Subscribe to Berita PKR FIK feed
Updated: 12 hours 24 min ago

Serah Terima Memorandum Akhir Jabatan Dekan FIK UNY

Thu, 2021-05-06 12:09

Universitas Negeri Yogyakarta secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan Wakil Rektor, Dekan & Wakil Dekan, Ketua & Sekretaris Lembaga, Direktur & Wakil Direktur Pascasarjana, Kajur & Sekjur juga Koordinator Prodi yang menempati posisi baru maupun yang digantikan karena telah habis masa tugasnya, Senin (3/5) bertempat di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta.

Fakultas Ilmu Keolahragaan termasuk salah satu yang memiliki kepemimpinan baru setelah sebelumnya Dekan FIK UNY, Bapak Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dilantik menjadi Rektor UNY pada 28 Januari 2021, secara otomatis, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama menjadi pengganti Dekan atau lebih dikenal sebagai plt. Dekan. Hingga pada Akhirnya, masa plt. Dekan berakhir pada 3 Mei 201 setelah Dekan terpilih dilantik. Dekan FIK UNY periode 2021-2023 adalah Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. yang juga merupakan Dekan Periode 2015 -2019.

Selain Dekan, Dosen FIK UNY yaitu Prof. Dr. Siswantoyo, M.,Kes juga dilantik sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama. Menggantikan Dr. rer. Nat. Senam, M.Si. yang telah menyelesaikan masa jabatannya. Dr. Ali Satia Graha, M.Kes., AIFO. dan Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes. juga dilantik menjadi Koordinator Prodi D4 Pengobatan Tradisional Indonesia dan S2 PJSD. 

Serah Terima Memorandum Akhir Jabatan Dekan dilaksanakan di Ruang Rapat Pimpinan FIK dan dihadiri seluruh pimpinan FIK UNY.(PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021pelantikan dekan 2021memorandum akhir jabatan
Categories: Berita Lain

Mahasiswa FIK UNY Menciptakan ‘DELIMA’ dalam Kampus Mengajar

Thu, 2021-05-06 10:16

Rais Ramzy Priyambada adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang berkesempatan untuk mengikuti Kampus Mengajar angkatan 1 yang diadakan oleh Kemendikbud RI dengan sasaran mengajar bagi Sekolah Dasar yang terakreditasi C, atau di daerah terdepan, terluar dan tertinggal.

Rais berkesempatan untuk mengajar di SDN Sadahayu 02, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Ia tidak sendirian, di sekolah tersebut, ia mendapatkan sejawat dari Universitas Jendral Soedirman, yaitu Sekar Fatmaningsih, Nu’mah Fatchiyah Disiwi, Vina Amalia Rizky, Septi Candra Ningsih dan dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, yaitu Desi Rahmawati, Rakhmadhona Istifarah.

Disana, Rais sempat terkejut karena menemukan permasalahan seperti siswa kelas 3 yang belum lancar baca tulis, karena itulah ia bersama teman-temannya menciptakan ‘Delima’ singkatan dari Dedikasi Lingkungan Kampus Mengajar yang dilaksanakan dengan suasana pembelajaran di alam terbuka atau outdoor, hal ini dilakukan sebagai inovasi karena selama ini pembelajaran dilakukan secara monoton.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 minggu ini mengambil tempat di Desa Wisata Taman Danaraja yang berada di Desa Sepatnunggal, tidak jauh dari sekolah SDN Sadahayu 02. Kegiatan ini sangat menarik siswa karena dirasa sangat menyenangkan jika belajar dipadukan dengan bermain, sehingga anak termotivasi untuk belajar. (PD)

Tags: Berita FIK UNY 2021berita FIK 2021delimakampus mengajar
Categories: Berita Lain

MANTAN WAKIL KETUA BEM YUDISIUM BULAN APRIL 2021

Fri, 2021-04-30 14:55

Fakultas Ilmu Keolahragaan melaksanakan Yudisium Periode April pada Jum’at (30/4), masih dalam situasi yang sama, Pandemi Covid-19 yang mengharuskan Yudisium dilaksanakan secara luring dan daring.

