Subscribe to Berita FIK feed
Updated: 3 days 4 hours ago

PON XX Papua, Emas Pertama DIY diraih Mahasiswa FIK UNY

Thu, 2021-10-07 19:02

Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta patut berbangga, salah satu mahasiswa FIK UNY, Prima Wisnu Wardhana, berhasil meraih medali Emas pertama untuk DIY pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang dimulai sejak 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021. Wisnu bersama Baihaqi dan Frederico berhasil menaklukan Jawa Barat dan DKI Jakarta yang menempati posisi ke-2 dan ke-3. Mereka bertiga berhasil menjadi juara di Divisi Compound, yaitu Men Compound Team.

 

Pertandingan dilaksanakan 6 Oktober 2021 di Stadion Kampung Harapan Lukas Enembe. Stadion Lukas Enembe (sebelumnya dikenal dengan nama Stadion Utama Papua Bangkit) atau dikenal dengan Stadion Harapan adalah stadion sepak bola yang terletak di Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Stadion tersebut memiliki tampung lebih dari 40.000 penonton. Stadion ini menjadi lokasi utama penyelenggaraan PON PAPUA XX, juga dijadikan tempat untuk acara Pembukaan dan Penutupan Pekan Olahraga 15 Oktober nanti. (PD)

Tags: PON XX PapuaBerita FIK UNY 2021berita FIK 2021SDGs
Categories: Berita Lain

DIES FIK UNY ke-70 – Pendidikan Jasmani Berkarakter Mulia Untuk Indonesia Tangguh

Fri, 2021-10-01 14:17

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogykarta, berusia 70 tahun pada 1 Oktober 2021. Bukan usia yang muda lagi, bahkan telah matang secara umur. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, FIK UNY selalu melakukan pengembangan keilmuan dan kelembagaan melalui program studi yang ada dan pembukaan prodi baru sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu sesuai dengan VISI FIK, yaitu mewujudkan Fakultas Ilmu Keolahragaan yang unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan pada tahun 2025. MISI FIK melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, menyelenggarakan tata kelola yang baik, lingkungan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, juga bekerja sama dengan lembaga lain. Sebagai perwujudan visi misi tersebut, FIK memiliki semboyan SPORTIF dengan penjabaran Simpatik, Profesional, Optimis, Rasional, Takwa, Inovatif, dan Futuristik. Makna semboyan ini sebagai semangat juang dalam menjalankan aktivitas dan berkarya.

Upacara DIES diawali dengan Laporan Tahunan Dekan FIK, Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed., dimana selama Oktober 2020 hingga September 2021 telah melaksanakan program kerja dari bidang penelitian dan pengajaran, kondisi SDM FIK UNY yang terinci dalam daftar urutan kepangkatan dan pendidikan dosen juga staf tenaga kependidikan, bidang umum, administrasi, keuangan, bidang kemahasiswaan, serta bidang kehumasan dan kerjasama. Tema DIES kali ini adalah Pendidikan Jasmani Berkarakter Mulia Untuk Indonesia Tangguh

Rektor UNY, Bapak Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun mewakili keluarga besar UNY. Harapannya FIK UNY akan selalu kompak dan menjadi tenar lembaganya dan sejahtera warganya. Banyak harapan dan cita-cita untuk FIK UNY supaya lebih maju dari segi kelembagaan dan pendidikan. Hal ini akan terwujud dengan daya dan upaya dari seluruh unsur baik pimpinan, dosen, tendik dan mahasiswa. Dibukanya kampus di Gunungkidul merupakan salah satu bentuk ikhtiar, karena diharapkan disana nanti akan dibangun banyak fasilitas baik olahraga maupun yang mendukung pendidikan.

Sebagai pembicara DIES FIK UNY, adalah Drs. Wahyana. Beliau adalah alumni FIK UNY (dahulu IKIP Negeri Yogyakarta) yang memulai kuliah tahun 1983. Hal buruk dan hal baik pernah dirasakan selama kuliah, mulai dari kehilangan motor saat kuliah dibatalkan, dan juga dinyatakan lulus setelah Dekan saat itu melihat transkrip nilai sudah memenuhi SKS mata kuliah yang ditempuh. Sebagai Wasit Internasional, perjalanan panjang juga harus ditempuh oleh Drs.Wahyana, bermula dari seorang atlet Bolavoli yang harus terhenti karena cedera angkle, lalu diminta untuk menjadi hakim garis Bulutangkis di Kabupaten Sleman, mengikuti penataran  Wasit baik ditingkat Kabupaten Sleman, naik ke Provinsi, lalu ujian Nasional B dan selalu mendapatkan predikat lulusan terbaik. Setelah tahun 2006, diminta ikut ujian Wasit Nasional A yang ujian dan tes wawancaranya memakai bahasa Inggris, mulai saat itulah, beliau belajar seluk beluk perwasitan dalam bahasa Inggris. Usaha tak mengkhianati hasil, beliau lulus dan terus melaju hingga akhirnya mendapatkan sertifikat tertinggi perwasitan Bulutangkis, hingga bisa menjadi wasit di ajang olahraga paling bergengsi, Olimpiade.

Acara DIES diadakan secara hybrid, yaitu luring dan daring dihadiri seluruh unsur pimpinan UNY dan FIK juga tendik dan mahasiswa FIK. Acara yang diadakan secara luring dilaksanakan di Gedung Pelayanan Akademik (GPLA) FIK lantai III Ruang Sidang Utama. Rektor, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Pembicara DIES Drs. Wahyana, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Sekretaris dan Anggota Senat, Kajur – Sekjur Korprodi dan perwakilan mahasiswa hadir dan mengikuti secara khidmat. (PD)

Tags: DIES FIK UNY ke-7berita Dies 2021berita FIK UNY 2021Berita FIK 2021
Categories: Berita Lain

Yudisium September FIK UNY

Thu, 2021-09-30 14:53

Yudisium Fakultas Ilmu Keolahragaan bulan September 2021 dilaksanakan hari Jumat (30/9) secara daring. Sebanyak 54 mahasiswa dari 2 konsentrasi, yaitu Program magister dan Program Sarjana dari 5 prodi, yaitu: S2 Ilmu Keolahragaan sebanyak 14 mahasiswa, S1 PJKR sebanyak 20 mahasiswa, S1 PKO sebanyak 9 mahasiswa, S1 IKOR sebanyak 3 mahasiswa, S1 PGSD Penjas sebanyak 8 mahasiswa,total 54 mahasiswa.

