Prodi PLS FIP UNY menjalin Silaturahmi dan Kerjasama dalam FIP JIP 2021

Tue, 2021-11-30 10:14

Kegiatan Forum Ilmu Pendidikan Jurusan llmu Pendidikan 2021 (FIP JIP 2021) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (FIP UNJ) di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, 9 s.d 11 November 2021, mengambil tema “Optimizing the Implementation of “Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program” for Bright, Professional, Insightful in Education, Religious, and Patriotic Graduates”. Kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi, berkoordinasi dan komunikasi untuk melakukan kerjasama Antar Prodi/Jurusan, salah satunya yaitu Jurusan Pendidikan Luar Sekolah.

Forum Jurusan PLS/PNF/PENMAS FIP-JIP 2021 ini didukung dan diikuti oleh belasan Ketua program Studi S1 maupun S2 dari pelbagai Prodi dari 12 LPTK Negeri, yaitu Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Malang ( UM), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Negeri Medan (UNIMED), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Negeri Makassar ( UNM), Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Manado (UNIMA), dan Universitas Neger Makassar (UNM).

Salah satu agenda yaitu melakukan kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu kerjasama dalam Bidang pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, penelitian, Pengabdian, Pengelolaan Jurnal dan kegiatan-kegiatan akademik lain yang dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di Perguruan Tinggi dan kegiatan penandatanganan Program Kerjasama (PKS) Prodi PLS FIP UNY dilakukan bersama Dr. Zulkarnain (Kaprodi PLS FIP UM), Dr Asep Saepudin (Ketua Jurusan PENMAS FIP UNY, Dr. Mintarsih, Arbarini, M.Pd (Ketua Jurusan PLS FIP UNNES), Dr. Ismaniar, M.Pd (Ketua Jurusan PLS UNP), Dr. Kartini Marzuki, M.Pd (ketua Jurusan PLS UNG) dan lain-lain. Tahun 2022 merupakan awal dari Implementasi dari PKS yang telah disepakati. (Puj)

Categories: Berita Lain

Keren! 3 Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah UNY Mengikuti Program Pejuang Muda Kementrian Sosial RI

Fri, 2021-11-05 14:03

Sebanyak 11.109 mahasiswa di seluruh Indonesia mendaftar program pejuang muda dari Kementrian Sosial RI dan hanya sebanyak 5.140 mahasiswa yang lolos di seleksi akhir. Proses seleksi dimulai dengan seleksi berkas yang mana peserta diharuskan untuk mengumpulkan CV, portofolio, transkip nilai dan essay dengan tema kewirausahaan sosial. Mahasiswa yang lolos seleksi berkas selanjutnya melakukan seleksi LGD (Leaderless Group Discussion). Dari 3 mahasiswa Pendidikan luar sekolah UNY yang mendaftar, semuanya dinyatakan lolos yaitu Aulia Nishful Laila, Lilik Novitasari dan Nurul Nur Khasanah. Penempatan mereka pun tersebar di Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kalimantan.

Program ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung di lapangan, adapun tugas pejuang muda yaitu melakukan verifikasi dan validasi data KPM dan melakukan proyek sosial guna mengentaskan kemiskinan.

Dikutip dari situs Kemensos RI, Pejuang Muda adalah laboratorium sosial bagi para mahasiswa mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya untuk memberi dampak sosial secara konkret. Melalui Program setara 20 SKS ini, mahasiswa akan ditantang untuk belajar dari warga sekaligus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, pemuka masyarakat, tokoh agama setempat serta seluruh stakeholder penggerak sosial di daerah.

Program Pejuang Muda kolaborasi Kementerian Sosial dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) diluncurkan Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagai bagian dari upaya percepatan pengentasan masalah sosial di Indonesia, secara virtual pada Jumat (17/09). Beliau menyampaikan bahwa "Program ini nantinya memiliki fokus social entrepreneurship (kewirausahaan sosial). Mahasiswa diberikan kesempatan mencari pengalaman di lapangan secara langsung ke daerah prioritas yaitu daerah pascabencana, daerah kantong-kantong kemiskinan, daerah Komunitas Adat Terpencil (KAT) di seluruh nusantara. (lai/nov/dur/dik)

