakan materi tentang aspek kebahasaan dan konten website berbahasa Indonesia
Dalam paparannya Ibu Ika menuturkan bahwa website harus memenuhi kenyamanan pembaca, ada relevansi berita dengan pembaca, jadi tidak sekedar mempublish news, serta bisa menjawab kebutuhan global dari global comunity.
Mas Rony K. Pratama menyampaikan tentang bagaimana menulis konten website yang ringkas, bernas, dan trengginas, bagimana konten dari website harus efektif tapi tetap berbobot, dan interaktif, serta tentu saja tampilannya harus menarik.
Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terciptanya website prodi dan fakultas yang informatif, komunikatif dan menarik yang mudah diakses tidak hanya audience dalam negeri tetapi juga luar negeri. Untuk itu sebagai kegiatan lanjutan akan dilakukan pengembangan web internasional versi Bahasa Inggris dengan pemilihan konten yang disesuaikan.(drsa)

Categories: Berita Lain

WORKSHOP PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MODA BESMART VERSI TERBARU (BESMART V3)

Fri, 2021-10-08 16:54
Keterangan Sumber Foto: Humas FBS UNY

UNY telah memiliki moda pembelajaran daring yaitu Besmart V3 (http://besmart.uny.ac.id) yang merupakan pembaharuan dari versi sebelumnya yaitu Besmart v2.
Perbedaan Besmart V3 dari versi sebelumnya adalah dari kemampuannya mengakomodasi perkembangan teknologi baru seperti integrasi dengan video conference, fitur multimedia, dan fitur pedagogi.
Untuk lebih mengenalkan dan meningkatkan pemakaian Moda Besmart di kalangan dosen FBS UNY, maka Jumat (08/10/20211) diselenggarakan Workshop Pengembangan Konten Pembelajaran untuk Pembelajaran Daring dengan Moda Besmart, menggunakan Besmart Versi Baru.
Narasumber kegiatan adalah: Dr. Ratna Wardani, M.T (Dosen Prodi Teknik Elektronika) dan Ibu Siti Mukminatun, S.Pd., M.Hum (Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.
Kegiatan ini melibatkan seluruh dosen Prodi di lingkungan FBS UNY, Untuk lebih mengoptimalkan pemahaman dosen dalam pengaplikasiannya untuk pembelajaran dilakukan juga pendampingan pengembangan konten pembelajaran sesuai mata kuliah masing-masing dosen.
Petunjuk penggunaan Besmart V3 dapat dilihat di website FBS UNY melalui link https://bit.ly/3amT76B.
(drsa)

Categories: Berita Lain

MUHIBAH ART AND CULTURE#2, MENGENALKAN SENI & BUDAYA INDONESIA KEPADA SISWA DI MELBOURNE AUSTRALIA

Fri, 2021-10-08 09:40
Keterangan Sumber Foto: Humas FBS UNY

Rabu (06/10/2021) kembali FBS UNY menyelenggarakan Muhibah Seni, atas permintaan dari Bayside Christian College di Melbourne, Victoria, Australia, yang sebelumnya telah menjadi sasaran Muhibah Seni#1 pada Agustus 2021. Peserta kegiatan kali ini jauh lebih banyak, tak kurang dari 100 siswa.
Pembukaan Muhibah Seni Art and Culture#2 dilaksanakan hari Rabu, 6 Oktober 2021 dimulai pukul 06.00 WIB (pukul 10.00 Waktu Melbourne). Hadir dalam acara pembukaan seluruh jajaran Dekanat FBS UNY, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO, Dekan FBS UNY Ibu Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum, dan Head of Chancery & Consul for Information Social and Cultural Affairs Konsulat Jenderal RI di Melbourne Victoria Australia I Made Oka, Ibu Chandra Schokman sebagai perwakilan sekolah, Kabag dan Kasubag serta tim Muhibah Seni#2 dan Kepala UUIK Ibu Nunik Sugesti,M.Hum., Tim UUIK dan para mahasiswa yang membantu pelaksanaan kegiatan. .
Acara diawali dengan Overview Seni Budaya Indonesia oleh Dr. Ayu Niza Machfauzia, M.Pd., dan mengajak peserta menirukan gerakan tangan tari Kecak, serta mengikuti irama Musik Jaranan dengan vokal yang dinyanyikan oleh Ibu Driyastuti Jogjaningrum, M.A.
Pelaksanaan praktik Seni dibagi menjadi 3 breakout rooms.
1.Praktik tari Tradisional Indonesia dengan tutor Dr. Kuswarsantyo dan Ibu Tresna Maya S, M.Pd.
2. Praktik Seni Musik Tradisional (Klotekan dan Lagu Daerah) dengan Tutor Ibu Drijastuti Jogjaningrum, S.Sn., M.A., dan Ibu Yunike Juniarti Fitria, M.A.
3. Praktik Seni Rupa/ Kriya dan Budaya (Pembuatan Wayang Kertas tokoh Ramayana) dengan tutor Ibu Dwi Retno Sri Ambarwati, S.Sn., M.Sn dan Ibu Arsianti Latifah, S.Pd.,M.Sn.
Pada pelaksanaannya peserta dibagi menjadi 3 kelompok, yang secara bergiliran mengikuti 3 praktik seni, sehingga setiap siswa mendapatkan semua materi yang diajarkan.
Di akhir sesi semua peserta bersama para tutor melakukan pertunjukan kolaborasi Tari Jathilan, Musik Klothekan dan memainkan wayang seiring musik yang dimainkan.(drsa)