Yudisium secara luring dilaksanakan di Ruang Sidang Utama FIK UNY, sebanyak total 52 Mahasiswa FIK mengikuti Yudisium kali ini, mereka terdiri dari 11 mahasiswa Prodi S2 IK, 13 mahasiswa Prodi PJKR, 9 mahasiswa Prodi PKO, 7 mahasiswa Prodi IK, dan 12 mahasiswa Prodi PGSD Penjas

Dalam sambutannya, plt. Dekan FIK UNY, Bapak Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. menyemangati mahasiswa untuk melakukan yang terbaik meski masih di tengah pandemi. Harapan plt. Dekan, mahasiswa FIK tidak lalu puas dengan pencapaian saat ini, dan melanjutkan S2 hingga S3 nanti.

Mahasiswa yang mengikuti Yudisium luring kali ini adalah Yoga Diovani, S.Or. pembaca Ikrar Alumni. Dio, nama panggilannya, adalah mahasiswa FIK yang cukup aktif dalam berorganisasi. Dio adalah mahasiswa angkatan 2017 yang kemudian menjadi Wakil Ketua HIMA IK tahun 2018, kemudian menjadi Ketua Hima pada 2019 dan akhirnya menjadi Wakil Ketua BEM tahun 2020. Dio berharap, teman-teman seangkatannya segera menyusul dirinya untuk segera lulus S1. Dio juga akan melanjutkan S2 di FIK UNY tahun ini. Selamat Dio! (PD)

Tags: Berita FIK UNY 2021berita FIK 2021
Categories: Berita Lain

ULANG TAHUN ISORI KE-52 DILAKSANAKAN DI UNY

Fri, 2021-04-30 14:26

Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia atau yang sering disebut dengan ISORI merayakan Ulang Tahun yang ke-52 pada tanggal 29 April 2021. Dalam HUT ISORI tersebut, FIK, UNY, Kemenpora bersama Ikatan Alumni UNY mengadakan serangkaian acara untuk memperingatinya, diantaranya Rakerda ISORI, Webinar, juga Rakernas

Rapat Kerja Daerah Isori dilaksanakan pada 28 April 2021 di Ruang Sidang Utama GPLA FIK. Rapat Kerja Daerah ISORI dibuka oleh Rektor UNY selaku Steering Comittee di kepengurusan ISORI DIY. Dalam Rakerda tersebut mengumumkan Ketua ISORI DIY baru Periode 2021 – 2023, yaitu Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. Dalam Rakerda tersebut juga membahas Rancangan Program masing-masing bidang, yaitu evaluasi selama 1 tahun kemarin dan rencana kegiatan 1 tahun yang akan datang.

Webinar ISORI dilaksanakan pada 29 April 2021, total peserta hingga berita ini diturunkan sebanyak hamper 900 peserta. Keynote Speaker yang sedianya adalah Menteri Pemuda dan Olahraga, diwakilkan oleh Asisten Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Dr. Raden Isnanta, M.Pd. Sedangkan dua pembicara lainnya adalah Ketua DPP IKA UNY, Bapak Prof. Suyanto, Ph.D. dan Ketua Umum Pengurus Pusat ISORI, Bapak Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd.

Rakernas ISORI mendapatkan kehormatan, karena dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Bapak. Dr. H. Zainudin Amali, M.Si. yang memberikan arahan dan membuka acara tersebut secara langsung. (PD)

 

Tags: Berita FIK UNY 2021berita FIK 2021Berita ISORI DIY
Categories: Berita Lain

Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Prodi FIK UNY

Wed, 2021-04-28 13:28

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY) menyelenggarakan Sosialisasi dan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru yang dilaksanakan secara virtual dan direkam dari studio LPMPP UNY pada Jum’at (23/4).

Tema yang diusung FIK UNY adalah “Maju Bersama FIK UNY” dengan dua orang narasumber yaitu plt. Dekan FIK, Bapak Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. dan Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Bapak Dr. Abdul Alim, M.Or.

Dalam kesempatan tersebut, plt. Dekan FIK banyak membahas tentang cara masuk FIK UNY melalui jalur Seleksi Mandiri. Sedangkan Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan memberikan informasi terkait Wisma Olahraga, sarana dan prasarana yang dimiliki FIK UNY juga tentang UKT dan UPPA.