Hadir sebagai pembaca ikrar almamater adalah Galang Qowiyyuridho, M.Pd. dari Prodi S2 Ilmu Keolahragaan. Ridho lulus dengan IPK 3,95 nyaris sempurna. Dia menyelesaikan studi S2 selama 2 tahun dan berencana melanjutkan S3 di Australia. Ridho seharusnya mengikuti Yudisium bulan Agustus lalu, namun karena satu dan lain hal, akhirnya dia harus rela mengikuti yudisium bulan September.

Dalam sambutannya, Dekan FIK UNY mengucapkan selamat dan sukses untyk seluruh peserta yudisium, ucapan terimakasih tak lupa disampaikan untuk seluruh orang tua/ wali mahasiswa karena telah mempercayakan pendidikan putra-putrinya di FIK UNY. Selain itu, Dekan menyampaikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi keolahragan berkembang dinamis, supaya tidak tergilas, mahasiswa perlu belajar dalam sebuah lembaga pendidikan yang kredibel. FIK UNY memberi hardskill kepada mahasiswa lewat kuliah, dan softskill melalui ekstrakurikuler dan PKL, juga memberikan pengetahuan yang memadai untuk meningkatkan kompetensi untuk masa depan. Bekerja atau menimba ilmu lagi, adalah pilihan lulusan, FIK UNY siap mengakomodasi keinginan mahasiswa yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, karena saat ini pilihan program studi sudah lengkap dengan adanya program Sarjana Terapan, Sarjana, Magister dan Doktor. UNY membuka kelas untuk Program Magister dan Doktor intake Februari, pengumumannya bisa dilihat di pmb.uny.ac.id. (PD)

Tags: Berita FIK UNY 2021berita FIK 2021
Categories: Berita Lain

FIK UNY AUDIENSI ke Kedaulatan Rakyat, ULTAH KR dan FIK UNY hanya terpaut 4 hari

Thu, 2021-09-30 12:09

Dalam rangka DIES FIK ke 70 yang dilaksanakan Jumat (1/10), Fakultas Ilmu Keolahragaan mengadakan audiensi ke Kedaulatan Rakyat, surat kabar harian yang terbit di Yogyakarta sejak 27 September 1945. Dekan yang di wakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan kerjasama Dr. Yudik Prasetyo M.Kes., didampingi Wakil Dekan Umum dan Keuangan Dr. Abdul Alim, M.Or., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Guntur, M.Pd., Ketua Jurusan PJSD Dr. Hari Yuliarto, M.Kes., Ketua Panitia DIES FIK ke-70 Riky Dwi Handaka, M.Or. dan Sekretaris Dekan Nur Sita Utami, M.Or.

 Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FIK UNY berharap Kedaulatan Rakyat dapat bekerja sama dengan mempromosikan FIK UNY khususnya dan bersama-sama mengembangkan Keolahragaan di DIY.

Audiensi yang dilaksanakan Senin (27/9) ini bertepatan dengan Ulang Tahun Kedaulatan Rakyat yang ke 76. Dalam kesempatan tersebut FIK UNY juga mengucapkan Slamat Ulang Tahun untuk KR. Diterima oleh Ibu Prof Inayah, Bapak Drs. Octo lampito, M.Pd., Ibu Yulia dan Ibu Fajar Kusuma Wardani. Lebih lanjut, Dr. Yudik Prasetyo menjelaskan agenda DIES FIK UNY ke-70 dengan tema “Pendidikan Jasmani Berkarakter Mulia untuk Indonesia Tangguh” dengan dilaksanakannya Upacara DIES FIK Jum’at (1/10), hingga Seminar Internasional YISHPESS dan CoIS yang akan diselenggarakan pada Sabtu (13/11). Untuk Upacara Dies sendiri akan mendatangkan Alumni FIK UNY yang berhasil menjadi Wasit Internasional di Olympiade Tokyo 2021, Drs. Wahyana. (PD)

Tags: Berita FIK UNY 2021berita FIK 2021
Categories: Berita Lain

Penerjunan PKL Prodi Ilmu Keolahragaan Pada Stakeholder

Thu, 2021-09-30 11:14

Sebanyak 48 mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta dari 4 konsentrasi, yaitu; adaptif, kebugaran, manajemen, dan terapi dilepas dalam acara Workshop Pengembangan Model Kerjasama Praktik Kerja Lapangan Antara Program Studi Dengan Pengguna Lulusan (stakeholder). Total ada 22 mitra dari konsentrasi kebugaran, terapi dan rehabilitasi fisik, aktivitas fisik adaptif dan manajemen olahraga yang menjadi stakeholder FIK UNY. Mahasiswa ini dilepas untuk kegiatan PKL ke mitra FIK diantaranya; Jogja Prime Plaza Hotel, NPC DIY, NPC Tangerang, Perigon Fitness Studio, Lampung Sport Health Center, Rumah Terapi Cedera Olahraga Pak Arif, Asrama Brimob B Mimika Papua, Dikpora Kabupaten Trenggalek, Akademi Safin Football Club, Disbudparpora Prov. Bangka Belitung, KONI DIY, KONI Sleman, Asosiasi Futsal Kabupaten Ciamis, Tirta Sport Center Lampung, BTC Gym, HSC Fitness Center Bengkel Pijat Mafaza Pak Eko, Jogja Sport Clinic, Klinik Terapi Plaza UNY dan beberapa mitra lainnya.

Acara yang dilaksanakan secara daring ini diselenggarakan Rabu (29/9) via zoom meeting. Hadir memberi sambutan dan membuka acara, Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed., dalam sambutannya beliau memberikan arahan bahwa PKL ada lah interaksi mahasiswa dengan dunia nyata dari segi perspektif profesi, sehingga akan menambah pengetahuan juga meningkatkan kompetensi yang ada.

