Subscribe to Berita FT feed
Updated: 2 weeks 5 days ago

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY Targetkan Juara pada KMHE 2021

Thu, 2021-11-18 12:54

Jumat, 12 November 2021, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, S.T.,M.Pd., melepas kontingen Garuda UNY Team menuju Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 yang akan diselenggarakan di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 15-20 November mendatang. Kegiatan yang dilakukan di Ruang Sidang Senat Utara UNY ini dihadiri oleh jajaran kemahasiswaan, tim, dan advisor Garuda UNY.

 

Audiensi dan pelepasan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Beliau mengatakan bahwa target yang ada seyogyanya tidak dijadikan beban dan tidak usah ngoyo. Beliau ingin tim Garuda UNY menikmati setiap tantangan yang ada selama pelaksanaan KMHE 2021. “Dengan perasaan tim yang ringan dan bersemangat, semoga mobil dapat melaju dengan lebih cepat dan irit,” tambahnya. Beliau juga berharap tim membawa kabar baik serta dapat mengharumkan nama Universitas Negeri Yogyakarta dalam kompetisi KMHE 2021.

 

Selanjutnya Kesit Bayu Purnomo selaku manajer kompetisi KMHE 2021 memaparkan target dan progres tim dalam persiapan KMHE 2021. Dr. Sutiman, S.Pd.,M.T. menambahkan bahwa KMHE ini merupakan kompetisi on-track pertama selama dua tahun terakhir, serta tim sudah bekerja keras siang dan malam untuk mempersiapkan kompetisi ini.

 

Dalam kegiatan ini turut hadir pula Dr. Pujianto, S.Pd.,M.Pd., selaku Staf Ahli Bidang Penalaran Universitas Negeri Yogyakarta. Bapak Puji menyampaikan bahwa UNY sangat bangga dan mengapresiasi kerja keras advisor dan tim Garuda UNY. “Dalam tim ini terbukti bahwa kerja keras dan penyatuan ide dari mahasiswa berbagai fakultas dapat menciptakan mobil hemat energi yang dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” tuturnya. Beliau juga berpesan kepada tim untuk saling support dan menjaga kesehatan agar tim dapat menampilkan performa terbaik dalam KMHE 2021.

(Aisy)

Categories: Berita Lain

Didampingi Rektor, Garuda UNY Menjadi Tim Pertama Yang Lolos Technical Inspection Pada Kategori Urban Gasoline KMHE 2021

Wed, 2021-11-17 14:31

Selasa, 16 November 2021, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto M.Kes., AIFO mendampingi Tim Mobil Garuda dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021. Kedatangan Beliau dibersamai oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, S.T., M.Pd. beserta jajarannya. Rombongan ini langsung disambut hangat oleh Dr. Sutiman, S.Pd., M.T. dan I Wayan Adiyasa yang merupakan advisor tim.

KMHE 2021 merupakan sebuah kompetisi  mobil hemat energi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia dengan UNESA sebagai tuan rumahnya. Kompetisi ini diselenggarakan 15 November – 20 November 2021 di Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Sesampainya di Sirkuit GBT, Rektor UNY mengunjungi paddock Garuda UNY Team dan berkeliling venue ditemani dengan salah satu perwakilan dari panitia KMHE 2021. Prof. Sumaryanto juga berkesempatan meninjau langsung mobil Garuda UG-20 yang pada saat itu sedang melakukan sesi technical inspection. Sesi ini terdiri dari pengecekan kesesuaian mobil dengan ketentuan lomba. Setelah semua bagian mobil diinspeksi, tim dengan nomor 482 dalam KMHE ini dinyatakan sebagai tim pertama yang lolos technical inspection pada kategori Urban Gasoline dan berkesempatan melakukan practice race. (Aisy)

Categories: Berita Lain

Robot Tari dan Mobil Hybrid Ramah Lingkungan Lengkapi Pameran Virtual Jogja Museum Expo Festival Museum Yogyakarta

Wed, 2021-11-17 14:30

Universitas Negeri Yogyakarta dengan Dosen dan Mahasiswanya selalu mengembangkan kreatifitas dibidang tekhnologi ataupun ekologi ramah lingkungan. Dari tahun ke tahun inovasi-inovasi terbarukan terus berkembang. Robot Tari Rosemary dan Mobil Garuda UNY ramah lingkungan yang dimiliki oleh UNY selalu melakukan pengembangan, baik dari segi featur ataupun inovasi lainya.

Hasil dari kreatifitas mahasiswa dan dosen UNY yang pernah mendapatkan berbagai penghargaan baik di tingkat nasional ataupun internasional saat ini menjadi bagian dari koleksi Museum Pendidikan Indonesia UNY. Salah satu karya yang pernah mendapatkan berbagai penghargaan kejuaraan yaitu Mobil Hybrid GH 18 dan Robot Tari Rosemary. Kedua koleksi prestasi hebat ini cukup sering mengikuti pameran di berbagai tempat dan acara. Salah satunya, belum lama ini kedua koleksi unggulan Museum Pendidikan Indonesia UNY ikut berpartisipasi dalam pameran virtual Jogja Museum Expo yang diselenggarakan oleh Badan Musyawarah Museum (Barahmus) DIY bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY.

Pameran ini memiliki tema “Phalacitta, Inspirasi di Balik Koleksi”, dilaksanakan di Gallery Art Space dan diselenggarakan secara daring (Virtual Expo) pada tanggal 12 sampai 16 Agustus 2021. Pameran menampilkan 4 subtema yang terbagi atas : tokoh, lingkungan, objek, dan peristiwa. Tujuan diadakanya pameran ini adalah untuk memberikan pertanyaan reflektif mengenai peran museum saat ini dan di masa mendatang (modernisasi). Koleksi-koleksi yang dipamerkan ditata sedemikian rupa, dengan layout yang memberikan pengalaman ruang khusus, agar pengunjung memiliki pengalaman unik dalam mengunjungi suatu pameran. Pameran ini diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun 50 tahun Barahmus DIY. Selain Pameran, dalam rangkaian peringatan 50 tahun Barahmus ini terlaksana beberapa acara, antara lain : Seminar Internasional, Table Talk, Sarasehan, Tapak Tilas, Peluncuran Buku, dan lain sebagainya.

Museum Pendidikan Indonesia UNY cukup aktif dalam keikutsertaan kegiatan-kegiatan perasosiasian di lingkup daerah Kabupaten Sleman, DIY maupun tingkat Nasional. Salah satunya keikutsertaan dalam pameran Jogja Museum Expo ini. MPI UNY dalam pameran ini menampilkan Mobil Garuda Hybrid 2018 (GH-18) UNY yang dibuat oleh Tim Mobil Garuda UNY, dengan capaian prestasi : 1st Acceleration, 1st Maneuver/ Gymkhana Overall, 1st Endurance, “Best Of The Best Hybrid Car Category”, “Grand Prix Hybrid Car Category” pada kompetisi International Student Car Competition (ISCC) 2018 sebagai capaian paling tinggi dalam ajang tersebut. Event ini berlangsung pada 18-19 Mei 2018 di Paving Ground KATRI Songsan-Myun, Hwasong-si, Gyeonggi-Do, Korea Selatan yang dilaksanakan oleh Korean Automobile Testing and Research Institute (KATRI).

