Subscribe to Berita BK FIP feed
Updated: 6 days 4 hours ago

Jalin Persahabatan dan Berbagi Lewat Kegiatan E-Sport x Charity HIMA PPB FIP UNY 2021

Thu, 2021-11-18 12:14

Olahraga online atau disebut E-Sports pada masa ini cukup diminati dan menjadi salah satu peluang profesi baru. Banyak professional player yang lahir dan sukses dalam bidang ini. Eksistensi E-Sports di Indonesia dibuktikan dengan muncul dalam eksibisi E-Sports Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021. Untuk mewadahi mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat di bidang E-sport dan juga membangun persahabatan antar mahasiswa, Hima PPB FIP menggelar kegiatan E-Sport x Charity. Kegitan ini sekaligus mengajak untuk berbagi dengan sesama lewat kegitan donasi. Adapun pilihan E-Sports yang di turnamenkan adalah PUBG-Mobile dengan sasaran peserta mahasiswa umum.

Kegiatan E-Sport x Charity diawali dengan Technical Meeting dan Drawing Group pada Minggu, 31 Oktober 2021, dengan menggunakan platform zoom meeting. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan peserta dapat memahami setiap penjelasan yang telah diberikan oleh panitia sebelum pertandingan dilaksanakan. Kegiatan ini berlangsung pukul 08.30 WIB dan berakhir pukul 11.55 WIB. Acara dibuka oleh Master of Ceremony (MC) yaitu Shanis Fairuz, dilanjutkan dengan TM kemudian Drawing Group oleh panitia yang bertugas yaitu Sie Pertandingan yang menjelasakan terkait GuideBook dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Sabtu, 06 November 2021 merupakan acara puncak turnamen pertandingan PUBG-Mobile. Pertandingan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform aplikasi Game PUBG yang disiarkan Live Streaming YouTube. Pada pertandingan ini, para peserta diharapkan bertanding secara suportif, dapat menambah keakraban antar pemain dan juga dapat mengambil manfaat dari apa yang telah diikuti dalam sesi pertandingan tersebut. Pertandingan ini dibersamai oleh 2 orang Caster yaitu Wahid Sangaji dan Reyhan Alif yang merupakan mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling UNY. Pertandingan berjalan dengan seru karena para pemain berusaha memperebutkan juara pertama. Pemenang Juara 1 diraih oleh tim “Explosive Huft”, diikuti dengan juara 2 oleh tim “Metwen”, dan juara 3 diraih oleh team “Fake”. Top Kill pertandingan ini diperoleh team “Explosive Huft”.

Selanjutnya Minggu, 07 November 2021, kegiatan Charity PPB FIP UNY dilaksanakan pukul 10.00 WIB diikuti oleh 6 orang panitia. Kegiatan Charity merupakan kegiatan memberikan hasil donasi kepada Panti Asuhan Mertoyudan Magelang. (Melina/ Wid)

Categories: Berita Lain

HIMA PPB FIP UNY menyelenggarakan Webinar Nasional 2021 : What Happen to Me and What Should I do? “Yuk, Memupuk Kesadaran Diri terhadap Kesehatan Mental Kita”

Thu, 2021-11-18 10:38

Himpunan Mahasiswa Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta pada hari sabtu, 30 Oktober 2021 menyelenggarakan Webinar Nasional 2021 secara daring melalui platform zoom meeting. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh masyarakat umum sebagai peserta dan dihadiri juga oleh Wakil Dekan Kemahasiswaan dan Alumni Bapak Dr. Joko Pamungkas, M.Pd.dan Ketua Jurusan PPB FIP UNY Bapak Dr. Sigit Sanyata, M.Pd.