Categories: Berita Lain

MENGAJAK SISWA DI AUSTRALIA BERKREASI MEMBUAT WAYANG KERTAS

Fri, 2021-10-08 09:38
Keterangan Sumber Foto: Humas FBS UNY

Rabu (06/10/2021), puluhan siswa Bayside Christian College di Melbourne asyik mewarnai wayang dengan pensil warna dan crayon, lalu menggunting dan memasang stick pada badan dan tangan agar bisa dipegang dan dimainkan.
.
Kegiatan ini merupakan salah satu materi yang diberikan pada kegiatan Muhibah Art and Culture antara FBS UNY dengan sekolah di Melbourne Victoria Australia.
.
Sebelumnya telah dikirimkan modul dan gambar wayang dengan 4 pilihan karakter yang diambil dari cerita Ramayana, yakni Rahwana, Rama, Sinta, dan Hanuman. Siswa tinggal mencetak dan mengikuti prosedur yang telah dijelaskan dalam modul. Sekilas disampaikan juga kisah Ramayana agar para siswa mengenal salah satu dari 2 epos besar dalam cerita wayang di Jawa, selain epos Mahabarata.
.
Tutor pada sesi ini adalah Ibu Dwi Retno Sri Ambarwati, M.Sn. dan Ibu Arsianti Latifah, M.Sn. dari Prodi Pendidikan Seni Rupa, dibantu seorang mahasiswa prodi Pendidikan Kriya.
.
Waktunya sangat singkat, hanya 45 menit per sesi, dan segera harus pindah ke sesi praktik seni berikutnya. Meski begitu sebagian besar peserta bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan gembira.(drsa)

Categories: Berita Lain

MENGENALKAN MUSIK KLOTHEKAN PADA SISWA DI AUSTRALIA

Fri, 2021-10-08 09:36
Keterangan Sumber Foto: Humas FBS UNY

Ember, gelas, galon air mineral, panci, bila dipukul menghasilkan bunyi yang berbeda-beda, dan saat dipadukan akan membentuk komposisi musik yang ritmis. Biasanya dimainkan oleh anak-anak, dan dikenal sebagai musik Klothekan.
.
Rabu (06/10/2021) puluhan siswa Bayside Christian Collage di Melbourne Victoria membawa peralatan tersebut dari rumah ke sekolah untuk mengikuti praktik Musik Klothekan dengan Tutor Ibu Drijastuti Jogjaningrum, S.Sn., M.A., dan Ibu Yunike Juniarti Fitria, S.Pd., M.A., Dosen Prodi Pendidikan Musik dibantu mahasiswa Jurdik Musik. Lagu yang dimainkan adalah tembang Jaranan, salah satu tembang Dolanan Anak-anak yang terkenal di kalangan masyarakat Jawa tempo dulu, yang dinyanyikan dengan merdu oleh Bu Driyas.
.
Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian praktik seni yang diselenggarakan dalam kegiatan Muhibah Art and Culture #2 antara FBS UNY-Melbourne Victoria Australia. Semua siswa mengikuti semua praktik secara berurutan sehingga semua bisa merasakan dan mendapatkan pengalaman berkreasi di semua bidang seni yang dipraktikkan.
.
Para siswa antusias mengikuti kegiatan yang sangat fun ini. (drsa)

