Subscribe to Berita PAUD FIP feed
Updated: 6 days 6 hours ago

Pelatihan Meta-Analisis ke- 3 Screening, Coding, dan Data Extraction

Sat, 2021-10-02 10:05

Hari ini Jumat (1/10), Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini melaksanakan kegiatan Pelatihan Meta-Analisis ke-3. Kegiatan ini diikuti oleh dosen Jurusan PAUD FIP UNY, mahasiswa S1 Jurusan PAUD FIP UNY, mahasiswa S2 PAUD FIP UNY dan mahasiswa Jurusan lain. Sebleum memasuki pelatihan meta-analisis ke-3 dilakukan review materi pada sesi ke-2 sebelumnya. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi metaanalisis oleh Ezi Ampino, M. Pd dimana membahas tentang koding dan ekstraksi data. Disampaikan mengenai aspek yang di koding yaitu karakteristik sampel, karateristik pengukuran, karakteristik desain penelitian, karakteristik publikasi. Kemudian disampaikan juga pedoman koding yaitu menulis nama  author dan tahun penyusunan, memilih tipe publikasi seperti artikel jurnal, artikel prosiding, tesis, jenjang sampel, ukuran sampel, desain eksperimen, keterampilan yang di ukur. Selain itu juga disampaikan mengenai ekstraksi data.

Setelah penjelasan selesai dilanjutkan sesi tanya jawab antara pembicara dengan peserta sangat aktif. Penyampaian yang dilakukan oleh pembicara bukan metode ceramah, karena pembicara aktif menanyakan peserta selama kegiatan berlangsung. Selesai pemaparan materi dan tanya jawab acara dilanjutkan dengan dokumentasi dan pengumuman peserta ter-aktif pada sesi 2. Pertemuan pelatihan keempat akan dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Oktober 2021. (wil/hima)

Tags: metaanalisis
Categories: Berita Lain

Penelusuran dan Screening Literature Meta-Analisis ke-2

Sat, 2021-09-25 09:36

Hari ini Jumat (25/9), Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini melaksanakan kegiatan Pelatihan Meta-Analisis ke-2. Kegiatan ini diikuti sejumlah 35 orang yang terdiri dari dosen Jurusan PAUD FIP UNY, mahasiswa  S1 Jurusan PAUD FIP UNY, mahasiswa S2 PAUD FIP UNY dan mahasiswa Jurusan lain. Sebleum memasuki pelatihan meta-analisis ke-2 dilakukan review materi pada sesi sebelumnya. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi metaanalisis oleh Ezi Ampino, M. Pd yang membahas penelusuran dan screening literature diantaranya scopus, web of science, eric, google scholar, science direct, springer link, tailor and francis online, wiley online library, sage journals, JSTOR, EBSCOP, Psyc Net, Proques, dan DOAJ.

Setelah penjelasan selesai dilanjutkan sesi tanya jawab antara pembicara dengan peserta sangat aktif. Penyampaian yang dilakukan oleh pembicara bukan metode ceramah, karena pembicara aktif menanyakan peserta selama kegiatan berlangsung. Selesai pemaparan materi dan tanya jawab acara dilanjutkan dengan dokumentasi dan pengumuman peserta ter-aktif pada sesi 2. Pertemuan pelatihan ketiga akan dilaksanakan pada hari Jumat, 1 Oktober 2021(wil/hima)

Tags: Meta-Analisis
Categories: Berita Lain

Dasar-Dasar Pelatihan Meta-Analisis Ke-1

Sat, 2021-09-18 09:13

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, hari ini Jumat (17/9) melaksanakan kegiatan Pelatihan Meta-Analisis ke-1. Kegiatan ini diikuti sejumlah 65 orang yang terdiri dari dosen Jurusan PAUD FIP UNY, mahasiswa  S1 Jurusan PAUD FIP UNY, mahasiswa S2 PAUD FIP UNY dan mahasiswa Jurusan lain. Kegiatan ini diawali sambutan dari Dr. Muthmainah, M. Pd.  Selaku Sekretaris Jurusan PAUD FIP UNY. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh tim pakar meta-analisis oleh Ezi Ampino, M.Pd. yang membahas definisi dan pengertian dalam meta-analisis, jenis meta-analisis, manfaat atau keuntungan menggunakan meta-analisis, contoh-contoh penelitian metaanalisis, prosedur pembuatan meta-analisis, dan tips menemukan ide yang hasilnya untuk menentukan tujuan.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, hal ini terlihat dari sesi tanya. Penyampaian yang dilakukan oleh pembicara bukan metode ceramah, karena pembicara aktif menanyakan peserta selama kegiatan berlangsung. Selesai pemaparan materi dan tanya jawab acara dilanjutkan dengan penutupan dari Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama Bapak Dr. Cepi Safrudin Abdul Jabar, M.Pd. Pertemuan pelatihan kedua akan dilaksanakan pada hari Jumat, 24 September 2021.(wil/hima)

Tags: Meta-Analisis
Categories: Berita Lain