Subscribe to Berita AKUN FE feed
Updated: 3 days 4 hours ago

ASESMEN LAPANGAN D4 AKUNTANSI FE UNY SECARA VIRTUAL

Fri, 2021-09-03 22:25

Fakultas Ekonomi (FE) UNY kembali menerima kunjungan asesmen lapangan dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Program Studi (prodi) D4 Akuntansi yang meluluskan Sarjana Terapan di bidang Akuntansi, mendapat kunjungan secara virtual dari dua asesor utusan BAN-PT, yaitu Dr. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak. dari Universitas Negeri Malang dan Iyeh Supriatna, S.E., M.Si., Ak. dari Politeknik Negeri Bandung. Kunjungan ini dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis (28-29/6) lalu dan diterima oleh jajaran dekanat FE, koordinator dan subkoordinator, Ketua Jurusan Pendidikan Akuntansi Ani Widayati, M.Pd., Ed.D., Koorprodi D4 Akuntansi Adeng Pustikaningsih, M.Si., serta tim pendukung dari Tim Taskforce dan Unit Penjaminan Mutu FE UNY.

Acara yang dibuka oleh Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. ini juga dihadiri oleh perwakilan dosen, tendik, dan mahasiswa secara virtual.

Endang menyampaikan, prodi D4 ini memang masih baru, tapi sudah banyak hal positif yang ditemukan. "Ini adalah modal baik untuk secepatnya memacu prodi D4 Akuntansi menjadi prodi yang diperhitungkan. Kami melihat banyak kelebihan namun juga ada kekurangan," terangnya.

"Prodi bukan sebuah unit seperti fakultas. Fakultas punya sumber daya manusia, sarana prasarana. Oleh karena itu, pengembangan di prodi adalah tanggung jawab fakultas. Tugas prodi hanya di pendidikan," tambah Eny.

Dekan FE UNY Dr. Siswanto, M.Pd. menyampaikan penghargaannya kepada asesor atas berbagai masukan dan koreksi. "Di tengah perkembangan prodi ini, tentu kami membutuhkan berbagai masukan. Asesmen Lapangan ini menjadi energi positif bagi para pengelola prodi D4 Akuntansi pada khususnya dan pimpinan fakultas pada umumnya untuk terus memperbaiki kualitas di setiap aspek penilaian," kesannya. (fadhli)

Categories: Berita Lain

LULUSAN TERBAIK FE UNY PERIODE JUNI 2021, KOMPAK SAMPAI LULUS

Fri, 2021-09-03 22:23

Apa yang bisa terjadi kala dua orang yang bersahabat begitu kompak menjalani aktivitasnya? Ririn Susanti dan Nurul Rusmavita, dua wanita ini disatukan sejak semester pertama mereka berkuliah di FE UNY, tepatnya program studi Pend. Akuntansi S1, 2017 lalu. Jalinan persahabatan membawa mereka ke sederet tugas, rapat organisasi, hingga lomba-lomba di berbagai daerah.

Motivasi yang tinggi untuk berkuliah sudah mereka tunjukkan sejak sebelum menjadi mahasiswa. Nurul, lulusan SMK N 1 Depok, Sleman ini bahkan mendapatkan nilai 10 pada mata pelajaran Matematika di Ujian Nasional SMK. Sementara Ririn, meskipun sempat harus bekerja selama satu tahun selepas lulus SMK, tetapi pengalamannya saat ikut Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA) serta pekerjaannya menjadi staf accounting membuat lulusan SMK N 1 Godean ini tetap termotivasi belajar mempersiapkan tes SBMPTN pada tahun berikutnya.

Keduanya memiliki tantangan yang sama kala ingin melanjutkan pendidikan, yaitu kondisi ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan. Ayah Ririn hanya seorang buruh tani, sedangkan ayah Nurul mencari nafkah sebagai seorang buruh bangunan. Kedua pasang orang tuanya sempat ragu anaknya bisa melanjutkan kuliah. Tapi berkat Bidikmisi, keduanya bisa diterima di Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNY.

