BERHASIL PERTAHANKAN AKREDITASI A, PRODI PBSI TINGKATKAN KUALITAS

13
Sep
2017

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (PBSI FBS UNY) berhasil mempertahankan peringkat akreditasi A. Demikian hasil yang terunggah di laman https://sapto.banpt.or.id. Hasil tersebut tertuang dalam keputusan BAN-PT No. 2969/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017 yang ditandatangani Prof. T. Basaruddin, selaku Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Alhamdulillah, hasil ini sangat melegakan, karena kami sangat menyadari bahwa mempertahankan akreditasi memang jauh lebih sulit,” ungkap ketua program studi PBSI FBS UNY, Esti Swatika Sari, M.Hum., di ruang kerjanya. Menurutnya, capaian ini merupakan kerja dari semua pihak. Ada kontribusi dosen dengan kerja-kerja tridharmanya, dukungan pimpinan perguruan tinggi, prestasi mahasiswa, kontribusi alumni, dan sejumlah stakeholder. “Atas capaian ini kami sampaikan terima kasih pada semua pihak,” tambahnya.

Sebelumnya, prodi PBSI FBS UNY telah memperoleh akreditasi A. Capaian kali ini merupakan kerja mempertahankan kualitas pengelolaan program studi. Berada di bawah manajemen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil akreditasi yang diperoleh prodi PBSI FBS UNY sama dengan capaian prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, yaitu A. “Hasil akreditasi ini sesungguhnya merupakan tanggung jawab besar untuk terus-menerus meningkatkan kualitas pengelolaan program studi hingga mencapai visi yang diinginkannya. Ini adalah amanat untuk terus tingkatkan kualitas,” ungkap Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JPBSI FBS UNY), Dr. Wiyatmi, M.Hum.

Dengan keluarnya keputusan akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini, berarti telah ada tiga program studi di FBS UNY yang berhasil memperoleh akreditasi A. Ketiga prodi tersebut adalah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Pendidikan Seni Kerajinan, dan Prodi Pendidikan Seni Tari.

Saat ini, seperti diwartakan laman resmi dikti, BAN-PT telah melakukan akreditasi perguruan tinggi sebanyak 1.118 dan masih ada 3.400 perguruan tinggi lagi untuk diakreditasi. Sementara itu, untuk akreditasi program studi BAN-PT baru mengakreditasi 20 ribu dari 24 ribu prodi yang ada. BAN-PT memprediksi pada tahun 2017 ini pihaknya harus mengakreditasi sebanyak 35 ribu prodi. [dby]

 

submitted by humas