Sebagai pembicara dalam Workshop tersebut, Dosen FIK sekaligus Koordinator PKL Prodi Ilmu Keolahragaan, Bapak Fatkurrahman Arjuna, M.Or. dan sebagai moderator adalah Sekretaris Jurusan Ilmu Keolahragaan, Bapak Dr. Sulistiyono, M.Pd. Dalam kesempatan tersebut, narasumber memberikan materi tentang PKL berupa nobservasi kegiatan lapangan untuk memperoleh gambaran kondisi, karakteristik dan norma yang berlaku di tempat PKL. Di tempat PKL nanti, mahasiswa merancang pembuatan program, melaksanakan program, memonitor pelaksanaan, mengevaluasi hingga akhirnya menyusun laporan.

Mahasiswa yang berangkat PKL tahun ini tidak semuanya datang secara fisik ke tempat mitra, beberapa diantara mereka hadir secara daring, namun tidak sedikit pula yang hadir secara fisik. Diharapkan mahasiswa mampu mengakomodasi keinginan dunia industri sekaligus meningkatkan kemampuan teknis, soft skills, mengasah kemampuan koordinasi, meresposn instruksi atasan, mendapatkan keterampilan baru serta mengaplikasikan pembelajaran yang telah didapatkan selama di Perguruan Tinggi di dunia industri dan masih banyak lagi. Lewat proses magang atau yang dikenal sebagai Praktik Kerja Lapangan, mahasiswa bisa mengetahui secara langsung proses bisnis yang berjalan di industri. (PD)

 

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021SDGsPKL
Categories: Berita Lain

PELATIHAN MASASE BAYI UNTUK POSYANDU BINAAN MENJADI WORKSHOP MENARIK DARI PRODI SARJANA TERAPAN PENGOBATAN TRADISIONAL INDONESIA

Mon, 2021-09-27 15:39

Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY dalam hal ini Program Studi Sarjana Terapan Pengobatan Tradisional Indonesia bekerja sama dengan Puskesmas Pengasih I, Wates, Kulonprogo, mengadakan acara Pengabdian Pada Masyarakat Institusional (PPM) Tahun 2021. Acara yang dilaksanakan mulai hari Senin - Kamis, (27-30/9) dilaksanakan secara daring. Acara ini dikemas menjadi workshop dengan tema “Pelatihan Masase Bayi untuk Posyandu Binaan UPT Puskesmas Pengasih 1 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta”.

Dalam kesempatan tersebut, materi teori disampaikan oleh Ibu Cerika Rismayanthi, M.Or., dan Ibu Rina Yuniana, M.Or. sedangkan materi praktik langsung disampaikan oleh Bapak Dr. Ali Satria Graha, M.Kes. Tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan keahlian kepada kader posyandu dan bidan dalam hal masase bayi di wilayah Puskesmas  Pengasih I, Wates, Kulonprogo.

Hadir dan memberikan sambutan Kepala Pengasih I, dr. Yusniar Ridani. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih  kepada FIK UNY, khususnya untuk jurusan Ilmu Keolahragaan, Prodi Sarjana Terapan Pengobatan Tradisional Indonesia, yang memberikan kesempatan Puskesmas Pengasih I untuk bisa belajar mengenal masase untuk bayi, beliau juga berharap setelah mengikuti workshop ini, peserta pelatihan ini bisa mentransfer ilmu supaya keahlian dapat berkembang dengan baik, sebagai penutup, dr. Yusniar berharap para kader-kader Posyandu menggunakan waktu sebaik-baiknya dalam workshop ini untuk menuju masyarakat Pengasih yang sehat, bugar dan mandiri. 

Sebanyak 30 kader Posyandu mengikuti acara ini dengan seksama, dimulai dari materi dari Ibu Cerika Rismayanthi, M.Or. tentang Anatomi dan Fisiologi pada Bayi. Dilanjutkan dengan materi Pengantar dan Pengenalan Masase pada Bayi oleh Ibu Rina Yuniana, M.Or. dan praktek masase pada bayi disampaikan oleh D. Ali Satria Graha, M.Kes. Dalam kesempatan tersebut dijelaskan manfaat masase bayi adalah untuk meningkatkan frekuiensi menyusu, meningkatkan berat badan bayi, membantu bayi berlatih relaksasi, membuat tidur lebih lelap dan lama, membuat ikatan / bonding dengan ibu / orangtua.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Dr. Guntur, M.Pd. sebagai wakil dari Fakultas membuka acara Workshop Pelatihan Masase Bayi ini dan memberikan arahan supaya acara ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan manfaat lebih bagi para Kader Posyandu. (PD)

 

 

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021D4 Pengobatan Tradisional IndonesiaSDGs
Categories: Berita Lain

TIGA MAHASISWA FIK UNY MENYABET EMAS PADA UNJ INTERNATIONAL VIRTUAL PENCAK SILAT CHAMPIONSHIP 2021

Thu, 2021-09-16 15:52

Tiga mahasiswa FIK UNY, menyabet medali emas pada International Virtual Pencak Silat Championship yang diadakan secara virtual oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Gelaran acara tersebut dilaksanakan secara daring pada 21-22 Agustus 2021 dengan Tema Rise The Spirit To Be Champion yang disiarkan secara live streaming Youtube.

Mahasiswa FIK yang mampu menorehkan medali emas Mereka adalah Muh. Abdul Haris dari Prodi PKO memenangkan kategori Tunggal Putra Dewasa, Lu’lu’ul Ilmi dari Prodi PKO memenangkan kategori Tunggal Putra Dewasa, dan Lindu Septiywati dari Prodi PKO memenangkan kategori Tunggal Putri Dewasa.