Diskusi tersebut berjalan dinamis dengan beberapa penanya yang langsung bertanya secara ‘Live’. Acara ini diselenggarakan dalam rangka menjaring mahasiswa Baru FIK UNY dan mensosialisasikan apa dan bagaimana FIK UNY, karena masih banyak calon mahasiswa yang masih belum paham bahwa FIK UNY masuk kedalam rumpun saintek. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021
Categories: Berita Lain

MAHASISWA FIK dan FIP UNY JUARAI LOMBA SENAM DI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Wed, 2021-04-28 13:09

Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta mencatatkan prestasi membanggakan dalam Lomba Senam Kreatif Virtual Antar Perguruan Tinggi Tingkat Nasional Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Gorontalo, pada hari Selasa (6/4).

Mahasiswa FIK dan FIP UNY yang mengikuti lomba yaitu Marchelina Pangloli (PKO 2017, FIK), Anggraeni Sekar Pawestri (PLS 2018, FIP), Aulia Febriana (PKO 2020, FIK), Muhammad Luqman Hakim (PKO, FIK), dan Saifan Kamal (PKO 2019, FIK).  Kelima mahasiswa UNY ini mengikuti beberapa kategori yang dilombakan, dan berhasil menang Juara I Kategori Trio Campuran dan juara I Kategori Trio Putri.

Lomba Senam Virtual ini dibuka oleh Rektor UNG, Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa kita tetap harus menyehatkan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara meskipun dalam situasi pandemi.

Sebanyak 15 wakil dari berbagai Universitas di Indonesia dan berasal dari 10 Provinsi membuktikan bahwa Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat mahasiswa dalam menggapai prestasi. Tercatat ada 110 video yang berpartisipasi dalam lomba ini. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021lomba senam virtual UNG
Categories: Berita Lain

Prodi Baru di FIK yang akan dibuka Semester Depan sudah memiliki Korprodi

Tue, 2021-04-20 12:28

Dr. Ali Satia Graha, M.Kes. dan Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes. terpilih menjadi Korprodi D4 Pengobatan Tradisional dan S2 Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S2 PJSD), kedua Prodi ini adalah Prodi baru yang ada di FIK UNY. Proses pemilihan Prodi ini dimulai dari pengumuman sejak 1 Maret 2021, dilanjutkan dengan pendaftaran pada tanggal 5 hingga 6 Maret, pengumuman pada tanggal 7 dan perpanjangan pendaftaran pada tanggal 8 Maret.

Pemilihan dilaksanakan di FIK UNY pada Jumat, (16/4) bertempat di 2 ruangan berbeda, yaitu di Ruang Sidang Utama lantai 3 untuk jurusan PJKR yang memilih Korprodi S2 PJSD dan di Ruang Balkon utnuk pemilihan Korprodi D4 Pengobatan Tradisional Indonesia untuk jurusan IK.

Pemilihan secara mufakat tersebut dihadiri oleh 44 dosen PJKR dan 28 dosen Ilmu Keolahragaan. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021pemilihan korprodi
Categories: Berita Lain

Prof. Wawan Terpilih Menjadi Dekan FIK UNY PAW Periode 2021 - 2023

Mon, 2021-04-19 13:15

Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. terpilih sebagai Dekan FIK UNY Pengganti Antar Waktu Periode 2021 – 2023 di FIK UNY, Jum’at (16/4) melalui musyawarah mufakat yang dilaksanakan oleh 11 orang anggota Senat FIK UNY,

Rapat Senat Fakultas dipimpin oleh Ketua Senat Fakultas, Drs. Sumarjo, M.Kes. dan didampingi oleh sekretaris, Ch. Fajar Sriwahyuniati, M.Or. Dalam rapat tersebut, pemimpin rapat mengumumkan nama dosen Fakultas yang mendaftarkan diri menjadi Bakal Calon Dekan FIK  Pengganti Antar Waktu Periode 2021-2023.

