APPICO (APPLICATION OF PUBLIC COMPLAINS) MUDAHKAN MASYARAKAT SAMPAIKAN ADUAN

1
min read
A- A+
read

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DIY Tahun 2017 - 2022 berfokus pada penataan pembangunan. Penyelenggaraan jalan, pembuatan drainase, penataan bangunan gedung, tata ruang kota, fasilitas publik, perumahahan di DIY masih belum optimal sehingga dibutuhkan pelayanan publik yang inovatif, menarik, efesien, dan solutif. Melihat kondisi ini, mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) yang terdiri dari Resti Alfiana N, Arista Damayanti, dan Dissara dengan dosen pendamping Kurnia Nur Fitriana, MPA terdorong untuk menciptakan APPICO (Application of Public Complains).

Resti menjelaskan bahwa APPICO (Aplication of Public Complains) merupakan sebuah aplikasi berbasis android yang dapat membantu masyarakat mengadu masalah yang berkaitan dengan bidang pekerjaan umum, perumahan, dan kawasan pemukiman serta sebagai sarana masyarakat untuk memantau dan mengetahui perkembangan penanganan masalah tersebut oleh pemerintah dan dinas terkait.

“Pembuatan aplikasi in memiliki tiga tujuan. Pertama, dapat memantau dan mengetahui perkembangan penanganan masalah tersebut oleh pemerintah dan dinas terkait. Kedua, pengaduan dapat dilakuan secara efektif dan efisien. Ketiga, Informasi pelayanan pubik dapat diperoleh secara transparan, efektif, dan efisien. “jelasnya

APPICO, lanjut Resti, mampu memudahkan masyarakat dalam mengadukan masalah -masalah publik terkait bidang-bidang PUPR melalui smartphone. Tentu hal ini lebih mudah, cepat, dan efisien. “Namun aplikasi ini perlu pengembangan lebih lanjut agar fitur-fiturnya menjadi lebih sempurna sehingga dapat membuat pengguna lebih nyaman dan mudah memakainya” tutupnya (Eko)