Categories: Berita Lain

MENGAJAK SISWA SEKOLAH DI MELBOURNE MENARI JATHILAN

Fri, 2021-10-08 09:35
Keterangan Sumber Foto: Humas FBS UNY

MENGAJAK SISWA SEKOLAH DI MELBOURNE MENARI JATHILAN
Dr. Kuswarsantyo, M.Hum (Doktor Jathilan), bersama Ibu Tresna Maya, M.Pd dosen Jurdik Tari dibantu seorang mahasiswa memberikan materi tari Tradisional Indonesia berupa Praktik Tari Jathilan pada kegiatan Muhibah Art and Culture#2 antara FBS UNY dan Sekolah di Melbourne, Victoria, Autralia. Ini kedua kalinya sekolah ini menyelenggarakan kegiatan yang sama, akan tetapi kali ini jumlah peserta jauh lebih banyak.
.
Lazimnya pemain Tari Jathilan menggunakan kuda kepang sebagai tunggangan, tapi di kegiatan ini kuda kepang bisa diganti dengan sapu, seperti yang dilakukan para peserta. Meski begitu mereka tetap antusias menirukan gerakan pak Kus yang atraktif seiring alunan musik yang rancak.
.
Rasanya waktu per sesi yang hanya 45 menit begitu singkat, dan harus pindah ke ruang praktik seni yang lain, tapi paling tidak peserta sudah bisa menghayati dan mengapresiasi seni budaya Indonesia. (drsa)

Categories: Berita Lain

Studium Generale: Dari Lokalitas menuju Globalitas

Wed, 2021-10-06 19:05
Keterangan Sumber Foto: S2 Pendidikan Seni

STUDIUM GENERALE PRODI MAGISTER PENDIDIKAN SENI FBS UNY: Dari Lokalitas Menuju Globalitas

Kamis, 7 Oktober 2021 Pukul 09.00-12.00 WIB, Program Magister Pendidikan Seni FBS UNY menyelenggarakan Studium Generale bertema: Dari Lokalitas menuju Globalitas, dengan Narasumber  Prof. Dr. Yasraf Amir Piliang, M.A., dan Moderator Prof. Dr. Kasiyan, M.Hum. Via zoom meeting

Categories: Berita Lain

ABDARTA,  SEBUAH KREASI TAS IKONIK DARI YOGYAKARTA

Mon, 2021-09-13 16:32
Keterangan Sumber Foto: Tim Abdarta

Yogyakarta yang terkenal sebagai kota wisata lekat sekali dengan kata ‘budaya’. Ada banyak sekali budaya yang dapat dijumpai di sana. Salah satunya adalah batik yang telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya takbenda asal Indonesia. Motif batik khas Yogyakarta, antara lain Parang Rusak Barong, Kawung, Sidomukti, dan Wahyu Tumurun. Selain itu, Yogyakarta adalah salah satu sentra kerajinan di Indonesia. Di Yogyakarta, banyak dijumpai toko-toko yang menjajakan kerajinan seperti kerajinan tas.

Tas saat ini menjadi barang yang tak terlepas dari kehidupan manusia. Manusia membutuhkan tas untuk mempermudah mereka membawa berbagai barang. Saat ini, nilai tas tak sekadar itu saja. Tas dapat dikreasikan sedemikian rupa hingga mengandung nilai estetis, kebudayaan, dan pendidikan. Sebagai contoh, tas Abdarta yang digagas oleh Adigdya Pangestu (Pendidikan Seni Kriya UNY 2020), Azizah Nuzulul Rohmah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY 2019), dan Rinda Lestari (Pendidikan Ekonomi UNY 2020). Tim Abdarta didampingi oleh Ismadi, S.Pd., M.A., seorang dosen dari Pendidikan Seni Kriya Universitas Negeri Yogyakarta.