Dalam Rapat Senat tersebut, calon tunggal memaparkan visi dan misi yang dihadiri anggota Senat Fakultas, pimpinan Fakultas, perwakilan dosen, tendik dan mahasiswa. Selama 15 menit visi dan misi dipaparkan sebagai Calon Dekan, dan dilanjutkan 15 menit sesi tanya jawab oleh 3 orang penanya. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021Dekan Terpilih 2021
Categories: Berita Lain

Workshop Pembuatan Program dan Perencanaan Kerja serta Keuangan Ormawa FIK UNY

Thu, 2021-04-01 13:00

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta selalu berusaha meningkatkan kualitas sumber daya mahasiswanya, hal ini diwujudkan dalam kegiatan Workshop Pembuatan Program dan Perencanaan Kerja serta Keuangan Ormawa FIK UNY. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Kamis (1/4) dilaksanakan secara luring dan daring.

Sebanyak 122 mahasiswa , baik dari KMP, BEM, DPM, Hima dan UKM mengikuti kegiatan tersebut. Dalam laporannya, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan alumni mengatakan bahwa output dari kegiatan ini, mahasiswa dapat memiliki jiwa kepemimpinan juga mampu menyelenggarakan berbagai kegiatan, dimulai dari pembuatan proposal, penyelenggaraan kegiatan, hingga melaporkan kegiatan sebagai pertanggungjawaban kepada Fakultas. Mahasiswa juga mampu mengadakan kegiatan baik penalaran maupun kegiatan keolahragaan, pungkasnya.

Acara Workshop tersebut juga dihadiri berbagai unsur pimpinan FIK, seperti plt. Dekan, Wakil Dekan, Ketua Senat, Pengelola Kampus Wates, Kajur, Sekjur, Kaprodi, Pendamping Mahasiswa dan Koordinator juga Subkoordinator di FIK UNY. Dalam sambutan, plt. Dekan FIK UNY, Bapak Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. memberikan arahan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah melaksanakan dengan baik program kerja tahun 2021 dalam hal pengelolaan kegiatan, keuangan dan SPJ. Kegiatan yang akan dilaksanakan akan banyak menggunakan daring, seiring dengan pandemi yang belum usai, namun diharapkan mahasiswa tetap mampu berkegiatan semaksimal mungkin.

Sebagai pembicara dalam workshop tersebut, adalah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY, Prof. Dr. Anik Gufron, M.Pd. dan Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FIK UNY, Dr. Abdul Alim, M.Or.  (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021
Categories: Berita Lain

Yudisium Bulan Maret FIK UNY

Wed, 2021-03-31 11:47

Fakultas Ilmu Keolahragaan mengadakan Yudisium tiap bulannya, kali ini, Yudisium diadakan Rabu, 31 Maret 2021 via daring dan luring. Sebanyak 22 mahasiswa baik dari S2 maupun S1 dari seluruh prodi di FIK UNY dinyatakan lulus. Prodi S2 Ilmu Keolahragaan sebanyak 5 orang, Prodi S1 PJKR sebanyak 5 orang, Prodi PKO sebanyak 4 orang, Prodi IKOR sebanyak 2 orang dan Prodi PGSD Penjas sebanyak 6 orang.

Dalam sambutannya, plt. Dekan FIK UNY, bapak Yudik Prasetyo, M.Kes. memberikan arahan supaya mahasiswa FIK UNY bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, karena Sarjana maupun lulusan Olahraga masih sangat dibutuhkan dalam setiap lini pekerjaan.

Pembaca ikrar pada Yudisium kali ini adalah lulusan S2 Ilmu Keolahragaan, Dwi Murti Yadi, M.Pd. Dwi adalah mahasiswa sekaligus guru PJOK di SMAN 1 Piyungan sejak 2014. Selamat Pak Guru Dwi, dan selamat pula untuk teman-teman Yudisium lainnya. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021
Categories: Berita Lain

COVID-19 SEBAGAI TEMA UTAMA WEBINAR FIK UNY – UNIVERSITI MALAYA

Fri, 2021-03-26 14:37

Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY, jurusan Ilmu Keolahragaan bekerja sama dengan Pusat Sukan dan Sains Eksesais University Malaya mengadakan Webinar dengan tajuk “Efek Covid-19 pada Ilmu Keolahragaan dan Manajemen Olahraga UM-UNY”, acara yang dilakukan secara daring ini menggunakan platform Zoom dan diselenggarakan pada Kamis (25/3). Sebanyak 900an pendaftar, baik dari Indonesia, Malaysia, bahkan ada pula China, Iran dan Pakistan.

