Subscribe to Berita PSI FIP feed
Updated: 3 days 9 hours ago

Dua Mahasiswa Psikologi dan TIM berhasil Meraih Juara PIMNAS 2021

Tue, 2021-11-09 10:57
Gambar Berita: Isi: 

"Mahasiswa Psikologi UNY kembali menorehkan prestasi, kali ini dua mahasiswa berhasil menorehkan namanya di tingkat Nasional. Muhammad Agusti Saputra (Angkatan 19) dan Fatonah Istikomah (Angkatan 18) yang berhasil mendapatkan Penghargaan Perunggu dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34. Muhammad Agusti Saputra atau yang biasa di sapa Agus, bersama dengan Timnya yang diketuai oleh Arif Hidayat Jurusan Ilmu Komunikasi FIS UNY berhasil mendapatkan Penghargaan Perunggu Kategori PKM RSH-3, dengan membawakan Judul Analisis Eksistensi Manusia Kerdil (Dwarfisme) Desa Palak Siring dalam Perspektif Interpersonal Communication, penelitian ini dilaksanakan di Bengkulu Selatan, didampingi Banyu Wicaksono ,Dosen Psikologi UNY. Fatonah Istikomah (Onah) dan Tim yang diketuai oleh Taufik Hidayat Jurusan TP FIP UNY dengan Judul Self-Card: Media Edukasi untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja Akhir meraih Penghargaan Perunggu Kategori PKM RSH-4. Proses yang berjalan kurang lebih satu tahun dari perancangan penelitian.pengambilan data hingga ke pengumuman di acara puncak PIMNAS 34 menurut mereka merupakan hal yang sangat luar biasa, proses yang dihadapi dan dinamika dalam kelompok menjadikan proses penelitian di tim masing-masing semakin berwarna. Agus memaparkan bahwa tantangan yang dihadapi kelompok adalah bagaimana cara mencari benang merah namun tetap dapat mewadahi ide masing masing anggota, dan untuk cari titik tengahnya kadang kita harus nurunin ego tambah Agus dalam wawancara. Sedangkan Onah dalam proses pelaksanaannya mendapatkan tantangan besar dimana dia harus membuat instrument untuk mengambil data, dan bagaimana memastikan instrument tersebut dapat mengukur aspek yang dituju dengan tepat. Namun dari sekian banyaknya tantangan ini, proses yang dilalui sangatlah berkesan, dari mulai proses pengambilan data, proes pembuatan artikel dan perjalanan menuju babak akhir. Dari hal kecil, tentulah kita bisa mendapat hal besar, ringkas ucap mereka, banyak jalan yang dapat ditempuh untuk dapat mengikuti kegiatan PIMNAS ini. Harapan mereka, setelah ini akan lebih banyak lagi teman-teman yang dapat mengeksplore dirinya, memakimalkan idenya, bahkan hal yang terkadang dianggap biasa saja, terkadang dapat memberi impact yang luar biasa bagi banyak orang, dan merupakan hal besar bagi orang banyak. Jangan takut untuk mencoba, nikmati proses dan jangan berpaku pada hasil, karena proses lah yang membuat hasil itu tambah bermakna. Mereka berdua berpesan juga untuk mahasiswa Psikologi khususnya, bahwa siapapun dapat mengikuti PIMNAS, siapapun bisa melakukan penelitian dan jangan takut untuk terlihat ambis karena meneliti dan mengikuti PIMNAS. Apalagi kita adalah jurusan baru, dan untuk memajukan Psikologi UNY, PIMNAS adalah salah satu jalan menambah value dan wadah mahasiswa Psikologi UNY untuk berkontribusi menorehkan prestasi bagi Jurusan tercinta kita ini. (regina)

Categories: Berita Lain

PPM Prodi S2 Psikologi Webinar Membangun Relasi Positif di Sekolah

Tue, 2021-09-21 14:04
Gambar Berita: Isi: 