Pertemuan Ririn dan Nurul di UNY sudah terjadi sebelum mereka menjadi mahasiswa di FE UNY. Kala masih duduk di bangku SMK, mereka beberapa kali dipertemukan dalam lomba bidang keahlian Akuntansi. Berada di satu kelas yang sama, keduanya kemudian menjalin persahabatan. Mereka sama-sama bergabung di kepengurusan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (Hima Diksi).

Ririn mengisahkan, saat mereka menjadi panitia lomba di FE UNY, mereka mendapat info adanya lomba di kampus lain. Mereka pun mengikuti lomba di kampus itu sebagai satu tim dengan tujuan mempromosikan lomba yang mereka adakan sendiri kepada peserta lainnya di kampus tersebut. Sejak saat itu, setidaknya lima prestasi di lomba bidang akuntansi tingkat nasional berhasil mereka raih dalam kurun waktu hampir 3 tahun bekerjasama sebagai tim.

Kejutan mencuat di akhir masa studi saat mereka wisuda secara bersamaan pada periode Juni 2021, dengan perolehan yang sama persis, yakni 3,93. Menanggapi hal ini, baik Nurul dan Ririn mengaku terkejut. Ririn meyakini, prestasi ini tentu sudah Kehendak Yang Maha Kuasa. “Jika kita menemukan orang yang tepat untuk berkolaborasi pada waktu yang tepat maka bisa saja akan membawa pada hasil yang tepat pula,” ujarnya.

Selamat dan sukses!

Categories: Berita Lain

JAIRUS DKK. GAET SILVER MEDAL LEWAT KARYA SINEASHUB

Fri, 2021-09-03 22:15

Tim mahasiswa UNY yang terdiri dari Jairus Asher Purdy (program studi D4 Manajemen Pemasaran 2020), Bestiana Sekti Winahyu (D4 Administrasi Perkantoran 2020), Fikria Reza Pratama (S1 Pendidikan Teknik Mekatronika 2019), Herlina Ayuni Sani (D4 Akuntansi 2019), dan Laela Indah Pratiwi (D4 Manajemen Pemasaran 2019) berhasil membawa gagasan mereka berjudul SineasHub pada raihan Silver Medal di ajang bisnis plan.

Dalam ajang bertajuk Indonesia Education International Innovative Competition (IEI2C) 2021 yang diselenggarakan Sabtu hingga Minggu (19-20/6), Jairus dkk. membawakan karya "Empowerment of Creative Industry Human Resources through the SineasHub Website".

"SineasHub berfungsi sebagai wadah media perfilman Indonesia. Website ini dirancang menampung dan menyalurkan aktivitas perfilman yang ada di Indonesia melalui satu platform," urainya. (fadhli)

Categories: Berita Lain

TIM UNY RAIH GOLD MEDAL IEI2C 2021

Fri, 2021-09-03 22:13

Merokok menjadi salah satu bentuk kecanduan yang diidap sebagian penduduk Indonesia. Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, pada tahun 2018 setiap perokok di Indonesia rata-rata mengonsumsi 12,3 batang per hari. Selain kecanduan, badan kesehatan dunia WHO menyatakan jutaan perokok juga ternyata memiliki kebiasaan membuang puntung rokok secara sembarangan. Hal ini tentunya berbahaya bagi lingkungan sekitar. Ini mendorong sekelompok mahasiswa UNY untuk berinovasi mengendalikan dan memanfaatkan puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Sailendra Pangesti, mahasiswa prodi S1 Akuntansi angkatan 2019, bersama timnya yang terdiri dari Reno Nurdiyanto (Pendidikan Fisika 2017), Musa Beni Ricardo Aruan (Pendidikan Teknik Mekatronika 2018), Enggal Pangestu (Sastra Inggris 2018), dan Machlisatul Qolbiyah (Kimia 2017), bertarung dalam Indonesian Education International Innovative Competition (IEI2C) 2021 yang diselenggarakan 19-20 Juni 2021 lalu.

