DEKAN FIS UNY DAN FISIP UNPATTI TANDA TANGANI PERJANJIAN KERJASAMA

24
Aug
2018

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pattimura (FISIP UNPATTI) Ambon dan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) sepakat untuk mengadakan kerjasama pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang Ilmu-Ilmu Sosial. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dilakukan oleh Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag. dan Dekan FISIP UNPATTI  Prof. Dr. T. D. Pariela, M.A di ruang Lafran Pane FIS UNY pada hari Selasa (21/8/2018). Pada kesempatan tersebut hadir Dekan, Wakil Dekan, Kabag/Kasubag, Kepala U2IK, Kadiv Humas dan Kerjasama Dalam Negeri FIS UNY serta jajaran pimpinan dan dosen dari Unpatti.

Dalam Perjanjian Kerjasama (PK) disebutkan beberapa ruang lingkup kerjasama. Pertama, bidang pendidikan, pengajaran, pengembangan akademik dan intelektual yang direalisasikan dalam bentuk pertukaran dosen dan sit in atau transfer kredit. Kedua, penelitian yang terkait masalah sosial, agama dan kemasyarakatan yang direalisasikan dalam bentuk penelitian di bidang ilmu sosial dan politik Ketiga, pengabdian, pelatihan, pendampingan, pemberdayaan kepada masyarakat yang direalisasikan dalam bentuk workshop dan pendampingan bagi kelompok masyarakat yang berkaitan dengan bidang ilmu sosial dan politik

Pada kesempatan penandatanganan PK, kedua belah pihak saling sharing dan diskusi berbagai hal termasuk akademik, pengelolaan keuangan, penelitian dan sebagainya. Pariela dalam sambutannya menyampaikan bahwa Universitas Pattimura baru saja menjadi BLU yaitu pada bulan Maret 2018 sedangkan UNY sudah menjadi BLU sejak tahun 2009. Ia berharap dapat memperoleh informasi tentang apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi BLU termasuk SOP yang ada, SDM, serta sarana dan prasarana. Sementara itu, Ajat menjelaskan bahwa salah satu keunggulan pelaksanaan BLU yaitu universitas dapat mengelola unit usaha sendiri yang nantinya dapat menambah income untuk universitas. “Sejauh ini, UNY sudah memiliki banyak unit usaha sebagai income generating antara lain UNY hotel, UNY auto care, GOR, lapangan atletik, kolam renang, food court, dan unit lainnya” imbuhnya

Ajat juga menjelaskan bahwa FIS UNY memiliki delapan prodi yaitu Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, Pendidikan Geografi,  Pendidikan IPS, Ilmu Sejarah, Pendidikan Sejarah,  Pendidikan Sosiologi, Ilmu Administrasi Negara, dan Ilmu Komunikasi. Dari delapan prodi tersebut, Prodi Ilmu Komunikasi adalah prodi baru. “Meskipun prodi baru, Ilmu Komunikasi memiliki animo pendaftar yang sangat tinggi” paparnya.

Ajat menambahkan, sebagai pendukung kegiatan akademik, UNY membangun 13 gedung baru dengan sumber dana dari Islamic Development Bank (IDB) yang dilaksanakan secara pararel. Gedung tersebut terdiri dari laboratorium, pusat pelatihan bahasa, gedung pertunjukan, pusat kesehatan dan olahraga, dan gedung kuliah yang tersebar di seluruh fakultas di UNY. Selain fasilitas pendukung, di UNY ini juga dikembangkan research group dimana para dosen yang memiliki bidang yang serumpun dapat melakukan penelitian bersama dan didanai oleh universitas” jelasnya (Eko)

 

submitted by humas