Acara yang dimulai pukul 09.00WIB atau pukul 10.00 waktu Malaysia ini berjalan dengan baik dan lancar, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan masing-masing negara, yaitu Indonesia Raya dan Negaraku dan dilanjutkan dengan sambutan dari plt. Dekan FIK UNY. Dalam sambutannya, plt Dekan FIK UNY, Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. menyambut baik acara ini, beliau juga menambahkan bahwa FIK UNY merasa bangga bisa berkolaborasi dengan UM yang adalah 100 Universitas terbaik dunia, semoga ini bisa menambah wawasan dunia Olahraga bagi mahasiswa, dosen, alumni, praktisi olahraga maupun khalayak umum dan berharap setelah keadaan normal kembali, acara ini dapat dilaksanakan tidak hanya virtual, namun dengan tatap muka.

Lima sesi tersaji dengan sangat baik dan semua berjalan lancar sesuai timeline acara, hal ini tidak lepas dari kolaborasi yang baik antara FIK UNY dan UM, hampir 2 bulan mempersiapkan acara ini, dan akhirnya semua berjalan dengan baik.

Pembicara dari Universiti Malaya adalah Prof. Madya Abdul Halim bin Mokhtar, beliau adalah pengarah Pusat Sukan dan Sains Eksesais Universiti Malaya, dan juga pensyarah atau dosen di Fakulti Perubatan dan bidang kepakaran beliau adalah perubatan sukan atau sports medicine. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Halim mengemukakan tema Pengaruh Covid-19 secara global dan Lokal di Malaysia.

Dr. Sareena Hanim binti Hamzah adalah pembicara lain dari UM, beliau adalah Timbalan Pengarah (Penyelidikan dan Pembangunan), Pusat Sukan dan Sains Eksesais Universiti Malaya. Bidang kepakaran beliau adalah nutrition for health, fitness and sport performance. Dalam Webinar tersebut, Dr. Sareena membicarakan tentang Pengaruh Covid-19 terhadap Pengajaran dan Pembelajaran Universitas.

Pembicara dari FIK UNY yaitu Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. mengemukakan tema Arah Tujuan Ilmu Keolahragaan dan Manajemen Olahraga, Prof. Dr. Sumaryanti, M.S. membicarakan tentang Pengaruh Covid-19 terhadap Aktivitas Internasionalisasi Mahasiswa dan Prof. Dr. dr. BM Wara Kushartanti, M.S. membahas tentang Pengaruh Covid-19 secara lokal di Indonesia. (PD)

 

 

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021
Categories: Berita Lain

SPORT NUTRITION SEBAGAI TEMA VISITING PROFESOR DARI UNIVERSITI PUTRA MALAYSIA

Fri, 2021-03-19 14:40

Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, UNY mengadakan program Visiting Profesor bagi Mahasiswa S1 Ilmu Keolahragaan. Ibu Roxana Dev Omar Dev, Ph.D. dari Department of Sport Studies, Faculty of Educational Studies, Universiti Putra Malaya sebagai Dosen yang mengampu mata kuliah Sport Nutrition pada program VP ini.

Plt. Dekan FIK UNY, bapak Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara Visiting Profesor mengatakan, bahwa mahasiswa diharapkan mengambil sebanyak-banyaknya ilmu tentang Sport Nutrition ini dari ibu Roxana, supaya informasi tersebut bisa dikembangkan untuk skripsi dan kegiatan yang lain bagi mahasiswa S1 Ilmu Keolahragaan. Selain sebagai Visiting Profesor, diharapkan Ibu Roxana bisa memberikan kebermanfaatan lain tidak hanya bagi mahasiswa, namun juga kepada Dosen FIK, yaitu dengan adanya Join Research dan Join Publication.