Membawakan gagasan berjudul "Smart Cigarette Bin: Arduino Based Biopesticide with The Utilization of Cigarette Stub Litter", mereka menempati peringkat 6 dan berhak membawa pulang Gold Medal dalam ajang yang diselenggarakan oleh Indonesian Federation Publisher of Research Innovation (IFPRI) ini. Alat ini dirancang untuk memanfaatkan tembakau yang tersisa dari puntung rokok sebagai biopestisida yang bermanfaat bagi pertanian. (fadhli)

Categories: Berita Lain

BENGKEL YUK JUARA I BUSINESS PLAN COMPETITION HIMA IPA 2021

Sat, 2021-07-10 20:04

Tim dari UNY yang beranggotakan Inaz Azmi Auliannisa (mahasiswa program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran 2019), Agnesti Cahya Diartyani (S1 Pendidikan Akuntansi 2018), Fairus Rahmi (S1 Akuntansi 2019), dan Arief Kurniawan (S1 Pendidikan IPA 2019), berhasil meraih Juara 1 dalam acara Business Plan Competition 2021 yang diselenggarakan HIMA IPA UNY, Sabtu (12/6) lalu.

Membawa ide berjudul Platform Service-Go, tim yang diberi nama "Bengkel Yuk" ini berhasil keluar sebagai pemenang dari sepuluh tim yang masuk pada babak final.

Categories: Berita Lain

YOLA DKK. RAIH JUARA 3 ISLAMIC ECONOMIC PAPER COMPETITION 2021

Sat, 2021-07-10 20:03

Delegasi dari Fakultas Ekonomi (FE) UNY kembali meraih prestasi dalam ajang ilmiah bertajuk Islamic Economic Paper Competition yang diselenggarakan pada tanggal 18-21 Juni 2021 lalu. Ajang ini rutin diselenggarakan oleh Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam guna mengasah pemahaman para anggotanya dalam wacana ekonomi Islam.

Tim yang beranggotakan Yola Chandrasekar Pitaloka (mahasiswi program studi S1 Akuntansi 2018), Annissa Septa Rayhani (S1 Pend. Ekonomi 2019), dan Putri Kinanti (S1 Pend. Ekonomi 2020) berhasil meraih Juara 3 dalam ajang yang diselenggarakan dalam rangkaian TEMILREG oleh FOSSEI Regional Yogyakarta ini.

Yola dkk. membawa judul penelitian "Pengaruh Perencanaan Keuangan terhadap Minat Investasi pada Pasar Modal Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa di Yogyakarta)". Judul tersebut dipilih dalam acara yang mengusung tema "Pengembangan Literasi Keuangan Syariah di Indonesia” ini. Harapannya, dengan penelitian ini mahasiswa makin terbuka terhadap perkembangan dunia investasi, khususnya pasar modal syariah, serta mendorong mahasiswa untuk lebih cermat dalam melakukan perencanaan keuangan. (fadhli)

Categories: Berita Lain

STARTUP WISATA KEGUAAN DUKUNG PERTUMBUHAN EKONOMI LOKAL

Sat, 2021-07-10 20:01

Mahasiswa FE UNY kembali menorehkan prestasi. Kali ini, prestasi ditorehkan oleh Rizki Oktavianto yang merupakan mahasiswa berprestasi utama FE UNY 2021. Kolaborasinya dengan Aditia Pramudia Sunandar (Pendidikan Biologi 2017), Khoirunnisa (Biologi 2018), Angki Pranamukti (Pendidikan Teknik Informatika 2019), dan Rohsyam Sidik (Pendidikan Teknik Informatika 2020) menghasilkan Raihan Gold Medal pada ajang International Invention and Innovative Competition (INIIC) 2021 di Malaysia, hari Sabtu 12 Juni 2021. Event INIIC 2021 diikuti oleh 71 tim dari Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Pada event tersebut, Rizki dkk menulis paper yang berjudul Caventure as Innovative Cave-based Tourism and Education Platform Towards Society 5.0 in Yogyakarta. Caventure merupakan gagasan inovatif berupa aplikasi tentang pariwisata edukatif seputar keguaan di kawasan Yogyakarta. Ide ini dilatarbelakangi banyaknya goa khususnya di Yogyakarta yang berpeluang untuk dijadikan objek wisata edukatif yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat namun belum dioptimalkan.