Sebanyak 6 Negara dan 190 kontingen dengan total 990 partisipan mengikuti gelaran tersebut, tujuan kegiatan ini salah satunya menjadikan Pencak Silat sebagai pemersatu bangsa dan antar bangsa dan untuk lebih mensosialisakian olahraga bela diri Pencak silat kepada masyarakat luar. Selain itu sebagai ajang menyalurkan minat dan bakat para pesilat meskipun dalam kondisi pandemic Covid-19, pesilat masih mampu menampilkan ketrampilan pencak silat. Dan yang terakhir sebagai motivasi dan minat pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum terhadap olahraga Pencak Silat. (PD)

Tags: Berita FIK UNY 2021berita FIK 2021PRESTASI FIK UNYSDGs
Categories: Berita Lain

MATA KULIAH SOSIOLOGI SEBAGAI IMPLEMENTASI MBKM FIK UNY DENGAN FPOK UPI

Tue, 2021-09-14 21:45

Fakultas Ilmu Keolahragaan melalui jurusan Ilmu Keolahragaan melaksanakan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merderka bekerja sama dengan FPOK UPI. Kegiatan dimulai pada hari Selasa, 14 September 2021, pada minggu pertama, acara dibuka dengan Workshop Pengembangan Model Kerjasama Kurikulum. Hadir sebagai pembicara adalah Ibu Mustika Fitri, M.Pd., Ph.D. Wakil Dekan III FPOK UPI dan pemateri Kuliah Sosiologi, Ibu Rina Yuniana, M.Or., dosen jurusan Ilmu Keolahragaan FIK UNY. 

Hadir dan memberikan sambutan, adalah Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FPOK UPI, Ibu Mustika Fitri, M.Pd., Ph.D., sebagai wakil dari jurusan IK FIK UNY, adalah Ketua Jurusan Ilmu Keolahragaan, Bapak Dr. Sigit Nugroho, M.Or. 

Dalam materinya, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan UPI sangat apresiasi dengan inisiasi FIK UNY yang mengaja FPOK UPI untuk bekerjasama menyukseskan MBKM, diharapkan MBKM akan terus dilaksanakan antara FIK UNY dan FPOK UPI secara berkesinambungan tiap tahunnya. Beliau sharing ilmu tentang awal mulanya mengawali Program MBKM di FPOK UPI sebagai Kaprodi. Beliau juga adalah Kaprodi yang paling aktif bekerjasama dengan Fakultas Keolahragaan lainnya di Indonesia.  

Senada dengan Ibu Mustika Fitri, Kajur Ilmu Keolahragaan FIK UNY, Bapak Dr. Sigit Nugroho, M.Or. berharap kerjasama ini mampu meningkatkan nilai tambah bagi masing-masing Fakultas. 

Dalam Workshop sekaligus Kuliah ini, Ibu Rina Yuniana, M.Or. menyampaikan materi tentang Sosiologi untuk mahasiswa FIK UNY sendiri dan mahasiswa FPOK UPI. Kuliah dalam rangka MBKM ini akan berlangsung selama delapan minggu. (PD) 

Tags: Berita FIK UNY 2021berita FIK 2021SDGsMBKM
Categories: Berita Lain

Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mempererat FIK UNY dan FPOK UPI

Tue, 2021-09-14 19:35

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta menjalin Kerjasama secara rutin setiap tahunnya dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sebuah program pemerintah yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti program perkuliahan di luar Fakultasnya sendiri.

Kali ini FIK UNY melalui Ketua Jurusan Ilmu Keolahragaan, Dr. Sigit Nugroho, M.Or. menggandeng FPOK UPI melalui Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Ibu Mustika Fitri, M.Pd. Ph.D. untuk mengadakan kelas bersama antara FIK UNY - FPOK UPI dalam mata kuliah Sosiologi Olahraga dan Biomekanika.

Acara pembukaan Kuliah dan sekaligus kegiatan Workshop Pengembangan Model Kerjasama Kurikulum ini dihadiri sejumlah pimpinan dan Dosen FIK UNY dan FPOK UPI juga mahasiswa dari dua Fakultas tersebut.

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua Jurusan Ilmu Keolahragaan FIK UNY, Dr. Sigit Nugroho, M.Or. mengatakan, tahun ini jurusan IK FIK UNY mendapatkan hibah untuk Kerjasama kurikulum di MBKM, maka dari itu, FIK UNY menggandeng FPOK UPI untuk melaksanakan kegiatan pertukaran mahasiswa, dosen - mahasiswa yang serumpun dan program magang. Dalam hal ini FIK UNY dengan Tim Task Force-nya yang diketuai Bapak Krisnanda Dwi Apriyanto M.Kes. bersama dengan Ibu Rina Yuniana, M.Or., Bapak Martono, M.Or., dan Ela Yuliana, M.Or. ikut mencari stake holder untuk kegiatan ini.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FPOK UPI, Ibu Mustika Fitri, M.Pd. Ph.D. menyambut baik ajakan dari FIK UNY dan bersemangat untuk menggalakkan MBKM khususnya di UPI. Karena sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, tidak hanya ide dan pendelegasian kepada orang lain, tapi juga menggandeng mahasiswa dan dosen untuk aktif bekerja sama.

Manfaat dari MBKM sendiri bisa dirasakan oleh kedua Fakultas ini, selain untuk pemeringkatan juga untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar Fakultas. Kerjasama sendiri tidak berhenti di pertukaran pelajar, dosen, dan magang, tapi juga bisa dalam bentuk Kerjasama artikel untuk Jurnal Internasional dan dapat pula pertukaran Dosen Penguji Ujian Skripsi. (PD)

Tags: Berita FIK UNY 2021berita FIK 2021MBKMSDGs
Categories: Berita Lain

Materi Penulisan Draft Publikasi, VP oleh Professor yang telah mempublikasikan 247 Scopus Paper

Fri, 2021-09-10 16:31

Fakultas Ilmu Keolahragaan, Prodi S3 Ilmu Keolahragaan mengadakan Visiting Professor dari UTHM atau Universiti Tun Hussein Onn Malaysia pada Jum’at (10/9), secara daring, acara ini dihadiri oleh Dosen Promotor dan Co-Promotor dari FIK UNY, juga mahasiswa S3 Ilmu Keolahragaan tahun pertama yang saat ini sudah menempuh 3 semester.

Professor yang didatangkan kali ini adalah Associate Professor Ts. Dr. Aida Mustapha, beliau sebenarnya adalah dosen di Departement Mathematics and Statistics, Faculty of Applied Sciences and Technology, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, spesialisasinya adalah Kecerdasan Buatan, namun, Prof. Aida Mustapha ini sejak tahun 2017 mendalami bidang Teknologi Olahraga, dan telah mempublikasikan 247 artikel Scopus dan masih terus akan bertambah.