Mahasiswa S1 FIK UNY yang mendapatkan kesempatan emas ini tidak menyia-nyiakan kesempatan berharga, mereka dengan antusias mau belajar meskipun Ibu Roxana memberikan kuliah dalam bahasa Inggris. Mereka mampu menyerap ilmu dan diharapkan bisa mengembangkannya. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021visiting Profesor
Categories: Berita Lain

VISITING PROFESOR DARI UM MEMBERIKAN KULIAH BAGI MAHASISWA S2 ILMU KEOLAHRAGAAN FIK UNY

Thu, 2021-03-18 11:46

Prof. Dr. Salleh bin Aman, dosen dari Pusat Sukan dan Sains Exercise, Universiti Malaya memberikan perkuliahan bagi mahasiswa S2 Ilmu Keolahragaan FIK UNY dalam program Visiting Profesor. Beliau memberikan perkuliahan selama 8 kali pengajaran dengan tema Kajian Ilmu Keolahragaan. Kegiatan ini dimulai dan dibuka pada Kamis (18/3) dan dilakukan via Zoom Meeting.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara, plt Dekan FIK UNY, Bapak Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. memberikan apresiasi bagi Prof. Dr. Salleh bin Aman dan juga Universiti Malaya yang setiap tahun berkolaborasi dalam Program Visiting Profesor. Diharapkan mahasiswa bisa memperbarui ilmu dan mempunyai wawasan perkembangan terbaru dalam hal Join Research dan Join Publication shingga khususnya mahasiswa S2 IK FIK UNY bisa menjadi yang terbaik dan ikut serta dalam mewujudkan World Class University dan ikut andil dalam pemeringkatan Internasional UNY.

Sebanyak 13 mahasiswa S2 IK mengikuti program Visiting Profesor kali ini. Mereka merasa senang dan bersemangat untuk bisa mendapatkan ilmu dari Profesor yang berasal dari Univeristi Malaya yang termasuk dalam 100 besar QS World University Rangking. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021
Categories: Berita Lain

WEBINAR UNIVERSITI MALAYSIA (UM) - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (FIK UNY)

Wed, 2021-03-17 14:32

FIK UNY dan Centre for Sport and Excercise Sciences Universiti Malaya mengadakan Webinar 2021 dengan tema: "Efek Covid-19 pada Ilmu Keolahragaan dan Manajemen Olahraga UM-UNY" atau dalam bahasa Melayu " Kesan Covid-19 Ke Atas Sains Sukan dan Pengurusan Sukan UM- UNY.

Pembicara adlah dari 2 negara, dari UM yaitu Prof. Madya Dr. Abdul Halim bin Mokhtar dan Dr. Sareena Hanim Binti Hamzah. Sedangkan dari FIK UNY, Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed., Prof. Dr. Sumaryanti, M.S. dan Prof. Dr. dr. BM Wara Kushartanti, M.S.

Acara Webinar ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2021 pukul 09.00 WIB.

Registrasi via: bit.ly/webinarUNY-UM

Free registrasi dan free e-sertifikat.

Categories: Berita Lain

Kerjasama SKO Bangka Belitung – FIK UNY

Mon, 2021-03-15 10:42

Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY menerima perwakilan dari SKO Bangka Belitung pada Rabu, (3/4) dengan protokol kesehatan ketat. Pihak Bangka Belitung diwakili oleh Kacabdin Pendidikan Wilayah II, Bapak Deswarman, M.Pd., Kepala SMAN OR Muhammad Noer, Suherwan, S.Pd. dan Bendahara SMAN OR Muhammad Noer, Joko Santoso, A.Md.

Diterima oleh plt. Dekan FIK UNY, Bapak Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Dr. Guntur, M.Pd. Beserta Kajur dan Sekjur Pendidikan Kepelatihan dan jajaran UUIK FIK UNY.

Dalam kesempatan itu, kedua belah pihak bersepakat dalam suatu Rancangan Pelaksanaan Kerjasama tentang Pendampingan SMA Negeri Olahraga Muhammad Noer (SKO Babel) dalam Bidang Prestasi Akademik dan Olahraga. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021
Categories: Berita Lain

Excercise Therapy HSC FIK UNY

Mon, 2021-03-15 09:20

HSC punya Unit baru lho!

Namanya Excercise Therapy HSC FIK UNY, disini kalian bisa terapi menggunakan alat-alat canggih dan langsung ditangani oleh Dokter. Adapula instruktur yang sudah terlatih supaya kalian tidak salah dalam gerakannya. Peralatannya jelas yang terbaru, dengan ruang tunggu yang nyaman dan parkir yang luas. Tunggu apa lagi?