Categories: Berita Lain

Praktik Inovasi Pendidikan Non Formal

Wed, 2021-11-03 14:37

Mahasiswa Magister Pendidikan luar Sekolah, Dian Kurnia Muldani, Minggu 31, Oktober 2021, menyelenggarakan Praktik Inovasi Pendidikan Non Formal berupa pelatihan dengan mengangkat tema Optimalisasi Sosial Media Dalam Digital Marketing untuk pelaku usaha mikro, dan Organisasi Kemasyarakat se-Kecamatan Bojongasih, Kab Tasikmalaya, Jawabarat di aula Kecamatan Bojongasih, Wakil Karangtaruna Kab Tasikmalaya, Lutfi Hizba Rusdia, dalam sambutannya mengulas pentingnya digitalisasi dalam berorganisasi maupun berusaha. “Sekarang adalah era Revolusi Industri 4.0, mau tidak mau kita harus bisa ngigelan jaman untuk bisa mensejajarkan dengan daerah lain dakrena hal ini berdampak pada IPM di wilayah Tasikmalaya.

Dalam pelatihan tersebut, Instruktur utama dari Mahasiswa Program Magister Pendidikan Luar Sekolah, FIP - UNY, Dian Kurnia Muldani dan di dampingi oleh instruktur pendamping dari pegiat Wisata Kab Tasikmalaya, Hilmi Gunawan SE. Kang Dian, sapaan akrab instruktur dalam pelatihannya menyampaikan materi berupa; Sosial Media dan Marketplace, Strategi Penjualan Online, Copywriter, Pengambilan foto & video untuk penjualan online. Sebagai founder Tasikmalaya Update, Usaha Mikro D-Cling dan Youtuber, Dian dalam pelatihannya menghubungkan materi pelatihan dengan beberapa contoh keberhasilan penggunaan sosial media untuk mengambil perhatian dari costumer secara empiris.

Pelatihan ini diikuti oleh pengusaha mikro, Pergerakan Relawan Kemanusiaan Indonesia, Karangtaruna, KNPI, Gibas, Pemuda Pancasila, yang berada di wilayah Kecamatan Bojongasih, Kab tasikmalaya. Bangbang salah satu pesertanya, merasa senang, bisa mengikuti kegiatan pelatihan ini, “Materinya bermanfaat pisan”, kesannya. Bangbang berharap pelatihan terus diadakan untuk memberikan motivasi dan kemampuan bagi pelaku bisnis di Bojongasih setiap bulan. Pendapat lain disampaikan oleh Ketua karangtaruna Kec. Bojongasih Wawan Rusmawan Effendi “Diharapkan para intelektual bisa lebih sering turun ke masyarakat untuk menggali potensi sekaligus mendampingi untuk dikembangkan”. (tim)

Categories: Berita Lain

Prodi PLS FIP UNY menjadi prodi PNF yang unggul di tingkat ASEAN

Wed, 2021-09-29 13:43

Selasa 21 September 2021, Melalui kegiatan Temu Orangtua/Wali Mahasiswa Baru tahun 2021 secara daring, Kajur Prodi PLS FIP UNY, Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd. menyampaikan bahwa visi misi dari Prodi S1 PLS FIP UNY yaitu pada tahun 2025 menjadi Prodi PNF yang unggul di tingkat ASEAN. Untuk mewujudkan visi misi tersebut, salah satu upaya yang dilakukan oleh Prodi PLS FIP UNY adalah dengan memiliki Akreditas A dan akan ditingkatkan menjadi predikat unggul. Penjajagan kerjasama baik lingkup regional, nasional maupun internasional juga mulai menjadi prioritas Program Prodi PLS. Ada beberapa kerjasama yg dimiliki oleh prodi PLS, seperti yag dipaparkan Kajur, antara lain kerjasama dengan KemkumHAM DIY, SKB di D.I.Yogyakarta, pertukaran mahasiswa kampus merdeka dengan universitas lain, visiting profesor dengan universitas luar negeri, dan lain sebagainya.

Dr. Sujarwo, M.Pd. selaku Dekan FIP UNY yang hadir dalam kegiatan Temu Orangtua/Wali tersebut mengatakan bahwa untuk mendukung program maupun visi misi Prodi, Fakultas berusaha memfasilitasi mahasiswa untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam pembelajaran. Disampaikan pula bahwa ada tiga sasaran perguruan tinggi itu berkualitas dengan baik, salah satunya yaitu jika mahasiswa lulus cepat. Untuk peningkatan layanan akademik, fakultas berusaha selama pandemi selalu berbenah untuk melayani mahasiswa dengan baik dan menciptakan lingkungan kampus dengan nyaman. “FIP juga memfasilitasi untuk merdeka belajar banyak kegiatan yang disiapkan di Prodi PLS untuk beradaptasi dengan masyarakat dan memberdayakan masyarakat”, paparnya.