Ilmu yang diberikan Prof. Aida selama 8 minggu ini adalah Penulisan Draft Publikasi, untuk minggu pertama pokok bahasan adalah Profiling and tools. Disitu dijelaskan bahwa untuk menulis Jurnal Scopus tidak boleh berdalih tidak memiliki kemampuan menulis dengan baik. Setiap ada bahan meskipun sedikit penyelidikan dan comparative studies, maka kita harus tetap menulis dengan baik, karena siapa tahu tulisan kecil kita ini akan membantu orang lain sebagai bahan pentingnya.

Dalam sambutan dan pembukaan acara ini, Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Wawan S. Suherman, mengucapkan terimakasih atas kesediaan Prof Aida untuk sharing ilmu di FIK UNY, sejak pertama program Visiting Profesor ini digulirkan dan mencari VP yang tepat, pilihan jatuh kepada Assoc. Prof. Ts. Dr. Aida Mustapha dari UTHM. Sebagai hasil akhir dari acara ini adalah, mahasiswa S3 Ilmu Keolahragaan bisa submit dan diterima di  Jurnal terindeks Scopus sebagai syarat kelulusan, mahasiswa setidaknya memiliki 2 artikel, yang pertama artikel Scopus dan kedua adalah artikel minimal terindex Sinta 2 atau bereputasi. Penulisan Draft Publikasi I ini diberikan kepada mahasiswa S3 di semester awal sebagai bekal supaya selesai kuliah, diharapkan mahasiswa sudah mempublikasikan artikelnya dan bisa menyelesaikan S3 tepat waktu atau bahkan lebih cepat. Dosen FIK juga bisa memanfaatkan program ini untuk berkonsultasi jika punya artikel yang akan di submit, pungkasnya. (PD)

Tags: SDGsBerita FIK UNY 2021Berita FIK2021VP 2021
Categories: Berita Lain

YUDISIUM Periode II Bulan Agustus 2021, Waktu Yang Tepat

Fri, 2021-09-03 10:21

Bulan Agustus ini sedikit berbeda dari bulan-bulan sebelumnya, karena FIK melaksanakan 2 periode Yudisium. Yang pertama 16 Agustus lalu, dan yang kedua inilah adalah waktu yang tepat untuk mahasiswa yang telah lulus untuk mempersiapkan studi lanjut.

Yudisium dilaksanakan daring, bahkan pimpinan Jurusan dan Prodi juga mengikuti kegiatan ini secara online, hanya Dekan dan Wakil Dekan juga petugas pelaksana Yudisium yang berkegiatan luring di GPLA FIK pada Sabtu (28/8).

Jumlah total peserta Yudisium 10 mahasiswa, mereka terdiri dari 2 mahasiswa Prodi S1 PJKR, 2 mahasiswa Prodi S1 PKO, 2 Mahasiswa Prodi S1 IK dan 4 mahasiswa dari Prodi PGSD Penjas. Semangat mereka mengikuti Yudisium cukup tinggi mengingat hanya jumlah kecil saja yang menjadi peserta Yudisium, namun tidak menyurutkan keinginan mahasiswa untuk segera menyelesaikan studinya.

Dalam sambutannya, Dekan FIK UNY, Prof. Wawan S. Suherman, M.Ed. mengajak kita semua untuk selalu bersyukur atas nikmat sehat yang Tuhan berikan hingga saat ini. Yudisium adalah akhir mahasiswa studi di UNY, diharapkan mahasiswa tidak langsung berpuas diri, namun tetap berusaha memantaskan dan memantapkan pengetahuan dengan studi lanjut lagi. UNY akan membuka Program Magister intake Februari sebentar lagi, diharapkan mahasiswa lulusan S1 bisa terus melanjutkan studi di FIK UNY. Tak lupa Dekan juga berterimakasih kepada para orangtua mahasiswa yang telah mempercayakan pendidikan putra-putrinya di FIK UNY hingga mereka lulus, pungkasnya. (PD)

Tags: Yudisium Agustus 2021berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021
Categories: Berita Lain

FIK Meluluskan 105 Wisudawan pada wisuda Agustus 2021

Fri, 2021-09-03 09:33

Pandemi Covid-19 masih saja bercokol di bumi Indonesia, membuat seluruh gerak dan usaha manusia terhambat, pun acara Wisuda yang dilaksanakan Sabtu, (28/8) masih dilaksanakan secara daring. Peserta Wisuda Agustus ini sebanyak 105 wisudawan dari 5 Prodi yang ada di FIK UNY.

S3 IK sebanyak 20 wisudawan, S1 IK sebanyak 3 wisudawan, PJKR sebanyak 40 wisudawan, PGSD Penjas sebanyak 27 wisudawan, dan PKO sebanyak 15 wisudawan.

Setelah prosesi di Auditorium UNY yang melibatkan seluruh wisudawan dari 7 Fakultas dan PPs, wisudawan diarahkan untuk bergabung dengan Fakultasnya masing-masing untuk diberikan ucapan selamat oleh Dekan dan pimpinan Fakultas masing-masing. (PD)

Tags: wisuda 2021Berita FIK UNY 2021berita FIK 2021
Categories: Berita Lain

PKKMB Program Magister dan Doktor, Pembiasaan Penulisan Artikel Kunci Sukses Kuliah

Sat, 2021-08-28 08:03

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY) mengadakan Pengenalan Kegiatan Kampus bagi Mahasiswa Kampus atau yang sering disingkat PKKMB, Jumat (27/8). Kegiatan PKKMB tahun ini masih diadakan secara daring, mengingat belum kondusifnya keadaan Pandemi Covid-19 dan masih dilanjutnya PKKM Level 4 di Yogyakarta.

PKKMB Program Magister dan Doktor FIK UNY diikuti total 147 mahasiswa baru. Mereka adalah insan muda terpilih yang berhasil menyisihkan ratusan calon mahasiswa baru lainnya di program Magister dan Doktor ini. Tercatat, sebagai mahasiswa baru dari S3 Ilmu Keolahragaan 32 orang, dari S2 Ilmu keolahragaan 37 orang, S2 Pendidikan Jasmani 42 orang, S2 Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar 20 orang, dan S2 Pendidikan Kepelatihan Olahraga sebanyak 16 orang.