Tags: excercise therapyterapi excerciseHSC UNY
Categories: Berita Lain

Visiting Profesor di Jurusan Ilmu Keolahragaan FIK UNY

Fri, 2021-03-12 15:46

Jurusan Ilmu Keolahragaan, FIK UNY mengadakan Visiting Profesor yang dimulai dari Jumat, 12 Maret 2021 hingga April 2021. Acara Visiting Profesor tahun ini diadakan secara daring via Zoom meeting, zoom meeting ini dilakukan karena adanya Pandemi Covid-19 yang belum selesai di bumi Nusantara ini. Visiting Profesor kali ini menghadirkan Prof. Madya Dr. Gunathevan al Elumalai dari Faculty of Sport Science and Coaching, Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia dengan tema Sport Issue.

Gunathevan akan menjadi Visiting Profesor di FIK UNY selama 2 bulan, yaitu mulai bulan Maret hingga April 2021. Selama 2 bulan tersebut, beliau akan mengajar mahasiswa S3 Ilmu Keolahragaan sebanyak delapan kali, tiap sesi selama 100 menit teori dan diskusi.

Topik yang diberikan antara lain Componen Sport Science, Fundamental Sport Science Knowledge, Current Development in Sport Science and Issue, dan lain-lain. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021
Categories: Berita Lain

Yudisium Februari Mahasiswa S2 dan S1 FIK UNY

Fri, 2021-02-26 13:55

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan Yudisium bagi mahasiswa S2 dan S1 FIK UNY pada Jum'at, 26 Februari 2021 secara daring. Sebanyak 24 mahasiswa mengikuti acara Yudisium, mereka terdiri dari Prodi Ilmu Keolahragaan S2 sebanyak 4 mahasiswa, Prodi PJKR sebanyak 3 mahasiswa, Prodi PKO sebanyak 5 orang, Prodi Ilmu Keolahragaan S1 sebanyak 6 orang, Prodi PGSD Penjas sebanyak 6 orang.

Dalam sambutannya, plt. Dekan FIK UNY, Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. menegaskan bahwa kesuksesan janganlah hanya sampai disini, namun dengan melanjutkan Studi S2 dan S3. Supaya Fakultas dan Universitas mengetahui keberadaan teman-teman, diharapkan mahasiswa untuk mengisi tracer study di alamat tracer.uny.ac.id, tujuannya untuk mengetahui kesesuaian kompetensi lulusan FIK di dunia kerja, supaya memberikan gambaran jelas bahwa FIK UNY memberikan reputasi yang baik, pungkasnya.

FIK UNY mulai September 2021 juga akan membuka tiga Program Studi D4, yaitu D4 Pengobatan Tradisional Indonesia, D4 Promosi Kesehatan dan D4 Pengelolaan Usaha Rekreasi di Kampus Wates dan Kampus Gunungkidul. Dan saat ini Jurusan Pendidikan Olahraga sedang menyusun pembukaan Prodi S3 Penjas, sedangkan Jurusan Pendidikan Kepelatihan sedang menyusun pembukaan Prodi S3 PKO. Sehingga lengkap nantinya, FIK memiliki jenjang dari D4, S1, S2 dan S3.

Himbauan bagi mahasiswa lulusan FIK UNY untuk terus menjalin silaturahmi melalui ISORI, yaitu Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia dan Ikatan Alumni UNY atau yang disingkat IK UNY. (PD)

 

 

Tags: Berita FIK UNY 2021berita FIK 2021
Categories: Berita Lain

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FIK UNY Tahun 2021

Fri, 2021-02-26 12:36

Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY menyelenggarakan kegiatan Mahasiswa Berprestasi tahun 2021. Ajang bergengsi untuk mahasiswa  ini tetap dilaksanakan meskipun masih dalam Pandemi Covid-19. Acara yang berlangsung Rabu (24/2) diadakan secara daring dan luring, acara luring diselenggarakan di Ruang Sidang Utama GPLA FIK UNY. 

