CLOSING CEREMONY LOMBA INOVASI DIGITAL MAHASISWA (LIDM) TAHUN 2020

1
min read
A- A+
read

CLOSING CEREMONY LIDM TAHUN 2020

Setelah perjuangan yang sangat melelahkan, akhirnya prestasi membanggakan ditorehkan tim dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang telah berhasil keluar sebagai juara umum pada final Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2020, diikuti peringkat kedua tim dari Universitas Negeri Malang. Sementara UNY berada pada peringkat ketiga.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 4-5 September 2020 di Gedung Digital Library UPT Perpustakaan UNY, secara resmi ditutup oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY bersama dengan Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik  Indonesia, pada hari ini Sabtu (5/9).

Wakil dari Pusat Prestasi Nasional menyampaikan, “Selamat bagi yang telah menjadi pemenang, dan jangan patah semangat bagi yang belum memperoleh juara. Juara ini diambil dari yang terbaik diantara yang baik, semoga apa yang dilakukan menjadi pahala untuk kita semua.”

Sedangkan Prof. Dr. Anik Ghufron mewakili UNY selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan, “Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan ini, terutama kepada dewan juri. Bagi pemenang diucapkan selamat semoga bisa menularkan keilmuan dan kemampuannya sehingga generasi emas 2045 segera terwujud, yang saat ini dituangkan dalam bentuk inovasi-inovasi, yang memiliki nilai tambah dan kemanfaatannya.” Kedepannya bila ditunjukan lagi, berjanji akan diberikan lagi yang terbaik lagi. Selanjutnya secara resmi Prof. Anik menutup kegiatan final LIDM dengan ucapan Alhamdulillah.

Final LIDM  ini terdiri dari 4 divisi lomba yang dipertandingkan, divisi I  tentang Inovasi Teknologi Digital Pendidikan yang bertujuan untuk menyalurkan ide dan kreatifitas mahasiswa dalam mengembangkan inovasi multimedia pembelajaran dan inovasi pembelajaran. Divisi II tentang Inovasi materi digital pendidikan dengan tujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam membantu permasalahan UMKM di Indonesia sebagai dampak pandemi Covid-19. Divisi III tentang Kreasi Video Digital Sustainable Development Goals (SDGs) bertujuan untuk mengembangangkan potensi mahasiswa di bidang seni terutama pada bakat - bakat paduan suara dan vokal grup, sastra, dan musik. Dan divisi IV tentang Kreasi Poster Digital Penghormatan Gender, lomba ini bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa di bidang olahraga terutama dalam hal senam.

Pada setiap divisi sudah diseleksi menjadi 21 tim. Jumlah tim masing-masing divisi sebelumnya, sebagai berikut: divisi I Inovasi Teknologi Digital Pendidikan terdapat 135 tim, divisi Inovasi materi digital pendidikan semula diikuti 143, Kreasi Video Digital Sustainable Development Goals (SDGs) diikuti 233 tim, dan Kreasi Poster Digital Penghormatan Gender diikuti 522 tim yang mengikuti seleksi. Sedangkan daftar perguruan tinggi terverifikasi sejumlah 168 perguruan tinggi.

Tim-tim dari UNY yang berjuang mengikuti semua divisi lomba yang ada, divisi I diwakili tim PANORAMA, divisi II diwakili tim Real Madrid FC dan WRC Team, Divisi III diwakili tim Eureka Team. Sedangkan untuk divisi IV terdapat 4 tim yang mewakili UNY, yaitu tim Gens Emas, Nine Ten, Panembahan Maduratna, dan Sobat. Dari beberapa perwakilan tim dari UNY, yang memperoleh prestasi membanggakan adalah dari tim divisi I tim Panorama menempati posisi 4 dengan nilai 1690, tim divisi II tim Real Madrid FC menempati posisi 2 dengan nilai total 1610, tim divisi IV tim Gens Emas menduduki peringkat 2 dengan nilai total 1907.  Selamat untuk tim UNY, semoga tahun berikutnya prestasi dapat ditingkatkan. (Sud).