Selain itu MPI UNY juga memamerkan Robot Penari Cantik Rosemery, robot yang dibuat oleh Tim mahasiswa UNY yang diketuai oleh Vando Gusti Alhakim (mahasiswa Pendidikan Teknik Mekatronika 2014). Rosemery telah beberapa kali mengikuti kompetisi nasional dan mengharumkan nama UNY di tingkat Nasional dengan memperoleh beberapa prestasi yakni Juara 1 Kontes Robot Indonesia (KRI) Divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) tingkat Nasional selama 2 tahun berturut-turut (2017 & 2018). (Hanafi)

Categories: Berita Lain

Garuda UNY Team Siap Berlaga di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya Pada KMHE 2021

Wed, 2021-11-17 14:30

Garuda UNY Team dinyatakan menjadi  finalis Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 pada kategori Urban Concept kelas Motor Pembakaran Dalam Gasoline. Pengumuman ini diterima setelah dilakukan seleksi Laporan Desain Kendaraan dan seleksi Video Virtual Technical Inspection oleh panitia. KMHE merupakan sebuah lomba mobil hemat energi tingkat nasional yang  diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Indonesia bekerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Kompetisi yang  diikuti hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia ini akan diselenggarakan secara luring pada tanggal 15-20 November 2021 di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya.

Mobil yang diusung dalam KMHE ini yaitu Garuda UG-20  yang didesain oleh Garuda UNY Team untuk menciptakan kendaraan yang hemat energi sehingga dapat melakukan efisiensi bahan bakar dengan sebaik mungkin. Mobil yang telah di-launching oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNY pada bulan Februari tahun 2021 ini merupakan realisasi dari desain mobil yang sudah dikonsep oleh tim dan mendapatkan berbagai penghargaan dalam kompetisi KMHE 2020 serta Shell Eco-marathon 2021.

Manager Garuda UNY Team dalam KMHE 2021, Kesit Bayu Purnomo, mengatakan bahwa saat ini tim sedang berjuang mempersiapkan mobil agar mencapai target. Latihan dilakukan secara rutin di Stadion Maguwoharjo dan perbaikan mobil dikerjakan di Bengkel Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Musim penghujan mejadi salah satu tantangan pada persiapan KMHE ini karena sering membuat jadwal tim menjadi tertunda. Hal ini membuat tim harus mengatur waktu sebaik mungkin karena harus latihan dalam waktu terbatas dan cuaca yang tidak menentu. Selain itu kondisi cuaca di Yogyakarta dan Surabaya mempunyai perbedaan signifikan sehingga tim harus membuat mobil agar mampu berlaga dalam kondisi sesuai di Sirkuit Gelora Bung Tomo. Dalam salah satu sesi latihan pada hari Senin, 8 November 2021, turut hadir Dr. Sutiman, S.Pd.,MT yang merupakan salah satu advisor tim. Kesit juga menuturkan bahwa saat ini tim masih berusaha meningkatkan efisiensi mobil dalam berbagai aspek dan menargetkan efisiensi kendaraan mencapai 500 km/liter bahan bakar.

Ketua Garuda UNY Team, Ahmad Yoga Pradana, menambahkan bahwa meskipun banyak hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh tim, Garuda UNY Team optimis mampu menghadapi lawan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. (Aisy)

Categories: Berita Lain

Peran Strategis Perguruan Tinggi dalam Memajukan Desa

Sat, 2021-11-13 11:10

Perguruan tinggi memiliki pernanan strategis dalam memajukan desa baik dosen maupun mahasiswanya yang mana mencakup empat aspek peranan utama yaknik sebagai educator, catalysator, facilitator dan developer demi mengatasi berbagai permasalahan-permasalahan di desa yang cukup kompleks sesuai dengan karakteristik tiap desa itu sendiri. Demikian disampaikan Nasrun Annhar., M.AP., Staf Khusus bidang Data Media Informasi dan Teknologi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta secara virtual (13/11/2021) dengan tema Implementasi Merdeka Belajar di Luar Kampus.

Nasrun mendeskripsikan bahwa peran kampus sebagai educator adalah melalui sistem kelembagaan, perguruan tinggi dapat mendidik masyarakat secara langusng atau tidak, sedangkan sebagai catalisator yakni melakukan inventarisasi potensi ekonomi dan kekayaan budaya desa melalui riset-riset berbasis kearifan lokal.

“Peranan facilitator dapat dilakukan kampus dengan mendampingi desa menggali potensi maupun kebijakan warga dalam berkehidupan dan sebagai developer untuk membantu desa dalam mengembangkan ekonomi, sosial dan lingkungan,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa terkait dengan program kampus Merdeka yang terintegrasi dengan pengembangan desa telah dituangkan dalam berbagai program seperti Magang/kerja praktek, proyek di desa, mengajar di sekolah, penelitian, kewirausahaan mahasiswa, studi atau proyek independen sebagai usaha dalam membantu masyarakat dipedesaan dalam membangun ekonomi rakyat, infrastruktur bersama aparatur desa, BUMDes, koperasi maupun organisasi lainnya.

“Fokus utama pembangunan desa bersama perguruan tinggi yakni pertumbuhan ekonomi desa serta menjaga keberagaman budaya desa dan kami menguandang dan membuka ruang seluas-luasnya kepada semua pihak untuk bersama-sama membangun desa,” lanjut Nasrun.

Pembicara kedua, Dr. Wagiran, M.Pd., selaku Ketua Sub-Pokja Kampus Merdeka Mengajar Ditjen Dikti Riset dan Teknologi yang menjelaskan bahwa esensi MBKM adalah bagaimana memperpendek proses adaptasi mahasiswa dengan dunia kerja, maupun dunia masyarakat sehingga ketika lulus benar-benar siap untuk berkontribusi dalam kehidupan sosial kemasyarakatan maupun bidang kerja.

“Selain itu, juga tentang bagaimana memaksimalkan desa ataupun masyarakat sebagai wahana belajar untuk mengasah kemampuan dan keterampilan dalam membentuk pribadi yang lebih siap menghadapi tantangan-tantangan didepan yang kian ketat,” papar Wagiran.

Sementara itu, Pembicara terakhir adalah, Tata Handjendra Widhisarmka selaku direktur PT Chemco Harapan Nusantara yang menekankan pada link and match antara perguruan tinggi dengan dunia industri. 