Dalam penyusunan paper ini, Adit dan Khoirunnisa berperan dalam mengkaji aspek keguaan dari perspektif ilmu biologi. Angki dan Rohsyam sebagai pengembang prototipe aplikasi. Sedangkan Rizki berperan mengkaji dari aspek ekonomi dan pendidikan.

Dalam paper tersebut, Rizki mengemukakan bahwa platform Caventure selain dapat menjadi media wisata edukatif bagi wisatawan untuk memahami secara mendalam seputar karakteristik gua di Yogyakarta juga mampu berdampak pada perekonomian masyarakat lokal, di mana masyarakat lokal sekitar wisata gua dapat menjadi pengelola wisata dan membangkitkan UMKM di sekitar. 

"Sebagai mahasiswa, tentu sangat penting untuk menjalin kolaborasi untuk menghasilkan karya-karya terbaik. Karena kita tidak akan bisa selamanya sendiri, kita bisa menjadi kuat karena kolaborasi," kata Rizki.

Categories: Berita Lain

TAMI RAIH PRESTASI AJANG PEMBACA BERITA

Sat, 2021-07-10 20:00

Membaca memang kemampuan yang sudah kita dapatkan sejak sekolah dasar setelah kemampuan mendengar dan berbicara. Tetapi, membaca berita tentu membutuhkan keterampilan tersendiri. Membaca berita, atau lebih tepatnya, menyiarkan sebuah berita, tentu tidak sama dengan cara seseorang berbicara di kehidupan keseharian. Agar tidak salah tafsir, seorang pembaca berita harus bisa membaca dengan cermat setiap tanda baca, jeda, intonasi, dan artikulasi dalam sebuah wacana berita.

Sri Utami, mahasiswa S1 Manajemen 2019 meraih Juara Harapan 2 Cabang Reporter pada ajang National Broadcasting Competition, Sabtu (5/6) kemarin.

Pada ajang yang diselenggarakan Nuskara EO ini, Tami, begitu dia disapa, menjadi salah satu dari 8 finalis setelah melalui tahapan seleksi. Para finalis kemudian diuji dengan sebuah berita yang harus digali lebih dalam dan ditambah dengan unsur kelengkapan berita untuk dibacakan sebagaimana laporan berita secara langsung.

Categories: Berita Lain

"RAIH MIMPI" TIM MERDEKA JUARA II LOMBA VIDEO

Sat, 2021-07-10 19:59

Tim mahasiswa yang terdiri dari Inaz Azmi Auliannisa (mahasiswa program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran 2019), Agnesti Cahya Diartyani (S1 Pendidikan Akuntansi 2018), dan Fairus Rahmi (S1 Akuntansi 2019) berhasil membawa Fakultas Ekonomi (FE) UNY meraih Juara II dalam National Business Plan Video Competition di UNY, Kamis (10/6) lalu.

Dengan mengusung nama "Tim Merdeka", karya mereka yang berjudul "Get Dream" (secara bahasa berarti "Raih Mimpi") bersaing bersama 10 finalis dari 7 universitas di Indonesia. Karya tersebut berbuah predikat Runner-up di ajang tingkat nasional tersebut.

Categories: Berita Lain

MAHASISWA KREASIKAN BISKUIT DARI AMPAS KOPI

Sat, 2021-07-10 19:58

Kolaborasi tim yang beranggotakan Ulfainun Choirul Aslami (D4 ADP 2019), Rizki Oktavianto (Pendidikan Akuntansi 2018), dan Intan Diah Kusuma (Pendidikan Teknik Boga 2019) berhasil meraih Juara 3 Kategori Kuliner pada National Business Plan Competition 2021 yang diselenggarakan UKM Kewirausahaan UNY pada Sabtu, 5 Juni 2021.

Kolaborasi mahasiswa FE dan FT di bawah bimbingan Dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi, Yolandaru Septiana, S.Pd., M.Pd ini membawakan gagasan inovatif berupa kreasi biskuit dari ampas kopi dengan cita rasa kue nusantara.

