DISIBUKKAN OLEH PEKERJAAN, DISEGARKAN OLEH BULU TANGKIS

1
min read
A- A+
read
DISIBUKKAN OLEH PEKERJAAN, DISEGARKAN OLEH BULU TANGKIS

Gema pantulan kok dan raket meramaikan seluruh penjuru Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta (GOR UNY), Jumat (12/4). Lantai dasar GOR UNY dilapisi empat karpet badminton untuk Pertandingan Bulu Tangkis Dosen dan Karyawan Antarunit/Fakultas. Rutinitas ini menjadi ajang menyemarakkan Dies Natalis UNY Ke-55 Tahun.

Sugiharsono, Penanggung Jawab Dies Natalis UNY Ke-55 Tahun dalam sambutannya mengatakan bahwa pada prinsipnya Pertandingan Bulu Tangkis Dosen dan Karyawan Antarunit/Fakultas ini sebagai sarana silaturahmi warga UNY dan sebagai kesempatan refreshing.

“Menang atau kalah bukan hal utama, yang penting sehat, fresh, gembira, dan bisa bercanda sesama warga UNY. Main dengan semangat dan fair, tapi santai demi kebersamaan,” sambut Sugiharsono yang merupakan Dekan Fakultas Ekonomi UNY.

Pertandingan berlangsung pada 12-13 April 2019 di GOR UNY. Arena ini sekaligus menemukan talenta dosen dan karyawan untuk mewakili UNY seandainya mendapat undangan turnamen antaruniversitas.

Dosen dan karyawan juga beberapa mahasiswa antusias hadir dalam kegiatan kebersamaan. Salah satu yang sangat semangat untuk bertanding yaitu Suranto, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FIS. Suranto ikut menjadi peserta dan dijadwalkan bertanding pukul 13.00 WIB. Akan tetapi, sejak pertandingan pertama telah hadir untuk menyemangati rekan sesama FIS.

Turut berlaga 10 tim beregu putra dengan masing-masing tim 12 pemain dan 34 pemain ganda putri dari semua fakultas untuk memperebutkan posisi di grup A atau B. Kompetisi pertama dimulai pukul 09.00 WIB mempertandingkan FIK-FBS, FT-Pascasarjana, FMIPA-FE, dan Rektorat A-Rektorat B.

Menurut keterangan Tri Hadi Karyono, Penanggung Jawab Pertandingan Bulu Tangkis, ini merupakan tahun kedua panitia mengubah sistem pertandingan dari yang semula sistem gugur menjadi setengah kompetisi. Skenario ini dipilih karena pada sistem gugur perserta hanya main satu kali, sedangkan setengah kompetisi memungkinkan dua kali main.

“Kedepannya supaya pertandingan ini bisa dilihat banyak orang, tidak hanya UNY, kejuaraan ini akan dibuat semacam Rektor Cup dimana terdapat pertandingan internal UNY dan eksternal antarperguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Bahkan dari Rektor Cup dapat diselenggarakan antarmahasiswa dan juga SLTA karena kita akan menjaring mahasiswa baru supaya tertarik masuk UNY,” tutur Tri Hadi saat menonton pertandingan pertama.

Mahasiswa juga mendapat wadah untuk memeriahkan Dies Natalis UNY Ke-55 Tahun melalui Pekan Olahraga Mahasiswa (PORMA) Cabang Tennis Meja, Sepak Bola, Bulu Tangkis, Basket, Voli, dan Futsal. Pelaksana kegiatan berharap seluruh mahasiswa datang memenuhi tribun GOR UNY untuk mendukung teman-temannya bertanding. Jadwal pertandingan dapat diakses melalui diesnatalis.uny.ac.id. (Maria Purbandari/JK)