 

Categories: Berita Lain

Sinergi Tridarma Perguruan Tinggi FT UNY dan FT UNM

Sat, 2021-11-13 10:31

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta sepakat menjalin kerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makasar. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dengan Dekan FT UNM, Prof. Dr. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng., di Ruang Sidang KPLT FT UNY (12/11/2021). Selain Dekan, agenda ini juga dihadiri oleh jajaran wakil dekan, kordinator program studi, unit penjaminan mutu dan unit kerjasama. Tujuan kerja sama ini adalah untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak guna mengembangkan kerja sama pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi yang meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan sumber daya manusia. Selain Perjanjian Kerja Sama dilangsungkan juga Rancangan Implementasi Kerja sama antar prodi-prodi FT UNY dan FT UNM untuk pelaksanaan pertukaraan dosen, mahasiswa, review jurnal serta dalam rangka mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Prof. Dr. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng., dalam sambutannya menyampaikan bahwa selain pelaksanaan penandatanganan kerja sama kehadiran mereka ke Yogyakarata juga untuk mendengar secara langsung tentang pengalaman FT UNY dalam proses visitasi virtual kala akreditasi internasional ASIIN. “Sebelumnya kami tentu menyampaikan selamat untuk beberapa prodi FT UNY yang telah berhasil terakreditasi ASIIN secara full-accredited dan pada awal Desember tahun ini beberapa prodi di FT UNM juga akan divisitasi secara virtual sehingga kami melakukan kunjungan ini dengan harapan mendapat berbagai masukan dan sharing pengalaman agar persiapan kami bisa lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran FT UNM yang telah menempuh jarak cukup jauh untuk memperkuat silaturahmi dengan pihaknya. “Terkait akreditasi ASIIN yang menjadi fokus utama adalah Outcome Based Accreditation atau capaian pembelajaran, OBE adalah pendekatan desainn kurikulum dan pengajaran yang berfokus pada apa yang harus dapat dicapai mahasiswa (attained) pada akhir kuliah. OBE Memfokuskan dan mengatur segala sesuatu pada sistem pendidikan yang ada agar semua mahasiswa dapat berhasil di akhir pengalaman kuliah mereka,” terang Dekan FT UNY.

“OBE berorientasi pada mahasiswa, bukan pada proses, sehingga yang ditekankan dalam OBE adalah ketercapaian mahasiswa,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang menghadirkan Koordinator Program Studi (korprodi) dari FT UNY yang beberapa waktu lalu telah dinyatakan terakreditasi ASIIN sebagai narasumber yakni Korprodi S2 Pendidikan Teknik Mesin, Prof. Dr. Dwi Rahdiyanta, M.Pd., Korprodi S2 Pendidikan Teknik Elektro Dr. Sukir, M.T., Korprodi S2 Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika, Dr. Fatchul Arifin, M.T., dan Korprodi S1 Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika, Handaru Jati, Ph.D. 

 

Categories: Berita Lain

Suguhkan ide pemanfaatan Air Hujan dan Limbah Rumah Tangga, Mahasiswa FT UNY raih Prestasi

Tue, 2021-11-02 11:44

Tim dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universiitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) menjadi Juara Favorit Cinnertion dalam ajang D’Village 10th Edition yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Surabaya (ITS) (02/06– 31/10/2021). Tim ini beranggotakan M. Fajar Amir (Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan 2019), Novarida Nurul Sabrina (Prodi Teknik Sipil Sarjana Terapan 2019), dan Raden Rara Bintang Permata Hati (Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan 2020) dibawah bimbingan Qonaah Rizqi Fajriani, M.Eng.

Dalam even ini, tim dari UNY menyuguhkan ide inovasi pemanfaatan rainwater (air hujan) dan household wastewater (limbah air rumah tangga) untuk mempertahankan dan meningkatkan potensi air tanah dan air permukaan dengan studi kasus di Kabupaten Kulon Progo. M. Fajar Amir, salah satu anggota tim menjelaskan bahwa konsep ini mengadopsi blue-green construction sehingga pemanfaatan dan pengelolaan tersebut akan terintegrasi secara maksimal. 

Fajar menjelaskan bahwa inovasi ini dilatarbelakangi atas segala bentuk permasalahan dalam penyediaan dan manajemen air bersih dan sanitasi di Indonesia. “Rainwater disini akan dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan air pokok dan sekunder, seperti memasak, minum, mencuci, dan sanitasi agar masyarakat dapat menghemat penggunaan air sumur dan PDAM,” ujarnya.

“Sedangkan, household wastewater dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan air tersier, seperti pertanian dan perikanan serta sebagai penunjang pelestarian lingkungan untuk penyiraman taman, hidroponik, dan perairan,” ungkapnya.

“Sebelum dimanfaatkan kembali, household wastewater akan melalui proses filtrasi anaerobik kemudian dialirkan ke bak penampungan untuk didetoksifikasi dengan teknik remidiasi yang memanfaatkan mikroba pemecah minyak. Air yang telah melalui proses filtrasi dapat diaplikasikan pada penyiraman tanaman, hidroponik, dan perairan,” bebernya.

“Ketika air berlebih maka akan disalurkan ke sumur resapan untuk mencegah banjir dan dibuat recharge yard agar air dapat meresap ke tanah sebagai groundwater recharge,” terang Fajar.

“Inovasi ini diharapkan dapat mendukung pemeliharaan dan perlindungan sumber daya air secara teratur untuk mencegah kerusakan lingkungan sehingga tercipta sebuah kondisi yang lebih baik di masa depan,” terangnya.

 

Categories: Berita Lain

FT UNY dan PT Nihon Sekki Indonesia Perkuat Kerja Sama

Mon, 2021-11-01 11:53

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) perkuat jalinan kerja sama dengan PT Nihon Sekki Indonesia (NSI). Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono dengan General Manager PT Nihon Seiki Indonesia, Widodo Bodro Husodo (01/11/2021). Turut hadir dalam agenda ini adalah Wakil Dekan bidang Akademik dan Kerja sama FT UNY, Kaprodi Pendidikan Teknik Otomotif, Kaprodi Pendidikan TekniK Mesin dan Koordinator UKKI FT UNY.

PT. Nihon Seiki Indonesia atau sering disingkat NSI adalah perusahaan modal asing asal Jepang yang bergerak di bidang komponen elektronik dan otomotif. Perusahaan ini berorientasi pada bidang milling CNC dengan memproduksi spare part elektronik dan otomotif.

Herman menjelaskan bahwa fokus utama dari kerja sama ini adalah praktik pemagangan dan keterserapan lulusan dalam dunia kerja. “Tentu sinergi dengan industri memiliki peran yang sangat strategis dalam berbagai aktivitas pembelajaran FT UNY guna membangun link and match antara lulusan dengan kebutuhan di industri,” bebernya.

Kerja sama dengan PT NSI sebenarnya sudah terjalin sejak lama. Beberapa lulusan FT UNY juga sudah terserap di perusahaan tersebut. Sebelum Pandemi, PT Nihon juga melakukan rekrutmen di FT UNY, yang terakhir adalah untuk latar belakang elektro dan mekatronika untuk posisi kontrol inventory & warehouse, perencanaan produksi & pengontrolan, serta analisa kebutuhan bahan baku.
Widodo Bodro Husodo menjelakan bahwa ada beberapa alumni FT UNY kini juga tengah berkarir di PT Nihon, dua diantaranya dari Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif. “Kami hadir disini salah satu tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas program magang industri.