Ulfa, Iik, dan Intan mengangkat ide tersebut berdasarkan pengamatan bahwa banyak limbah ampas kopi di berbagai kedai kopi yang saat ini jarang dimanfaatkan padahal kaya akan kandungan nutrisi.

Categories: Berita Lain

KONVERGEN JUARA HARAPAN 3 LKTIN

Sat, 2021-07-10 19:56

Tim dari UNY yang terdiri atas Prawesti Eka Listyaningrum (mahasiswa program studi S1 Akuntansi), Afifah Meliana Wati (prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), dan Cecep Wahyu Cahyana (S1 Teknologi Informasi) berhasil meraih Juara Harapan 3 pada LKTIN PRISMA 2021 yang diselenggarakan oleh UKM PRIMA Universitas Mataram, 2-5 Juni 2021 lalu.

Di bawah bimbingan dosen Yolandaru Septiana, M.Pd., Eka dkk. membawa gagasan berjudul KONVERGEN (Komunitas Virtual Remaja Penggerak Kebudayaan): Sebuah Komunitas Daring Penggiat Budaya yang Didukung dengan Aplikasi Berbasis Android dalam Menghadapi Era Kenormalan Baru. (fadhli)

Categories: Berita Lain

PANDA UNY JUARA II LOMBA POSTER TINGKAT NASIONAL

Sat, 2021-07-10 19:55

National Poster Accounting Competition yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Tanjungpura telah berakhir pada 17 April 2021 lalu. Tim FE UNY yang beranggotakan Sailendra Pangesti (program studi Akuntansi 2019) dan Anna Suhanda (Pend Ekonomi 2019) berhasil keluar sebagai Juara II pada ajang tersebut.

Tim yang mengusung nama "Panda UNY" ini membawakan poster berjudul "WSG (Wonderful Sri Gethuk), Pengembangan Wisata Sri Gethuk Melalui Lapak Tradisional dengan Optimalisasi Website Guna Menciptakan New Leading Economy".

Pada ajang yang mengambil tema "Inovasi dan Kreativitas Generasi Z dalam Mengoptimalkan Economic Recovery Untuk Menghadapi Era Society 5.0", sebanyak 57 peserta berpartisipasi menyumbangkan ide kreativitasnya.

Categories: Berita Lain

ES KRIM KULIT MARKISA BAWA PRAWESTI DKK JUARA I LOMBA INOVASI

Sat, 2021-07-10 19:54

Prawesti Eka Listyaningrum, mahasiswa Akuntansi angkatan 2018, bersama timnya meraih Juara I dalam lomba karya tulis ilmiah yang digelar Himpunan Mahasiswa Kelistrikan Kapan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), 23-25 April lalu.

Pada lomba dengan nama resmi "Innovation of Energy and Technology Competition" (INERGYC) ini, Eka dkk. membawakan karya "Es Krim Kulit Markisa bagi Penderita Diabetes Tipe 2 untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Blunyahrejo guna Mendukung SDGs 2030". (fadhli)

Categories: Berita Lain

FAUZI DKK JUARA I BUSINESS PLAN COMPETITION EEF 2021

Sat, 2021-07-10 19:53

Tim Fakultas Ekonomi (FE) UNY yang terdiri dari Akhmad Fauzi Sugiharto, mahasiswa program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran 2017, bersama Balqis Syathiri (Pendidikan Akuntansi 2019), dan Dian Oktavia (Pendidikan Akuntansi 2019), berhasil keluar sebagai Juara I Lomba Business Plan bertajuk "Economic Education Fair 2021", Sabtu (24/4) lalu. 

Sebanyak 90 peserta dari 30 perguruan tinggi di Indonesia mengikuti babak final dalam ajang ini. Lomba yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung ini bertujuan untuk menciptakan wirausahawan muda di era milenial. Selamat dan sukses!

Ralat: Foto Balqis Syathiri (pojok kanan) dan Dian Oktavia (pojok kiri)

Categories: Berita Lain