Dalam acara tersebut juga diadakan Stadium Generale dengan pembicara Retor UNY, Bapak Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dengan tema “Mempersiapkan Magister dan Doktor Keolahragaan yang Unggul dan Inovatif pada Revolusi Industri 4.0”. Pembicara selanjutnya pada kegiatan tersebu adalah Dekan FIK UNY, Bapak Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. dengan tema “Arah dan Kebijakan Pimpinan FIK UNY dalam Membantu Mahasiswa Magister dan Doktor Tepat Waktu”.

Prof. Soni Nopembri, Ph.D. yang juga dosen sekaligus sekretaris Rektor UNY juga memberikan ilmunya kepada Mahasiswa Baru Program Magister dan Doktor FIK UNY dengan tema “Publikasi S2 dan S3 FIK UNY”. Pentingnya Publikasi saat ini bagi Mahasiswa S2 dan S3 sangatlah krusial, mengingat saat ini publikasi adalah syarat utama kelulusan, sehingga dapat dikatakan bahwa penulisan artikel adalah kunci sukse kuliah di S2 dan S3. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021
Categories: Berita Lain

PPKKMB Pogram Sarjana dan Vokasi, Aksi Satyakarta FIK UNY

Thu, 2021-08-26 13:10

Fakultas Ilmu Keolahragaan melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Program Sarjana dan Vokasi pada hari Kamis, 26 Agustus 2021 secara daring, mengingat pandemi Covid-19 masih belum enyah dari bumi Indonesia. 

Kegiatan ini diikuti sejumlah 749 mahasiswa baru dengan rincian, mahasiswa PJKR sejumlah 236 orang, mahasiswa PKO sejumlah 157 orang, mahasiswa IKOR sejumlah 108 orang, mahasiswa PGSD Penjas sejumlah 119 orang, DIV Pengobatan Tradisional Indonesia sejumlah 52 orang, DIV Usaha Rekreasi sejumlah 39 orang dan DIV Promosi Kesehatan sejumlah 38 orang. 

Panitia dari unsur mahasiswa berusaha menyiapkan acara sebaik mungkin, mereka beranggotakan 123 orang. Menyiapkan acara PKKMB ini sejak beberapa bulan yang lalu dan mematangkannya selama beberapa minggu ini. Diketuai oleh Dwiki Darmawan, mereka ingin Satyakarta muda FIK untuk bisa mampu mewujudkan generasi yang sportif.

Dalam sambutannya, Dekan FIK UNY mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung dengan FIK UNY yang merupakan kampus perjuangan, kebanggaan dan merupakan kawah candradimuka bagi mahasiswa khususnya mahasiswa baru FIK untuk menekuni bidang keolahragaan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bagian yang tak terpisahkan. Mahasiswa baru sudah selayaknya berbangga hati karena sanggup masuk menjadi mahasiswa FIK UNY dengan menyisihkan ratusan ribu calon mahasiswa yang ingin masuk ke FIK UNY. Diharapkan mahasiswa baru menjadikan ini sebagai awal perubahan untuk menempuh pembelajaraan untuk mewujudkan cita-cita besar, selain hard skill dari bangku kuliah, diperlukan soft skill yang bisa didapatkan dari Organisasi Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa, pergunakan kesempatan untuk persiapam diri menghadapi kehidupan yang penuh dinamika, pungkasnya.

Acara Stadium Generale akan diisi oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, yaitu Bapak Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes, setelah  itu dilanjutkan dengan Student Development Program. (PD)
 

Tags: Berita FIK UNY 2021berita FIK 2021PKKMB 2021
Categories: Berita Lain

Yudisium Mahasiswa FIK UNY Bulan Agustus

Mon, 2021-08-16 14:53

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Yudisium di pertengahan Agustus, tidak seperti biasanya, Yudisium dilaksanakan setiap akhir bulan. Hal ini dikarenakan mempermudah mahasiswa FIK UNY yang telah selesai menempuh masa studinya dan bisa mengikuti Wisuda Akhir Agustus nanti.

Yudisium dilaksanakan secara daring, dan hanya dihadiri Dekan, Wakil Dekan dan petugas Yudisium di lantai 3 GPLA. Sedangkan mahasiswa dan pimpinan Jurusan/ Prodi mengikuti secara daring. Yudisium kali ini dilaksanakan Senin, 16 Agustus 2021.

Sebanyak 29 mahasiswa  dari Prodi S2 Ilmu Keolahragan (1 mahasiswa), S1 PJKR ( 12 mahasiswa), PKO (4 mahasiswa) dan PGSD Penjas (12 mahasiswa).

Dalam sambutannya, Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. mengucap puji syukur karena civitas FIK UNY dan mahasiswa selalu diberikan kekuatan dan kesempatan untuk melaksanakan Yudisium, Dekan juga mempersilahkan mahasiswa untuk terus mengembangkan penidikannya dengan meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi, dan berharap peserta Yudisium Agustus ini dapat mengikuti Wisuda yang akan dilaksanakan UNY pada 28 Agustus 2021 nanti (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021yudisium 2021
Categories: Berita Lain

Merestorasi Lingkungan dengan Kampanye Green Campus - Pengelolaan Sampah Sistem Biopori

Mon, 2021-08-16 14:38

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman mengadakan acara Pelatihan Bela Negara Kemahasiswaan dengan Tema Kampanye Green Campus dengan Pengelolaan Sampah Sistem Biopori yang diikuti sebanyak 111 mahasiswa dari FIK UNY.

Acara yang digawangi oleh bidang 3 ini menghadirkan pembicara dari Dinas Lingkunan Hidup yaitu Bapak ARIF WIBOWO SKM., MM. dan dilaksanakan secara daring hari Senin, 16 Agustus 2021. Dihadiri oleh Dekan yang dalam hal ini diakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sekalius Ketua Panitia, Bapak Ibu Dosen Staff Ahli Bidang tiga, Manager Wismor, Pengurus Keluarga Mahasiswa Pascasarjana, DPM, BEM, Hima PJKR, PKO, IKOR, PGSD Penjas, UKMF AlHidayah dan UKMF Penelitian Koksma dan teman-teman Mahasiswa FIK UNY.

