Subscribe to Berita PBI FBS feed
Updated: 4 hours 8 min ago

Team LIDM 2021 Penemu "KASMARAN" Platform Inovasi Teknologi Digital Pendidikan Ramah Difable

Sun, 2021-09-12 18:28

Team LIDM UNY yang terdiri dari Krisanti DIhiaz Ayuni, Amri Shabirin, Hafidz Akbar, Rizki Syarif Hidayatullah akan berlaga dalam Lomba Inovasi Digital Mahasiswa 2021 Divisi 1 Inovasi Teknologi Digital Pendidikan. Mereka menghasilkan sebuah produk platform berjudul KASMARAN. Apa itu? KASMARAN adalah Kecerdasaan Asah Mindset Edukasi Seksual pada Remaja Indonesia) reka cipta Augmented Reality, Micro Teaching dan Smart Asistant sebagai Platform Edukasi Seksual Ramah Difable. Sebuah inovasi platform yang bagus untuk pembelajaran. UNY Jaya!
Videonya dapat dilihat juga di https://www.youtube.com/watch?v=nE3h8hzF4aw

Categories: Berita Lain

Produk inovasi mahasiswa PKM-KC untuk belajar kosakata bahasa Inggris ramah difabel (SOLAR)

Fri, 2021-09-03 17:11

Kelompok PKM-KC yang terdiri 5 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris membuat sebuah inovasi bernama “SOLAR (SMART VOCABULARY): Penerapan Free Augmented Reality, Smart Assistant dan Grammar Checker di Aplikasi Translator Ramah Difabel.” Kelima mahasiswa tersebut yaitu Krisanti Diaz Ayuni, Isna Rosalina, Tasya Amanda Akbar, Rica Lara Adelia, dan Hafidz Akbar. Aplikasi ini menggunakan Augmented Reality, Smart Assistants, Automatic Voice Answer, dan Braille Keyboard, sehingga aplikasi ini dapat membantu pelajar  dengan low vision atau tunanetra.

Categories: Berita Lain

Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bagi Mahasiswa PBI FBS UNY

Sat, 2021-08-14 15:10

Pendaftaran pogram Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bagi Mahasiswa diperpanjang sampai 17 Agustus 2021.

Form pendaftaran dapat diakses di sini.

Buku Panduan dapat diunduh di sini.

Categories: Berita Lain

7 Mahasiswa Prodi PBI Mengikuti Program IISMA ke Perguruan Tinggi Top Dunia

Mon, 2021-08-09 15:20

Sebanyak tujuh mahasiswa Prodi PBI FBS UNY mengikuti kegiatan Pelepasan Mahasiswa Awardee IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) Tahun 2021 yang diselenggarakan Ditjen Diktiristek Senin (9/8/21). IISMA adalah skema beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia untuk program mobilitas di Universitas terkemuka di luar negeri. Mahasiswa S1 dapat menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara tuan rumah dan melakukan tugas praktis untuk mengasah keterampilan mereka. Skema ini dikelola secara terpusat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan terbuka untuk mahasiswa S1 dari seluruh perguruan tinggi Indonesia di bawah Ditjen Dikti. Peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa yang bisa membantu membayar pendaftaran & biaya kuliah, tunjangan transportasi, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, tunjangan visa dan tes PCR.

Setelah melalui berbagai seleksi, tujuh mahasiswa PBI FBS UNY mengharumkan nama UNY karena berhasil menjadi bagian dari penerima skema beasiswa ini. Mahasiswa PBI FBS UNY tersebut (beserta tujuan universitasnya) adalah Sella Anindita Latanggang (Korea University, South Korea), Nestya Nanda Nur Fauza (Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia), Zahra Amira Muqsithaningtyas (National University of Ireland, Ireland), Faata Husna Dhiegar Rizantara (University of Sussex, United Kingdom), Calista Safrina Rahma (University of Glasgow, United Kingdom), Dena Danisha Nur Halizah (University of Padua, Italy), dan Assyiffa Tamara Hadyuna (Vytautas Magnus University, Lithuania). Mereka direncanakan akan belajar di universitas-universitas tujuan tersebut selama September-Desember 2021.

 

Categories: Berita Lain

Sosialisasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) PBI FBS UNY

Mon, 2021-08-09 14:19

FBS - Karangmalang Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) hari ini Senin (9/8/21) Pukul 11.00-12.30 WIB dalam rangka memperkenalkan kegiatan-kegiatan yang didesain. Kegiatan ini dihadiri oleh Korprodi Nur Hidayanto PSP, S.Pd., M.Pd., Ph.D, kordinator Task Force Ari Purnawan, S.Pd.,M.Pd.,M.A, Tim Task Force, serta lebih dari 220 mahasiswa PBI FBS UNY.

Kegiatan-kegiatan awal yang dilakukan meliputi Student capacity up-scaling yang bertujuan untuk mengakselerasi kesiapan lulusan dalam melanjutkan studi dan memasuki dunia kerja. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sub-kegiatan yaitu Uji Kompetensi Profesi Non-pendidikan dan Pengembangan Pusat Kegiatan Paket Konsentrasi. Selain kegiatan ini, kegiatan awal lainnya yaitu Penguatan Pengalaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FBS UNY di Luar Kampus, yang terdiri dari sub-kegiatan seperti Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  (PPM) oleh mahasiswa,  Start-up business mahasiswa dan Penguatan daya saing mahasiswa melalui kompetisi tingkat nasional dan internasional. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FBS UNY berhasil menjadi salah satu pemenang Bantuan Pemerintah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun Anggaran 2021. Prodi PBI berhasil mendapatkan bantuan anggaran sebesar 1,425 M rupiah untuk melaksanakan program-program pengembangan prodi. Prodi PBI memenangkan kompetisi ini bersama dengan dua prodi lainnya yaitu Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNY dan Kimia FMIPA UNY.

Kebijakan Kampus Merdeka yang telah diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu kebijakan yang akan menjadi modal dasar kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia. Kebijakan Kampus Merdeka bertujuan untuk mewujudkan manusia yang berdaya saing; yaitu manusia yang sehat, cerdas, adaptif, kreatif, inovatif, terampil, bermartabat, produktif, dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Salah satu instrumen penting untuk mengimplementasikannya adalah dengan menerapkan delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi merealisasikan target pencapaian dan implementasi kebijakan Kampus Merdeka tersebut melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) dengan tiga skema. Program ini menjadi salah satu cara agar perguruan tinggi dapat terus cepat melaju dengan dinamis mengikuti pola kemajuan zaman, sehingga tercapai kualitas pembelajaran dan lulusan yang baik yang dapat menjadi tolok ukur kemajuan bangsa.

Categories: Berita Lain

Workshop on Educational Augmented Reality for Teaching and Learning English

Fri, 2021-07-30 19:09

Workshop on Educational Augmented Reality for Teaching and Learning English

Categories: Berita Lain

Workshop on Educational Augmented Reality for Teaching and Learning English

Fri, 2021-07-30 19:08

Workshop on Educational Augmented Reality for Teaching and Learning English

Categories: Berita Lain