EVALUASI KEBERHASILAN (UJIAN)

Evaluasi keberhasilan proses penyelenggaraan pendidikan meliputi evaluasi adanya program, cara penyelenggaraan pendidikan, kesesuaian sarana dengan tujuan, serta keikutsertaan mahasiswa dalam acara pendidikan.

Evaluasi keberhasilan mahasiswa dilakukan dengan cara mendapatkan informasi mengenai jumlah mahasiswa yang telah mencapai tujuan yang dirumuskan dalam kurikulum melalui penyelenggaraan ujian, pemberian tugas, dst.

Maksud dan Tujuan Penyelenggaraan Ujian

  • Untuk menilai apakah mahasiswa telah memahami atau menguasai bahan yang disajikan dalam suatu mata kuliah.
  • Untuk mengelompokkan mahasiswa ke dalam beberapa golongan berdasarkan kemampuan dan nilai yang diperoleh.
  • Untuk menilai apakah bahan mata kuliah yang disajikan telah sesuai serta cara penyajian telah cukup baik sehingga para mahasiswa dapat memahami mata kuliah tersebut.

Sistem Ujian

  • Bentuk ujian terdiri atas ujian mata kuliah teori, ujian mata kuliah praktik, ujian mata kuliah lapangan, ujian komprehensif, ujian tugas akhir, dan tugas-tugas lain yang ditentukan. Ujian dapat juga dilaksanakan dengan berbagai kombinasi cara tersebut.
  • Cara ujian perlu disesuaikan dengan jenis mata kuliah, tujuan kurikuler, dan kondisi tenaga pengajar. Oleh karena setiap ujian mengandung unsur ketidaktepatan didalamnya, maka perlu diselenggarakan ujian lebih dari satu kali, agar diperoleh informasi atau data yang mendekati ketepatan.
  • Ujian Mata Kuliah Teori terdiri atas ;a) Ujian Tengah Semester (UTS), dilaksanakan sekurang-kurangnya satu kali dalam setiap semester dan diselenggarakan oleh dosen yang bersangkutan dalam waktu yang ditentukan oleh fakultas/PPs; b) Ujian Akhir Semester (UAS), dilaksanakan setiap akhir semester sesuai dengan jadwal Kalender Akademik.
  • Ujian Mata Kuliah Praktik diatur oleh fakultas, Program pascasarjana, jurusan, program studi yang besangkutan.
  • Ujian Mata Kuliah Lapangan diatur oleh jurusan, program studi, lembaga, ataupun unit yang terkait.
  • Ujian Komprehensif adalah ujian yang dilaksanakan untuk menguji kemampuan pemahaman dan penguasaan teoretik mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuannya. Ujian Komprehensif diselenggarakan program pascasarjana untuk mahasiswa S2 dan S3.
  • Ujian Tugas Akhir diatur berdasarkan buku Pedoman Tugas Akhir Universitas dan dilaksanakan di masing-masing fakultas/PPs.

 

Share it now!
Evaluasi keberhasilan proses penyelenggaraan pendidikan meliputi evaluasi adanya program, cara penyelenggaraan pendidikan, kesesuaian sarana dengan tujuan, serta keikutsertaan mahasiswa dalam acara pendidikan.

Evaluasi keberhasilan mahasiswa dilakukan dengan cara mendapatkan informasi mengenai jumlah mahasiswa yang telah mencapai tujuan yang dirumuskan dalam kurikulum melalui penyelenggaraan ujian, pemberian tugas, dst." data-share-imageurl="">