Berdasarkan riset pasar, wisatawan menginginkan cinderamata khas daerah yang dikunjungi. Bagi wisatawan yang pertama kali berkunjung ke Yogyakarta, Keraton Yogyakarta termasuk destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Keraton Yogyakarta merupakan ikon Yogyakarta, termasuk Abdi Dalem Yogyakarta yang berperan penting di sana. Berdasarkan riset tersebut, terbesitlah sebuah ide untuk membuat kerajinan tas jinjing dari kulit sapi asli yang dipadukan dengan kain batik tulis motif Abdi Dalem. Kedua bahan tersebut dipilih karena mudah didapat dan berkualitas tinggi sehingga dapat menciptakan tas berkualitas tinggi pula. Selain itu, pemilihan motif Abdi Dalem pun terbilang unik karena berbeda dari motif-motif yang banyak dijumpai di pasaran dan ikonik karena mengangkat ikon Yogyakarta. Ide tersebut kemudian diwujudkan dengan membuat produk bernama tas Abdarta.

Abdarta merupakan akronim dari Abdi Dalem Yogyakarta. Tas Abdarta dapat diwujudkan berkat proposal yang diajukan berhasil lolos didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2021. Adanya produk tas Abdarta yang mengangkat abdi dalem sebagai motif batik diiringi harapan agar  dapat mengenalkan sekaligus melestarikan batik serta mengenalkan sekaligus mengapresiasi abdi dalem.

Proses pembuatan tas Abdarta dimulai dari pembuatan kain batik tulis hingga pembuatan tas kulit. Semua dikerjakan secara manual sehingga produk yang dihasilkan dapat dikatakan handmade. Dalam proses tersebut, tim Abdarta menggaet UMKM dengan harapan dapat berkontribusi dalam memakmurkan UMKM, terutama UMKM di Yogyakarta. Tim Abdarta menggaet beberapa pembatik rumahan dan pengrajin kulit. Mereka memilih sendiri bahan utama dan bahan pendukung dengan teliti agar dapat menciptakan tas kualitas terbaik.

Tas Abdarta cocok sekali digunakan dalam berbagai acara. Kualitas produk yang mumpuni akan membuat Anda tampak elegan dan menawan. Dengan kualitas produk yang mumpuni, Anda juga bisa mendapatkan produk tas Abdarta dengan harga terjangkau. Informasi lebih lengkap dan pemesanan tas Abdarta dapat diketahui melalui akun media sosialtas Abdarta, yaitu @abdarta (Instagram) dan Tas Abdarta (Facebook). (Azizah Nuzulul Rohmah)

Categories: Berita Lain

Pelatihan Ketrampilan untuk Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga yang Terdampak Pandemi

Tue, 2021-09-07 10:51
Keterangan Sumber Foto: Humas FBS UNY

Di masa pandemi ini banyak orang mengalami PHK, kebangkrutan, dan berkurangnya pendapatan, sementara kebutuhan hidup tidak juga berkurang. Keluarga merupakan lingkup terkecil yang paling berdampak dari krisis ekonomi yang diakibatkan pendemi. Tak jarang terjadi keretakan rumah tangga karena masalah ekonomi, dan anak yang menjadi korban. Oleh karena itu untuk memperkuat survivalitas  keluarga di masa krisis ini, para ibu rumah tangga harus pandai-pandai  berhemat,  dan tentunya kreatif dalam memanfaatkan sumber daya di sekitarnya untuk dijadikan tambahan penghasilan dan bisa membantu ekonomi keluarga.

Sejalan dengan itu, Minggu (29 SAgustus 2021) Tim PPM dari Prodi Pendidikan Seni Rupa UNY diketuai Dwi Retno Sri Ambarwati, M.Sn, dan anggota terdiri dari Dr. Hajar Pamadhi, M.A (Hons), Drs. mardiyatmo, M.Pd.,  Eni Puji Astuti, M.Sn., dan Arsianti latifah, M.Sn.  akan mengajak para ibu rumah tangga yang terdampak pandemi untuk berkreasi memanfaatkan barang bekas dan limbah rumah tangga, menjadi benda-benda  bernilai estetika dan ekonomi, dengan menggandeng Owner Menik2 Craft Kristianti Dwi Wulansari, S.Pd. utk membagikan pengalaman dan ketrampilannya dalam menjalankan usaha craft dari bahan limbah Aneka wadah bekas apapun dengan sentuhan tangan kreatif bisa dibuat menjadi produk bernilai estetika dan ekonomi, seperti boneka, miniatur makanan, celengan, hiasan dekorasi, alat peraga., dll.