Dalam sambutannya Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama mengatakan, bahwa FIK UNY mendukung upaya Green Campus yang dicanangkan UNY beberapa tahun yang lalu. Tujuannya yaitu mewujudkan Kampus yang sehat, bersih, nyaman, teduh dan indah, dan kegiatan ini sendiri adalah implementasi dari IPTEK secara nyata di lingkungan kampus.

Latar belakang acara ini adalah karena air merupakan kebutuhan pokok untuk kehidupan bagi makhluk hidup dan karunia Tuhan YME. Bberkurangnya luasan area resapan air yaitu antara lain ruang terbuka, pekarangan, hutan, kebun, sawah, dan lain sebagainya. Berubahnya area resapan air menjadi kedap air/ perkerasan. Selain itu, meningkatnya jumlah penduduk, kecenderungan banjir di musim hujan dan kekeringan di musim kemarau, juga terjadinya limpasan air yang berlebihan. Karena permasalahan seperti itulah perlu adanya upaya konservasi dan rekayasa teknik, diantaranya SPAH Sistem Pemanfaatan Air Hujan, Biopori, embung, waduk dan kolam. (PD)

Tags: Berita FIK UNY 2021berita FIK 2021SDGs
Categories: Berita Lain

Pendidikan Jasmani yang Berkualitas dalam Workshop bagi Guru Penjas Orkes SMA/SMK se-DIY

Fri, 2021-08-13 10:37

Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia DIY dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY menyelenggarakan Workshop yang bertajuk “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Penjasorkes SMA DIY”.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta, Bapak Drs. Suhirman dan narasumber, yaitu Bapak Drs. Suhirman sendiri dan Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed. Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Bapak Soemaryoto, M.Pd. Ketua MGMP PJOK SMA Kota Yogyakarta dan Drs. Aris Priyantoro, M.Or. Koordinator Pengawas SMA Kota Yogyakarta.

Acara yang diadakan daring secara menyeluruh ini dihadiri oleh Wakil Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta, Dekan FIK UNY, para Wakil Dekan, Ketua Harian ISORI, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta, Koordinator Pengawas SMA Kota Yogyakarta, Ketua MGMP PJOK SMA Kota Yogyakarta, Pengawas SMA se-DIY sejumlah, Kepala Sekolah SMA se-DIY, dan Guru Penjasorkes SMA se-DIY, total jumlah peserta yang mengikuti acara secara daring ini adalah sejumlah 178 peserta.

Dalam sambutannya, Wakil Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan bahwa setiap Guru Penjas Orkes tingkat SMA/SMK khususnya untuk bisa meningkatkan Kompetensi , karena saat ini dalam masa pandemi, banyak yang hrus dibenahi dari segi pembelajaran dan kegiatan lainnya karena Olahraga perlu perhatian khusus, dimana semua kegiatan belajar mengajar saat ini dilaksanakan secara daring. Murid harus benar-benar paham juga mengerti secara rinci, detail dan terarah semua kegiatan dan teori olahraga, karena jika tidak murid akan mengalami cidera saat melakukan pembelajaran olahraga secara daring karena tidak didampingi guru olahraga. Tingkatkan kompetensi untuk mengajar jarak jauh, pungkasnya.

Peran dan tuntutan Guru Penjas Orkes dimasa Pandemi ini sangat berpengaruh dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, yaitu dengan mewujudkan Pendidikan Jasmani yang berkualitas. Dalam situasi luar biasa ini, Guru Penjas Orkes berperan untuk melaksanakan tercapainya tujuan pendidikan dan kesehatan bagi murid, memiliki tanggung jawab memastikan kesehatan murid secara fisik dan psikis, memberikan penguatan aktif kepada murid untuk mentaati protokol kesehata, guru juga diharapkan mengembangkan kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua dan siswa untuk membangun kepercayaan dan mendukung proses pendidikan.

Guru harus mempunyai kompetensi untuk meningkatkan kemampuan dan berinovasi, mencari jalan supaya siswa tidak bosan dengan pelajaran olahraga secara teori, namun tetap memperhatikan keselamatan anak ketika melakukan pelajaran praktek secara daring. Kemampuan ini membuat guru untuk berkembang dengan menyeimbangkan antara pengetahuan lama secara tatap muka dengan pengetahuan baru dengan mekanisme digital. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021workshop 2021
Categories: Berita Lain

Asesmen Lapangan S2 Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK

Thu, 2021-08-12 15:33

Prodi S2 Pendidikan Kepelatihan Olahraga melaksanakan Asesmen Lapangan daring pada 11-12 Agustus 2021. Asesmen Lapangan daring adalah proses pelaksanaan penilaian akreditasi progam studi atau perguruan tinggi yang dilakukan secara daring. Dalam keadaan normal, kegiatan asesmen lapangan dilakukan oleh asesor dengan mengunjungi lokasi Perguruan Tinggi dengan jadwal dan agenda kegiatan sesuai dengan ketentuan instrumen akreditasi yang digunakan.

Dikarenakan Pandemi Covid-19 masih belum mereda kondisinya dan diikuti dengan kebijakan physical distancing dalam rangka pencegahan penyebaran COVID–19, maka kegiatan Asesmen Lapangan (AL) tidak dapat dilakukan secara tatap muka. Sehubungan dengan itu, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN–PT) akreditasi yang dilaksanakan di FIK UNY dilaksanakan secara daring.

Hadir sebagai Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dalam Asesment Lapangan secara daring adalah Dr. Yudy Hendrayana, M.Kes. Dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Dr. Albadi Sinulingga, M.Pd. dari Universitas Negeri Medan.

Asesmen Lapangan oleh Prodi S2 Pendidikan Kepelatihan Olahraga ini diketuai oleh Prof. Dr. Tomoliyus, M.S. yang juga menjabat sebagai Koordinator Prodi S2 Pendidikan Kepelatihan Olahraga dan dibantu tim dari Dosen PKO.