“Harapannya dengan program magang yang lebih terencana, kedua belah pihak yakni industri dan perguruan tinggi akan dapat benar-benar mendapatkan manfaatnya demi terciptanya sumber daya manusia Inonesia yang benar-benar mumpuni sesuai dengan bidang dan tuntutan zaman,” ujarnya.

Ia menambahkan kekurangan terbesar para pekerja terutama bidang teknik adalah pada aspek soft skills seperti kemampuan kerja sama dan kreativitas. “Tentu ini mesti menjadi kajian utama baik di sekolah maupun perguruan tinggi untuk melatih kemampuan-kemampuan tersebut lebih mendalam,” tutupnya.

Categories: Berita Lain

FT UNY dan INHART IIUM Tengah Kembangkan Model Penguatan Karakter Mahasiswa Berbasis 5R Untuk Dukung Industri Halal

Fri, 2021-10-29 16:42

Tim peneliti dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) tengah mengembangkan Model Penguatan Karakter Berbasis 5R untuk mendukung industri halal. Penelitian ini merupakan kolaborasi antara dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY yang terdiri dari Dr. Syukri Fathudin Achmad Widodo, Dr. Apri Nuryanto, dan Chrisna Tri Harjanto, M.Pd. dengan Dr. Betania Kartika dari International Institute for Halal Research and Training (INHART) International Islamic University Malaysia (IIUM). Sebagai tindak lanjut penelitian ini, diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) secara daring (29/10/2021) yang melibatkan para pakar karakter di bidang Pendidikan Agama Islam, pakar 5R dari Kementerian Agama, IIUM, UNY, UGM, UIN SUKA, IAIN Pekalongan, serta melibatkan praktisi industri dari PT Global Dairi Alami. Syukri Fathudin menjelaskan bahwa FGD ini bertujuan untuk mengidentifikasi komponen-komponen yang dibutuhkan dalam pengembangan model penguatan karakter berbasis 5R untuk mendukung industri halal pada mahasiswa UNY dan IIUM, serta membuat langkah-langkah dalam pengembangan model tersebut. 

Konsep 5R sendiri terinspirasi dari tahapan dalam mengatur kondisi tempat kerja yang berdampak terhadap efektifitas, efisiensi, produktifitas dan keselamatan di lingkungan kerja. Prinsip kerja 5R (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) kemudian diterjemahkan menjadi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) yang nantinya akan berbasis input, proses dan output yang diintegrasikan dalam struktuk kurikulum, kegiatan perkuliahan dan materi pembelajaran.

Syukri menambahkan bahwa inovasi penguatan karakter 5R perlu dilakukan untuk membekali mahasiswa, khususnya UNY dan IIUM, agar menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bekerja dan berkarya, khususnya di industri halal. “Inovasi penguatan karakter 5R akan menjadi pondasi penting dalam mendukung kemajuan industri halal” ujarnya.

“Kini, permintaan akan produk halal baik dalam dan luar negeri terus meningkat dari tahun ke tahun, seperti produk makanan halal dikawasan Indonesia, Malaysia hingga Jepang. Begitu juga dengan produk halal lainnya semacam produk kosmetik di kalangan wanita Muslim,” imbunya.

Syukri menyampaikan bahwa besarnya rasio konsumen produk halal di Indonesia mengindikasikan potensi besar perkembangan industri halal untuk memasok permintaan konsumen baik dalam negeri bahkan luar negeri. Namun saat ini, pengembangan industri halal di Indonesia masih didominasi sektor pangan dan kosmetik. Padahal masih banyak potensi sektor industri halal yang berpotensi tinggi untuk dikembangkan lebih lanjut.

“Dengan pengembangan model penguatan karakter 5R di kalangan mahasiswa UNY dan IIUM diharapkan ketika lulus mereka dapat segera bekerja dan berkontribusi pada dunia industri halal baik di kawasan Indonesia dan Malaysia bahkan dunia,” harapnya.

“Pengembangan model ini tidak lain adalah sebagai upaya membumikan gagasan pendidikan karakter melalui berbagai strategi untuk membentuk peserta didik yang berkarakter, terutama 5R,” lanjut Syukri.

“Diharapkan melalui model ini, nantinya, juga dapat membekali mahasiswa dengan kemampuan soft-skills yang mumpuni demi menjawab tantangan masa depan yang semakin kompleks,” tutupnya. 

 

Categories: Berita Lain

Asesmen Lapangan Prodi Tata Busana Sarjana Terapan (D4)

Fri, 2021-10-29 09:22

Program Studi Tata Busana Sarjana Terapan (D4) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjalani proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi pada Jumat – Sabtu (29–30/10/2021). Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut adalah Dr. Trisnani Widowati, M.Si dari Universitas Negeri Semarang dan Dr. Elis Endang Nikmawati, M.Si., dari Universitas Pendidikan Indonesia. AL diawali dengan sambutan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang dalam hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr Margana, M.Hum., M.A.

Margana meyakini bahwa kegiatan AL ini dapat memberi input positif untuk memajukan mutu layanan Program Studi Teknik Busana Sarjana Terapan. “Kami terus berkomitmen dalam memajukan pedidikan vokasi salah satunya sesuai arahan Ditjen Vokasi dimana pengelolaan secara bertahap akan disentralkan di Kampus Wates dan Gunungkidul dengan mendorong terwujudnya triple helix, yaitu model inovasi yang melibatkan akademisi, industri dan pemerintah untuk menumbuhkan perkembangan ekonomi dan sosial.,” ujarnya. 

“Kami terus melibatkan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dalam pengembangan Prodi-prodi Sarjana Terapan demi memastikan transfer of knowledge secara maksimal sehingga dapat meningkatkan link and match antara kualitas lulusan dengan kebutuhan industri,” tambah Wakil Rektor Bidang Akademik UNY.

“Bahkan kami juga terus mendorong agar terciptanya hubungan kolaborasi hexa-helix antara pemerintah, swasta, intelektual, komunitas kreatif, media dan investor dalam ruh pengembangan prodi-prodi sarjana terapan demi memastikan lulusan kami memperoleh karir sesuai dengan keahlian mereka,” bebernya.

“Mereka juga terus dibekali dengan kemampuan kewirausahaan sehingga kelak tidak hanya menjadi job-seekers namun lebih menjadi job-creators,” imbuh Margana

“Oleh karenanya, komposisi pembelajaran di Sarjana Terapan terus kami dorong untuk lebih dominan pada praktik hingga 70%,” lanjut Guru Besar bidang Linguistik ini.

Sementara itu, Trisnani Widowati dalam sambutannya menyampaikan bahwa UNY telah maju dan berkembang sangat pesat salah satu buktinya adalah eksistensi Prodi Sarjana Terapan ini. Ia juga menyampaikan bahwa dua hari proses asesmen ini nantinya akan lebih banyak review dan sharing dalam upaya konfirmasi data-data yang telah dikirimkan.

Senada dengan hal tersebut, Elis Endang Nikmawati menyampaikan harapanya agar selama dua hari kedepan dapat saling berbagi pengalaman untuk kemajuan Program Studi Tata Busana Sarjana Terapan (D4).