Jadi jangan buang wadah2 bekas. Ciptakan produk2 lucu cantik imut dari botol air mineral, wadah es krim, kemasan bekas dll dg bahan kain felt. Hasilnya bisa dipasarkan dan menjadi sumber penghasilan. Ini juga bisa menjadi solusi masalah lingkungan sesuai prinsip reduce, reuse, and recycle dalam pengolahan limbah.(drsa)

Tags: SDGs 5 : Kesetaraan GenderSDGs 1 : Tanpa Kemiskinan
Categories: Berita Lain

Webinar Kemendikbud x UI x Adobe x Bumilangit yang bertajuk "Technology and Creative Education"

Sat, 2021-08-28 12:27
Keterangan Sumber Foto: Webinar Kemendikbud x UI x Adobe x Bumilangit yang bertajuk "Technology and Creative Education"

Memanggil semua insan kreatif Indonesia!
Penasaran ngga sih, gimana jadinya di masa kini, teknologi bisa bersatu dalam edukasi kreatif? Nah, buat yang penasaran...
Yuk ikuti acara Webinar Kemendikbud x UI x Adobe x Bumilangit yang bertajuk "Technology and Creative Education"! Menghadirkan Dr. Hilmar Farid sebagai keynote; serta para pembicara keren seperti Prof. Dr. rer, nat, Abdul Haris M (Vice Rector of Academics and Student Affairs, Universitas Indonesia), F. Astha Ekadiyanto (Director of Center for Independent Learning Universitas Indonesia), Dr. Tim Kitchen (Adobe Senior Education Specialist), dan Agung Rachmawan (VP Licensing & Merchandising Bumilangit Entertainment).
.
Catet nih tanggalnya!
 Selasa, 31 Agustus 2021
 13.00 WIB
 Live at Zoom
.
Sungg daftar yuk, gaes! Dapatkan benefit berupa e-certificate dan penawaran menarik lainnya!
Daftar di : bit.ly/WebinarTechnologyandCreativeEducation
.

#bumilangit #jagoanindonesia #webinar #adobe 

Lihat Lebih Sedikit

Categories: Berita Lain

PKKMB Daring Jurusan Pendidikan Seni Rupa

Sat, 2021-08-28 12:25
Keterangan Sumber Foto: PKKMB Daring Jurusan Pendidikan Seni Rupa

PKKMB DARING 2021

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru tahun 2021Jurdik Seni Rupa, dengan acara penyambutan Mahasiswa Baru dan perkenalan dengan para dosen.

Sayang acaranya barengan dg workshop Fakultas jadi tak banyak dosen yg hadir, kalaupun hadir hrs berbagi telinga pakai 2 devices.

Categories: Berita Lain

4th International Conference on Linguistics and Language Teaching (Icollate)

Wed, 2021-08-25 18:21
Keterangan Sumber Foto: 4th International Conference on Linguistics and Language Teaching (Icollate)

Dear Sir/Madam,

Warm greeting from Yogyakarta. 
On behalf of the Organizing Committee, we are pleased to inform you that we are hosting the 4th International Conference on Linguistics and Language Teaching (Icollate), conducted online via Zoom on October 28, 2021. The conference is organized by Faculty of Languages and Arts, Yogyakarta State University. The conference theme is “Opportunities and Challenges of Linguistic Development and Language Teaching and Learning in the Covid-19 Pandemic Era”. 

In connection with the above, we are pleased to write you this letter inviting lecturers and students in your department to present papers and participate in the conference. Details of information regarding the conference can be found at http://icollate.uny.ac.id and the conference flyer is attached below for your preliminary information.

Categories: Berita Lain

PRAKTIK PEMBUATAN WAYANG KERTAS, MUSIK KLOTHEKAN DAN TARI JATHILAN, DARI FBS UNY UNTUK DUNIA

Wed, 2021-08-25 16:17
Keterangan Sumber Foto: Humas FBS UNY

Indonesia memiliki kekayaan budaya bangsa yang lahir, tumbuh, dan berkembang  dalam masyarakat, salah satunya kesenian. Masyarakat Jawa mengenal wayang kulit yang mengajarkan budi pekerti luhur, musik tradisional klothekan, yang dihasilkan musik dari peralatan seadanya, dan tari Jathilan yang mengandung arti kebahagiaan.