Sebanyak total 29 mahasiswa mengikuti acara tersebut, 8 mahasiswa dari Prodi PJKR, 4 mahasiswa dari Prodi PGSD Penjas, 7 mahasiswa dari Prodi PKO dan 10 mahasiswa dari prodi IK. Penjurian kali ini berdasarkan IP rata-rata per semester, karya tulis ilmiah, portofolio, dan kemampuan berbahasa Inggris. Diharapkan nantinya pemenang utama dari FIK UNY akan mampu bersaing di tingkat Universitas atau bahkan Nasional.
Dalam sambutan dan arahannya, plt. Dekan FIK UNY, Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. menegaskan bahwa FIK akan mendukung sepenuhnya, memberikan support dan memfasilitasi pemenang dari acara pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini.Diharapkan mahasiswa memiliku Semangat, tanggung jawab, Niat, dan Komitmen untuk menjadi yang terbaik. 

Setelah penjurian berakhir, pemenang dari acara ini langsung diumumkan. Juara I Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas adalah Saifan Kamal, dari Prodi PKO. Juara II Ikfina Alfi Hidayat dari Prodi PGSD Penjas. Juara III Riana Fauziah dari Prodi PJKR. Sedangkan Juara Harapan I dan II diraih oleh Prisma Arumsari dan Arroyyan Aditya Nugraha.
Selain Juara Fakultas, adapula pemenang dari tingkat Prodi. Prodi Ilmu Keolahragaan Juara I, II dan III diraih masing - masing Prisma Arumsari, Arroyyan Aditya Nugraha, Diana Fitri Milenia. Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Juara I, II, dan II diraih masing-masing Saifan Kamal, Erni Widyaningsih, Kay Radjasa Muhammad. Prodi PJKR Juara I, II dan III diraih masing – masing Riana Fauziah, Tetya Alma Cahya Bumi, Raihanata Syifa Anshory. Prodi PGSD Penjas Juara I dan II  diraih masing – masing Ikfina Alfi Hidayat, Vida Nur Ardiyanti. (PD)

Acara pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2021 FIK UNY diikuti oleh 29 Mahasiswa FIK, 8 mahasiswa dari Prodi PJKR, 4 mahasiswa dari Prodi PGSD Penjas, 7 mahasiswa dari Prodi PKO dan 10 mahasiswa dari prodi IK. Penjurian kali ini berdasarkan IP rata-rata per semester, karya tulis ilmiah, portofolio, dan kemampuan berbahasa Inggris. Diharapkan nantinya pemenang utama dari FIK UNY akan mampu bersaing di tingkat Universitas atau bahkan Nasional.
Juara I Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas adalah Saifan Kamal, dari Prodi PKO. Juara II Ikfina Alfi Hidayat dari Prodi PGSD Penjas. Juara III Riana Fauziah dari Prodi PJKR. Sedangkan Juara Harapan I dan II diraih oleh Prisma Arumsari dan Arroyyan Aditya Nugraha. (PD)

Tags: Berita FIK UNY 2021berita FIK 2021
Categories: Berita Lain

PENTINGNYA PENGELOLAAN WEBSITE FIK UNY

Thu, 2021-02-18 11:15

Website sebagai sarana penyebaran informasi kepada publik sangat dibutuhkan bagi mahasiswa dan calon mahasiswa baru di sebuah Perguruan Tinggi, untuk memaksimalkan penyebaran informasi tersebut dibutuhkan sdm yang berkualifikasi mampu mengelola website tersebut. Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY melaksanakan Workshop  Pengelolaan Website FIK UNY di Laboratorium Komputer FIK pada Selasa (16/2) mulai pukul 13.00 hingga 15.00 WIB.

Acara yang serius namun santai ini juga diikuti oleh pimpinan, baik plt. Dekan, Bapak Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. juga Kajur, Sekjur dan Korprodi dari masing-masing Prodi yang ada di FIK, tak lupa admin Prodi yang nantinya sebagai pengelola website juga ikut andil dalam acara ini.

Dalam sambutannya, plt. Dekan memberikan arahan supaya admin jurusan dapat memaksimalkan dalam mengelola website prodi. Sehingga informasi yang diberikan bisa tersampaikan tepat waktu dan sasaran.

Sebagai narasumber pada acara tersebut adalah Henry Lutfidwianto Susilotomo, S.Pd.T., dari UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) UNY. (PD)

Tags: berita FIK 2021Berita FIK UNY 2021
Categories: Berita Lain

Pages