Dekan Fakultas Teknik UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dalam presentasinya menekankan bahwa Program Studi Tata Busana Sarjana Terapan (D4) merupakan pengembangan dari (D3) Teknik Busana berdasarkan lampiran Surat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. B/185/C. Ca/KB.01.00/2019 tentang Penugasan Perubahan Program Studi Program Diploma III menjadi Sarjana Terapan di Perguruan Tinggi untuk menguatkan jenjang pendidikan vokasi terhadap tantangan industri masa depan.

Usai pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang III A dan Borang III B Fakultas dan Prodi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama. Seluruh tahapan kegiatan ini sangat relevan dengan pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan UNY dalam bidang pendidikan bermutu.

 

Categories: Berita Lain

Penerimaan Mahsiswa Baru FT UNY Jalur RPL

Thu, 2021-10-21 00:46

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) menyelenggarakan Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) secara daring pada Selasa (19/10/2021). Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., selaku Dekan FT UNY menyambut hangat mahasiswa baru yang diterima melewati jalur RPL. “Selamat bergabung menjadi bagian dari civitas akademika FT UNY yang selalu menjunjung profesionalisme dalam menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi maupun melaksanakan pendidikan, research, pengajaran, dan PPM”.

“Untuk bisa menyelesaikan studi dengan baik maka diperlukannya soft skill, kemandirian yang tinggi, motivasi yang tinggi, dan kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik. Harus banyak membaca jurnal dan buku-buku, belajar bahasa inggris, dan menulis untuk menunjang pembuatan skripsi dan tesis,” pesan Dekan FT UNY.

“Belajar itu tidak hanya didalam kelas saja, akan tetapi belajar harus dilakukan di berbagai kegiatan kemahasiswaan untuk mengasah kepekaan sebagai mahasiswa, mengembangkan minat, bakat, dan potensi dalam kegiatan tersebut serta melalui kurikulum MBKM, mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar diluar program studi agar mahasiswa memiliki bekal yang lebih untuk memasuki dunia kerja nanti,” tutupnya. 

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FT UNY, Prof. Dr. Edy Supriyadi, M.Pd., memberikan penjelasan bahwa nanti terdapat beberapa kergiatan diluar perkuliahan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yaitu praktek industri, praktik mengajar bagi mahasiswa program studi pendidikan, dan kegiatan lainnya. 

“Mahasiswa juga perlu mempersiapkan perangkat untuk penunjang pembelajaran daring,” terangnya.

“Jangan segan-segan memberikan masukan kepada, program studi, jurusan, atau fakultas jika terdapat kekurangan dalam proses perkuliahan. Hal tersebut agar pelaksanaan perkuliahan menjadi lancar,” ujarnya.

Sementara itu Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, S.TP., M.Si., selaku Wakil Dekan Bidang Keuangan menyampaikan bahwa harapannya mahasiswa baru bisa fokus sehingga dapat menyelesaikan perkuliahan dengan baik serta bisa berpartisipasi dan menorehkan prestasinya terutama untuk mahasiswa S1. “Mari kita jaga nama baik UNY dengan baik. Jika terdapat permasalahan terkait dengan keuangan, fasilitas, dosen, dan masalah lain bisa langsung dikomunikasikan secara baik dengan dosen pembimbing akademik atau jurusan,” tuturnya. 

“Walaupun dengan jalur RPL, tidak akan mengurangi kualitas dari pendidikan dan pembelajaran di FT UNY. Harapannya dari mahasiswa dan kami bisa saling mendukung sehingga program RPL dari pemerintah ini bisa terlaksana dengan baik,” tutup Mutiara.  

Sebagai penutup acara, Drs. Darmono, M.T., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni memberkikan penjelasan mengenai berbagai macam kegiatan kemahasiswaan yang ada di FT UNY mulai dari organisasi mahasiswa tingkat fakultas berupa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan himpunan mahasiswa jurusan. Serta terta terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) berupa KMM, LPMT Fenomena, Olahraga, Matriks, KPALH Carabiner, Karnaval, dan UNYtech TV. “Selain organisasi dan unit kegiatan tingkat fakultas diatas, terdapat tim fakultas yang terafiliasi dengan UKM Riset dan Teknologi Universitas yaitu Divisi Rancang Bangun (DRB) dan Tim Robot,” tutupnya.

Usai acara penerimaan mahasiswa baru FT UNY jalur RPL ini, mahasiswa kemudian mengikuti arahan lebih lanjut sesuai dengan prodi masing-masing yang akan didampingi oleh ketua program studi tersebut. (burhan)

 

Categories: Berita Lain

FOOD INNOVATION OF UNY STUDENTS WON SILVER MEDALS AT WICE 2021

Tue, 2021-10-19 11:35

Diabetes is a health problem that has a serious impact on the quality of human life. Therefore, it is very natural that various efforts to prevent diabetes in vulnerable groups and provide solutions for diabetics are very important. The UNY student team consisted of Ahzami Fadilah Akbar (Electrical Engineering), Wulan Febrianingsih (Natural Science Education), Siti Vera Lestari (Mathematics Education), Asma Nur Azizah (English Literature), and Intan Diah Kusuma (Culinary Education) through a work entitled “ BETA Healthy Noodle as Staple Food Substitute for Diabetics” tries to provide solutions for diabetics in terms of alternative food. The work of the UNY student team has won a Silver Medal at the 2021 World Invention Competition and Exhibition (WICE).

“This competition is participated by elementary, secondary, universities from all over the world. Registration for the competition is open from 1/4/21 and ends with closing on 30/9/21. There are 300 teams from 29 countries participating in the competition,” said Wulan.

"We hope that this innovation will continue to develop and provide wider benefits," Wulan hoped. (wulan/witono, TJ.Lak)

Categories: Berita Lain

UNY WINS LIDM COMPETITION FOR THE BEST CHAMPION IN 2021

Tue, 2021-10-19 11:34

Universitas Negeri Yogyakarta won the general champion in the Student Digital Innovation Competition (LIDM) held online by Andalas Padang University of West Sumatra (Sep, 20). Sending ten teams in the competition, five of UNY teams won 4 gold medals and 1 silver medal. The gold medal was obtained by the "DikasiRegexDong" team from the Faculty of Engineering in Division I; Digital Technology Innovation Education, "wassalamu'alaikumwarahmatullahiwarahmatullahiwabarakatuh" team from the Faculty of MIPA in Division II; Innovation of Digital Educational Materials, Aurum team from the Faculty of MIPA in Division IV; Digital Posters, and Brigida Meraki team from the Faculty of Education in Division V; Microteaching Digital. While the silver medal was won by team 404 from the Faculty of Engineering in Division III; Innovation of Digital Educational Materials. LIDM is a competition initiated by the National Achievement Center - Ministry of Education and Culture Research and Technology of the Republic of Indonesia (Puspresnas Kemdikbud Ristek-RI) which has been held for the third time in 2021. LIDM itself aimed to be a place for forming and preparing students to tackle issues through various innovations and digitalization. LIDM competes in five divisions of innovation and creation works which are the Digital Technology Innovation Division of Education, the Education Digital Material Innovation Division, the Digital Education Video Division, the Digital Poster Division, and the Digital Microteaching Division.

