ALUMNI PPG UNY HARUS SELALU UPDATE ILMU YANG DIMILIKI

31
Dec
2018

Dalam menempuh PPG (Program Profesi Guru) mahasiswa digodog untuk menguasai empat kompetensi yaitu akademik, pedagogik, kepribadian dan sosial. Harapannya dengan program ini mahasiswa mengembangkan apa yang telah dipelajari sebagai bagian dari kemampuan menjadi guru. Demikian dikatakan Rektor UNY Sutrisna Wibawa dalam pelepasan PPG Prajabatan Bersubsidi Angkatan I dan II di Rektorat UNY, Senin (31/12). Diungkapkan bahwa perkembangan ilmu sangat pesat terutama metodologi pembelajarannya. “Jangan hanya terpaku pada ilmu yang dimiliki, harus selalu update” tegas Rektor. Alumni PPG UNY juga harus melek teknologi informasi dan menjaga nama baik almamater. Menurut Rektor, berdasarkan informasi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi pada awal tahun 2019 akan ada lowongan CPNS untuk mengisi formasi yang belum terisi. Alumni PPG UNY yang berminat disilakan mendaftar. Bagi yang belum lulus PPG masih ada empat kali kesempatan ujian ulang pada tahun 2019 yaitu pada 19-20 Januari, 11-12 Mei, 31 Agustus-1 September dan 23-24 November 2019 di 58 perguruan tinggi termasuk beberapa Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan.

Menurut koordinator program Suyud, peserta PPG Prajabatan Bersubsidi Angkatan I dan II diikuti oleh total 330 peserta dari 10 program studi. “Kegiatan PPG diantaranya lokakarya dan program pengalaman lapangan” kata Suyud. Peserta PPG Angkatan I berjumlah 91 orang terdiri dari 21 orang prodi pendidikan teknik elektro, 24 orang prodi pendidikan teknik elektronika, 26 orang prodi pendidikan teknik mesin dan 20 orang prodi pendidikan teknik otomotif. Sedangkan PPG Angkatan II diikuti 17 orang prodi pendidikan anak usia dini, 81 orang prodi pendidikan guru sekolah dasar, 21 orang prodi pendidikan luar biasa, 19 orang prodi pendidikan bahasa Inggris, 51 orang prodi pendidikan matematika dan 50 orang prodi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi.

Salah seorang peserta PPG Ian Aftariawan prodi PGSD UNS Surakarta mengatakan bahwa setelah lulus PPG ini akan menunggu formasi CPNS atau P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Sedangkan Uswatun Khasanah prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY telah diterima bekerja di salah satu SMK Negeri di Magelang. (Dedy)

submitted by humas