DITJEN BELMAWA SELENGGARAKAN PROGRAM “NOVO TALK 2019” DI UNY

28
Mar
2019

Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing bagi mahasiswa yang sudah sangat jelas dibutuhkan di era sekarang ini, Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemristek Dikti menyelenggarakan sebuah program yaitu “Novo Talk 2019”. Kegiatan yang bertema “Unlocking Your Potential” ini adalah sebuah program yang bertujuan untuk meningkatan kompetensi bahasa dan karakter mahasiswa LPTK. Kegiatan ini sendiri sebenarnya sudah berlangsung sejak tahun lalu yaitu tepatnya di Oktober 2018. Uji coba program yang sepenuhnya dibiayai oleh belmawa ini, diterapkan di 14 LPTK seluruh Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta salah satunya.

Pada kesempatan kali ini, UNY mendelegasikan beberapa mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Jerman sejumlah 53 orang dan Prodi Pendidikan Bahasa Prancis sejumlah 72 orang mahasiswa dari angkatan 2018 dan untuk memantapkan program tersebut, tanggal 26 Maret 2019 di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY. Para mahasiswa yang terpih dikumpulkan untuk dievaluasi sampai sejauh mana mereka menyerap dari program tersebut, dengan menghadirkan langsung narasumber dari Novo Learning Netherland, yaitu muhamad Rizky .N. dan Muftia Arum Arifa, para mahasiswa dievaluasi dengan acara tanya jawab serta diskusi ringan, sejauh mana mereka merasakan manfaat dari adanya program ini.

 Program ini sendiri sebenarnya bisa dipelajari secara mandiri tanpa harus ada kelas dan dosen yang membimbing didepan kelas karena ini merupakan sistem online yang awalnya mahasiswa bisa mendownload sendiri program ini melaui ponsel masing – masing setelah itu mahasiswa yang terpilih diverifikasi dan mereka bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut dan mengerjakan beberapa lesson yang terdapat di akun tersebut. Walaupun para mahasiswa bisa belajar secara mandiri namun para dosen yang ditugaskan mempunyai akses tertentu untuk memantau progress dari mahasiswa ini bisa memantau sejauh mana perkembangan mahasiswa yang menggunakan aplikasi Novo tersebut dengan melihat hasil assesment yang dikerjakan mahasiswa di aplikasi tersebut.

Ini merupakan pilot project dari Belmawa, maka jika dirasa program ini berhasil, mungkin kedepanya akan dilanjutkan. Dalam sambutanya di awal acara Wakil Rektor I mengatakan bahwa program ini untuk mendukung mereka dalam mempelajari bahasa asing selain bahasa Jerman serta Prancis, dan ini merupakan satu dari sekian banyaknya program penyerapan anggaran dari belmawa yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan kemampuan mahasiwa di seluruh Indonesia.  Di akhir acara ini, nantinya para peserta akan mendapatkan sertifikat, yaitu sertifikat kepesertaan serta serifikat bukti lulus ujian, bagi mahasiswa yang sudah mencapai nilai tertentu. (rani)

 

Tags: 
submitted by humas