 

Dr. Pujianto, the lecturer in the Faculty of Mathematics and Science (MIPA), was pleased that the two teams he mentored managed to win first place at LIDM this time. "The current era of education has no limits on space and time, can learn anywhere, anytime and with anyone through technology, in accordance with the direction of Merdeka Belajar initiated by the Education Minister," said Pujianto. LIDM is expected to be a place where students could invent more creative products in the field of digital media technology to improve the quality of education in Indonesia. Athi’ Nur Auliati, Aurum’s leader, felt grateful, happy, and proud to be selected as the winner from 800 digital poster division teams in Indonesia. "Last year I was just a finalist, thank God this year it's gold," Athi said. She hoped that in the future more and more students would participate to set up their best innovation in the education technology field. Through participating in LIDM competition, UNY has contributed to achieve the goal of SDGs 4 which focuses on increasing quality education. (Dedy, Tj.Dev)

Categories: Berita Lain

ROBOT MOBO EVO UNY RAIH JUARA PERTAMA KRI

Mon, 2021-10-18 10:17

Robot Mobo Evo dari UNY berhasil meraih peringkat pertama Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional yang diselenggarakan pekan ini secara daring. Kontes Robot Indonesia adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.  KRI memperlombakan  6 (enam) kategori yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Mobo Evo meraih peringkat satu pada divisi KRSBI Beroda yang merupakan salah satu kategori baru  dengan mengadopsi pertandingan sepak bola robot tingkat internasional RoboCup Middle Size League yang diselenggarakan sejak tahun 1997.

Robot Mobo Evo yang digawangi Krisnan Prabandaru sebagai ketua tim dengan manager Annida Khoerun Nisa, dan programmer Adlan Nufahaidar, Rizky Syarif Hidayatullah, Bramandha Al Kautsar, Rohsan Nur Marjianto, Ahmad Arif Sultoni,  Galih Masykur Aditama, bagian elektronik Muhammad Ikhwan Dwiyana, Fregi Nandika Wicaksono, Nur Milati, Dhito Nurfian Putra, Tomi Aditya serta bagian mekanik Naufal Dafha Bukhori, Muhammad Hilmi Bandanuji, Alif Muhammad Farras, Muhammad Fahridzotul Ustman serta dosen pembimbing Sigit Yatmono, S.T., M.T, mempersiapkan robot yang digunakan dalam perlombaan sejak  Desember 2020. Krisnan Prabandaru mengatakan mereka melakukan persiapan yang matang menghadapi Kontes Robot Nasional ini. “Tim Mobo-Evo melakukan persiapan riset dengan membuat lapangan pertandingan, membuat dummy (rintangan di lapangan), membuat gawang, melakukan perawatan robot, memprogram robot dan membuat komponen cadangannya” katanya.  Manager tim Annida Khoerun Nisa menyebutkan banyak kendala yang ditemukan tim ketika proses persiapan maupun pelaksanaan Kontes Robot ini diantaranya teknis yang sering ditemukan yaitu perbaikan lapangan yang rusak, terjadi kerusakan komponen robot ketika H-3 sebelum lomba KRI Nasional dilaksanakan, dan masih banyak kendala teknis lainnya. “Semuanya berhasil diatasi berkat dari kerja keras dan kerjasama yang baik dari anggota tim serta dukungan dari keluarga, orang-orang terdekat, dan dosen pembimbing yang sudah membimbing jalannya persiapan tim Mobo-Evo menuju KRI Nasional ini” ujar Annida. Naufal Dafha Bukhori mengisahkan, tim juga menguatkan mental anggotanya karena pada saat ikut KRI Wilayah 2 tim Mobo Evo hanya mendapatkan peringkat 5 dan terancam tidak lolos tingkat nasional. “Semangat kami sempat down namun tidak lama” paparnya. Naufal bersyukur tim masih bisa lolos ke KRI nasional dan menjadi semacam trigger bagi anggota tim untuk memperoleh yang lebih baik. Hal itu terbukti, tim Mobo Evo meraih peringkat pertama divisi KRSBI Beroda.

Selain Mobo Evo, UNY juga meraih peringkat 2 KRI Nasional ini pada divisi KRAI dengan Robot Maestro Evo yang akan mewakili Indonesia bersama tim ITS dalam ajang International ABU Robocon 2021 di Jimo China akhir tahun ini. Peringkat 2 KRI juga diraih tim UNY pada divisi KRSTI dengan Robot Rosemery yang sekaligus mendapat penghargaan desain dan artistik terbaik. Sedangkan pada divisi KRSRI UNY berhasil mendapat juara harapan 1 dengan Robot Gareng Punk.  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY Prof. Lantip Diat Prasojo merasa bersyukur atas prestasi yang diperoleh tim robot UNY yang meraih peringkat pertama, kedua, juara harapan satu dan penghargaan desain dan artistik terbaik. Harapannya kedepan prestasi tersebut dapat dipertahankan bahkan bisa lebih ditingkatkan lagi. Prestasi ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu dan infrastruktur inovasi. (Dedy

Categories: Berita Lain

Karya Mahasiswa FT UNY Lolos dalam TOP 120 Innovillage 2021

Mon, 2021-10-11 09:06

Sekolmpok mahasiswa program studi D4 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta yang terdiri dari Ahmad Rizal Rifani sebagai ketua tim, Devi Kusumawati,  Arif Hidayat,  dan Adithya Pradana Arya Permadi sebagai anggota dibawah bimbingan bapak Bayu Rahmat Setiadi, M.Pd lolos dalam TOP 120 Innovillage 2021 yakni sebuah kompetisi sociopreneurship di bidang teknologi digital melalui kolaborasi PT Telkom Indonesia bersama Telkom University (6/10/2021) yang diumumkan melalui aplikasi virtual Zoom Meeting dan website https://bit.ly/SKPenetapanTop120Innovillage2021. Total proposal yang masuk dalam event ini berjumlah 482 dari 31 provinsi dan 67 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan tim yang lolos TOP 120 berhak mendapatkan pendanaan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Ahmad menceritakan Proposal yang diajukan timnya mengangkat judul "Sosial Project Waste Management System (WAMAS) pada Kelompok Swadaya Masyarakat Desa Muktisari Kabupaten Kebumen. Aplikasi WAMAS ini terdiri dari dua user interface yaitu sebagai administrator dan konsumen (nasabah bank sampah).

“Nasabah bank sampah dapat memilih metode penyetoran sampah dengan dijemput mitra atau setor sendiri dengan metode pencacatan saldo dan berat berbasis elektronik,” terang Ahmad.

“Dengan metode seperti itu, anggota dapat mengontrol dan melihat berapa jumlah yang disetorkan dan melihat jumlah tabungannya yang ada di kelompok swadaya masyarakat,” imbuh Ahmad.

“Harapan kami, aplikasi WAMAS ini dapat membantu meningkatkan dan memajukan kegiatan bank sampah di Desa Muktisari, Kabupaten Kebumen serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya,” harap Ahmad.