Selain itu, dalam kegiatan Temu Orangtua/Wali Mahasiswa tersebut Arif Wijayanto selaku Pendamping Mahasiswa Prodi PLS menyampaikan bahwa mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan serta keterampilan lifeskill melalui kegiatan non akademik yaitu melalui partisipasi dalam kegiatan kemahasiswaaan, seperti HIMA (Himpunan Mahasiswa) maupun unit kegiatan mahasiswa lainnya. Organisasi di jurusan PLS ada dua yaitu HIMA PLS dan DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi). HIMA PLS merupakan organisasi di tingkat jurusan untuk mewadahi mahasiswa PLS. HIMA PLS memiliki 6 bidang yaitu pengembangan ilmu dan studi, PSDM, Kominfo, Public relation, seni dan olah raga, kewirausahaan. Kegiatan tahun 2021 sudah terlaksana 80% terlaksana. “Manfaat mengikuti organisasi adalah mahasiswa dapat memanajemen waktu, proplem solving, mendapatkan relasi, dan dapat memanajemen program”, tutupnya

Di akhir kegiatan Dr. Entoh Tohani selaku Sekjur PLS berharap dengan adanya kegiatan Temu Orangtua/Wali ini akan terjalin komunikasi serta silaturahmi yang baik antara Prodi dengan Orangtua/Wali sehingga dapat memperlancar proses belajar mahasiswa dalam menempuh studinya. (Dik/Rit/BKA)

Categories: Berita Lain

Pelatihan Budidaya dan Pengolahan Pasca Panen Tanaman Serai Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Wirausaha Perempuan Dusun Samen, Sumbermulyo, Bambanglipuro

Wed, 2021-08-18 14:34

Pada tanggal 13 Juni 2021 kelompok dosen PLS FIP UNY yang diketuai oleh Dr. Entoh Tohani, M.Pd. melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di dusun samen, sumbermulyo, bambanglipuro. Kelompok dosen PLS FIP UNY yang beranggotakan 4 orang (Drs. Hiryanto, M.Si,; Lutfi Wibawa, M.Pd,; Arif Wijayanto, M.Pd,; Akhmad Rofik, M.Pd.) mengusung judul pengabdian “Pelatihan Budidaya dan Pengolahan Pasca Panen Tanaman Serai Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Wirausaha Perempuan Dusun Samen, Sumbermulyo, Bambanglipuro”. Harapanya dengan adanya kegiatan pengabdian ini, warga perempuan di dusun samen dapat berwirausaha dengan memanfaatkan potensi lokal berupa tanaman serai.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan selama 1 hari dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB dirumah ketua kelompok serai. Acara dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua kelompok serai dilanjutkan kepala dusun samen dan sambutan terakhir disampaikan oleh perwakilan dari kelompok PPM Dosen FIP UNY. Semua pihak sangat mengapresiasi adanya kegiatan pelatihan ini dikarenakan sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat dusun samen pada saat pandemic. Setelah sambutan dilanjutkan acara berikutnya yaitu pemberian materi oleh narasumber, tanya jawab, dan penanaman tanaman serai serta diakhiri dengan penutup.

Materi yang diberikan pada pelatihan ini adalah penyadaran berwirausaha, pemanfaatan lahan, dan pengolahan tanaman serai. Materi penyadaran disampaikan oleh Bpk. Akhmad Rofik, M.Pd. dengan memberikan beberapa penjelasan terkait dengan kiat-kiat berwirausaha dimasa pandemic. Dilanjutkan dengan narasumber inti yaitu Bpk. Sunaryanta yang memberikan materi terkait pemanfaatan lahan dan pengolahan tanaman serai menjadi beberapa produk yang bernilai ekonomi. Setelah pemberian materi, peserta diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan narasumber.