Acara penting ini juga dihadiri para pejabat Universitas, diantaranya Rektor UNY, para Wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris LPMPP, Kepala Biro, selain itu dari FIK dihadiri Dekan, para Wakil Dekan, Kajur dan Sekjur Ilmu Keolahragaan, Koordinator Prodi S2 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Ketua dan sekretaris Penjaminan Mutu Fakultas, Staff Ahli, para Dosen PKO, dan juga perwakilan Mahasiswa S3 Ilmu Keolahragaan, disamping itu, pada hari kedua akan dihadirkan Ketua Laboratorium, pemerintah swasta dan orang tua mahasiswa.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Bapak Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. merasa bersyukur atas kehadiran dua Asesor secara daring yang sekaligus tetap menjaga silaturahim antara UNY, UPI dan UNIMED juga berharap adanya arahan untuk memajukan tata kelola khususnya Prodi S2 PKO. Setelah dibukanya S2 PKO di UNY, animo dari para alumnus sangat banyak, diantaranya adalah atlet mantan U19. Jurusan Pendidikan Kepelatihan juga sudah mulai lengkap dengan adanya Prodi D4 dan S2. Selain itu, di Prodi S1 PKO selain terdapat kelas paralel, adapula kelas beasiswa unggul. Dalam penutupnya, Rektor UNY juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada para dosen yang telah bekerja keras untuk berkomitmen tetap mengawal lembaga ini menjadi lembaga yang kredibel dan berkualitas. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021AL daringVisitasi PKO
Categories: Berita Lain

FIK UNY Kembali Bersinergi dengan PSSI

Fri, 2021-08-06 14:57

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai sejarah tersendiri dengan PSSI, dimulai dari beberapa tahun yang lalu dimana anak-anak U-19 asuhan Coach Indra Sjafri berlatih setiap harinya di Lapangan Stadion Atletik UNY dan akhirnya mendapatkan gelar juara AFF tahun 2013.

Bak Gayung bersambut, PSSI mengajak FIK UNY untuk kembali bekerjasama, mempererat tali persaudaraan dalam banyak hal. Dalam pertemuan secara daring melalui Zoom Meeting pada hari Jum’at (6/08), dan dihadiri oleh Dekan, para wakil Dekan, seluruh kajur dan sekjur, dan para Korprodi S2. Dari Pihak PSSI ada Coach Indra Sjafri yang merupakan Direktur Teknik, Lexy dari Departemen Legal, Danur Windo dari Teknik Advisor, Yeyen Tumena dari Coach Education, Mundari Karya dari Youth Development, Papat Yunisal dari Women Football, Aldi dari Grassroot, Barry Sidik dari Pengembangan Asprof, dan Riski Aldi dari Sekretaris Departemen Teknik.

Dalam sambutannya, Dekan FIK UNY, Prof. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. menyambut baik adanya pembaharuan kerjasama antara FIK UNY dan PSSI, dan mempersilahkan anak-anak asuhan PSSI under 19 untuk bisa melanjutkan kuliah di FIK UNY seperti halnya Yanto Basna dan kawan-kawan dulu.

Sedangkan Indra Sjafri mengatakan bahwa PSSI membutuhkan institusi Universitas untuk terus bekerjasama dalam hal Sport Science, karena pengembangan dunia Sepakbola tidak melulu dari tekniknya saja, tapi harus ada campur tangan dari akademisi dalam hal ilmu pengetahuannya. Diharapkan pula penyelenggaraan kompetisi Liga Mahasiswa dapat dilakukan dalam waktu dekat.

Sie Teknis Advisor, Danur Windo mengatakan, jika ingin kompetitif, banyak yang harus dikerjakan, ada tiga ujung tombak yang mempengaruhi, yaitu youth development, coach education, dan youth competition. Ketiga rencana tersebut akan diimplementasikan dengan baik dengan adanya dukungan pemerintah, PSSI dan akademisi.

Sedangkan Coach Yeyen mengemukakan bahwa regenerasi instruktur, pelatih harus banyak ditingkatkan karena saat ini masih banyak instruktur yang berusia lebih dari 50 tahun, sehingga regenerasi instruktur sangat diperlukan, dengan adanya perguruan tinggi jurusan olahraga, maka banyak kemungkinan bahwa regenerasi akan terwujud, hanya diharapkan memperbanyak kursus latihan, dimana kursus latihan ini dapat dimasukkan kedalam kurikulum pendidikan di perguruan tinggi. Sehingga saat mahasiswa telah lulus dari Perguruan tinggi, paling tidak, mereka telah mengantongi sertifikat pelatih.

Banyak ide dan saran yang terangkum di dalam Forum Group Discussion Konversi Kepelatihan Sepakbola kerjasama FIK dan PSSI. Diharapkan dalam waktu dekat, keduanya telah mengantongi MoU yang akan dilanjutkan dengan MoA dan implementasi kerjasama. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021PSSI dan FIK UNYkerjasama
Categories: Berita Lain

Berkurban dalam Pandemi di Perayaan Idul Adha

Thu, 2021-08-05 11:34

Ritual Kurban pada perayaan Idul Adha, memiliki makna simbolik, dimaksudkan bahwa dengan berkurban, umat muslim menunjukkan kesediaan untuk menyerahkan harta paling berharga demi Allah SWT.

Kegiatan berkurban dilaksanakan setiap tahun di Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta. Namun berbeda dari tahun sebelumnya, meskipun dalam masa Pandemi, tahun 2020 kemaren, Kurban masih dilaksanakan secara penuh dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Namun tahun 2021 ini, kegiatan kurban di FIK UNY sedikit berbeda, hewan kurban tidak disembelih seperti biasa di FIK, namun dibawa ke tempat pemotongan hewan supaya menghindari adanya kerumunan. Setelah dari pemotongan hewan, hewan kurban dipisahkan antara jeroan, tulang dan dagingnya, barulah kemudian dibawa ke FIK UNY untuk selanjutnya ditimbang dan dibagi sesuai berat dan jumlah yang telah ditetapkan.

Pembagian dan pendistribusian hewan kurban dilaksanakan di tempat terbuka, yaitu bertempat di Sebelah utara GOR UNY, selain luas dan rindang, tempat ini representatif disaat Pandemi ini.

Penerima hewan kurban selain sohibul kurban sendiri, adalah seluruh warga FIK UNY yang terdiri dari Dosen dan karyawan, ditambah beberapa mahasiswa yang memang berada di lingkungan Asrama Mahasiswa FIK UNY. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021idul adha 2021
Categories: Berita Lain

Pages