“Pengelolaan sampah yang baik baik akan membuat lingkungan tetap terjaga dan bersih sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat, nyaman dan produktif,” tutupnya.

Kegiatan Innovillage sendiri sejalan dengan Program Nasional dalam Transformasi Digital dan peningkatan Perekonomian Masyarakat Desa, serta visi Telkom menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat. Innovillage mewadahi Perguruan Tinggi se-Indonesia dalam menggugah mahasiswa/i yang sedang di berada kampung halaman (selama pandemi Covid-19) untuk ikut terlibat langsung membantu memberikan solusi terhadap problem-problem sosial masyarakat desa mereka melalui inovasi-inovasi digital aplikatif yang dengan memiliki keterkaitan mengenai Sustainable Development Goals (SDGs) sehingga tercipta kemanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi yang terukur. Terutama dalam penanganan Pandemi Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan aturan Pemerintah Pusat atau Pemerintah daerah masing-masing. Kegiatan ini juga wujud nyata penerapan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dalam melahirkan talent-talent digital masa depan menuju Indonesia Maju.

Categories: Berita Lain

FT UNY dan FTM UPN “Veteran” Yogyakarta Sepakat Jalin Kerjasama

Thu, 2021-10-07 12:01

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) sepakat menjalin Kerjasama dengan Fakultas Teknologi Mineral Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (FTM UPN “Veteran” Yogyakarta) terkait Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama atara Dekan FT UNY dengan Dekan FTM UPN “Veteran” Yogyakarta (07/10/2021). Lingkup Kerjasama ini adalah tukar menukar informasi dalam ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk menunjang pendidikan dan pengajaran termasuk pemberdayaan sumber daya manusia serta pemanfaatan laboratorium dan fasilitas yang dimiliki oleh kedua belah pihak untuk mendukung kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa.

Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., mengharapkan bahwa perjanjian ini akan menjadi payung untuk berbagai sinergi yang akan dibangun seperti pengembangan jurnal, Kerjasama penelitian, pertukaran dosen dan mahasiswa serta aganda-agenda lainnya. 

“Selain itu, Kerjasama ini juga akan mendasari kegiatan percepatan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” imbuh Herman.

Ia juga berharap melalui kerjasama ini akan ada masukan timbal balik demi perbaikan kualitas layanan akademik dan kemahasiswaan di belah pihak. “Setiap kampus memang dituntut untuk bersinergi agar dapat saling memberikan masukan agar dapat berkembang dan maju bersama-sama,” ungkap Herman.

Hal ini juga diamini oleh Dekan FTM UPN “Veteran” Yogyakarta, Dr. Ir. Sutarto, M.T., diaman ia berharap setelah penandatangan ini agar segera teralisasi agenda-agenda kerjasma yang telah direncanakan. Salah satunya yang paling dekan adalah sinergi antara Prodi Teknik Metalurgi FTM UPN “Veteran” Yogyakarta dengan Prodi Pendidikan Teknik FT UNY. 
 

Categories: Berita Lain

ROBOT ABHINAYA UNY SABET JUARA PERTAMA KONTES ROBOT TEMATIK INDONESIA

Thu, 2021-10-07 12:00
Robot ABHINAYA UNY meraih juara pertama dan mendapatkan strategi terbaik dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II yang diselenggarakan secara daring pada (26-28/9). ABHINAYA berhasil meraih prestasi tersebut pada kategori Kontes Robot Tematik Indonesia. Kontes Robot Indonesia adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. KRI memperlombakan 6 (enam) kategori yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Pada Kontes Robot Tematik Indonesia 2021 memainkan permainan tradisonal Dam-daman dengan mengadopsi teknologi Digital Twin. Permainan antara dua tim yang menggerakkan robot di lapangan fisik untuk memindahkan koin di lapangan digital. Tema Robo Game – Digital Twin dengan slogan ‘Penguasaan Teknologi, Kemakmuran Negara’ merupakan komponen utama pada Revolusi Industri 4.0. Menurut Ketua Tim Nurcholis persiapan tim ABHINAYA untuk menghadapi KRI Regional Wilayah II dengan kerjasama antara anggota tim dan strategi permainan dam-daman yang sudah dilakukan pada saat latihan. Pada proses riset robot, dilakukan secara intens dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pada proses riset melakukan beberapa uji coba dan evaluasi selama beberapa bulan. “Dan sempat ada kendala karena beberapa anggota terpisah berada di luar kota Yogyakarta dan terpapar Covid 19 namun komunikasi tetap terjaga dengan pertemuan via online / daring” ungkapnya. Tim ABHINAYA terdiri dari Ketua Tim Nurcholis (Pendidikan Teknik Elektronika) beranggotakan Yuli Dwi Saputri (Pendidikan Teknik Elektro), Afif Aiman Sapura (Pendidikan Teknik Mesin). Anggoro Fajar Dwi Utomo (Pendidikan Teknik Mekatronika), Musyarof Rifai (Pendidikan Teknik Mekatronika), Muhammad Rovi (Teknik Elektro), Ardhi Wiranata (Pendidikan Teknik Elektronika), Musa Beni Ricardo Aruan (Pendidikan Teknik Mekatronika), Yusron Nur Latief (D4 Teknik Elektro), Alfan Fajri Tamyis (Pendidikan Teknik Elektronika), Budi Arjaya Wida (Pendidikan Teknik Mekatronika), Muhammad Iqbal Rasyid (Pendidikan Teknik Mekatronika), Danang Prasetyo (Pendidikan Teknik Mekatronika), Geo Brahma Granito Zain (D4 Teknik Mesin) dan Salsabila Azzahra PSDU (Pendidikan Teknik Mekatronika) dengan pembimbing Prof. Moh. Khairudin. “Hasil ini semoga menjadi motivasi untuk mempersiapkan ABHINAYA pada KRI Nasional 12 Oktober 2021 agar kembali berprestasi” kata Moh. Khairudin. Ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu. (Dedy)
Categories: Berita Lain