Kegiatan ini menghadirkan dua pemateri, pemateri petama yaitu I Made Suri Pandhu, seorang penyintas Anxiety Disorder Survivor dan Founder KegelisahART. Beliau memberikan materi tentang mental illness atau gangguan mental yang merupakan perilaku dan emosional yang menyulitkan seseorang untuk beraktivitas, berpikir, bersosialisasi, dan berkurangnya rasa percaya diri. Gangguan mental ditandai dengan cemas berlebihan, menutup diri dari sosial, rasa putus asa, dan perubahan kepribadian. Secara umum gangguan mental terjadi karena genetik dan lingkungan. Beliau juga menyampaikan “rumus bangkit” yang menjadi kuncinya yaitu konsisten dan percaya diri. Rumus pertama yaitu identify dengan mencari akar masalah lalu mencoba untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah tersebut. Kedua, set a goal dengan menetapkan tujuan dan impian secara tulis dan menghindari hal toxic. Ketiga, action dengan mengubah pola hidup menjadi lebih positif dan produktif walaupun sedikit demi sedikit. Terakhir, measurement dengan mengukur progress dari diri kita.

Pembicara kedua yaitu Retno Utari, M.Psi., yang merupakan psikolog klinis yang menyampaikan materi tentang sehat mental yaitu keadaaan sejahtera dimana setiap individu bisa mewujudkan potensi mereka sendiri. Sedangkan masalah kesehatan mental didefinisikan sebagai masalah yang berhubungan dengan gangguan suasana hati, perilaku, pemikiram, atau cara seseorang berinteraksi dengan orang lain. Masalah kesehatan mental yang terjadi di Indonesia yaitu stigma yang kurang tepat mengenai masalah kesehatan mental akan membuat seseorang bungkam terhadap masalah yang dialaminya, kurangnya pengetahuan mengenai kesehatan mental, isu yang masih dianggap tabu oleh masyarakat umum, diskriminasi yang dialami pengidap masalah kesehatan mental, dan akses terhadap profesional masih sangat sulit. Beliau juga menyampaikan bahwa kesehatan fisik dan kesehatan psikis saling terkait dan mempengaruhi. Kesehatan mental juga mempengaruhi produktivitas, resiliensi, dan pengambilan keputusan yang kita lakukan. Secara umum gangguan mental disebabkan oleh faktor genetis, lingkungan, dan trauma. Setiap orang dapat mengalami masalah kesehatan mental namun jangan pernah self-diagnose, sebaiknya menemui psikolog atau psikiater untuk memastikan masalah kesehatan mental apa yang dialami. (Yoga/ Wid)

Categories: Berita Lain

Pelatihan Bimbingan Kelompok Berbasis Virtual untuk Guru Bimbingan Dan Konseling Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Tue, 2021-09-21 12:26

Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) dengan topik “Bimbingan Kelompok Berbasis Virtual untuk Guru Bimbingan dan Konseling di Daerah Istimewa Yogyakarta” dilaksanakan secara daring selama 3 hari yaitu hari Rabu-Jumat tanggal 1-3 September 2021. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan peserta yang cukup antusias mengikuti kegiatan selama 3 hari berturut. Kegiatan diselenggarakan oleh tim PPM Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY terdiri dari Prof. Dr. Muh. Farozin, M.Pd., Dr. Agus Basuki, M.Pd, dan Ismarini Bekti Setiani, M.Pd serta dibantu oleh mahasiswa Dominikus Nanang Setyawan dan Erwida Maharani Putri. Kegiatan PPM menggunakan platform digital zoom sebagai media dan mengusung materi tentang bimbingan kelompok berbasis virtual dengan tema spesifik tentang teknik game dalam bimbingan kelompok berbasis jaringan (virtual). Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan menerapkan beberapa teknik bimbingan yang inovatif di lapangan belum terlaksana dengan baik apalagi dilaksanakan saat pandemi covid-19 yang penuh keterbatasan ruang gerak. Teknik yang biasa digunakan guru bimbingan dan konseling secara umum menggunakan teknik diskusi, belum ada inovasi teknik-teknik bimbingan lain yang inovatif ketika diterapkan di lapangan khususnya di masa pembelajaran daring seperti sekarang ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapakan peserta memiliki pemahaman akan pentingnya penerapan berbagai teknik bimbingan secara inovatif dan tepat dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok agar lebih menarik dan dirasakan manfaatnya oleh anggota kelompok (peserta didik) sesuai tujuan yang diharapkan serta sesuai dengan kondisi saat ini yang mengharuskan pelaksanaan layanan secara daring (online).