Program Pengabdian Masyarakat Program Studi S2 Psikologi UNY sebagai program tahunan yang rutin diselenggarakan, hadir kembali tahun ini pada Sabtu-Minggu,18-19 September 2021 . Kali ini dalam bentuk Webinar dengan tema Membangun Relasi Positif di Sekolah yang diikuti oleh 191 Peserta yang sebagian besar berprofesi sebagai guru. Acara dibuka dengan sambutan ketua panitia, Dr. Siti Rohmah Nurhayati, M.Si. dan Ketua Jurusan Program Studi S2 Dra. Yulia Ayriza,M.Si.,Ph.D. Webinar ini mengundang empat narasumber. Pada hari pertama (18/9), kegiatan dimoderatori oleh Bernadetha Putri Puspita, S.Psi. mahasiswa S2 Psikologi UNY, dan Bapak Banyu Wicaksono S.Psi.M.Sc selaku narasumber pertama membawakan materi berjudul Relasi Persahabatan di Sekolah. Materi yang dbawakan dengan sangat menarik sehingga menambah insight kepada para audiens terutama tentang bagaimana kaitan sahabat dengan performa akademik, yang selanjutnya dilanjutkan narasumber kedua Ibu Dr. Siti Rohmah Nurhayati, M.Si memaparkan materi tentang Relasi Positif Gutu dan Siswa. Beliau menjelaskan bahwa relasi positif antara guru dan murid berkaitan dengan fungsi sosial murid, masalah perilaku, keterlibatan dalam kegiatan belajar mengajar dan prestasi akademik. Antusiasme terlihat dari banyaknya audien yang memberikan pertanyaan kepada kedua narasumber. Webinar pada hari kedua (19/9) dibuka oleh Ning Nurani. S.Psi. sebagai moderator. Narasumber ketiga yaitu Dyah Ayu Purwaningtyas, S.Psi., MA., memaparkan materi dengan tema Relasi Positif antar Guru, sesuai bidang keahlian beliau yaitu Psikologi Industri dan Organiasasi. Beliau menjelaskan bagaimana relasi positif ini mampu meningkatkan kinerja guru dalam memberikan layanan terbaik bagi siswanya dan instansinya. Kemudian dilanjutkan narasumber keempat yaitu Dr.Rosita Endang Kusmaryani, M. Si., dengan menyampaikan materi tentang Relasi Positif antara Guru dan Kepala Sekolah. Webinar hari kedua juga tidak kalah menarik, banyak dari peserta mengusulkan untuk diadakannya kegiatan webinar seperti ini, dilihat dari kuesioner yang diberikan. Semoga kegiatan PPM ini terus berlanjut dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya.(regina-yul.tj)

Tags: http://psikologi.fip.uny.ac.id/node/1578/edit?destination=admin/dashboard/content
Categories: Berita Lain

Mahasiswa Psikologi berhasil Meraih Juara 1 LKTI 2021

Thu, 2021-09-16 10:34

Mahasiswa Psikologi UNY kembali mengukir prestasi, Rafli Sodiq Bagaskara dan Fatmah Nurul Pratiwi berhasil menduduki peringkat pertama dalam Lomba Kaya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional dengan Tema “Ilmu Pendidikan untuk Peradaban Baru” dalam rangka Dies Natalis ke-71 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Lomba selenggarakan pada tanggal 10-12 Agustus 2021 diikuti oleh 26 peserta yang berasal dari 7 Provinsi, yaitu Nangroe Aceh Darusalam, Jawa Barat, DIY, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, dan Gorontalo. Judul yang diusung oleh Sodiq dan tim yaitu “Tingkat Kesepian Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta di Masa Pandemi Covid 19”, berhasil membawa Sodiq dan Tim memenangkan, walupun dengan Persiapan materi yang terbilang cukup singkat, namun dengan bermodalkan ketertarikannya dengan materi tentang Loneliness dan bimbingan dari dosen Psikologi Dyah Purwaningtyas, mereka tetap mampu mengoptimalkan kinerja dengan sangat baik. Pembagian tugas yang sesuai dan kerja tim yang baik merupakan salah satu kunci dari keberhasilan yang mereka capai. Sodiq yang pernah mengikuti berbagai macam lomba dan menjadi pemateri beberapa Simposium, menjadikan lomba sebagai batu loncatan untuknya dapat melakukan self-improvement salah satunya melatih komunikasi dan kepercayaan dirinya. Dengan semangat ini ia juga selalu berpegang teguh pada prinsip yang ia miliki, yaitu “Orang yang keren bukan orang yang selalu benar, tapi orang yang selalu belajar” sehingga, ia tidak lagi takut untuk memaksimalkan setiap kesempatan yang ia miliki. Tetap semangat dan terus maju berkarya mahasiswa Psikologi FIP UNY. (regina-yul.tj)

Categories: Berita Lain