BIDIK GENERASI MILENIAL, UNY AKAN GELAR PERAGAAN BUSANA TROMGINE

14
Mar
2019

Maraknya produk fashion impor tentu merupakan sebuah ancaman bagi para designer busana lokal. Padahal industri fashion nasional sedang berkembang dengan pesat belakangan ini dimana pertumbuhan ini didukung oleh berbagai faktor, seperti kualitas produk yang membaik, tingkat perekonomian yang meningkat serta sektor ritel yang makin banyak. Dengan kondisi ini, mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Busana dan Teknik Busana angkatan 2016, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mencoba berkontribusi untuk mendukung dan mengangkat marwah produk-produk fashion lokal dengan mempersembahkan Peragaan Busana bertajuk TROMGINE atau singkatan dari The Role of Millenial Generation in Natural/Nature pada 11 April 2019 mendatang di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta.

Nuning Pangestuti, salah satu Panitia Tromgine, menjelaskan bahwa tema ini merupakan sebuah ajakan bagi kaum muda atau yang kini sering disebut dengan generasi milenial untuk turut serta dalam perkembangan dan kemajuan dunia. “Sebagai generasi modern yang melek teknologi serba digital, tentu mereka memiliki peranan penting dalam meningkatkan daya saing bangsa di era disrupsi seperti sekarang ini,” ujarnya.

“Peragaan ini juga menjadi langkah aktualisasi diri dalam meneguhkan karakter kuat bangsa Indonesia yang diwujudkan dalam sebuah fashion show dimana karya busana yang dipresentasikan bersumber ide heritage of Indonesia,” lanjut Nuning.

Dalam menyuguhkan karyanya, para mahasiswa dituntut mengeksplorasi sumber ide dari seluruh plosok nusantara kemudian disajikan dengan standar busana internasional. Karya para mahsiswa nantinya juga dibukukan dalam laporan ilmiah sebagai bagian dari Tugas Akhir atau pun Proyek Akhir

“Sehingga peragaan ini diharapkan dapat berperan dan memperkenalkan warisan budaya Indonesia serta sebagai sarana pengembangan kreativitas mahasiswa dalam menciptakan karya-karya baru yang inovatif dan kreatif,” tuturnya.

Pagelaran ini juga akan dipentaskan dengan sistem kompetsisi untuk menentukan karya busana terbaik menurut dewan juri serta busana ter-favorite pilihan penonton.

Ticket Box pagelaran ini bisa ditemukan di selasar Jurusan Pendidikan Teklnik Boga dan Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta atau dapat menghubungi Panitia di 0895379765248. (hryo)

 

submitted by humas