Pada sesi tanya jawab para peserta terlihat sangat antusias untuk menanyakan sesuatu terkait materi yang diberikan. Selain bertanya, peserta juga melontarkan berbagai masukan terkait tindak lanjut yang akan dilakukan pasca pelatihan. Salah satu peserta mengusulkan supaya diadakan kunjungan ke tempat produksi pengelolaan pasca panen tanaman serai supaya bisa melihat secara langsung proses prosuksinya. Harapanya para peserta nantinya cepat untuk dapat memproduksi sendiri jika sudah memiliki alatnya. Peserta lain mengusulkan supaya dibentuk kelompok usaha sehingga dapat terorganisir dengan baik nantinya.

Masukan atau usulan dari peserta ditangkap dan ditanggapi dengan positif oleh ketua kelompok masyarakat dan kepala dusun samen. Nantinya akan diadakan diskusi internal terkait beberapa hal yang disampaikan oleh peserta. Narasumber juga menganggapinya dengan positif, beliau siap untuk dikunjungi asalkan tidak melanggar protocol Kesehatan dan sebelumnya janjian terlebih dahulu waktu dan tanggalnya mengingat jadwal yang padat. Acara berikutnya yaitu penanaman serai dipimpin oleh ketua kelompok PPM dosen PLS Dr. Entoh Tohani, M.Pd yang sebelumnya didahului dengan pemberian tanaman serai kepada masyarakat secara simbolis.

Harapanya, hubungan antara masyarakat dusun samen, narasumber dan kelompok pengabdian dosen PLS FIP UNY dapat terus bersinergi sampai dengan tujuan tercapai. Tindak lanjut dari kegiatan ini secara nyata adalah dengan melakukan kordinasi secara periodic dengan kelompok sasaran dan pihak-pihak terkait untuk mengawal terealisasinya tujuan dari kegiatan ini. Seperti yang sudah disebutkan bahwa tujuan akhir dari kegiatan ini adalah masyarakat dusun samen dapat mandiri dalam berwirausaha dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada di dusun samen. (Arf/Rof)

Categories: Berita Lain

WEBINAR TEMU ALUMNI PLS 2021

Wed, 2021-08-18 14:32

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan acara Webinar Temu Alumni secara daring pada hari Sabtu tanggal 31 Juli 2021. Acara ini dilaksanakan mulai pukul 08.30 – 13.00 WIB melalui platform zoom meeting dengan jumlah peserta yakni lebih dari 500 orang yang berasal dari alumni PLS FIP UNY mulai dari angkatan 1990 – 2017. Acara Webinar ini berjudul “Reaktualisasi Peran Alumni PLS/PNF Berjejaring Membangun Negeri di Masa Pandemi”. Tujuan acara ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar alumni PLS sekaligus menambah relasi kerja dalam lingkup PLS/PNF. Acara Webinar ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Bapak Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. AIFO. serta disambut langsung oleh Dekan FIP UNY Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd. Beliau sangat mengapresiasi dan mendukung acara ini serta berharap terjalin silaturahmi serta kerjasama yang saling mendukung antara Perguruan Tinggi dengan alumni PLS yang ada di berbagai macam instansi baik pemerintah maupun non pemerintah.

Acara Webinar ini dibagi menjadi dua sesi, dimana sesi I bertemakan “Kontribusi PLS dalam Masyarakat” dan sesi II bertemakan “Urgensi Kolaborasi antar Alumni PLS”, yang disampaikan oleh satu keynote speaker dan lima pemateri, beliau antara lain:

Dr. (HC) Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. (Menteri Desa PDTT) sebagai keynote speaker

Sesi I:

Prof. Dr. Yoyon Suryono, MS. (Guru Besar PLS FIP UNY) membawakan materi “Peran Alumni PLS di Masa Lalu, Masa Kini, dan Masa Depan”

Dra. Lilik Umi Nasriyah, M.Pd. (Alumni PLS 1980) membawakan materi “Pemberdayaan Masyarakat”

Sesi II:

Sunardi, S.Pd. (Alumni PLS 2001)

Nanang Kristanto, M.Pd. (Alumni PLS 2007)

Gus Malik, S.Pd., MM. (Alumni PLS 2012)

 

Semangat dan antusias para peserta webinar sangatlah besar. Hal ini terlihat dari keaktifan para peserta dalam bertanya kepada para pemateri. Harapannya semoga acara ini bisa mempererat tali silaturahmi sekaligus kerjasama baik dalam dunia pendidikan maupun non pendidikan, serta dapat memberikan lapangan kerja bagi calon lulusan PLS di masa yang akan datang. (Adn)

 

Categories: Berita Lain