Melatihkan pembuatan  wayang, tari Jathilan, dan musik Klothekan kepada siswa di mancanegara selain memperkenalkan kebudayaan Indonesia, juga menjalin hubungan kemitraan lembaga antar negara.

FBS UNY dalam kegiatan Muhibah Seni,  salah satu Program BIPA FBS UNY, bertujuan mengenalkan seni dan budaya Indonesia kepada  orang asing yang belajar BIPA melalui  kegiatan praktis interaktif  yang diselenggarakan dalam waktu yang singkat. Sasaran Muhibah Seni tahun 2021 ini adalah VILTA, yaitu siswa SD, SMP, dan SMA di Victoria Australia.

Kegiatan Muhibah Seni 2021 yang dikomandani Dr. Ari Kusmiatun, M.Hum diselenggarakan pada Hari Senin (16/08/2021) secara daring. Ada tiga kelas praktik yakni: Praktik tari Tradisional Indonesia dengan tutor Dr. Kuswarsantyo dan Ibu Tresna Maya S, M.Pd., Praktik Seni Musik Tradisional (Klotekan dan Lagu Daerah) dengan Tutor Ibu Drijastuti Jogjaningrum, S.Sn., M.A., dan Ibu Yunike Juniarti Fitria, M.A., serta Praktik Seni Rupa/ Kriya dan Budaya (Pembuatan Wayang Kertas) dengan tutor Ibu Dwi Retno SA., M.Sn dan Ibu Arsianti Latifah, M.Sn. Pada acara pembukaan disampaikan Overview Seni Budaya Indonesia (Nusantara) oleh Dr. Ayu Niza Machfauzia, M.Pd. 

Praktik Pembuatan Wayang dengan tutor Ibu Dwi Retno SA., M.Sn dan Ibu Arsianti Latifah, M.Sn mengajak siswa membuat wayang dari kertas, dengan mengambil salah satu tokoh Punakawan kemudian memberi warna (menyungging),  menggunting sesuai pola dan diberi tangkai agar dapat dipegang dan dimainkan. Bagian lengan dan dan siku juga dipotong dkemudian  disambung kembali menggunakan benang agar dapat digerak-gerakkan.

Ibu Driyastuti Jogjaningrum, M.A.,dan Ibu Yunike Juniarti Fitria, M.Pd.memberikan materi Musik Tradisional Klothekan dengan memanfaatkan berbagai wadah sebagai alat musik. Ternyata ember, panci, gelas, galon air mineral, apabila ditabuh dengan dengan irama yang dikomposisikan secara kreatif dapat menghasilkan paduan suara musik yang enak didengar.

Dr. Kuswarsantyo dan ibu Tresna Maya, M.Pd. mengajarkan Tari Jathilan secara singkat dengan menggunakan Kuda Kepang, yang diikuti dengan gembira oleh peserta dengan memanfaatkan boneka dan sapu sebagai pengganti kuda kepang.

Para siswa antusias mengikuti semua kegiatan yang sangat fun ini. Ibu Chandra Schokman  mewakili guru di sekolah Victoria menyatakan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan, dan mengharapkan tahun depan bisa mengunjungi FBS UNY untuk berkegiatan bersama secara langsung. (dwiretnosa-FBS)

Categories: Berita Lain

PPM Pengembangan E-Materi Pembelajaran Bahasa Prancis SMA/SMK se DIY

Tue, 2021-08-24 00:58
Keterangan Sumber Foto: PPM Pengembangan E-Materi Pembelajaran Bahasa Prancis SMA/SMK se DIY

Alhamdulillahirobbil'aalaamiin ...

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas terselenggaranya kegiatan PPM Pengembangan E-Materi Pembelajaran Bahasa Prancis SMA/SMK se DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kegiatan yang berdurasi 34 JP ini terselenggara atas kerjasama antara Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNY dengan MGMP Bahasa Prancis SMA dan SMK Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Semoga kegiatan ini membawa manfaat yang besar bagi pembelajaran Bahasa Prancis. Aamiin Allahumma Aamiin

Categories: Berita Lain

Muhibah Seni FBS UNY Musik Tradisional Klothekan

Tue, 2021-08-24 00:56
Keterangan Sumber Foto: Muhibah Seni FBS UNY Musik Tradisional Klothekan

MUHIBAH SENI FBS UNY UNTUK SISWA SD-SMA DI VICTORIA AUSTRALIA

Ibu Driyastuti Jogjaningrum, M.A.,dan Ibu Yunike Juniarti Fitria, M.Pd.memberikan Materi Musik Tradisional Klothekan untuk siswa SD di Victoria dengan memanfaatkan berbagai wadah di sekitar tempat tinggal sebagai alat musik.