ROBOT MAESTRO_EVO WAKILI INDONESIA KE CHINA

Thu, 2021-10-07 12:00

Robot Maestro_Evo UNY meraih juara 2 dalam kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II dan Nasional Tahun 2021 pada kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) yang diselenggarakan secara daring pada (26–30/9). Prestasi ini membawa Maestro_Evo menjadi perwakilan Indonesia pada ajang Internasional ABU Robocon 2021 di Jimo, China bersama juara pertama KRAI dari tim ITS Surabaya pada Desember 2021. Asia Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon merupakan kompetisi robot internasional tahunan yang diikuti oleh mahasiswa dari negara Asia Pasifik. Sedangkan KRAI merupakan salah satu divisi yang ada pada Kontes Robot Indonesia (KRI). Dahulu Robocon ini bernama NHK Robocon dan sejak tahun 2002 NHK Robocon diubah menjadi ABU Robocon yang disponsori oleh ABU sebagai organisasi penyiaran program televisi yang memiliki lebih dari seratus anggota stasiun televisi dari berbagai negara di dunia. Dalam hal ini, Indonesia diwakili oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI) sebagai anggota. TVRI bekerja sama dengan Pusat Prestasi Nasional untuk memfasilitasi keikutsertaaan Tim Robot dari Indonesia agar dapat bertanding dalam kontes Internasional ABU Robocon ini. Ketua Tim Maestro_Evo Rizki Bagus Syahdewa memaparkan, robot Maestro_Evo terdiri dari 2 Robot yaitu Robot Arrow Robot (AR) dan Throwing Robot (TR). Robot AR sebagai pengambil panah dan dapat masuk ke throwing area untuk mengambil panah yang jatuh dan juga dapat sebagai penembak panah ke tong. Sedangkan Robot TR hanya sebagai penembak panah ke tong. “Strategi dan keunggulan yang tim kita gunakan yaitu menggunakan 2 robot sehingga bisa memberikan poin maksimal saat pertandingan” ungkapnya. Masa pandemi seperti ini membuat persiapan lomba sedikit terhalang karena ada beberapa anggota yang terpapar Covid-19, namun melihat semangat para anggota yang membara hingga pada akhirnya kami mendapatkan juara, lanjutnya. Tim Maestro_Evo terdiri dari Ketua Rizki Bagus Syahdewa, Flovelia Apridias Pradinda (Manager), Naufan Alifiandi (Operator Robot AR), Muhammad Rizqi Athoriq (Operator Robot TR), Bondan Raharjo (Programer), Muhammad Rizqi (Elektronik), Muhammad Ihsan Safi'I (Elektronik) serta Azhar Abdul Fattah, Ahmad Rizal Rifani, G. Yudha Fatria Egiansyah dan Sutan Muharramsyah sebagai Mekanik. Pembimbing tim adalah Herlambang Sigit Pramono, S.T., M.Cs dan Muhammad Luthfi Hakim, S.T., M.Eng. “Merupakan kebanggaan bagi UNY khususnya karena tim Maestro_Evo dapat mewakili Indonesia berlaga pada sebuah kompetisi internasional, kami mohon doa semoga dapat memberikan yang terbaik” kata Muhammad Luthfi Hakim. Hal ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu. (Dedy)

Categories: Berita Lain

FT UNY Selenggarakan 2nd International Joint Conference on Engineering, Technology, and Vocational Education

Wed, 2021-10-06 14:30

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarkan 2nd International Joint Conference on Engineering, Technology, and Vocational Education secara virtual (05/10/2021) dengan mengangkat tema “Research and Innovation in Technology and Engineering during the Covid-19 Pandemic”. Agenda ini merupakan gabungan dari 4 konferensi internasional yakni the 7th International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT), The 4th International Conference on Electrical, Electronics, Informatics, and Vocational Education (ICE-ELINVO), The 4th International Conference on Vocational Education of Mechanical and Automotive Technology (ICOVEMAT), The 4th International Conference on Sustainable Infrastructure (ICSI). Co-host dari acara ini adalah Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, Institut Teknologi Adhitama Surabaya, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Universitas Janabadra dan Universitas Papua.

Prof. Herman Dwi Surjono dalam laporannya menyampaikan bahwa Total ada 304 paper yang akan dipresentasikan pada sesi paralel yang terdiri dari 74 untuk ICTVT, 109 bagi ICSI, 61 pada ICOVEMAT dan 60 saat ICE-ELINVO. Herman menyatakan bahwa konferensi ini bertujuan untuk sharing pengalaman terkait pembelajaran selama era pandemi terlebih pembelajaran praktik yang mendapat tantangan cukup besar selama pandemi ini. Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. AIFO mengharapkan bahwa melalui forum ilmiah ini akan lahir terobosan , solusi dan inovasi dalam pembelajaran dalam masa pandemi maupun pasca pandemi.

Pembicara tamu pada sesi yang pertama adalah Assoc. Prof. Dr. Nirmal Nair dari University of Auckland, New Zealand yang memaparkan tentang Energy Communication Data Infrastructure through the lens of Zero Carbon Climate Change Adaptation and Natural Hazard Resilience dan Prof. Yu-Ren Wu, Ph.D. dari Department of Mechanical Engineering National Central University, Taiwan yang menjelaskan hasil penelitiannya tentang Innovative Gear Manufacturing Technologies.

Sesi kedua dihadirkan Hyungwook Choi dari National Agency for Administration City Construction, Republic of Korea (R.O.K) yang menjelaskan mengenai Korean New Administrative City, Sejong serta Prof. Slamet. PH, M.A., M.Ed, M.A., MLHR, Ph.D dari Universitas Negeri Yogyakarta yang membicarakan tentang Local Specificity-Based Learning in Vocational Education.

Categories: Berita Lain

Silver Medal pada WICE 2021

Tue, 2021-10-05 09:41

Kolaborasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang terdiri dari Ahzami Fadilah Akbar (Teknik Elektro), Intan Diah Kusuma (Pendidikan Tata Boga), Wulan Febrianingsih (Pendidikan IPA), Siti Vera Lestari (Pendidikan Matematika), Asma Nur Azizah (Sastra Inggris) berhasil meraih Silver Medal pada ajang World Invention Competition and Exhibition 2021 yang diselenggarakan oleh Young Scientist Association (IYSA) dan SEGi College Subang Jaya Malaysia. IYSA berkerjasama dengan  SEGi College Subang Jaya - Malaysia  mengadakan event ini sebagai platform pembelajaran yang tepat untuk membina para penemu muda berbakat yang aktif, kreatif, dan inovatif.

Ahzami menjelaskan bahwa pada ajang ini, Team BETA memaparkan karya yang berjudul "BETA Healthy Noodle as Staple Food Substitute for Diabetics". “Produk Beta Health Noodle ini berfungsi sebagai alternatif pengganti makanan bagi para penderita diabetes dimana produk ini lebih aman karena dibuat menggunakan bahan alami tanpa zat pengawet,” ujarnya.

Adapun cara penggunaan dari Beta Healthy Noodle sangat praktis, Beta Healthy Noodle dapat disajikan dalam bentuk mie kuah ataupun goreng. “Biji petai cina mengandung tanin, galaktomanan, dan flavonoid dimana kandungan tersebut mempunyai efek untuk menurunkan kadar gula darah dengan cara menghambat aktivitas glukosidase dan alfa amilase yang berperan dalam absorpsi pada membran brush border usus,” lanjutnya.

Kompetisi ini diikuti oleh elementary, secondary, university dari seluruh dunia dengan peserta lomba sebanyak 300 Teams dari 29 Negara. Kompetisi ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu seleksi administrasi dan final. Pada tahap seleksi administratif, para peserta diharapkan memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan mulai dari pengisian data yang diperlukan seperti penyerahan data diri, judul penelitian, abstrak penelitian lalu peserta yang memenuhi kriteria akan mendapatkan Letter of Accepptance (LoA) dari panitia via e-mail agar dapat melanjutkan pada babak selanjutnya berupa pemaparan karya yang ditawarkan kepada juri dan audiens di platform yang telah disediakan panitia.
 

Categories: Berita Lain

Pages