Pelaksanaan bimbingan kelompok secara daring dengan menggunakan teknik bimbingan yang inovatif dipadukan dnegan platform yang tepat dan sesuai, maka diharapkan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di masa pandemi covid-19 tetap menarik dan tetap memberikan hasil optimal untuk para peserta didik. Hal ini menunjang perkembangan zaman era 4.0 yang memgarahkan masyarakat pada pemanfaatan teknologi untuk semua aspek kehidupan. Pemilihan teknik game dalam pelatihan bimbingan kelompok online dirasa tepat karena selain sebagai teknik untuk penyampaian topik juga sebagai kegiatan yang menyenangkan dan menghibur serta menghilangkan kejenuhan pembelajaran di masa pandemi. Dalam penyelenggaraan bimbingan kelompok, permainan dilakukan sebagai selingan (ice breaking) maupun sebagai teknik (teknik game) untuk penyampaian topik agar mencapai tujuan layanan yang sesuai harapan. Teknik Game digunakan sebagai teknik dalam bimbingan kelompok tidak hanya sekedar untuk menghibur dan mencairkan suasana tetapi ada ketentuan khusus terkait pelaksanaan teknik game antara lain ada aturan dan peran yang jelas antar pihak yang sedang bermain, ada makna dan poin pelajaran dibalik pelaksanaan game khususnya dalam pengembangan sikap atau pribadi pemain, ada menang-kalah (ada keterlibatan orang lain sebagai lawan) (Suwarjo & Eva, 2011). Game yang digunakan secara online dalam bimbingan kelompok berbasis virtual langkah pelaksanaan perlu dibuat inovasi menyesuaikan dengan media online yang digunakan, tentunya harus ada makna yang ingin disampaikan sesuai dengan tujuan dari layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian, konselor atau guru bimbingan dan konseling perlu berinovasi dalam membuat game yang menarik dan juga bermakna (ada poin belajarnya) sesuai dengan topik dan tujuan pelaksanaan bimbingan kelompok serta tentunya platform digital yang digunakan. (Isma & end)

Categories: Berita Lain

HIMA PPB Gelar Kelas Seni : Get Your Space : “Make Your Study More Fun With Hand Lettering”

Fri, 2021-08-13 14:03

Pada hari Kamis, 12 Agustus 2021, kegiatan Kelas Seni Online yang mengangkat tema Get Your Space : “Make Your Study More Fun With Hand Lettering” telah terlaksana dengan lancar. Kegiatan ini dilaksanakan melaui platform Zoom yang di ikuti oleh 58 peserta. Dengan tema Get Your Space : “Make Your Study More Fun With Hand Lettering” ini, diharapkan nantinya para peserta dapat lebih kreatif dalam membuat catatan atau rangkuman materi perkuliahan, sehingga akan menambah motivasi belajar.

Acara ini berlangsung sejak pukul 09.50 WIB dan berakhir pada pukul 12.20 WIB. Acara ini dipandu oleh dua Master of Ceremony (MC) yaitu saudari Pulung Pinaring dan  saudari Selvi Septiani. Acara ini juga dibersamai oleh pemateri yang luar biasa, yaitu saudari Dyah Ayu  Palupi yang merupakan Mahasiswa dari UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto dan anggota dari Tangerang Menulis.

Dalam acara ini, antusias dari para peserta pun cukup tinggi, di mana peserta mengikuti dengan baik saat pemateri menyampaikan materinya, dan aktif bertanya saat sesi tanya jawab. Ketika peserta diminta untuk membuat karya Hand Lettering pun, para peserta terlihat cukup bersemangat untuk membuatnya. Semoga dengan kelas seni Hand Lettering ini para peserta dapat menambah kreativitas mereka dalam membuat catatan atau ringkasan materi perkuliahan. (Auria/end)

Categories: Berita Lain