Ternyata ember, panci, gelas, galon air mineral, apabila ditabuh dengan dengan irama yang dikomposisikan secara kreatif dapat menghasilkan paduan suara musik yang menarik.

Para siswa antusias mengikuti kegiatan yang sangat fun ini. (drsa).

Categories: Berita Lain

Muhibah Seni FBS UNY Praktik Pembuatan Wayang Kertas

Tue, 2021-08-24 00:54
Keterangan Sumber Foto: Muhibah Seni FBS UNY Praktik Pembuatan Wayang Kertas

Praktik Pembuatan Wayang Kertas dengan tutor Ibu Dwi Retno SA., M.Sn dan Ibu Arsianti Latifah, M.Sn.

Wayang kertas yang dibuat adalah tokoh Punakawan. Para siswa memilih salah satu tokoh Punakawan yang sudah tersedia dalam modul, kemudian memberi warna (menyungging) dengan warna yang disukai. Setelah selesai diwarna, gambar wayang digunting sesuai pola dan diberi tangkai agar dapat dipegang dan dimainkan. Bagian lengan dan dan siku juga dipotong dkemudian disambung kembali menggunakan benang agar dapat digerak-gerakkan.

Semua peserta dapat menyelesaikan proses hingga selesai dengan gembira. (drsa)

Categories: Berita Lain

Muhibah Seni FBS UNY untuk Siswa SD-SMA di Victoria Australia

Tue, 2021-08-24 00:53
Keterangan Sumber Foto: Muhibah Seni FBS UNY untuk Siswa SD-SMA di Victoria Australia

MUHIBAH SENI FBS UNY UNTUK SISWA SD-SMA DI VICTORIA AUSTRALIA

Dr. Kuswarsantyo dan Ibu Tresna Maya S, M.Pd memberikan materi tari Tradisional Indonesia berupa Praktik Tari Jathilan.

Categories: Berita Lain

Pembukaan Muhibah Seni FBS UNY untuk Siswa SD-SMA di Victoria Australia

Tue, 2021-08-24 00:49
Keterangan Sumber Foto: Pembukaan Muhibah Seni FBS UNY untuk Siswa SD-SMA di Victoria Australia

PEMBUKAAN MUHIBAH SENI FBS UNY UNTUK SISWA SD-SMA DI VICTORIA AUSTRALIA

Pembukaan Muhibah Seni FBS UNY dengan sasaran siswa SD, SMP, dan SMA di Victoria Australia dilaksanakan hari Sabtu, 21 Agustus 2021 pukul 07.30 WIB. Hadir dalam acara pembukaan seluruh jajaran Dekanat FBS UNY, Kabag dan Kasubag serta tim Muhibah Seni yang dikomandani Ibu Dr. Ari Kusmiatun, M.Hum.

Acara diawali Sambutan oleh Dekan FBS UNY dan Ibu Chandra Schokman mewakili sekolah di Victoria Australia.

Pada acara pembukaan disampaikan Overview Seni Budaya Indonesia (Nusantara) oleh Dr. Ayu Niza Machfauzia, M.Pd. Bu Ayu juga para siswa sekolah Victoria untuk menyanyikan lagu Burung Kakatua, dan mereka menyanyikannya dengan antusias.

Usai pembukaan, ruang zoom dibagi 3 Breakout room sesuai praktik yang diajarkan, meliputi:

1.Praktik tari Tradisional Indonesia dengan tutor Dr. Kuswarsantyo dan Ibu Tresna Maya S, M.Pd.

2. Praktik Seni Musik Tradisional (Klotekan dan Lagu Daerah) dengan Tutor Ibu Drijastuti Jogjaningrum, S.Sn., M.A., dan Ibu Yunike Juniarti Fitria, M.A.

3. Praktik Seni Rupa/ Kriya dan Budaya (Pembuatan Wayang Kertas) dengan tutor Ibu Dwi Retno SA., M.Sn dan Ibu Arsianti Latifah, M.Sn. (drsa)

Categories: Berita Lain

Pages