BEKAL DARI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PADA CALON WISUDAWAN DALAM MENGHADAPI DUNIA PEKERJAAN

1
min read
A- A+
read

Setelah menempuh dunia perkuliahan selama empat tahun bagi mahasiswa S1 dan tiga tahu bagi mahasiswa D3, mahasiswa tersebut akan menyanding gelar sarjana sesuai dengan progam studi yang mereka jalani. Ketika dunia perkuliahan sudah berakhir, perlu adanya bekal tersendiri bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan tugas akhir dan akan melaksanakan wisuda untuk menghadapi dunia pekerjaan.                  
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta memberikan kontribusi terhadap kesiapan mahasiswa calon wisudawan untuk memahami dunia pekerjaan melalui pelatihan pengembangan diri dan kiat menembus dunia kerja yang diadakan pada tanggal 19/02 di ruang Auditorium FE UNY pada pukul 08.00 – 12.00 wib. Acara ini memiliki tema “ mempersiapkan milenial dalam menghadapi dunia kerja “. Narasumber acara tersebut adalah Noor Fakthurrokhman dan Tantia Hana Putri dari PT. Alfamidi  Yogyakarta. Peserta yang hadiri pada acara ini berjumlah 97 mahasiswa dan calon wisudawan.                        
Pelatihan pengembangan diri dan kiat menembus dunia kerja ini diadakan sejak tahun 2011. Acara ini merupakan acara rutin setiap menjelang wisuda Universitas Negeri Yogyakarta dalam setahun diselenggarakan Fakultas Ekonomi UNY. Tujuan diadakannya acara ini untuk membekali calon wisudawan dalam menghadapi dunia pekerjaan. Meskipun target diadakannya acara ini adalah calon wisudawan, namun tidak menutup kemungkinan untuk mahasiswa lain bergabung dalam acara ini.     
Lina Nur Hidayati, M.M selaku kepala Humas FE mengatakan bahwa ketika mereka sudah dibekali mereka dapat memiliki kepercayaan diri untuk terjun di dunia pekerjaan dan ketika mereka sudah mendapatkan pekerjaan juga bisa berbagi pengalaman untuk yang lainnya. Acara yang rutin diadakan tiap tahun ini tidak hanya mengundang dari perusahaan atau perbankan tetapi alumni dari FE UNY.           
Salah satu mahasiswa UNY, Atik berpendapat bahwa acara ini bagus dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa. Menurut Atik, dengan diadakannya acara ini mahasiswa dapat lebih tahu bagaimana cara mempersiapkan diri saat wawancara di dunia kerja, membuat CV dan melatih mental saat wawancara.                  
Semoga dengan adanya pelatihan pengembangan diri dan kiat menembus dunia kerja dan membantu mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan mampu bersaing dengan sarjana yang lain. (Prisca Devina/JK)