KKN/PPL-KKN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu kegiatan perkuliahan dan kerja lapangan yang merupakan pengintegrasian dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa secara pragmatis, berdimensi luas melalui pendekatan interdisipliner, komprehensif, dan lintas sektoral.

Sebagai bentuk pengabdian kepada Masyarakat (PPM), KKN wajib diikuti oleh mahasiswa program strata 1 (S1). Bagi mahasiswa, KKN bertujuan untuk a) memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan pembangunan secara pragmatis dan interdisipliner; b) dapat memberikan pemikiran berdasarkan ilmu, teknologi, dan seni dalam upaya menumbuhkan , mempercepat serta mempersiapkan kader-kader pembangunan; dan c) memperoleh dan mentranformasikan pengetahuan, sikap dan keterampilan dari dan kepada warga masyarakat dalam memecahkan masalah pembangunan secara pragmatis melalui pendekatan interdisipliner, komprehensif, dan lintas sektoral.

Sedangkan, bagi perguruan tinggi KKN, bertujuan untuk a) menghasilkan sarjana pengisi teknostruktural dalam masyarakat yang lebih mengahayati kondisi, gerak, dan permasalahan yang kompleks yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaksanakan pembangunan; b) meningkatkan hubungan dengan Pemerintah daerah, Instansi Teknis, dan masyarakat sehingga dapat lebih berperan dalam menyelesaikan kegiatan pendidikan serta penelitian dengan tuntutan nyata dari masyarakat yang sedang membangun.

Sasaran KKN adalah (1) masyarakat umum, (2) sekolah, (3) lembaga/instansi, dan (4) industri atau kelompok usaha tertentu. KKN dilaksanakan tiga kali dalam setahun, yaitu KKN semester ganjil, genap, dan khusus.

KKN yang diselenggarakan ada dua jenis, yaitu KKL-PPL Terpadu untuk mahasiswa program kependidikan dan KKN masyarakat untuk program nonkependidikan. KKN-PPL Terpadu diselenggarakan di sekolah dengan menyinergikan antara kegiatan KKN dan praktik mengajar. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan, KKN masyarakat dapat berupa KKN Reguler, KKN Ternatik, dan KKN PPM. Secara Umum orientasi kegiatan KKN adalah berupa pembinaan, pembelajaran, dan pemberdayaan masyarakat agar kelompok sasaran menyadari potensi yang dimiliki dan kemudian mampu mengembangkannya.